Moka Logo
30 Ide Bisnis Kreatif Kekinian untuk Anak Muda, Modal Rp1 Juta!

Tips Bisnis

30 Ide Bisnis Kreatif Kekinian untuk Anak Muda, Modal Rp1 Juta!

8 min
SaminaSamina

30 Ide Bisnis Kreatif Kekinian untuk Anak Muda, Modal Rp1 Juta! – Apakah Anda sedang mencari ide bisnis untuk pemula? Ya, memulai bisnis merupakan satu tantangan berat dan terdengar menakutkan. Ide bisnis pun tidak datang dengan mudah dan kadang belum sesuai dengan keadaan maupun modal yang Anda inginkan.

Bagi Anda yang sedang mengalami kebingungan tersebut, jangan khawatir! Yuk simak 30 ide bisnis kreatif untuk anak muda dengan modal Rp1 Juta berikut! Siapa tahu ide bisnis kreatif modal minim di bawah ini bisa Anda jalani, meski saat ini Anda sedang full time kerja kantoran.

Ide Bisnis Kreatif Kekinian untuk Pemula Modal Rp1 Juta

1. Jual Beli Barang Bekas

bisnis laundry kiloan (1)

Punya barang bekas ospek yang sudah tidak terpakai? Atau baju dan buku-buku sekolah maupun kuliah yang sudah tidak dibaca lagi? Saatnya Anda manfaatkan kelebihan barang-barang tersebut.

Baca juga: 29 Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim yang Bisa Anda Rintis

Untuk memulai bisnis kreatif untuk anak muda ini, Anda dapat mengeluarkan uang kurang dari Rp1 juta dengan modal smartphone Anda, kuota internet bulanan, dan ongkos untuk drop barang Anda ke tempat jasa pengiriman.

Pilihlah barang-barang layak pakai yang kiranya sudah tidak Anda gunakan. Manfaatkan handphone Anda untuk memotret produk Anda dengan baik. Anda bisa buat akun media sosial maupun situs khusus seperti carousell.com.


2. Jasa Dropship Barang

bisnis rumahan - karyawan - Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial - Moka Capital, Solusi Mudah Pinjaman Online - 30 Peluang Usaha Sampingan Karyawan untuk Tambah Cuan - ide bisnis kreatif untuk anak muda

Ini dia ide bisnis kreatif untuk anak muda selanjutnya. Bisnis dropship bisa dibilang juga bisnis untuk pemula yang dengan modal terbatas. Dengan menjalani bisnis ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang dalam jumlah kecil bahkan bisa tidak mengeluarkan uang sepeserpun.

Modal utama dalam usaha ini adalah kemampuan Anda dalam memasarkan suatu produk. Namun, jenis usaha ini juga tidak boleh disepelekan.

Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online Hingga Sukses bagi Pemula

Untuk menjadi dropshipper yang baik, Anda harus memahami spesifikasi barang yang dijual dan cermat dalam memilih supplier yang terpercaya. Dengan menguasai kemampuan tersebut, Anda bisa terus meningkatkan reputasi Anda sebagai dropshipper.


3. Jual Makanan Sarapan di Rumah

cloud kitchen di indonesia - mementingkan packaging makanan (3)

Dari anak sekolah hingga pekerja, tentunya butuh yang namanya asupan makan pagi. Namun, tak sedikit juga yang tidak sempat menyediakan makanan tersebut.

Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis aneka menu sarapan seperti bubur, nasi uduk, dan lontong sayur. Untuk tempat jual beli, Anda cukup menata meja dan makanan di halaman rumah Anda.

Baca juga: Ide Bisnis Makanan Ringan dari Berbagai Camilan Khas

Modal untuk memulai usaha ini, untuk bahan baku makanannya sendiri bisa membutuhkan paling banyak sekitar 1 juta rupiah dengan asumsi peralatan dapur Anda sudah lengkap.

Untuk menjaga efektivitas penggunaan dana, usahakan untuk survei bahan baku dengan harga paling terjangkau namun tetap dengan kualitas yang baik.

Tertarik menjalani ide bisnis kreatif untuk anak muda yang satu ini?


4. Jasa Pengetikan

menulis - laptop

Jika Anda memiliki laptop dan internet yang memadai di rumah, Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan membuka jasa pengetikan. Apalagi jika tempat tinggal Anda berada di lingkungan kampus maupun sekolah, dijamin jasa Anda akan banyak dibutuhkan oleh murid dan mahasiswa di sekitar Anda.

Baca juga: 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

Ide bisnis untuk pemula ini membutuhkan modal kurang dari Rp1 juta, khususnya bagi Anda yang sudah memiliki laptop atau notebook yang memadai.

Jika Anda belum memiliki keduanya, Anda bisa coba survei harga laptop second atau notebook murah dengan harga dibawah Rp1 juta dan membelinya untuk memulai usaha Anda.


5. Jasa Print

jasa printing - printer - ide bisnis kreatif untuk anak muda

Selain jasa pengetikan, jasa print juga sangat dicari-cari oleh banyak kalangan, baik murid sekolah, mahasiswa, maupun kebutuhan karyawan kantor.

Jika Anda sudah memiliki alat print yang memadai, Anda bisa memulai bisnis ini dengan cara menambahkan stok tinta bermodal sekitar Rp150.000 hingga Rp500.000 serta stok kertas dengan modal sekitar Rp56.000 hingga Rp200.000.

Baca juga: Berniat Memulai Bisnis Usaha Percetakan? Ikuti Tips Berikut Ini

Jika Anda belum memiliki printer yang memadai, Anda bisa survei harga printer dalam kisaran Rp400.000 hingga Rp600.000. Seiring berkembangnya bisnis, Anda bisa terus memperbaiki kualitas kertas, tinta, dan alat cetak sesuai dengan keuntungan yang Anda raih.


6. Jasa Penulis Artikel Lepas

12 Keuntungan dan Kerugian Work From Home, Apa Saja? - ide bisnis kreatif untuk anak muda

Punya hobi menulis, tapi tidak punya waktu untuk aktif posting artikel blog? Anda bisa jadikan kemampuan menulis Anda dengan jadi penulis lepas atau freelance writer.

Penggunaan artikel blog atau website dalam mempromosikan bisnis yang semakin tinggi dan membuat usaha penulis lepas memiliki peluang yang menjanjikan.

Untuk memulai usaha ini, jika Anda sudah memiliki gadget dan internet yang memadai, hampir tidak perlu mengeluarkan sepeserpun.

Baca juga: 30 Peluang Usaha Sampingan Karyawan untuk Tambah Cuan

Namun, Anda perlu memiliki keahlian menulis dan memahami dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization). Pendapatan yang akan Anda hasilkan juga cukup menjanjikan. Untuk pembuatan artikel web, menurut institutpenulis.id, Anda bisa mematok harga sekiranya Rp330 per kata.


7. Budidaya Bibit Tanaman

menjual tanaman

Ide bisnis kreatif untuk anak muda di atas belum ada yang cocok? Bagaimana dengan yang satu ini? Ya, budidaya tanaman bibit.

Budidaya bibit tanaman memiliki potensi usaha yang baik untuk dijalankan. Bibit yang bisa Anda tanam di antaranya aneka jenis cabe, tomat, terong, dan aneka sayuran, bumbu dapur, dan jenis buah lainnya.

Modal yang Anda butuhkan untuk usaha ini masih berkisar dalam harga 1 juta rupiah. Optimalkan modal Anda dengan memilih bibit, pupuk, serta pot dengan harga yang terjangkau tapi tetap berkualitas.

Baca juga: 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Sisihkan juga modal untuk biaya transportasi Anda. Agar produk Anda terjual dengan baik, kreasikan penataan tanaman Anda dengan indah supaya menarik perhatian saat dipromosikan melalui media sosial.


8. Jual Pulsa Elektrik

update media sosial saat jalan-jalan atau traveling

Berjualan pulsa elektrik bisa jadi pilihan ide bisnis kreatif untuk anak muda. Meski kini sudah banyak aplikasi yang mendukung fasilitas pengisian pulsa, tidak sedikit pula orang-orang yang tidak ingin susah instal aplikasi atau mencari alternatif pembayaran pulsa yang lebih murah.

Usaha ini cocok jika Anda adalah mahasiswa yang sedang mencari penghasilan sambilan. Anda bisa tawarkan produk ini dengan keluarga, tetangga, maupun kerabat Anda.

Baca juga: 5 Tips Sukses Jalankan Bisnis Pulsa dengan Modal Minim

Modal yang Anda perlukan berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Pilihlah distributor pulsa yang terpercaya agar Anda dapat berbisnis dengan lancar, atau manfaatkan aplikasi jual pulsa yang bisa Anda unduh dari smartphone Anda.


9. Jasa Asisten Virtual

kelas dan pelatihan online - asisten virtual

Jika Anda sedang mencari penghasilan tambahan atau mencari pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah, Anda bisa mencoba ide bisnis kreatif untuk anak muda yang satu ini. Ya, menjadi asisten virtual.

Jasa asisten virtual meliputi pekerjaan seperti mengecek dan membalas email, melakukan riset, mengatur jadwal pertemuan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Online dan Offline Buat Tambah Cuan 2020

Penghasilan yang didapat seorang asisten virtual biasanya berdasarkan periode kontrak atau jam kerja. Untuk menjadi tenaga asisten virtual, Anda perlu memiliki keahlian bahasa asing, laptop, smartphone, dan sambungan internet yang stabil.

Anda bisa memulai usaha ini dengan dana kurang dari Rp 1 juta dengan asumsi Anda sudah memiliki gadget yang memadai.


10. Usaha Snack Kemasan

jajanan - makanan ringan

Peluang usaha kuliner di Indonesia termasuk cukup besar. Jika Anda tidak memiliki modal banyak, jangan khawatir. Anda bisa mulai usaha kuliner dengan menjual snack kemasan.

Dengan modal Rp 1 juta, Anda sudah bisa membeli bahan baku awal, serta kemasan plastik serta desain sederhana untuk kemasan makanan Anda.

Baca juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Agar penjualan Anda optimal, Anda bisa promosikan snack kemasan Anda melalui akun media sosial maupun media chat pribadi ke saudara maupun kerabat Anda. Jika penjualan Anda berjalan baik, seiring waktu Anda bisa mengembangkan kualitas snack serta kemasannya.


11. Bisnis Tas Handmade/Daur Ulang

tas - bisnis kerajinan tangan - 9 Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Fresh Graduate - bisnis untuk fresh graduate - tas handmade - ide bisnis kreatif untuk anak muda

Suka menyalurkan kreativitas dengan kerajinan tangan? Bisnis tas handmade bisa jadi peluang bisnis modal kecil yang cocok bagi Anda.

Baca juga: 15 Tren Bisnis Kuliner yang Masih akan Booming pada 2020

Dengan modal Rp1 juta, Anda sudah bisa membeli bahan baku untuk puluhan tas dan membayar jasa konveksi untuk pembuatannya. Modal Anda bisa lebih diminimalisir jika Anda menggunakan bahan-bahan daur ulang seperti kain perca ataupun inovasi lainnya yang tersedia di rumah Anda.

Wah, ide bisnis kreatif untuk anak muda yang sangat menarik, ya!


12. Jual Aneka Kue Rumahan

resek kue kering lebaran - nastar

Menjual kue rumahan bisa jadi pilihan bisnis modal Rp1 juta untuk Anda. Jenis kue yang Anda jual bisa seputar donat, bolu, kue ulang tahun, pastel, cupcake, dan lain sebagainya.

Bisnis untuk pemula ini membutuhkan modal dalam kisaran Rp500 ribu hingga Rp1 juta, bergantung pada kuantitas kue dan pilihan jenis kue yang Anda jual. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa lakukan baik secara offline maupun online.

Baca juga: 23 Ide Bisnis Sampingan Terbaik Sebagai Sumber Pendapatan Pasif

Secara offline, Anda bisa mulai dengan menitipkan kue buatan Anda ke warung-warung terdekat. Secara online, Anda bisa mulai dengan promosi di akun media sosial pribadi Anda atau komunikasi via chat.


13. Jasa Pengiriman Barang

menegcek ketersediaan stok di gudang - Tips Menggunakan Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Bisnis Kuliner - ide bisnis kreatif untuk anak muda

Jika Anda adalah mahasiswa atau tinggal di lingkungan mahasiswa dan memiliki kendaraan bermotor, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa pengiriman barang di sekitar kampus.

Baca juga: 10 Podcast untuk Belajar Bisnis dari Nol

Bisnis ini mempunyai peluang yang cukup besar, apalagi di saat banyak acara kampus yang membutuhkan jasa antar maupun angkut barang.

Untuk memulai usaha ini, Anda hanya perlu modal untuk bahan bakar minyak lebih senilai Rp 500 ribu dengan asumsi Anda sudah memiliki kendaraan bermotor yang memadai


14. Bisnis Blogging

online learning - bekerja di rumah - work from home - blogging - ide bisnis online kreatif - ide bisnis kreatif untuk anak muda

Kegiatan blogging tidak hanya untuk sekedar hobi dan membentuk branding personal saja. Dengan blogging Anda juga bisa membuka peluang usaha dengan memasang iklan di dalam konten blog Anda.

Baca juga: 10 Pengusaha Sukses Luar Negeri yang Bikin Makin Semangat Berbisnis

Rata-rata modal yang dibutuhkan untuk membuat blog dengan hosting dan domain lokal adalah Rp1 juta per tahun. Jika Anda masih pemula dan belum memiliki modal banyak, Anda tetap bisa menghasilkan uang dengan blogging di berbagai platform blog gratis.


15. Jual Rangkaian Bunga

hari kasih sayang - valentines day - bunga mawar - 13 Peluang Bisnis Sampingan di Hari Valentine

Usaha merangkai bunga juga bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang ingin memulai usaha dengan modal kecil. Dengan usaha ini, Anda bisa memanfaatkan momen-momen spesial seperti wisuda, pernikahan, ulang tahun, dan perayaan lainnya.

Baca juga: 7 Motivasi Bisnis dari Jack Ma untuk Pebisnis yang Ingin Sukses

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa sediakan modal sekitar Rp100 ribu hingga Rp500 ribu, tergantung bahan, hiasan, dan bibit bunga yang Anda pilih. Anda bisa memasarkan usaha ini melalui media sosial maupun hadir secara offline di halaman rumah Anda.

16. Kerajinan Tangan

suvenir nikah - handmade - suvenir custom (1)

Dengan modal minim, Anda dapat menjalankan bisnis dengan menyediakan produk-produk kerajinan tangan. Produk kerajinan tangan bisa berasal dari bahan-bahan dengan harga yang murah, tapi membutuhkan kreativitas yang tinggi.

Anda tentu bisa menjualnya di media sosial seperti Instagram. Anda bisa mengandalkan skil fotografi Anda untuk membuat tampilan kerajinan tangan Anda semakin indah ketika diunggah di media sosial.

17. Menjual Camilan atau Kue Rumahan

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar - sosis telur gulung - usaha waralaba - Ide Bisnis Makanan Ringan dari Berbagai Camilan Khas - kata-kata promosi jualan makanan cemilan

Pandemi membuat orang terpaksa untuk tetap di rumah. Nah, ini kesempatan Anda untuk menjalankan bisnis yang pasti orang akan membutuhkannya. Makanan ringan atau camilan bisa menjadi produk yang sangat dipilih banyak orang selama mereka berada di rumah. Anda juga bisa berkreasi dengan membuat camilan sehat dan menjualnya di toko online ataupun media sosial.

18. Jual Baju Preloved (Thrift Shop)

toko retail - belanja baju dan pakaian (2)

Punya baju yang tidak terpakai di dalam lemari Anda? Kenapa tidak jualan online saja? Bisnis Anda benar-benar membutuhkan modal yang sangat minim karena Anda menjual produk yang sudah ada. Anda juga bisa meraup keuntungan yang maksimal dengan menjual baju bekas.

Baca juga: E-Commerce: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaat untuk Bisnis 

19. Fotografer 

fotografi - kamera - 28 Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim

Walau terdengar seperti sesuatu yang mahal, Anda dapat memulai karir sebagai fotografer dengan menggunakan smartphone serta kreativitas Anda. Anda bisa menawarkan jasa Anda untuk para UMKM dan membantu mereka menjual produknya melalui foto yang Anda ambil dan edit dengan cantik.

20. Jasa Dekorasi

menikah - bisnis pernikahan (1)

Biasanya, jasa dekorasi ini dibutuhkan ketika ada berbagai acara spesial, seperti ulang tahun, lamaran, pernikahan, dan lainnya. Dekorasinya pun bermacam-macam, bisa berbentuk bunga, balon, dan sebagainya. Ide bisnis untuk pemula ini tentunya membutuhkan kreativitas dan kemampuan dalam mendekorasi, ya!

21. Kursus Musik Privat 

Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim - musik - lagu

Jika Anda merasa mahir memainkan instrumen musik, cobalah buat kursus musik privat menggunakan instrumen yang sudah Anda miliki di rumah. Dengan begitu, Anda hanya membutuhkan modal minim demi menjalankan bisnis untuk pemula tersebut.

22. Admin Media Sosial

promosi bisnis di media sosial - Cara Efektif Membuat dan Memantau Konten Media Sosial Bisnis - contoh kalimat promosi bisnis online

Hampir setiap bisnis sekarang menggunakan media sosial. Tetapi, tidak semuanya memiliki waktu untuk menjadi admin media sosial. Maka itu, mungkin Anda dapat membuka jasa untuk mereka yang tidak memiliki waktu dalam menjalankan akun media sosial mereka.

23. Influencer

influencer

Menjadi influencer juga tidak membutuhkan dana yang banyak, lho. Jika Anda memiliki cukup banyak follower dan merasa bisa meng-influence mereka dengan konten Anda, mungkin Anda bisa memulai bisnis menjadi influencer. Anda bisa menerima permintaan endorsement dari produk-produk tertentu.

24. Barbershop 

Cari Karyawan untuk Barbershop? - 6 Franchise Barbershop Terbaik yang Bisa Anda Jajal

Bisnis satu ini memang terkenal dengan rumus modal kecil sama dengan peluang usaha tinggi. Anda juga mungkin dapat memulai usaha ini di rumah sebelum pindah ke tempat yang lain.

25. Jual Buku Bekas

5 Buku Inspiratif Pebisnis untuk Isi Libur Lebaran, Sudah Baca (1)

Mirip dengan thrift shop, Anda juga dapat menjual kembali buku-buku bekas yang orang lain atau bahkan diri Anda sendiri tidak pakai. Selain ramah lingkungan, Anda juga memiliki potensi untuk meraup keuntungan. Wah, bisnis untuk pemula yang satu ini cukup menggiurkan, ya!

26. Desain Case Handphone 

belanja online lewat ponsel

Baik anak muda hingga lansia sekarang menggunakan handphone (HP). Untuk menjaga perangkat mereka agar tidak rusak, case HP adalah alat yang sangat berguna. Menyediakan jasa desain case HP juga dapat membantu mereka untuk memiliki case khas sesuai dengan selera pelanggan Anda.

27. Freelance Copywriter

membuat toko online - laptop - microblog

Kedua jasa ini dapat Anda lakukan dengan perangkat yang sudah dimiliki dan Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal lain kecuali kreativitas Anda. Selain itu, pekerjaan ini juga sangatlah cocok untuk Anda yang memang sangat menyukai WFH atau Work From Home karena Anda bisa bekerja di rumah, bahkan di mana saja.

28. Usaha Frozen Food

frozen food - makanan beku siap saji - chicken nugget

Produk frozen food akhir-akhir ini menjadi produk andalan di masa pandemi. Selain praktis, frozen food juga bisa mengurangi intensitas Anda untuk belanja di luar karena keawetan bahan makanan tersebut yang bisa bertahan beberapa waktu. Modal yang dibutuhkan pun tidak begitu besar, yang penting Anda memahami produk frozen food seperti apa yang disukai masyarakat sekarang ini.

29. MUA atau Make-Up Artist 

kosmetik - makeup

Profesi satu ini adalah bisnis yang sedang ramai. Jika Anda merasa mahir dalam menggunakan makeup, mungkin saja bisnis untuk pemula ini dapat Anda jalankan untuk mendapatkan kesuksesan. Jika belum, tidak apa-apa, Anda bisa mempelajarinya dengan mengambil kursus atau menonton video YouTube secara gratis!

30. Jual Tanaman Hias 

Mulai Bisnis untuk Pemula dengan 30 Ide Bisnis Kreatif Modal 1 Juta

Ide bisnis modal minim satu ini juga dapat Anda jual apabila Anda hobi bercocok-tanam. Saat ini juga tren menghias rumah dengan tanaman sedang diminat

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.