28 Ide Usaha Kreatif yang bisa Anda Rintis dengan Modal Minim di 2018!

Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri, akan seperti apa masa depan yang ingin Anda raih? Lalu pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri, manfaat apa yang bisa Anda berikan lebih? Apabila dua pertanyaan tersebut belum bisa Anda jawab sampai sekarang, kali ini Moka akan membantu menjawabnya.

 

Pentingnya menjadi pengusaha kreatif

ide usaha kreatif

Manusia tidak diciptakan dan hidup untuk dirinya sendiri. Manusia adalah makhluk sosial yang hanya bisa bertahan hidup dengan mengandalkan manusia lain, atau setidaknya makhluk lain. Bisa Anda bayangkan apa jadinya manusia yang hidup sendiri di tengah pulau tanpa ada makhluk lainnya? Tanpa adanya sebuah usaha kreatif darinya, maka tidak sampai satu bulan, ia akan punah.

Meskipun manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, namun banyak manusia yang masih memilih untuk hidup bagi dirinya sendiri. Ia hanya bangun untuk dirinya sendiri, ia beraktivitas untuk dirinya sendiri, lalu ia tidur untuk dirinya sendiri. 24 jam dalam 7 hari ia isi dengan kegiatan-kegiatan yang hanya untuk kepentingannya sendiri. Padahal, manusia bisa melakukan lebih.

Baca Juga: 7 Tanda Anda Sudah Siap Mengembangkan Bisnis

Ada banyak hal yang bisa dilakukan manusia untuk berbuat lebih. Salah satunya adalah dengan memberikan manfaat kepada orang-orang. Namun, belum banyak disadari kalau ada cara lain untuk menebar manfaat ke sesama, yaitu dengan menjadi pengusaha.

Dengan menjadi pengusaha, Anda bukan hanya bisa menjadi nahkoda di kehidupan Anda saja. Anda pun bisa menjadi kapal bagi kehidupan orang lain, yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan. Ini lah manfaat yang bisa disebarkan oleh pengusaha kepada sesama.

 

Mengapa usaha kreatif?

ide usaha kreatif

Menjadi pengusaha memang tidak mudah. Anda akan menemui berbagai tantangan yang bahkan belum pernah Anda hadapi sebelumnya. Bagaimana jeli melihat pasar, beradaptasi terhadap perubahan, memuaskan pelanggan, mengumpulkan modal, hingga bagaimana memasarkan produk yang Anda miliki. Pertanyaan semacam itu terus menghantui orang-orang yang ingin memulai suatu usaha.

Padahal, kebanyakan pengusaha yang sukses lahir dari sebuah kenekatan. Mereka hanya bermodalkan tekad dan visi untuk bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan itu. Tengok saja Elon Musk memulai usahanya dari sebuah website pencarian alamat, hingga menjadi raksasa roket dan mobil listrik seperti sekarang ini.

Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Modal Minim Selama Merintis Usaha

Tentu usaha yang sukses tidak dibangun dalam semalam. Dibutuhkan waktu yang lama, dan kerja keras yang konsisten agar bisa mencapai kesuksesan. Terlebih lagi di era yang serba dipenuhi oleh teknologi seperti sekarang ini, teknologi mulai perlahan-lahan merangkak masuk ke beberapa lini pekerjaan. Awalnya pekerjaan-pekerjaan kasar seperti buruh di assembly line akan dikuasai oleh teknologi. Lalu perlahan-lahan pekerjaan kerah biru lainnya pun akan diambil alih oleh teknologi berkat kemajuan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Meskipun mesin memiliki potensi untuk menggantikan manusia, namun tidak semua pekerjaan bisa diambil alih oleh mesin. Menurut Michio Kaku, seorang astrofisikawan dan seorang futuris, masih ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa diambil alih oleh mesin, yaitu bidang bidang pekerjaan yang membutuhkan leadership, nurani, dan kreativitas yang hanya dimiliki oleh manusia. Salah satu bidang pekerjaan yang memiliki ketiga hal tersebut adalah usaha kreatif. Usaha yang bergerak didasarkan oleh kemampuan manusia untuk mengolah informasi, melihat peluang, berpikir kreatif, dan niat yang tulus membantu sesama.

Baca Juga: 23 Ide Bisnis Rumahan Paling Kreatif untuk Dapatkan Pendapatan Pasif

Usaha kreatif akan selalu relevan dengan perkembangan zaman. Selera mungkin akan berubah-ubah, namun industri kreatif akan terus memiliki pelanggan setia. Wajar saja karena memang sudah menjadi sifat dasar manusia untuk menyukai sesuatu yang indah, artistik, dan berguna. Jadi, usaha kreatif akan tepat bagi Anda yang ingin membangun sebuah usaha yang mampu bertahan lama di tengah pesatnya kemajuan teknologi.

Selain dapat mendirikan usaha yang mampu bertahan, dengan membangun usaha kreatif Anda juga bisa membantu lebih banyak orang. Sebab, beberapa bentuk usaha kreatif membutuhkan banyak tangan. Tidak semua usaha kreatif dapat dijalankan oleh seorang diri. Sehingga, pasti Anda membutuhkan bantuan orang lain. Dengan demikian, Anda pun berhasil menjadi solusi tingginya angka pengangguran di Indonesia.

 

Contoh-contoh usaha kreatif

Ada banyak ide usaha kreatif yang bisa Anda coba lakukan. Beberapa membutuhkan modal besar, namun beberapa lainnya tidak. Beberapa bisa dikerjakan sendiri, beberapa tidak mungkin dikerjakan sendiri. Jadi, sebelum memilih untuk terjun dalam usaha kreatif, sebaiknya pertimbangkan dulu sumber daya dan kapasitas diri sendiri. Jangan sampai usaha yang Anda mulai dengan susah payah, harus hancur karena salah perkiraan.

Baca Juga: 5 Kesalahan Penyebab Usaha Kecil Menengah Mengalami Pailit

Usaha kreatif yang ingin Anda geluti pun bisa ditentukan pula dari siapa yang menjadi target pasar Anda. Apakah Anda mengkhususkan diri pada pasar lokal, atau justru membangun produk untuk pasar internasional. Sebab, selera antara masyarakat Indonesia pun berbeda dengan masyarakat dunia internasional. Namun tidak perlu bingung dalam menentukan usaha apa yang ingin Anda bangun. Berikut ini beberapa contoh ide usaha kreatif menarik yang bisa Anda jalankan.

1. Membuat Peralatan rumah tangga dengan rotan

ide usaha kreatif

Mungkin bukan sesuatu yang baru jika rotan dibuat menjadi beraneka ragam kerajinan tangan. Tapi, apakah pernah terpikir olehmu untuk membuat peralatan rumah tangga dengan bahan yang satu ini? Ya, peralatan rumah tangga dengan bahan rotan ternyata banyak dicari oleh masyarakat karena kekuatannya.

Namun, kebanyakan pelaku usaha membuat peralatan rotan dengan bentuk yang kaku. Dalam ide usaha kreatif kali ini, Anda bisa mencoba untuk membuatnya lebih menarik dengan menyulap peralatan rotan tersebut menjadi karakter-karakter menggemaskan seperti Winnie The Pooh, Hello Kitty, Teddy Bear dan sebagainya.

Baca JugaBisnis Kerajinan Laris dengan Cara Ini

Ide kreatif ini bisa Anda aplikasikan untuk membuat tempat mainan, kerangjang baju kotor, tempat lampu, tempat tisu, kotak aksesoris dan lain sebagainya yang bisa dibuat dengan rotan. Untuk harganya, Anda bisa menjual barang-barang rumah tangga yang unik tersebut seharga Rp 50.000 sampai jutaan rupiah.

 

2. Menjadi dropshipper

ide usaha kreatif

Bagi Anda yang ingin membangun usaha kreatif namun terkendala modal, maka bisa memulai dengan menjadi dropshipper. Caranya pun mudah karena saat ini sudah banyak situs e-commerce yang menawarkan untuk menjadi dropshipper. Tidak adanya modal membuat jenis usaha ini minim risiko. Keuntungan yang didapatkan terbilang lumayan mengingat tidak adanya modal yang perlu dikeluarkan. Hanya bermodalkan handphone dan internet pun Anda sudah bisa menjadi dropshipper.

 

3. Jasa pembuat konten

ide usaha kreatifSaat ini banyak brand atau merk yang memilih untuk mengiklankan produknya melalui konten. Baik itu berupa tulisan maupun berupa video. Mengingat saat ini jumlah orang yang suka dengan iklan mulai menurun. Jadi, para brand memutar otak untuk mengetahui bagaimana caranya menjualkan produk, tanpa memaksa. Salah satunya adalah melalui konten kreatif berupa artikel ataupun video.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online bagi Pemula

 

4. Fotografer

ide usaha kreatif

Fotografer sangat tepat bagi Anda yang kreatif. Saat ini pun banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer. Baik untuk acara pernikahan, peluncuran produk, acara keluarga, dan masih banyak lagi. Memang untuk bisa menjadi fotografer diperlukan modal yang cukup. Hanya saja, Anda masih bisa menyewa kamera-kamera yang harganya selangit itui. Anda hanya perlu mengasah kemampuan fotografi lebih jauh lagi. Bahkan, seorang fotografer pernikahan saja bisa dibayar hingga 8 juta per acara.

 

5. Videografer

ide usaha kreatif

Bagi Anda yang lebih menyukai media video, maka menjadi videografer adalah pilihan yang lebih tepat. Sama halnya dengan fotografer, videografer pun banyak dicari baik untuk pernikahan, event, maupun untuk pembuatan company profile dari sebuah perusahaan. Belum lagi kalau Anda benar-benar sudah dipercaya oleh banyak klien besar. Pasti penghasilan Anda sudah cukup untuk merekrut beberapa karyawan.

 

6. Catering

ide usaha kreatif

Bisnis katering bagi beberapa orang masih merupakan bisnis yang sepele. Sebab hanya perlu memasak sepanjang waktu. Padahal, bisnis catering pun memiliki tantangan yang tidak kalah dari bisnis lainnya. Dalam menjalankan bisnis catering pastinya Anda harus mampu memenuhi selera setiap orang yang berbeda-beda.

Ada orang yang suka pedas, ada orang yang tidak tahan pedas sama sekali. Ada orang yang lebih suka rasa manis, ada pula orang yang lebih menyukai makanan gurih. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis catering diperlukan kreativitas untuk meramu berbagai menu yang dapat memenuhi selera orang sekaligus. Tentunya ini tidak mudah. Tapi kalau Anda berhasil melakukannya, maka catering Anda akan selalu direkomendasikan oleh para klien yang terpuaskan.

 

7. Bakery

Apabila passion Anda terletak pada bidang bakery, mengapa tidak membuka usaha bakery? Memang bakery merupakan bisnis yang diisi oleh cukup banyak pemain. Namun, banyak pula orang yang selalu mencari roti, kue, atau biskuit yang lebih enak. Apabila Anda mampu menyesuaikan diri dengan selera pasar, maka usaha bakery Anda pun akan mampu bertahan selama bertahun-tahun.

 

8. Jasa foto dengan latar belakang unik

Tren foto selfie dan groupie nyatanya masih booming sampai detik ini. Membuka studio foto dengan latar belakang yang unik bisa menjadi salah satu ide usaha kreatif yang Anda lakukan. Dalam hal ini, membuat studio foto dengan tema rumah terbalik bisa menjadi ide yang menarik dan unik untuk dicoba.

Disini Anda bisa menyediakan spot foto unik untuk para pengunjung. Pengunjung bisa mengambil foto dalam ruangan terbalik. Sofa, tempat tidur, meja makan, lemari dan lain sebagainya akan ditempel di langit-langit dan perlu dilakukan oleh profesional jika Anda ingin memastikan semua pengunjung aman saat mengambil foto.

Untuk membuka usaha ini sudah dipastikan Anda memerlukan modal yang cukup banyak. Mungkin Anda harus mencari rekan kerja jika ingin mencoba bisnis ini. Untuk para pengunjung yang tertarik untuk masuk kesini, Anda bisa mengenakan tarif sebesar Rp 80.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 40.000 untuk anak-anak.

Baca Juga: Pentingnya Desain dalam Usaha

 

9. Penyewaan kostum

Penyewaan kostum bukan hanya laku saat sedang Hari Kartini saja. Sebab setiap akhir pekan selalu ada orang yang menikah. Setiap orang yang menikah ini tentu saja membutuhkan kostum cantik yang membuat momen bahagia mereka semakin tidak terlupakan. Belum lagi pihak keluarga yang juga ingin tampil sempurna di hari kebahagiaan. Oleh karena itu, persewaan kostum menjadi salah satu usaha kreatif yang akan terus dibutuhkan oleh masyarakat.

 

10. Bisnis jasa mendengarkan curhatan

Ide usaha kreatif yang satu ini memang sangat unik. Jika Anda pernah melihat seseorang yang tidak bisa mencurahkan isi hatinya ke orang-orang terdekat,Anda bisa menjadi solusi untuk mereka. Ya, dengan membuat bisnis jasa mendengarkan curhatan.

Takanobi Nishimoto yang pertama membangun usaha serupa mengenakan tarif sekitar USD10 per jamnya untuk mendengarkan curhatan. Pelanggan biasanya hanya meminta untuk didengarkan. Artinya Anda tidak selalu harus tahu bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah dari pelanggan yang curhat padamu.

Dalam membangun usaha ini, Anda bisa mengajak rekan-rekan lainnya atau mereka yang ingin menjadi pendengar yang baik. Anda bisa membuka jasa ini melalui media sosial atau website dan bisa membuka sesi curhat secara online atau langsung.

 

11. Desainer pakaian

Beberapa orang juga tidak ingin malu karena datang ke satu pesta menggunakan pakaian yang sama. Beberapa yang lain juga ingin tampil berbeda dengan yang lainnya. Ini lah yang membuat profesi desainer pakaian akan selalu dicari oleh pecinta fashion. Selain itu, terkadang orang memiliki gaya berbusana ideal yang ada di kepalanya masing-masing. Namun tidak bisa menuangkannya dalam sebuah produk jadi. Sehingga yang bisa ia ceritakan adalah gambaran kasar.

Apabila Anda akan menjadi seorang desainer pakaian, maka itulah tugas Anda. Tugas Anda adalah menerjemahkan keinginan dan selera dari klien, yang terkadang mereka sendiri kesulitan untuk menjelaskannya, hingga menuangkannya menjadi sebuah pakaian yang unik dan eksklusif untuk sang klien. Apabila Anda mampu menerjemahkan keinginan setiap klien dengan baik, maka para klien ini akan berubah menjadi sahabat baru bagi Anda.

 

12. Jualan barang antik

Barang antik bagi beberapa orang memang hanya barang rongsok yang tidak memiliki nilai guna yang sebanding dengan barang-barang baru yang ada di pasaran. Namun, bagi beberapa orang barang antik ini adalah emas yang tersembunyi. Bagi beberapa yang bermata jeli bahkan bisa merubah barang antik bernilai jutaan hingga miliaran rupiah.

Selain memiliki nilai yang khas, barang-barang antik ini juga memiliki nilai sentimentil yang membuat orang kembali mengingat masa lalunya dulu. Terlebih lagi para generasi tua yang mengalami transisi dari era analog ke era digital kini. Tidak jarang banyak dari orang tua yang dahulu belum mampu untuk membeli barang-barang yang diidam-idamkan. Sehingga baru bisa mencarinya saat ini.

Contohnya, para kolektor mobil antik. Kebanyakan dari mereka bermimpi untuk memiliki mobil-mobil keren yang ia lihat lalu lalang ketika masih kecil. Kemudian ketika mereka telah cukup sukses, mereka mampu untuk memenuhi cita-citanya itu. Dengan adanya teknologi informasi pun semakin memudahkan para pecinta barang antik untuk menemukan barang-barang yang diinginkan .Oleh karena itu, ketika mendirikan sebuah toko barang antik, jangan lupa untuk mendirikan toko online-nya juga.

 

13. Membuka clothing line

Apabila menjadi desainer pakaian atau penjual barang antik tidak sejalan dengan jiwa artistik Anda, mengapa tidak membuka clothing line untuk anak muda saja? Anda bisa mendesain kaos, jaket, hoodie, dan sebagainya yang sesuai dengan tren anak muda kini. Jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari banyak tempat. Cukup gunakan mesin pencari ataupun di Instagram.

Anda bisa melihat bagaimana selera fashion anak muda dari berbagai latar belakang sosial ekonomi. Apabila Anda masih bingung, mungkin Anda bisa memulai dengan membuka clothing line dengan desain yang berkaitan dengan olahraga sepak bola. Mengingat olahraga ini disukai oleh jutaan orang di Indonesia. Anda bisa mendesain kaos dengan kreasi logo club sepak bola yang populer di Indonesia. Misalnya, Real Madrid, Barcelona, Arsenal, Liverpool, dan sebagainya.

 

14. menjual cincin orang yang gagal menikah

Mungkin ide usaha kreatif yang satu ini sedikit menyedihkan. Tetapi, bagi mereka yang mengalami kegagalan karena tidak jadi menikah tentu hal ini bisa sangat membantu mereka untk membuang semua kenangan. Daripada dibuang, bagaimana jika Anda menjadi marketplace bagi mereka yang ingin menjualnya?

Dalam hal ini, bukan hanya cincin saja yang bisa dijual. Anda juga bisa menjadi marketplace untuk menjual barang lainnya seperti jas pengantin, gaun pengantin, mahar pernikahan atau bahkan gedung yang sudah disewa tapi tidak jadi dipakai. Hal ini tentu akan sangat membantu banyak pihak bukan hanya mereka yang sakit hati karena gagal menikah tapi juga pihak yang ingin menikah dan membutuhkan barang-barang tersebut.

Baca Juga: Bercermin Di Hari Kartini: Ibu Rumah Tangga Pun Dapat Menggapai Mimpi Dengan Berbisnis

 

15. Desain grafis

Apabila mendesain pakaian kurang cocok untuk Anda, namun Anda memiliki ketertarikan dalam dunia desain, maka Anda bisa mendalami profesi sebagai desainer grafis. Anda bisa menjadi desainer grafis secara freelance, maupun di sebuah agensi. Tentu keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Apabila Anda memilih menjadi freelancer, maka segalanya berada di pundak Anda. Mulai dari jam kerja, pencarian klien, komunikasi soal revisi, hingga penagihan pembayaran. Selain itu, menjadi freelancer berarti Anda harus nyaman dengan perubahan mendadak. Sebab, tidak jarang para freelancer ini sepi pekerjaan ketika mendekati bulan puasa. Namun, tidak jarang pula para freelancer mengantongi penghasilan bersih hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi

 

16. Animator

Selain freelance desain grafis, menjadi animator juga cukup menjanjikan. Terlebih lagi dengan pesatnya perkembangan dunia digital advertising. Banyak brand yang berlomba lomba menyajikan konten sebaik mungkin, supaya orang-orang tertarik dengan pesan yang ingin mereka sampaikan. Seringkali, penyampaian pesan ini melalui media video yang dikemas secara menarik dengan berbagai animasi.

Oleh karena itu, profesi animator akan mulai berkembang beberapa tahun kedepan. Hanya saja untuk berkecimpung di dunia animasi dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Sebab, Anda harus memiliki komputer yang memang mampu untuk melaksanakan tugas dengan baik. Selain komputer, Anda juga membutuhkan perangkat lain seperti pen tablet berkualitas tinggi.

 

17. Usaha es krim dari kulit pisang

Ternyata bukan hanya buahnya saja yang bisa diolah, kulit pisang juga bisa menjadi bahan yang dimanfaatkan untuk usaha. Jika Anda penasaran seperti apa rasa olahan kulit pisang, Anda bisa mencoba untuk membuat es krim kulit pisang dan kemudian menjualnya.

Menurut mereka yang sudah mencoba ide usaha kreatif ini, es krim yang dibuat dari kulit pisang tersebut ternyata memiliki rasa yang enak. Selain itu, ditemukan adanya kandungan vitamin A dan C juga dalam olahan tersebut. Jadi, sangat cocok untuk dijual dan dijadikan bisnis bukan?

Untuk membuat es krim dari kulit pisang ini, Anda hanya perlu menyiapkan kulit pisang, tepung es krim, susu dan coklat. Untuk membuatnya, rebus kulit pisang selama 15 menit lalu blender halus untuk kemudian disaring dan diambil sarinya. Selanjutnya, rebus kembali sari kulit pisang tersebut. Selanjutnya, campur sari tadi dengan bubuk es krim, susu dan coklat. Aduk sampai rata dan masukan dalam freezer.

Baca Juga: Sukses dari Bawah dengan 10 Tips Memulai Usaha Kecil Ini

 

18. Desain case handphone

Saat ini sudah hampir semua orang memiliki smartphone. Beberapa smartphone memang dilengkapi berbagai fitur menarik yang membuat orang-orang merasa terdorong untuk memilikinya. Namun semakin canggih suatu smartphone, tetap saja tidak ada yang anti rusak ketika terjatuh.

Oleh karena itu, banyak orang yang membutuhkan case untuk melindungi smartphone-nya. Banyaknya orang yang membutuhkan case ini pun dapat menjadi peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya dengan menjual case yang bisa dikostumisasi. Jadi, setiap orang bisa memiliki case dengan desain yang mencerminkan seleranya masing-masing.

 

19. Dekorasi interior

Kaum milenial kini perlahan lahan mulai menempati propertinya masing-masing. Baik itu berupa rumah, maupun apartemen. Tentunya para milenial ini memiliki selera yang berbeda dengan generasi pendahulunya. Oleh karena itu, Anda bisa memulai usaha kreatif yang bergerak di industri dekorasi interior yang khusus untuk menangani kebutuhan para milenial. Menjadi seorang desainer interior pun bukan berarti Anda harus menempuh pendidikan desain interior.

Memang akan sangat membantu apabila Anda telah berlatih dan belajar selama bertahun-tahun. Namun faktanya banyak para pelaku usaha ini yang tidak memiliki latar belakang pendidikan desain interior. Jadi, Anda hanya perlu untuk belajar dan mengetahui benar apa yang diinginkan oleh klien.

Baca Juga: Ingin Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses? Ini 10 Tipsnya

 

20. Menjual kaos kaki 3 buah

Jika selama ini Anda selalu menemukan penjual kaos kaki yang menjual kaos kasinya berpasangan, bagaimana jika Anda membuat satu paket kaos kaki itu berisi tiga buah kaos kaki sekaligus. Hal ini tentu akan sangat membantu mereka yang sering kehilangan kaos kakinya sebelah saja.

Ide usaha kreatif ini tentu akan banyak diminati apalagi bagi mereka yang sering mengalami masalah kehilangan kaos kaki di rumah, di tempat umum atau di tempat laundry. Jadi, jika salah satu kaos kaki mereka hilang, mereka tidak perlu bingung karena masih ada satu yang disimpan.

 

21. Souvenir pernikahan

Sama halnya dengan penyewaan kostum, menjual souvenir untuk pernikahan juga menjadi ladang uang yang bisa Anda manfaatkan. Sebab, akan selalu ada pasangan yang menikah setiap minggunya. Meskipun tidak semuanya, namun hampir dapat dipastikan kalau setiap pasangan yang menikah akan memberikan cinderamata kepada tamu undangan, sebagai ucapan terima kasih atas kesediaannya untuk hadir. Mengingat setiap pasangan memiliki preferensi dan budget masing-masing, maka Anda pun juga harus mempersiapkan berbagai jenis produk yang bisa menemui kebutuhan mereka.

 

22. Bisnis menjual boneka

Boneka anak-anak merupakan salah satu usaha kreatif yang tidak akan kalah dengan zaman. Selama masih ada anak yang lahir di Indonesia, maka selama itu lah industri boneka akan tetap hidup. Namun, tentu saja harus ada penyesuaian-penyesuaian khusus agar bisa bertahan. Terlebih lagi dengan banyaknya produk impor yang masuk ke Indonesia dengan harga yang jauh lebih murah.

Oleh karena itu, pilihannya ada dua. Pertama, menjadi produsen boneka sendiri, atau menjadi importir. Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Apabila Anda memilih menjadi produsen boneka sendiri, maka ketahuilah bahwa Anda akan jauh lebih bermanfaat bagi sesama karena telah membuka banyak lapangan pekerjaan.

 

23. Perabotan rumah tangga

Rumah akan terasa sepi apabila tidak dihiasi dengan barang-barang yang bernilai seni. Tidak hanya lukisan saja, barang-barang bernilai seni pun bisa beragam. Bahkan, lampu meja pun kini lebih artistik dengan munculnya berbagai lini produk yang didesain oleh para desainer terkemuka. Namun, masih banyak perabotan rumah tangga unik dan artistik yang hasil karya desainer dunia.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mulai membuat lini produk perabotan rumah tangga asli buatan tangan Indonesia, namun tidak kalah artistik dari buah karya desainer internasional. Anda bisa mulai dari yang sederhana seperti frame foto, hiasan meja, kursi kecil, lampu meja, dan sebagainya.

 

24. Bisnis sayuran siap masak

Apakah Anda pernah merasa malas saat harus memotong atau mencuci sayuran saat akan memasak? Mungkin Anda bukan satu-satunya yang mengalami hal tersebut. Karena itu, bagaimana jika Andau membuat bisnis untuk menjual sayuran yang siap dimasak?

Hal ini tentu akan sangat menarik bagi mereka yang hobi memasak tapi merasa bahwa mencuci dan memotong sayuran terkadang menghabiskan banyak waktu dan membuat malas. Disini, Anda bisa menyediakan sayuran yang siap masak sebagai solusi.

 

25. Produk daur ulang

Sampah plastik telah merajalela. Bahkan sampah plastik telah menjelma menjadi biang masalah lingkungan yang harus ditanggung oleh generasi masa depan. Hewan-hewan di laut pun kini sudah mulai ditemukan tidak bernyawa akibat sampah plastik yang merusak kesehatannya.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mendaur ulang plastik menjadi produk layak pakai. Sejak beberapa tahun silam pun sudah banyak usaha kecil menengah yang menjual produk daur ulang sampah plastik menjadi benda-benda yang digunakan sehari-hari. Misalnya payung, sandal, tas, dan lain sebagainya. Anda pun bisa mengikuti langkah yang sama. Jadi, bisnis daur ulang merupakan salah satu bisnis yang tepat bagi Anda yang kreatif. Sebab mengubah sampah menjadi produk bernilai jual tidak lah mudah.

 

26. Menjadi musisi

Menjadi musisi memang tidak mudah, namun tetap bisa dipelajari. Memang agar dapat menjadi musisi yang handal diperlukan bakat. Namun bakat bukanlah penentu utama kesuksesan seorang musisi. Diperlukan usaha dan kemauan yang besar agar bisa menjadi seorang musisi yang sukses.

Jadi, bagi Anda yang punya mimpi menjadi seorang musisi, sebaiknya mulai berlatih sampai sekarang. Selain dapat mengasah jiwa seni, menjadi musisi pun juga bisa menjadi ladang bisnis. Di zaman sekarang, pilihan karier sebagai musisi pun cukup beragam, tidak hanya sekadar band yang harus mengejar record deal dari label besar.

Anda bisa menjadi band pengiring di berbagai pesta pernikahan, acara kantor, memproduseri musisi lain, membuat label rekaman sendiri, atau bahkan menjadi musisi yang dikontrak oleh label.

Baca Juga: Sebuah Playlist Bisa Membuat Anda Bekerja Lebih Baik

 

27. Bisnis kursi dari ban dan drum bekas

Ide usaha kreatif yang terakhir cocok untuk Anda yang ingin membuka usaha dalam bidang properti. Melihat drum serta ban bekas yang tak terpakai tentu sangat melelahkan. Oleh karena itu mengapa kita tidak membuat sesuatu yang bermanfaat dari barang bekas tersebut.

Misalnya, Anda bisa menyulapnya menjadi sebuah kursi ataupun sofa yang unik. Anda bisa mencoba untuk mengkreasikannya dalam bentuk yang unik agar semakin diminati oleh masyarakat.

Baca Juga: Memulai Bisnis dengan Modal Rp 5.000, Apa Bisa?

 

28. Admin akun media sosial

Saat ini sudah banyak orang yang menjalankan usahanya melalui internet. Salah satunya di media sosial. Contohnya para influencer dan content creator yang aktif kerja sama dengan para brand untuk mempromosikan produk-produknya. Namun karena satu dan lain hal, banyak dari pemilik akun ini tidak bisa mengelola akunnya.

Faktor utama yang sering menjadi penyebabnya adalah kesibukan yang tinggi. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang mulai menggunakan jasa admin untuk mengelola akunnya dengan baik. Biasanya yang menjadi tugas admin adalah mengunggah konten pada waktu terbaik, sekaligus berinteraksi dengan para followers di kolom komentar.

 

Beberapa ide usaha kreatif di atas membuktikan bahwa masih ada banyak jalan untuk meraih kesuksesan sambil menebar manfaat ke sesama. Sebuah usaha kreatif yang memiliki ciri khas akan mampu bertahan untuk waktu yang panjang. Meskipun telah dihadang oleh kemajuan teknologi sekalipun.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai bisnis Anda dari sekarang!

linkedin

Tags: Uncategorized