Business Insight

5 Cara Jualan Online, Pemula pun Bisa!

By Jordhi Farhansyah on September, 1 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

5 Cara Jualan Online, Pemula pun Bisa! - Bagi Anda yang ingin berbisnis, tetapi bingung hendak memulainya dari mana, barangkali jualan online bisa jadi titik start Anda. Kini, dunia digital tengah berkembang pesat. Orang-orang pun semakin aktif berselancar di media sosial. Alhasil, jualan online pun semakin potensial. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, ketika jarak sosial kita terbatas. 

Jualan online, ah, sekilas terlihat mudah. Bahkan tak sedikit yang menganggap bahwa jualan online bisa dimulai cukup dengan membuat akun media sosial atau lapak di e-commerce. Namun faktanya, jualan online butuh strategi yang lebih matang. 

Lantas, bagaimana cara jualan online yang tepat hingga membuat bisnis berkembang cepat?


Mengapa Anda Perlu Tahu Cara Jualan Online?

5 Cara  Jualan Online. Pemula pun Bisa!

Menurut McKinsey, nilai dari e-commerce di Indonesia pada tahun 2022 dipercaya akan mencapai Rp910 triliun. Hal ini membuktikan bahwa berjualan online memiliki potensi yang besar dan Anda bisa ikut meraup keuntungan yang sangat besar darinya.

Lebih dari itu, apabila Anda berjualan online, tentu saja pasar Anda akan sangat luas karena akan menjangkau lebih banyak pembeli. Keuntungannya? Hal ini tentu akan membuat profit dari hasil penjualan Anda semakin tinggi. 

Kendati demikian, bila Anda menginginkan sebuah bisnis yang bisa bertahan dalam jangka panjang, Anda sebaiknya tak langsung asal tancap gas memulainya. Alih-alih, ada baiknya Anda mengetahui cara jualan online yang tepat terlebih dahulu dan menyusun strategi yang sesuai.

Namun, tak perlu berlama-lama juga dalam perencanaan, karena bisa-bisa, ada pihak lain yang justru lebih dulu memulai bisnis dengan konsep serupa ide Anda.

Nah, kini mari kita simak bagaimana cara jualan online yang bisa membuat bisnis berkembang sekaligus bertahan lama. Tenang, pemula pun bisa!

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan


5 Cara Jualan Online yang Mudah dan Tepat

1. Tentukan produk yang akan Anda jual

5 Cara  Jualan Online. Pemula pun Bisa!

Ada beberapa cara untuk menentukan produk yang potensial untuk dijual. Pertama, mulailah dari produk yang Anda sukai. Dengan begitu, Anda akan lebih mengetahui seluk-beluk produk tersebut dan karakter pasarnya.

Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan produk yang cara pembuatannya Anda kuasai. Misal, jika Anda senang membuat karya art and craft, Anda bisa berjualan pernak-pernik kreatif atau hiasan rumah. Kemudian yang ketiga, coba pikirkan produk yang saat ini sedang dibutuhkan atau dicari oleh kalangan tertentu.

Untuk membantu Anda menentukan produk mana yang tepat, Anda bisa melakukan riset pasar dan menganalisis tingkat potensinya. 


2. Menentukan target pasar

5 Cara  Jualan Online. Pemula pun Bisa!

Dalam berjualan online, Anda pun harus memikirkan siapa target pasar yang akan Anda tuju. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat fokus menentukan strategi marketing dan promosi untuk memasarkan produk Anda. 

Sebutlah Anda ingin berjualan baju anak. Nah, Anda perlu memahami fakta bahwa pasar baju anak, yakni orang tua dan anak, sangatlah luas. Untuk itu, Anda dapat menentukan target pasar yang lebih spesifik lagi. Misal, pilihlah pasar bapak-bapak muda. Kemudian, Anda bisa membuat baju anak yang menampilkan hal-hal kesukaan bapak-bapak muda tersebut. Dari sana, Anda bisa membuat materi promosi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari seorang bapak muda.

3. Cara jualan online yang terpenting: Menghitung modal

5 Cara  Jualan Online. Pemula pun Bisa!

Sekecil apa pun itu, modal adalah salah satu komponen penting untuk memulai jualan online. Untuk mengumpulkan modal, Anda bisa mempertimbangkan berbagai sumber. Misal, gaji kantor yang Anda sisihkan, hasil dari menjual aset, atau pinjaman dari bank. 

Tak perlu khawatir jika Anda tak memiliki modal banyak. Di dunia online, Anda bisa menjalankan bisnis dengan skema dropship atau menjadi reseller. 

Dengan sistem ini, Anda tidak perlu membeli produknya terlebih dahulu, melainkan hanya perlu menyebarkan foto tentang produk yang akan Anda jual di berbagai platform. Lalu, jika ada yang memesan produk tersebut, Anda tinggal memesannya kepada supplier dan meminta supplier untuk mengirimkan produk tersebut langsung ke alamat pemesan. 

Keuntungan yang akan Anda dapatkan berasal dari selisih harga jual dari pihak supplier. Sebagai reseller, Anda pun bisa menaikkan harga dari harga yang telah ditetapkan pihak supplier dan mengambil keuntungan dari sana.

Baca juga: Inilah Kalimat Promosi untuk Buat Promo Bisnis Online Lebih Menarik


4. Tentukan platform berjualan yang tepat

5 Cara  Jualan Online. Pemula pun Bisa!

Bila Anda membuka toko offline, Anda bisa memilih berjualan di ruko atau memilih berjualan di pasar. Mirip seperti kasus tersebut, dalam berjualan online, Anda pun perlu mencari tempat yang tepat. Namun bedanya, ketika berjualan online, Anda bisa berjualan di beberapa tempat sekaligus.

Anda bisa berjualan via website Anda sendiri atau menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Selain itu, Anda juga bisa berjualan melalui marketplace

5. Buat strategi promosi yang sesuai target pasar Anda

5 Cara  Jualan Online. Pemula pun Bisa!

Tugas penting yang perlu Anda lakukan setiap hari adalah mempromosikan usaha Anda. Dalam jualan online, Anda bisa melakukannya dengan membuat konten di media sosial, memasang ads, menggunakan jasa influencer yang tepat, atau mempromosikannya via broadcast message di aplikasi chat

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan membuat website serta landing page khusus, agar pemasaran digital Anda semakin efektif dan optimal. 

Satu hal yang perlu Anda ingat, pahami setiap strategi dan medium promosi yang Anda pilih. Jika Anda memilih menggunakan media sosial, buatlah konten yang relevan dengan target pasar Anda. Sesekali, bolehlah Anda membuat konten hard selling. Akan tetapi, jangan lupakan konten soft selling. Artinya, boleh membuat konten untuk promosi produk, tapi sesekali buatlah konten edukatif atau entertaining.

Baca juga: 9 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok


Saat ini, memang ada banyak sekali platform yang bisa Anda manfaatkan untuk jualan online, sehingga wajar apabila Anda bingung harus memilih platform yang mana. Namun, daripada Anda tak kunjung memulai karena merasa ragu, lebih baik Anda mulai jualan online di GoStore.

GoStore hadir untuk memudahkan Anda berjualan online. Hanya dengan satu platform, nantinya produk Anda dapat muncul di Instagram Shop, Facebook Shop, dan Google Shopping. Berangkat dari sana, Anda pun bisa lebih mudah menjangkau calon pembeli baru.

Jadi, selain menerapkan 5 cara jualan online yang sudah dijabarkan sebelumnya, segera gunakan pula GoStore untuk membantu perkembangan bisnis Anda!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia