Business Insight

Tak Banyak yang Tahu, ini 7 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

By Jordhi Farhansyah on December, 25 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

7 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal - Modal selalu menjadi kendala utama bagi beberapa orang yang akan merintis bisnis. Baik itu untuk bisnis offline ataupun online. Namun, apakah memungkinkan jika berbisnis online tanpa modal? Sekilas, hal ini terasa mustahil untuk dijalankan. Padahal, semakin pesatnya pertumbuhan bisnis online, dapat memungkinkan seseorang untuk membuat bisnis tanpa modal.

Lalu bagaimanakah caranya agar bisa berbisnis online tanpa modal? Berikut ulasannya!

Menjadi Resellercara bisnis online shop tanpa modal 3

Dengan menjadi reseller, Anda akan menjual barang atau produk milik supplier dan masih menggunakan nama brand mereka. Anda juga tidak perlu repot memikirkan pengiriman barangnya karena supplier yang akan melakukannya. Namun selayaknya bisnis pada umumnya, Anda juga harus mengelola barang dari supplier dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan


Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal dengan  Menjadi Dropshippercara bisnis online shop tanpa modal 6

Berbeda dengan reseller, dropshipper adalah agen perantara yang bertugas untuk menyampaikan pesanan pembeli ke supplier. Setelah memilih produk, Anda bisa melakukan promosi. Promosi ini juga bisa mengatasnamakan brand Anda sendiri. Jika tidak memiliki modal sama sekali, pilihlah tipe promosi yang tidak membutuhkan biaya. Namun, jika sudah memiliki modal dari hasil penjualan, Anda boleh saja melakukan promosi yang berbayar.

Menjadi dropshipper tentunya tidak membutuhkan modal karena biaya produksi akan ditanggung oleh supplier. Kebanyakan, proses pengemasan dan pengiriman pun akan dilakukan oleh supplier.


Membuka Jasa Titip Onlinecara bisnis online shop tanpa modal 5

Jasa titip online juga cukup marak di kalangan masyarakat beberapa tahun ini. Kegiatan ini termasuk salah satu bisnis yang tanpa membutuhkan modal. Cara kerja bisnis online ini adalah dengan menawarkan jasa titip belanja melalui media sosial. Biasanya, Anda hanya perlu memfoto barang-barang yang tengah digandrungi di pasaran dan mengunggahnya di akun bisnis Anda.

Barang titipan yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari pakaian, makanan, hingga barang-barang branded yang memiliki nilai jutaan rupiah. Namun, ada juga beberapa penyedia layanan jasa titip yang memberikan kebebasan pembelinya untuk memesan barang yang lebih spesifik.

Skala dari jasa titip online ini juga bermacam-macam, mulai dari jasa titip antar kota hingga antar negara. Tidak heran, jika bisnis ini termasuk yang salah satu bisnis tanpa modal yang cukup menjanjikan.


Membuka Bisnis Dengan Sistem Preordercara bisnis online shop tanpa modal 2

Menerapkan sistem preorder pada bisnis Anda juga menjadi cara untuk jualan online tanpa modal. Dengan sistem preorder, Anda bisa memperkirakan jumlah barang yang akan diproduksi. Bukan hanya itu, sistem ini juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang terlebih dahulu sebelum masuk ke proses produksi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mencari biaya produksi dari mana.

Baca juga: 100+ Contoh Nama Toko Online untuk Bisnis Anda

Sistem pembayaran di muka terbagi menjadi dua, ada yang menerapkan sistem down payment, ada juga yang menerapkan full payment. Anda bisa menyesuaikan sendiri sistem mana yang cocok untuk bisnis online shop Anda. Bisnis dengan sistem ini harus dilakukan secara konsisten dan dengan penuh komitmen jika ingin menjaga bisnis Anda bertahan lama.


Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal dengan Menjual Barang Prelovedcara bisnis online shop tanpa modal

Bisnis jual beli barang bekas juga termasuk bisnis tanpa modal yang patut dipertimbangkan. Anda hanya perlu mengumpulkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, namun pastikan barang tersebut masih layak pakai. Anda bisa menjual dan mempromosikannya secara online jika ingin cepat laku.


Menjual Barang Titipancara bisnis online shop tanpa modal 7

Titip jual adalah salah satu online shop tanpa modal yang relatif mudah dimulai. Anda hanya perlu menyediakan platform, seperti di media sosial, di mana setiap orang bisa menitipkan foto produk yang ingin mereka jual. Anda pun bisa menetapkan berapa besar margin keuntungan yang akan Anda dapatkan jika barang titipan tersebut laku terjual.

Baca juga: 20 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online Paling Manjur


 

Menggunakan Online Platform  yang Terjangkaucara bisnis online shop tanpa modal 8

Cara terakhir untuk bisnis online shop tanpa modal yang besar adalah dengan menggunakan platform jualan online, baik yang gratis maupun yang berbayar namun dengan harga yang terjangkau. Saat ini memang sudah banyak platform yang siap membantu Anda mulai berjualan tanpa modal sekalipun. 

Namun, untuk hasil yang lebih optimal, sebaiknya Anda menggunakan platform jualan online khusus. Untuk itu, Anda bisa menggunakan GoStore. GoStore adalah pembuat website toko online pertama di Indonesia yang sudah terintegrasi dengan layanan Facebook Shop, Instagram Shop, dan Google Shopping. Sehingga, toko online Anda akan terpampang di ketiga platform tersebut, sehingga bantu meningkatkan penjualan.

Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Ayo mulai bisnis jualan online Anda bersama GoStore!



Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia