Moka Logo
15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2021 dengan Profit Melimpah

Tips Bisnis

15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2021 dengan Profit Melimpah

7 min
JordhiJordhi

15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2021 dengan Profit Melimpah – Harus diakui, peluang bisnis ritel pada 2021 mungkin masih misterius bagi beberapa kalangan.

Apalagi di tengah gempuran bisnis online yang semakin memakan pangsa pasar retail konvensional.

Meskipun demikian, bagi pebisnis yang jeli, fenomenal ini sebetulnya bisa menjadi peluang bisnis baru yang potensial. Tentunya dengan mengetahui dalam bidang apa Anda harus bergerak.

Baca juga: 12 Peluang Usaha yang Menjanjikan Berdasarkan Zodiak 2021

Mengetahui harus bergelut di bidang apa adalah modal penting sebelum terjun ke dalam peluang bisnis ritel masa depan. Mengapa? Karena knowing is half the battle.

Tanpa insights, maka Anda akan kesulitan menentukan arah bisnis selanjutnya. Oleh karena itu, mengingat betapa pentingnya inisghts, berikut ini peluang bisnis ritel yang akan booming pada tahun 2021 mendatang. Disimak yuk!

15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2021 dengan Profit Melimpah

1. Bisnis ritel barang-barang berbahan organik

produk-produk organik

Peluang bisnis ritel pertama adalah barang-barang berbahan organik. Dewasa ini, masyarakat Indonesia semakin teredukasi dengan ragam konten di internet.

Kini mereka semakin sadar tentang betapa pentingnya keamanan dari produk-produk yang mereka gunakan. Baik itu untuk dikonsumsi, atau pun untuk dikenakan sehari-hari. Selain itu, tren kembali ke alam juga semakin meningkat setiap tahunnya.

Baca juga: Naturesmarket Edukasi Pentingnya Gaya Hidup Sehat Lewat Produk Organik

Maka dari itu, masyarakat global kini mulai melirik pada barang-barang berbahan organik, karena mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penggunanya.

Pasti banyak dari Anda yang berpikiran kalau bahan organik ini terbatas pada sayuran dan buah-buahan saja. Memang ini tidak salah, namun teknologi telah begitu berkembang hingga bahan organik bukan saja bisa ditemukan pada makanan saja.

Bahkan, pada industri tekstil pun kini sudah mulai menggunakan bahan-bahan organik. Contohnya seperti katun organik yang kini mulai digunakan untuk keperluan bayi. Mulai dari handuk, sprei, selimut, hingga popok bayi pun mulai tersedia.


2. Bisnis ritel denim

Oldblue Co. - denim - 15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2020 dengan Keuntungan Maksimal

Denim adalah salah satu fashion item yang timeless atau tidak akan terlekang oleh zaman. Minat masyarakat terhadap denim akan selalu tinggi dan pemain baru dalam industri akan selalu hadir.

Oleh karena itu, Anda memiliki dua pilihan yaitu ikut terjun dengan mendirikan bisnis ritel dengan brand denim tersendiri, atau menjadi penjual produk-produk denim yang sudah ada di pasaran.

Baca juga: Rahasia Sukses Oldblue Co., Denim Lokal yang Tembus Pasar Dunia

Setiap pilihan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Di satu sisi, mendirikan brand denim sendiri akan mendatangkan keuntungan yang besar. Namun, di sisi lain, harus merogoh kocek cukup dalam untuk modal.

Namun, apabila Anda hanya sebagai reseller, maka Anda tidak membutuhkan modal dan effort yang terlampau besar. Hanya saja, keuntungannya juga cukup terbatas.

Maka dari itu, bila Anda hanya bermaksud untuk menjadikan bisnis ritel denim sebagai usaha sampingan, menjadi reseller bisa menjadi alternatif pilihan.


3. Bisnis ritel sepatu

laundry-sepatu-bruno-nascimento-149663-unsplash-min

Peluang bisnis ritel sepatu diprediksi akan semakin booming pada 2021 seiring dengan meningkatnya antusiasme masyarakat dengan merek sepatu lokal.

Masyarakat kini rela untuk berbondong-bondong memborong merek-merek sepatu lokal dengan harapan untuk dijual kembali, sebagai koleksi, atau pun untuk digunakan sendiri.

Selain itu bermain pada industri sepatu lokal, Anda juga bisa menjadi importir sneakers merek luar negeri yang lekat dengan streetstyle.

Kini anak-anak muda Indonesia semakin mafhum dengan sneakers bergengsi sehingga mereka mulai tahu mana yang mampu menunjang penampilannya.

Selain bergerak pada sisi penjualan, Anda juga bisa memulai bisnis ritel dalam bidang jasa seperti pencucian sepatu atau kustomisasi sepatu.

Baca juga: Bisnis Ritel: Panduan Lengkap untuk Pemilik Bisnis Pemula

Tentu saja hal ini dilatarbelakangi oleh seiring meningkatnya perhatian anak-anak muda tentang cara merawat sepatu. Dengan begitu, mereka kini lebih percaya tangan-tangan profesional untuk melakukannya.


4. Bisnis ritel dealer sepeda motor

Usaha Bengkel Smoked Garage Bali (2)

Industri otomotif adalah salah satu sektor usaha yang terus bergeliat. Pada 2021 mendatang, diprediksi industri ini akan mengalami pertumbuhan yang diakibatkan oleh beberapa faktor.

Mulai dari relaksasi di sektor keuangan hingga BI Rate yang turun. Selain itu, kini merek-merek motor besar tanah air pun telah meluncurkan produk-produk terbaru mereka yang mencuri perhatian khalayak.

Baca juga: Smoked Garage Bali: Dari Bengkel Rumahan sampai Bengkel Elite

Relaksasi di sektor keuangan ini bisa menjadi semacam stimulus bagi para konsumen. Dengan pembiayaan yang semakin mudah, masyarakat akan semakin tergerak untuk membeli motor yang notabene masih jadi primadona sektor otomotif tanah air.

Oleh karena itu, dealer sepeda motor layak masuk dalam tren bisnis ritel yang diprediksi akan booming pada 2021.


5. Bisnis ritel mebel dan furnitur

bisnis furnitur - sewa apartemen - kontrakan rumah - 15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2020 dengan Keuntungan Maksimal

Belum puas dengan peluang bisnis ritel di atas? Tertarik untuk mencoba bisnis mebel dan furnitur? Ya, nyatanya kini semakin banyak generasi milenial yang memulai keluarganya sendiri.

Konsekuensinya adalah mereka harus memiliki tempat tinggal sendiri supaya tidak lagi bergantung dengan orangtua.

Maka dari itu, mereka sudah mulai mencari pilihan furnitur-furnitur yang sekiranya cocok dengan selera mereka.

Baca juga: 5 Zodiak yang Bakal Sukses Memulai Bisnis pada 2021

Dalam membidik millennial sebagai target pasar, ada dua hal yang harus Anda perhatikan. Pertama dari segi desain furnitur.

Milenial memiliki selera yang berbeda dengan generasi sebelum-sebelumnya. Karena telah terekspos dengan inspirasi modern khas luar negeri, biasanya mereka lebih memilih furnitur yang minimalis dan nyaman. Berbeda dengan furnitur idaman generasi X yang lebih didominasi elemen-elemen kayu.

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah dari segi harga dan pembiayaan. Tidak dapat dipungkiri kalau belum semua milenial memiliki sumber daya yang sama. Maka, harga dan pembiayaan masih menjadi perhatian utama mereka.

Untuk itu, Anda bisa menyediakan skema pembiayaan yang cocok untuk pola keuangan para milenial. Misalnya, dengan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan pembiayaan dengan cicilan ringan.


6. Bisnis ritel perangkat audio Multi-Room

perangkat audio multi room (2)

Semua orang pasti ingin suasana rumah yang lebih nyaman. Ada beragam cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menikmati suasana yang didukung oleh musik-musik kesukaan. Maka dari itu keinginan masyarakat akan perangkat audio yang canggih akan semakin tinggi.

Terlebih lagi para millennial kini memiliki standar yang tinggi tentang kualitas audio. Minat akan konten-konten streaming pun semakin tinggi sehingga kualitas konten pun semakin baik.

Oleh karena itu, dengan menggunakan perangkat audio multi-room berkualitas, pengalaman cinematic pun akan semakin baik.


7. Bisnis ritel kain tenun

bisnis kain tenun (1)

Berbisnis kain tenun adalah salah satu cara untuk melestarikan budaya nusantara. Selain baik untuk kelestarian budaya, kain tenun juga merupakan ladang bisnis yang cukup menarik untuk dieksplorasi.

Anda bisa memulai bisnis ritel kain tenun dengan bekerja sama dengan pengrajin-pengrajin di daerah-daerah.

Baca juga: Bisnis Fashion Mandek? Simak 7 Tips Meningkatkan Penjualan Ini

Anda bisa memanfaatkan e-commerce dan media sosial sebagai sarana pemasaran. Dengan memaksimalkan fitur iklan pada media sosial, produk Anda dapat menyasar orang-orang yang lebih sesuai dengan target pasar. Tertarik untuk menyelami peluang bisnis ritel ini?




8. Bisnis ritel cuci sofa dan kasur

membersihkan sofa - 15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2020 dengan Keuntungan Maksimal

Pernahkah Anda mendengar tungau? Serangga kecil yang sering hidup di kasur dan sofa ini menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang lebih perhatian dengan kebersihannya. Maka dari itu, kini mulai banyak orang yang memercayakan tenaga profesional untuk membersihkannya.

Dengan alat-alat yang tepat Anda bisa sesegera mungkin memulai bisnis ritel cuci sofa dan kasur. Sekali lagi, manfaatkan media sosial untuk menawarkan jasa ini karena media sosial adalah platform terbesar di mana milenial dan Gen Z.


9. Bisnis ritel sewa apartemen, indekos, atau kontrakan

bisnis furnitur - sewa apartemen - kontrakan rumah - 15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2020 dengan Keuntungan Maksimal

Berkat internet, memasarkan apartemen indekos atau kontrakan kini semakin mudah. Dengan jarak sewa yang fleksibel dan dengan menciptakan ambiance yang unik, hunian yang Anda tawarkan pastinya akan semakin menarik minat penyewa.

Terlebih lagi apabila lokasi apartemen, indekos, kontrakan ini berada di kawasan strategis. Artinya, dekat dengan pusat hiburan, jalan raya, atau transportasi.

Downlod E-Book: Strategi Instagram untuk Bisnis Lebih Maksimal 2019

Bila Anda memiliki kamar kosong pun bisa dimanfaatkan menjadi akomodasi dalam Airbnb. Strategi semacam ini bisa membuat Anda memanfaatkan aset-aset “menganggur” menjadi mesin pencetak uang.

Bahkan, Anda juga bisa menawarkan jasa untuk eksplorasi pengalaman-pengalaman seru di kawasan Anda. Wah, peluang bisnis ritel yang menarik, ya!


10. Bisnis ritel toko kelontong

menjaga kebersihan toko kelontong - 7 Manfaat Aplikasi Pembukuan Toko untuk Bisnis Masa Kini - 15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2020 dengan Keuntungan Maksimal

Ini dia peluang bisnis ritel yang selanjutnya. Tahukah Anda, toko kelontong kini dilirik sebelah mata karena hadirnya minimarket bermodal besar. Alhasil, banyak yang ragu untuk terjun ke bisnis ini.

Padahal, kebutuhan akan barang-barang kebutuhan harian akan selalu tinggi. Terlebih lagi tidak semua kawasan sudah tersentuh oleh minimarket-minimarket tersebut. Inilah peluang yang bisa Anda ambil.

Dalam memulai bisnis ritel toko kelontong ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari lokasi, supplier yang tepat, layout toko kelontong, dan juga promo-promo untuk menarik minat.

Untuk memulai bisnis toko kelontong ini Anda juga bisa bekerja sama dengan skema kemitraan dengan beberapa brand besar.


11. Bisnis ritel barang-barang handmade

suvenir nikah - handmade - suvenir custom (1)

Barang-barang handmade akan tetap diminati karena nilai dan kualitasnya yang lebih baik. Barang-barang handmade ini pun bisa banyak wujudnya.

Mulai dari pernak-pernik kecil hingga kerajinan kulit pun termasuk produk handmade. Hanya saja, Anda akan menemukan tantangan dari produk-produk handmade impor yang harganya sangat bersaing.

Oleh karena itu, Anda perlu untuk menciptakan unique selling points yang hanya ada di produk Anda agar peluang bisnis ritel ini bisa memberikan keuntungan yang maksimal untuk Anda.

Baca juga: Pentingnya Konten Kreatif untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Misalnya, dengan menghadirkan produk berkualitas dengan mengangkat tema lokalitas. Dengan menekankan aspek local pride, produk Anda akan menemukan segmen pasarnya sendiri. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Kalau iya, maka sebaiknya pikirkan dengan matang terlebih dahulu apa yang menjadi unique selling point dari produk Anda.


12. Bisnis ritel thrift store 

berjualan di bazar - membuka booth di bazar - Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Menarik

Kegiatan thrifting atau berburu barang bekas adalah salah satu kegiatan yang cukup digemari oleh para millennial.

Jelas saja karena thrifting dapat membantu mereka dapatkan barang-barang unik dengan harga yang lebih murah. Namun, untuk membuka thrift store ini memang tidak mudah karena Anda harus menemukan sumber yang tepat untuk mendapatkan barang dagangan yang tepat.

Untuk membuat bisnis ritel thrift store Anda lebih menarik, Anda bisa mengambil barang-barang dari luar negeri. Dengan demikian, produk-produk Anda akan semakin unik dan diminati oleh lebih banyak konsumen.


13. Bisnis ritel consignment shop

meningkatkan penjualan bisnis fashion - baju (7)

Sama seperti thrift store, consignment shop juga menjual barang-barang bekas milik orang lain. Hanya saja ada sedikit perbedaan soal asal barangnya.

Thrift store berarti menjual barang-barang bekas yang sudah Anda beli sebelumnya. Consignment shop adalah skema usaha titip jual, artinya Anda hanya bantu menjualkan barang-barang milik orang lain. Jadi, bisa dibilang bisnis ini minim modal.

Baca juga: 15 Tren Bisnis Kuliner yang Masih akan Booming pada 2021

Keindahan dari consignment shop adalah Anda tidak perlu toko fisik untuk menjual produk-produknya.

Hanya bermodalkan internet, Anda sudah bisa memasarkan produk-produk tersebut langsung ke konsumen. Boleh jadi modal yang Anda keluarkan hanyalah ongkos produksi fotonya saja.

Tertarik untuk mencoba peluang bisnis ritel ini?


14. Bisnis ritel aksesoris HP

Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim (7)

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna gadget di Indonesia, kebutuhan akan aksesorisnya pun akan terus meningkat.

Apalagi kini brand smartphone yang hadir di Indonesia sudah semakin banyak. Maka dari itu, bisnis aksesoris HP akan terus berkembang. Kemudahan impor barang dari luar negeri pun membuat bisnis aksesoris HP dapat dimulai oleh semua.


15. Bisnis ritel florist untuk acara pernikahan

menikah - bisnis pernikahan (5)

Florist adalah salah satu bisnis akan cukup berkembang di masa mendatang dan ini merupakan peluang bisnis ritel yang sangat menjanjikan.

Kebutuhan akan hiasan indah saat pernikahan atau pun acara-acara spesial lainnya akan semakin tinggi seiring dengan penetrasi media sosial.

Mengapa? Karena media sosial telah membuat orang-orang terinspirasi tentang bagaimana pernikahan yang indah itu.

Baca juga: 15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi

Hanya saja untuk menjadi florist ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, apakah Anda sudah memiliki skill yang diperlukan untuk merangkai bunga dengan indah.

Kedua, apakah Anda sudah menyiapkan kebutuhan untuk menyimpan bunga-bunga itu agar tetap fresh. Ketiga, bagaimana Anda menarik minat konsumen khususnya anak-anak muda.

Itulah 15 peluang bisnis ritel yang akan booming pada tahun 2021 mendatang. Setelah membaca 15 bisnis di atas, manakah yang menjadi pilihan Anda?

Apapun bisnis yang menarik minat Anda, jangan lupa untuk mengandalkan aplikasi kasir yang canggih untuk mempermudah operasional bisnis Anda. Ya, apa lagi kalau bukan Moka?

Moka hadir untuk membantu setiap pebisnis untuk mencapai kesuksesan, termasuk di industri retail. Dengan Moka, Anda bisa mendata stok barang dengan rapi, mengetahui laporan penjualan kapan saja dan di mana saja, bahkan Anda bisa memanfaatkan program loyalitas untuk pelanggan setia Anda, lho!

Mau tahu lebih banyak soal aplikasi kasir Moka, juga mencoba semua fiturnya selama 14 hari gratis?

 

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka