Moka Logo
9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Tips Bisnis

9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

6 min
JordhiJordhi

 

9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil – Ada banyak bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil yang bisa Anda mulai. Sebab, menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti berhenti mengejar mimpi.

Berkembangnya zaman saat ini tidak menutup kemungkinan para ibu untuk melanjutkan mimpi-mimpinya bahkan dari rumah.

Baca juga: Ingin Sukses? Ini 5 Shio Paling Beruntung untuk Memulai Bisnis 2020

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para ibu, khususnya untuk mereka yang ingin mengembangkan jiwa entrepreneur, adalah dengan membangun bisnis. Namun seringkali modal menjadi kendala utama yang membuat mereka berhenti untuk memulainya.

Apabila Anda adalah salah satunya, berikut ini 9 usaha sampingan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang mungkin bisa Anda rintis mulai dari sekarang. Simak ulasannya berikut ini!



9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

1. Menjadi penulis lepas

menulis - penulis lepas - 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Ini dia usaha sampingan ibu rumah tangga yang pertama. Di zaman yang serba digital, penulis mempunyai peran yang sangat penting. Tidak perlu heran, lihat saja setiap website, aplikasi, bahkan hingga konten media sosial yang Anda buka, semuanya pasti membutuhkan konten tulisan.

Selayaknya berbicara, menulis juga bukanlah kemampuan yang belum tentu dimiliki oleh semua orang, sehingga jika Anda termasuk orang-orang yang memiliki kemampuan ini, pastikan untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Baca juga: 23 Ide Bisnis Sampingan Terbaik Sebagai Sumber Pendapatan Pasif

Terlebih jika Anda memiliki kemampuan menulis konten iklan. Tidak hanya sekadar memberikan penjelasan yang komprehensif dalam sebuah tulisan, tapi juga kemampuan untuk memperkenalkan sebuah produk dan mengajak orang-orang untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Jika kemampuan seperti ini sudah ada di genggaman, tawarkan jasa Anda pada situs-situs freelance. Perkaya portofolio Anda lalu bersiaplah untuk menerima banyak tawaran untuk menulis konten bahkan dari rumah.


2. Membuat berbagai kerajinan tangan

suvenir nikah - handmade - suvenir custom (1)

Untuk Anda yang memiliki kemampuan untuk mengolah barang-barang (misalnya kardus box) menjadi kerajinan tangan berkualitas dan bernilai tinggi, Anda punya peluang besar untuk menjadikan kemampuan ini menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan keuntungan besar.

Kerajinan tangan yang banyak mendapat permintaan dari pasar bisa berupa souvenir wisuda, penghantar seserahan pernikahan, bahkan hingga pembuatan hampers untuk parsel di hari-hari spesial.

Modal utama dalam usaha sampingan ibu rumah tangga ini adalah kreativitas yang anda miliki dan akan terus berkembang seiring dengan semakin meningkatnya permintaan klien.


3. Membuka jasa katering

membuka usaha katering di depan rumah - 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Untuk Anda yang memiliki hobi memasak, ini jadi peluang Anda untuk mengembangkan bisnis di bidang kuliner. Tidak perlu berpikir rumit sampai ke tahap membuka sebuah restoran walau sangat mungkin bisnis di bidang ini diarahkan ke sana.

Jika Anda berniat berbisnis di bidang kuliner, Anda bisa memulainya dengan membuka jasa katering, mulai dari makanan berat untuk kebutuhan prasmanan, paket nasi boks, pesanan kue kering atau kue basah untuk kebutuhan arisan atau bisa juga jasa katering makanan khas suatu tempat seperti nasi kebuli dan lain-lain.

Selain tidak memerlukan biaya tambahanan untuk menyewa tempat selayaknya jika membuat sebuah restoran, Anda bisa menggunakan dapur pribadi terlebih dahulu dan memanfaatkan jaringan yang Anda miliki mulai dari teman arisan, grup perkumpulan komplek.

Anda tentu bisa menggunakan media sosial untuk memasarkan jasa katering ini, namun perlu diingat relasi-relasi yang sebelumnya sudah disebutkan juga berperan penting untuk mempromosikan jasa Anda secara word of mouth.

Hmm… usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini cukup menarik, ya!


4. Menjadi dropshipper

pebisnis wanita sukses - 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Keberadaan e-commerce tentu memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis dari rumah bahkan hanya dengan berbekal smartphone.

Hal ini juga yang Anda bisa lakukan dengan menjadi dropshipper atau penyalur barang dari distributor ke tangan konsumen.

Caranya pun sederhana, Anda bisa melihat tren barang apa saja yang sedang digandrungi oleh banyak orang lalu, tawarkan barang-barang tersebut kepada orang-orang di sekitar Anda.

Baca juga: 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

Anda juga tidak perlu khawatir, seorang drop-shipper biasanya juga akan mengambil barang dengan jumlah yang besar sehingga bisa dipastikan harga barang menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan harga normal yang ada di pasar sehingga Anda tidak perlu bingung dalam mengambil margin harga agar tetap sesuai dengan para pelanggan Anda.

Coba gunakan media sosial atau toko online di e-commerce untuk memasarkan barang-barang yang akan Anda tawarkan. Selain lebih mudah, hal ini juga memungkinkan Anda menjangkau cakupan konsumen yang lebih luas. Tertarik mencoba usaha sampingan ibu rumah tangga ini?


5. Bisnis fashion hijab

memanfaatkan aplikasi kasir untuk memudahkan operasional bisnis - Free E-book Strategi Jitu Memenangkan Pasar Fashion di Indonesia - hijab - 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Fashion sebagai salah satu sektor yang terus berkembang dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Kondisi ini telah memberikan peluang khususnya bagi para ibu yang berniat untuk memulai bisnis di rumah.

Salah satu tren fashion yang banyak disoroti beberapa tahun terakhir adalah fashion hijab. Berkat popularitasnya yang terus meningkat di kalangan ibu rumah tangga, tidak heran jika bisnis ini dianggap cocok sebagai bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil.

Baca juga: Free E-book: Strategi Jitu Memenangkan Pasar Fashion di Indonesia

Fashion di bidang hijab sendiri melingkupi gaya berkerudung, pakaian bahkan hingga aksesorisnya. Namun sebelum memulainya, penting bagi Anda untuk melakukan riset tentang preferensi masyarakat dalam memilih hijab serta pakaian yang mendukung gaya busananya.

Sebagai permulaan, mungkin Anda dapat mulai menawarkannya kepada rekan arisan maupun orangtua dari teman buah hati Anda.

 




6. Menawarkan bumbu siap pakai

memasak - katering - bisnis rumahan modal kecil

Saat ini semua dituntut untuk disajikan secara cepat, bahkan untuk urusan makanan sekalipun. Sayangnya, karena hal tersebut banyak yang kemudian beralih pada makanan-makanan instan yang menggunakan zat-zat pengawet.

Ini bisa jadi peluang tersendiri bagi Anda yang memiliki bakat memasak. Jika banyak orang melakukan food preparation untuk menyiapkan makanan selama satu minggu ke depan sekaligus mempersingkat waktu memasak, Anda bisa membantu ibu lainnya untuk membuat momen memasak menjadi semakin praktis dengan menawarkan bumbu siap pakai.

Baca juga: 15 Tren Bisnis Kuliner yang Masih akan Booming pada 2020

Tidak seperti bumbu siap pakai lainnya, bumbu siap pakai yang Anda tawarkan sifatnya sangat fungsional untuk beberapa masakan dan dijamin tanpa pengawet.

Sebelumnya sudah banyak beredar berbagai macam sambal yang dijual dalam kemasan botol kecil, namun untuk membuat ketertarikan pelanggan lebih meningkat, bumbu siap pakai yang lebih fungsional bisa jadi peluang bisnis Anda dari rumah.

Tertarik untuk mencoba usaha sampingan ibu rumah tangga ini?


7. Bisnis tanaman

menjual tanaman

Sejak satu tahun terakhir gaya hidup minimalis sedang banyak dibahas dalam berbagai forum maupun di media sosial.

Salah satu elemen penting yang sering disebut dalam forum-forum tersebut adalah keberadaan tanaman di dalam rumah untuk membuat rumah menjadi lebih segar dan nyaman untuk ditinggali.

Sejak saat itulah, mulai bermunculan baik online maupun offline store yang menjajakan tanaman hias dari yang klasik seperti lidah buaya hingga yang saat ini hits yaitu monstera.

Jika diurus dengan telaten, nggak hanya pesanan tanaman secara eceran saja, anda juga bisa mendapat tawaran partai besar seperti kebutuhan dekorasi untuk restoran atau penginapan. Bisnis yang menjanjikan, bukan?


8. Membuka usaha bimbingan belajar di rumah

bimbingan belajar

Dengan ilmu yang sudah dipegang dari bangku sekolah maupun perguruan tinggi, hal ini menjadi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang terbilang mudah dan membutuhkan modal yang tidak banyak.

Apalagi mengingat kebutuhan akan guru les yang semakin hari kian meningkat dikarenakan banyaknya anak-anak yang membutuhkan bimbingan belajar di beberapa mata pelajaran. Terlebih lagi di bidang  matematika dan bahasa inggris yang semakin krusial untuk di masa mendatang.

Baca juga: 15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2020 dengan Keuntungan Maksimal

Untuk Anda yang sudah memiliki anak berusia sekolah hal ini menjadi peluang tersendiri untuk si Kecil agar lebih bersemangat dalam belajar mengingat teman-temaan di sekitar kompleknya datang ke rumah dan belajar bersamanya.

Membuka usaha bimbel di rumah juga tidak terlalu menyita waktu karena Anda bisa mengatur sendiri jam belajarnya, sehingga Anda tidak perlu takut urusan rumah lainnya akan terbengkalai.


9. Vlogger 

contoh usaha kreatif dengan menjadi videografer - vlogger

Mau coba usaha sampingan ibu rumah tangga yang berikutnya? Yang satu ini erat kaitannya dengan media sosial.

Media sosial yang berkembang pesat membuat orang-orang saat ini lebih suka membagikan pengalamannya baik saat mencoba menu makanan baru, gadget baru atau sekadar bercerita tentang kesehariannya lewat media sosial.

Salah satu bentuk cerita yang disukai oleh para pengguna media sosial adalah cerita dalam bentuk video, dari sinilah akhirnya muncul kosakata baru, vlogger.

Vlogger sendiri merupakan kata yang berasal dari kata video dan blogger. Di masa-masa sebelumnya, aktivitas menceritakan pengalaman sehari-hari di dunia maya umumnya dilakukan oleh para blogger, atau orang-orang yang menggunakan media tulisan di blog.

Baca juga: Cek Keberuntungan Bisnis Anda dengan Ramalan Shio 2020 Ini

Dengan berkembangnya aktivitas dari para vlogger, hal ini justru membuka peluang bagi Anda yang ingin menunjukkan diri untuk membagikan pengalaman, hasil review bahkan uji coba resep terbaru terutama untuk Anda yang punya hobi memasak.

Hal terpenting yang perlu diingat adalah untuk menyiapkan materi yang kuat untuk membangun kredibilitas Anda terutama untuk yang baru akan memulai karier sebagai seorang vlogger.

Selain itu, Anda juga sebaiknya mulai mempelajari teknik-teknik editing dengan beberapa aplikasi video editor supaya hasil video Anda lebih nikmat untuk ditonton.

Selain fleksibel, pekerjaan sebagai seorang vlogger juga cukup banyak dicari oleh klien untuk membuat sebuah review yang terpercaya. Apakah anda tertarik?

Itu tadi 9 usaha sampingan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang bisa jadi inspirasi untuk Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa kesuksesan dari bisnis yang Anda rintis tidak hanya berasal dari idenya saja, tetapi juga pengelolaan keuangan yang canggih agar bisa mempermudah pekerjaan Anda.

Untuk itulah Moka sebagai salah satu penyedia aplikasi kasir canggih di Indonesia ada untuk menyukseskan bisnis yang Anda rintis. Selamat mencoba ya!

 

 

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka