Moka Logo
7 Manfaat Aplikasi Penjualan untuk Operasional Bisnis Anda

Tips Bisnis

7 Manfaat Aplikasi Penjualan untuk Operasional Bisnis Anda

4 min
RaniRani

7 Manfaat Aplikasi Penjualan untuk Operasional Bisnis Anda – Mungkin ada dari Anda yang sedang mencari aplikasi kasir gratis, kasir toko portable, atau aplikasi kasir Excel?

Memang, dalam menjalankan suatu usaha, aplikasi kasir atau aplikasi penjualan sangatlah penting. Apalagi, menjalankan suatu bisnis memang tidaklah mudah, terutama di tengah era yang sudah serba menggunakan teknologi seperti sekarang ini.

Bagi Anda yang bisnisnya masih berjalan secara manual, mungkin akan lebih banyak menghadapi berbagai macam permasalahan, seperti proses transaksi yang lama, catatan pembayaran yang berantakan, hingga kesulitan mencari tahu jumlah stok dan arus barang yang keluar masuk. 

Baca Juga: Hindari 7 Masalah Bisnis dengan Aplikasi Pembukuan Online, Wajib Baca!

Dengan munculnya masalah-masalah tersebut, berarti Anda harus segera mencari solusi, agar bisnis yang Anda miliki bisa terus bertahan dan berkembang. Solusi paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi penjualan

Saat ini, memiliki kasir toko portable dalam bentuk aplikasi penjualan sangatlah penting bagi Anda para pelaku bisnis karena dengan menggunakan aplikasi tersebut, transaksi yang dilakukan akan menjadi lebih cepat.

Baca Juga: 7 Manfaat Aplikasi Pembukuan Toko untuk Bisnis Masa Kini

Anda juga akan sangat terbantu dalam melakukan analisis penjualan atau melakukan promosi kepada pelanggan.

Untuk meyakinkan Anda lebih jauh tentang penting memiliki aplikasi penjualan, berikut ini berbagai macam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan aplikasi penjualan atau aplikasi kasir Excel dalam bisnis.



7 Manfaat Aplikasi Penjualan untuk Operasional Bisnis Anda

1. Mempercepat Proses Transaksi

transaksi - manfaat aplikasi kasir gratis dari Moka

Apakah Anda pernah merasakan harus mengantre lama hanya untuk membayar pesanan Anda yang sebetulnya jumlahnya sedikit? Pasti Anda merasa kesal, bukan?

Coba bayangkan apabila pelanggan Anda yang berada pada posisi Anda, mereka pun pasti merasa kesal dan kecewa. Akibatnya, pelanggan Anda akan berpikir dua kali untuk datang kembali ke cafe atau toko Anda. 

Baca Juga: 5 Alasan Perkasiran Adalah Kunci Sukses untuk Bisnis Restoran Anda

Baik kasir toko portable maupun aplikasi penjualan dapat membuat proses transaksi menjadi lebih mudah dan cepat karena mampu menghilangkan proses manual yang memakan waktu dan tenaga, seperti mencatat pesanan dan menghitung total bill pelanggan. 

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, antrian yang panjang dan lama ketika membayar tidak perlu lagi pelanggan Anda rasakan, dan Anda pun bisa melayani lebih banyak pelanggan dalam waktu singkat.


2. Catatan Penjualan Lebih Akurat

mengetahui laporan penjualan lewat aplikasi kasir

Manfaat aplikasi penjualan yang paling utama adalah memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan penjualan. Dengan menggunakan aplikasi ini, mulai dari pesanan hingga pembayaran, semuanya akan terekam secara akurat dan otomatis.

Baca Juga: Ingin Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses? Ini 10 Tipsnya

Anda tidak perlu lagi melakukan mencatat secara manual satu per satu di buku, atau pusing menggunakan kalkulator untuk menghitung total penjualan. Bahkan Anda juga tidak perlu menghafal banyak kode seperti ketika Anda menggunakan mesin cash register.

Ditambah lagi, baik aplikasi penjualan maupun aplikasi kasir Excel, penggunaannya juga akan mengurangi kasus miskomunikasi antara toko Anda dan pelanggan. Seperti pesanan atau total biaya yang tidak sesuai. Enak, kan?


3. Memudahkan Pengelolaan Stok Bahan Baku atau Produk

mudahnya mengecek stok inventaris melalui aplikasi gudang - kasir toko portable

Sekarang ini, kasir toko portable sudah semakin canggih. Anda bisa dengan mudah mengetahui jumlah stok bahan baku atau produk dan histori pesanan ke supplier Anda. 

Baca Juga: Pentingnya Mengelola Inventaris Bagi Bisnis UKM

Dengan demikian Anda bisa dengan mudah menentukan kapan harus restock bahan baku dan harga dasarnya secara akurat.

Mengelola bahan baku atau produk pun menjadi mudah karena Anda tidak perlu lagi ribet memikirkan bagaimana cara manajemen stok secara efektif, atau melakukan pengecekan ke gudang setiap hari hanya untuk mengetahui persediaan barang.


4. Pelayanan Pelanggan Lebih Cepat dan Memuaskan

Uang Kembalian (Second Attempt)-1 - aplikasi kasir - kasir toko portable

Poin terpenting dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda adalah melayani mereka dengan ramah dan cepat. Jika pelayanan yang ramah bisa Anda berikan secara cuma-cuma tanpa harus mengeluarkan modal, namun tidak dengan pelayanan yang cepat.

Memberikan pelayanan yang cepat, berarti Anda harus meningkatkan produktivitas bisnis Anda. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan produktivitas bisnis dan mempercepat pelayanan Anda adalah dengan menggunakan aplikasi penjualan atau aplikasi kasir Excel.

Baca Juga: 4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM

Contoh, mulai dari pencatatan transaksi, proses pemesanan, menghitung total transaksi, hingga saat menerima berbagai metode pembayaran dari pembeli, semuanya bisa Anda lakukan dengan sangat mudah dan cepat. 


5. Analisis Hasil Penjualan Jadi Lebih Mudah

mengecek laporan penjualan dari aplikasi kasir gratis - kasir toko portable

Tidak seperti mesin kasir pada umumnya, aplikasi penjualan dapat menyediakan data secara real-time dan memberikan laporan bisnis secara keseluruhan sehingga memudahkan Anda dalam menganalisa dan melihat bagaimana performa bisnis Anda. 

Baca Juga: Wajib Tahu 7 Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Selain itu, aplikasi penjualan juga dapat membantu Anda mulai dari mengatur aktivitas dan melihat kinerja karyawan, ketersediaan stok bahan baku atau produk, melacak pembayaran hingga memproyeksikan keuntungan.

Di sisi lain, Anda dapat terbantu untuk mengambil keputusan tentang rencana selanjutnya yang harus diterapkan supaya bisnis Anda bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar.


6. Membantu Anda Memonitor Bisnis 

mengecek laporan penjualan dengan menganalisis data - Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah - kasir toko portable

Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda pasti ingin selalu dapat terhubung dengan bisnis Anda, dimanapun dan kapanpun, agar Anda bisa mengetahui bagaimana perkembangan dan kemajuan yang terjadi. 

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Operasional Bisnis Anda secara Efisien

Dengan fitur lengkap yang disediakan oleh aplikasi penjualan atau aplikasi kasir gratis, Anda dapat dengan mudah mengetahui berbagai informasi penting yang menyangkut tentang operasional bisnis Anda.

Mulai dari stok bahan baku atau barang yang mulai menipis, siapa karyawan Anda yang sedang melayani saat transaksi, apa yang terjual, kapan waktu tersibuk di toko, hingga laporan penjualan harian.


7. Meningkatkan Keuntungan

modal untuk membangun bisnis - uang

Keuntungan tentunya menjadi tujuan utama Anda ketika mendirikan usaha. Aplikasi penjualan dapat membantu Anda untuk meningkatkan keuntungan, dengan memberikan laporan penjualan yang akurat dan data-data nyata seperti produk yang paling laku terjual, waktu tersibuk di toko, dan lainnya. 

Baca Juga: Praktekan Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini dan Tingkatkan Penjualan

Dengan mengetahui bagaimana penjualan dan kondisi toko, Anda dapat dengan mudah mengambil keputusan dan membuat strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan keuntungan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, fitur-fitur aplikasi penjualan sudah semakin lebih lengkap. Sudah tidak ada lagi aplikasi yang hanya sekadar untuk mencatat pemasukan dan mengkalkulasikan transaksi penjualan saja. 

Aplikasi penjualan atau aplikasi kasir gratis kini sudah berevolusi menjadi aplikasi Point of Sale yang bisa digunakan untuk membantu Anda meningkatkan performa di segala aktivitas bisnis, seperti membantu dalam hal marketing, laporan penjualan harian, atau manajemen stok.

Baca Juga : 6 Tips Memilih Aplikasi Penjualan Terbaik untuk Bantu Bisnis Anda

Salah satu aplikasi penjualan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan performa di segala aktivitas bisnis Anda adalah aplikasi Point of Sale dari Moka.

Moka POS merupakan aplikasi penjualan dengan tampilan menarik dan fitur yang lengkap. Mulai dari fitur promo, dashboard dan laporan, hingga inventaris untuk manajemen stok, semua fitur tersebut bisa Anda temukan di Moka

Selain itu, Moka sangat mudah digunakan dan bisa membantu Anda dalam mempercepat proses penjualan, juga memonitor bisnis Anda dimana saja dan kapan saja. 

Baca Juga: Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda

Cukup dengan satu aplikasi penjualan dari Moka, semua masalah Anda bisa teratasi. Tunggu apa lagi? Mau coba aplikasi kasir gratis Moka selama 14 hari sekarang juga!

Social Media Share :
Rani

Rani

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.