Moka Logo
9 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula

Tips Bisnis

9 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula

3 min
YovitaYovita

Tertarik untuk memulai usaha? Saat ini, ada banyak pilihan usaha yang bisa dijalankan oleh pemula. Tidak perlu modal besar, tapi ada peluang mendapatkan penghasilan lumayan. Apa saja jenis bisnis yang cocok dijajal pemula? Yuk, simak contoh usaha modal kecil untung besar berikut ini!

Baca juga: 30 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan


9 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing 5 - 9 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula

1. Dropshipper

Menjadi dropshipper tampaknya cukup ngetren akhir-akhir ini. Pasalnya, penjual dapat memperoleh keuntungan tanpa perlu memiliki persediaan barang. Jika menjadi dropshipper, Anda hanya perlu memasarkan produk, lalu mendapatkan komisi. Hal ini cukup mudah, apalagi pemasaran dapat dilakukan melalui media sosial dan platform e-commerce.

Konsep dropship melibatkan dua pihak, yaitu pemilik produk dan penjual. Perjanjian antara keduanya memuat besaran komisi ketika barang berhasil terjual. Model bisnis ini dapat dilakukan untuk berbagai jenis barang. Ada produk kecantikan, pakaian, hingga gadget. Pastikan Anda sudah melakukan riset pasar supaya tahu jenis barang yang laku di pasaran. 

2. Reseller

Contoh usaha modal kecil untung besar kedua adalah menjadi reseller. Jika dibandingkan dengan poin sebelumnya, reseller dan dropship sama-sama melibatkan pemilik produk dan penjual. Namun, perbedaan reseller dan dropship terletak pada kepemilikan stok produk. Sebelum memasarkannya, reseller membeli produk terlebih dahulu dari pemilik produk. Penjual jadi bisa mempunyai dan mengatur ketersediaan barang sendiri. 

Selain stok produk, reseller juga bebas menentukan harga barang. Jadi, Anda dapat memaksimalkan besaran keuntungan dengan mempertimbangkan keadaan harga pasar. Supaya lebih gampang, Anda dapat memilih tipe barang yang memang diminati pasar dan sesuai dengan kesukaan Anda.

3. Affiliate Marketing

Jenis usaha yang satu ini juga praktis, bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali. Pada dasarnya, affiliate marketing adalah skema pemasaran di mana seseorang memperoleh keuntungan dengan mempromosikan produk jualan pihak lain. Keuntungan yang didapatkan merupakan komisi hingga 20 persen sesuai perjanjian dengan penyelenggara program affiliate marketing

Pihak yang menjalankan program affiliate marketing bisa berupa penjual atau platform e-commerce tempat barang diperjualbelikan. Dengan adanya sistem ini, semua pihak yang terlibat akan memperoleh keuntungan tersendiri. 

Baca juga: 7 Cara Promosi Jualan Online yang Ampuh dan Minim Modal

4. Jastip

konten media sosial bisnis retail (1) - cara menghapus background foto produk - Contoh Nama Toko Online untuk Bisnis -

Suka jalan-jalan, tapi mau cuan? Buka jastip adalah solusinya. Keberadaan jastip membantu orang-orang yang menginginkan barang tertentu, namun tidak bisa mendapatkannya karena satu dan lain hal, misalnya jarak. Contohnya, jika pergi ke Jepang, Anda dapat menjual barang seperti KitKat varian Strawberry Cheesecake Mount Fuji dan Hojicha karena hanya tersedia di negara matahari terbit tersebut.

Usaha jastip juga bisa dijalankan walaupun Anda tidak traveling. Sekarang, sudah banyak juga jastip untuk toko-toko di mal atau toko fisik lain, seperti pakaian, tas, sampai barang kebutuhan rumah tangga. Anda dapat mematok keuntungan sekitar Rp5.000 per barang sebagai permulaan. Nah, kalau Anda, bakal buka jastip apa?

5. Les Privat Online

Menjadi guru les privat online dapat menjadi pilihan jika Anda memiliki keterampilan di bidang tertentu, mulai dari materi pelajaran sekolah, public speaking, sampai topik investasi. Selain silabus untuk menjalankan les privat, Anda hanya perlu menyiapkan laptop atau smartphone saja.

6. Cloud Kitchen

Istilah cloud kitchen mungkin sudah tidak asing kalau Anda aktif mengikuti dunia kuliner. Cloud kitchen adalah dapur bersama yang dapat digunakan oleh pengusaha food and beverage (F&B). Ketika konsumen melakukan pembelian melalui jasa antar makanan online, kurir akan mengambil makanan di dapur bersama untuk diantar ke pembeli. Ini merupakan usaha modal kecil untung besar yang belum memiliki banyak kompetitor, sehingga dapat Anda coba.

7. Jajanan Kekinian

Aneka jenis jajanan juga disukai banyak orang karena bisa dinikmati dalam berbagai momen. Beberapa contoh jajanan kekinian yang bisa Anda jual antara lain corn dog, churros, seblak, dan masih banyak lagi. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, cara membuat jajanan kekinian pun relatif simpel.

8. Jasa Pembayaran 

Usaha berikutnya adalah jasa pembayaran, di mana Anda dapat menerima pembayaran digital seperti PLN, BPJS, PDAM, atau tagihan lainnya. Layanan semacam ini amat membantu keperluan sehari-hari, apalagi jika Anda memberikan harga terjangkau. 

Selain tagihan, contoh jasa pembayaran yang laku adalah voucher game. Anda dapat memanfaatkan maraknya game online dengan menjual printilan game, seperti diamond Mobile Legends, skin Valorant, dan sebagainya.

9. Thrift Clothes

Thrifting adalah contoh usaha modal kecil untung besar untuk kamu yang suka fashion. Thrifting sebenarnya sudah lama dipraktikkan, tapi sekarang jadi lebih mudah dengan adanya media sosial. Thrift adalah sebutan untuk barang bekas atau preloved yang dijual kembali, biasanya karena tidak dipakai lagi tapi kondisinya masih bagus. Nah, Anda dapat memperoleh keuntungan dengan menjual pakaian yang sudah tidak lagi digunakan. Lebih baik dijual daripada terbengkalai di rumah, bukan?

Baca juga: Laris Manis Bisnis Fashion. Ini 5 Ide Kata-kata Promosi Jualan Baju


Setelah menyimak contoh usaha modal kecil untung besar di atas, Anda dapat menentukan mana jenis usaha yang paling pas dengan diri Anda. Untuk mendukung jalannya bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha tanpa pinjaman dengan mudah lewat layanan Moka Capital! 

Moka Capital menjalin partnership dengan sejumlah penyedia dana terpercaya, yaitu KoinWorks, Modalku, Bizhare, dan LandX. Jika mengandalkan MOKA Capital, Anda bisa memperoleh pinjaman dengan praktis dalam waktu singkat. Segera dapatkan informasi lebih lanjut dengan mengunjungi website Moka POS!

Aplikasi kasir-2

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.