Business Insight Focus

7 Tips Dapat Untung Besar dari Berjualan Makanan di Bazar

By Samina Sharanani on November, 16 2019
Samina Sharanani

A word crafter

7 Tips Dapat Untung Besar dari Berjualan Makanan di Bazar - Anda pasti sudah sangat familiar dengan acara bazar yang sering diadakan di banyak tempat.

Bahkan, Anda mungkin pernah menghadiri beberapa bazar untuk sekedar jalan-jalan bersama kerabat atau bahkan membeli beberapa barang dari para tenan yang berjualan di sana.

Bazar sendiri adalah suatu acara yang diselenggakaran oleh suatu komunitas atau perusahaan dalam selang waktu tertentu, yang biasanya diramaikan dengan para booth yang menjual produk mereka masing-masing.

Baca juga: 15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar, Pasti Laku!

Tidak sedikit pengusaha yang masih kecil hingga yang sudah besar tertarik mendaftarkan bisnis mereka untuk membuka kios di suatu bazar untuk mendapatkan profit yang besar. Salah satu booth yang ditemukan dalam acara bazar adalah kios makanan.

Ingin mendaftarkan bisnis makanan Anda dalam acara bazar dan mendapatkan keuntungan yang besar? Atau Anda masih bingung dengan hal-hal yang harus disiapkan untuk membuka kios dalam suatu acara bazar? Baca 7 rahasia yang ampuh di bawah ini!

7 Tips Dapat Untung Besar dari Berjualan Makanan di Bazar

1. Adakan survei di lokasi bazar

berjualan di bazar - membuka booth di bazar - 7 Tips Dapat Untung Besar dari Berjualan Makanan di Bazar

Saat ini, sudah sangat banyak acara bazar yang diadakan oleh tiap komunitas atau perusahaan. Lokasi sebagai tempat diselenggarakannya acara pun juga beragam. Beberapa memilih tempat outdoor, namun ada pula yang masih suka dengan ruangan indoor.  

Dengan ini, Anda harus tahu mengenai kepastian dari area bazar yang akan diadakan nanti. Ini bertujuan agar Anda dapat mempersiapkan beberapa hal sebelum membuka kios dalam acara tersebut.

Contohnya, jika acara bazarnya diadakan di luar ruangan, maka Anda sudah tahu apa saja yang perlu disiapkan.

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Penting Ini Sebelum Membuka Booth di Bazar

Peralatan seperti payung, tenda, atau kipas angin menjadi peralatan yang penting agar para pelanggan yang mengunjungi kios Anda merasa nyaman selama menikmati makanan yang disajikan.


2. Lakukan riset mengenai informasi bazar yang diikuti

berjualan di bazar - membuka booth di bazar (3)

Setelah mempelajari medan dari bazar yang ingin Anda ikuti, Anda perlu menggali informasi mengenai bazar tersebut.

Baca juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Pastikan Anda berpartisipasi dalam bazar yang diadakan oleh penyelenggara yang terpercaya dan ada baiknya jika penyelenggara tersebut sudah memiliki pengalaman yang mumpuni serta bekerja dengan profesional.

Terakhir, pastikan bahwa bazar tersebut memiliki tujuan yang sama dengan bisnis Anda. 


3. Sesuaikan produk jualan dengan tema bazar

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar (5)

Sudah bisa dipastikan bahwa banyak bisnis yang akan membuka kios dalam acara bazar dengan beragam produk yang dijual.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah apakah produk Anda sesuai dengan tema bazar yang sedang diadakan.

Para pengunjung bazar datang karena mereka melihat tema besar dari bazarnya. Jika Anda tidak menyelaraskan produk jualan Anda dengan tema besar bazar yang Anda ikuti, maka sedikit orang yang akan tertarik untuk membeli atau mengunjungi kios Anda.

Baca juga: 7 Hal Wajib Yang Wajib Anda Siapkan untuk Membuka Toko Kelontong Sendiri

Sebaliknya, jika Anda menyediakan produk yang cocok dengan tema acaranya, kios Anda pasti akan dikerumuni oleh calon pembeli.

Contohnya, jika Anda mau berjualan makanan dalam acara bazar yang bertemakan nuansa Jepang, maka Anda perlu menyajikan makanan yang memiliki citarasa Jepang juga.


4. Siapkan alat dan perlengkapan yang dibutuhkan

berjualan di bazar - membuka booth di bazar (6)

Selanjutnya, Anda perlu menyediakan alat-alat dan perlengkapan yang Anda butuhkan selama bazar berlangsung.

Terlebih jika Anda akan menjual makanan, Anda perlu menyediakan banyak hal seperti wajan, kompor beserta gas, dan alat masak lain yang dibutuhkan.

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol

Untuk persiapan yang lebih mantap, ada baiknya jika Anda membuat suatu daftar yang berisikan hal-hal yang harus disediakan di venue nanti.

Ini bertujuan supaya persiapan Anda bisa terorganisir dengan rapi dan juga untuk menghindari kekurangan logistik yang mungkin dapat menyebabkan masalah dan mengganggu aktivitas Anda selama berjualan di bazar.


5. Hitung biaya yang dibutuhkan

modal kerja - uang

Setelah menulis hal-hal yang harus disiapkan, Anda perlu memperhitungkan dana yang Anda akan keluarkan untuk membeli barang-barang tersebut.

Selain itu, Anda juga harus menghitung biaya sewa tempat di acara bazar yang Anda ikuti dan memastikan bahwa budget yang Anda punya sudah sesuai dengan total pengeluaran Anda. Namun, perhitungan biaya untuk berjualan di bazar tidak hanya sampai di situ saja.

Baca juga: Cara Membangun Usaha Cafe dengan Modal Minim

Anda juga harus menyediakan biaya tambahan untuk hal-hal yang tidak disangka, contohnya seperti restock yang mungkin saja bisa melebihi ekspektasi Anda dikarenakan order yang banyak dari para pengunjung.

Terakhir, Anda juga perlu memikirkan biaya untuk orang-orang yang Anda pekerjakan beserta bonus-bonus yang akan mereka terima berdasarkan dengan kinerja mereka.


6. Lakukan promosi untuk menarik pembeli

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar (13)

Seperti bisnis pada umumnya, profit yang Anda terima pasti akan datang dari para pembeli. Jadi, sebelum bazar yang Anda ikuti diselenggarakan dan Anda mulai berjualan, promosi kepada para calon pembeli adalah hal yang penting untuk memaksimalkan income yang Anda akan terima dari acara ini.

Tanpa adanya exposure yang disebarkan, orang-orang tidak akan tahu bahwa Anda membuka kios dalam acara tersebut. Anda bisa melakukan beberapa hal untuk memperkenalkan usaha Anda kepada calon pembeli di bazar.

Baca juga: Praktekkan Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini dan Tingkatkan Penjualan

Pertama, Anda bisa melakukan hal yang biasanya dilakukan oleh booth pada umumnya. Menyebarkan pamflet ke para pengunjung yang berada di area sekitar bazar adalah hal yang paling umum dan mudah dilakukan.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan promosi via media sosial agar dapat diketahui oleh para warga net. Terakhir, Anda dapat bekerjasama dengan pihak penyelenggara bazar tersebut seperti mengikutsertakan kios Anda dalam promosi mereka juga.


7. Jaga kualitas produk jualan

berjualan boba bubble milk tea

Last but not least, Anda dapat berusaha untuk menjual produk Anda dengan kualitas terbaik. Memang hal yang disebutkan diatas dapat membantu Anda untuk memaksimalkan persiapan dan promosi kios Anda dalam acara bazar yang diikuti.

Baca juga: Memulai Bisnis dengan Modal Rp 5.000, Apa Bisa?

Namun, yang paling penting dari semuanya itu adalah produk yang Anda berikan kepada para pembeli yang datang. Para pembeli akan merasa lebih puas jika Anda memberikan produk dengan kualitas yang terjaga.

Sebagai contohnya, jika Anda menjual makanan dan menjaga cita rasa dari makanan Anda, para pembeli dengan sendirinya akan bisa menilai bahwa makanan yang Anda jual memang worth to buy. Tidak berhenti di situ juga, bahkan mereka bisa merekomendasikannya ke orang lain.

Pastinya, orang-orang akan lebih percaya dengan testimoni jujur yang diberikan oleh seorang pembeli, bukan?

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Persiapan dan promosi memang sangat penting untuk membantu usaha Anda dalam meningkatkan keuntungan. Namun, jika Anda memberikan produk dengan kualitas yang kurang baik, semuanya akan terasa sia-sia. 

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Penting Ini Sebelum Membuka Booth di Bazar

Berpartisipasi dalam suatu acara bazar sebagai tenan akan menambah pintu keuntungan bagi usaha Anda.

Namun, tanpa adanya eksekusi yang tepat, kios Anda bisa saja tidak mendatangkan keuntungan.  Persiapan yang matang adalah hal terpenting sebelum eksekusi penjualan di lokasi.

Dengan mengikuti 7 tips dapat untung saat berjualan makanan di bazar, maka inisiatif berjualan Anda bisa mendatangkan lebih banyak uang!

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan Moka POS bila Anda membutuhkan teknologi kasir yang mutakhir bagi kios Anda.

Sama halnya seperti ratusan merchant yang ada di The 90s Festival, yang mana semuanya didukung oleh aplikasi kasir Moka.

Dengan tampilan report yang simpel tapi komprehensif, merchant dapat melihat aktivitas transaksi beserta memantau pengeluaran dalam satu sentuhan.

Ada booth apa saja sih di The 90s Festival? Ada Bakmi GM, King of Kebab, Bunny's Kitchen, Buru Buru, Alahap, dan masih banyak lagi!

The 90s Festival akan diadakan di Jakarta International Expo Kemayoran, pada 23-24 November 2019. Nikmati berbagai musik pilihan zaman 90-an, seperti Aqua, Tofu, Naif, Element, Sheila on 7, Hanson, Vertical Horizon, hingga Michael Learns to Rock.

Yuk, bersenang-senang dengan musik yang keren sembari menikmati berbagai booth pilihan menarik bersama Moka!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia