Business Insight

Wirausaha adalah Pilihan Profesi Anda? Kembangkan Karakter Ini

By Yovita on May, 4 2022

Di zaman yang serba tidak menentu akibat terjadinya pergolakan global, memiliki pemasukan tambahan untuk menjaga kestabilan keuangan sangat diperlukan. Belum lagi, pemerintah juga menyarankan kepada masyarakat untuk mulai berwirausaha. Wirausaha adalah salah satu faktor penting dalam memajukan perekonomian bangsa. Apalagi sejak terjadi pandemi, perekonomian sempat kacau balau.

Tidak hanya membangun kembali keuangan negara, berwirausaha juga dapat menurunkan angka pengangguran. Berkat kehadiran UMKM, peluang kerja semakin terbuka luas. Karenanya, pemerintah pun mendukung masyarakat yang ingin membuka usahanya sendiri, mulai dari mempermudah membuat surat izin usaha hingga pemberian pinjaman modal bagi mereka yang berwirausaha. 

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang tertarik memiliki kemandirian usaha? Apa saja manfaat berwirausaha? Mari simak penjelasannya di bawah ini!


Pengertian Wirausaha adalah Sebagai Berikut

wirausaha adalah 2

Dikenal juga dengan istilah entrepreneurship, wirausaha adalah penggabungan dua kata, yakni ‘wira’ dan ‘usaha’. Menurut KBBI, ‘wira’ mempunyai arti pahlawan, bersifat jantan (berani). Sedangkan, ‘usaha’ adalah sebuah kegiatan yang perlu mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu tujuan. 

Secara harfiah, wirausaha berarti orang yang mampu membuat produknya sendiri. Ia juga bisa menentukan sendiri cara memproduksi barang tersebut, menyusun strategi untuk mengadakan produk baru, serta mengatur modal dan pemasaran yang dibutuhkan. Banyak ahli berpendapat bahwa wirausaha adalah mereka yang mampu bekerja sendiri. 

Mereka yang melakukan wirausaha disebut dengan istilah wirausahawan. Para wirausahawan bertanggung jawab sendiri untuk menyusun segala kebutuhan dan proses kegiatan dari pengadaan barang hingga melakukan pemasaran. Mereka yang berwirausaha harus memiliki kemampuan untuk meneliti tren pasar agar produk yang dijual tidak salah sasaran dan bisa terus berkembang.


Wirausaha vs Wiraswasta, Apakah Sama?

Anda pasti sering mendengar istilah wiraswasta. Mungkin Anda juga bertanya-tanya apa perbedaan wirausaha dengan wiraswasta. Beberapa orang akan berpendapat bahwa kedua istilah tersebut tidak memiliki perbedaan. Padahal, wirausaha dan wiraswasta memiliki arti yang cukup berbeda.

Menurut buku Kewirausahaan karya Muhammad Dinar, wiraswasta adalah kegiatan dan usaha yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang agar memberi nilai tambah untuk sebuah produk dan memberi kepuasan bagi konsumen atau pelanggan.

Hal tersebut sangat berbeda dari wirausaha yang memiliki arti mampu menciptakan produknya sendiri. Artinya, wiraswasta hanya terampil menambah nilai guna produk, sedangkan wirausaha bisa menciptakan dan melakukan pengadaan sendiri produknya.

Wirausaha sudah pasti memiliki bisnis atau usahanya sendiri, sedangkan wiraswasta belum tentu bekerja sendiri. Wiraswasta juga lebih fokus menjalani satu bidang usaha, sedangkan wirausaha bisa menjalani berbagai bisnis karena mereka memiliki kreativitas dan visi untuk jangka panjang.


Karakteristik yang Harus Dimiliki Wirausahawan

wirausaha adalah 1

Ada beberapa poin karakteristik penting yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Beberapa karakteristik tersebut adalah:

1. Seorang wirausaha adalah pemberani dalam mengambil risiko

Karakteristik yang pertama adalah berani mengambil risiko. Tiap kali membuat sebuah keputusan dalam berbisnis, pastinya akan memiliki risiko yang berbeda-beda. Seorang wirausaha harus berani mengambil keputusan dan menghadapi segala risikonya. Tak hanya berani mengambil risiko, tapi wirausaha juga harus berani menghadapi konsekuensi dan memikul tanggung jawab atas keputusan yang dipilihnya.

2. Berpikiran positif

Memiliki usaha sendiri tentunya tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Untuk itulah menjadi wirausahawan harus memiliki pikiran yang positif. Dalam membuka suatu usaha baru, akan dibutuhkan kerja keras dan semangat yang tinggi. Karenanya, jika Anda ingin menjadi wirausaha namun tidak mampu menciptakan pikiran positif, maka usaha Anda pun tak akan lancar. Kekuatan pikiran positif ini akan membantu Anda untuk mengambil keputusan yang tepat dalam berbisnis.

3. Visioner

Seorang wirausaha harus memiliki jiwa yang visioner. Mereka berorientasi pada masa depan yang cerah dan sukses. Wirausaha mampu mencari peluang dan menciptakan bisnis yang hebat di masa datang. Wirausaha yang visioner akan mampu mengubah kekurangan dan kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu sebagai pembelajaran. Dari setiap kegagalan yang pernah ia alami, seorang wirausaha akan bangkit menjadi lebih baik.

4. Wirausaha adalah orang yang punya jiwa kepemimpinan

Berdasarkan definisi, wirausaha adalah mereka yang mampu membangun sendiri usaha yang mereka inginkan. Namun, bagaimana seorang wirausaha membangun bisnis sendiri jika tidak memiliki jiwa pemimpin dalam dirinya? Itulah kenapa seorang wirausaha harus berani memimpin bisnis yang ia geluti. Tak hanya pandai memimpin, tapi wirausaha juga harus bisa memotivasi para pekerjanya kelak.

5. Kreatif dan terus berinovasi

Karakteristik terakhir yang seorang wirausaha harus miliki adalah jiwa kreatif.  Perkembangan zaman menuntut siapa saja untuk bisa beradaptasi dengan cepat. Begitu pula dalam dunia bisnis.

Jika seorang wirausaha tidak mampu beradaptasi dan berkreativitas sesuai perkembangan zaman, maka usahanya bisa-bisa berisiko tidak berhasil. Inovasi yang ia lakukan juga harus berdasarkan penelitian yang mendalam agar bisa ia aplikasikan pada bisnis. Dengan begitu, usaha Anda tak akan pelanggan tinggalkan. 


Wirausahawan Juga Harus Inovatif

Salah satu sifat utama yang perlu dimiliki oleh seorang wirausaha adalah kemampuan berinovasi. Seperti yang sudah artikel ini sampaikan sebelumnya, di zaman yang berkembang ini kerap terjadi banyak perubahan yang mendesak kita untuk mampu beradaptasi. Kemampuan inovasi ini sangat Anda perlukan dalam mengembangkan bisnis. 

Misalnya, sebelum pandemi, Anda cenderung melakukan pemasaran secara konvensional dan offline. Namun, karena pandemi menyerang, Anda perlu melakukan inovasi agar bisnis tetap berjalan lancar. Anda harus bisa menyesuaikan diri dan mulai melakukan pemasaran secara online. Bergabung dengan marketplace, misalnya, bisa membantu Anda mencapai pasar yang lebih luas. 

Selain itu, untuk mencari lebih banyak pelanggan, Anda berinovasi untuk membuat konten produk yang lebih baik. Contohnya dengan membagikan konten edukatif atau jenaka yang sudah Anda sesuaikan dengan produk yang Anda jual. Anda juga bisa menggunakan platform media sosial agar calon konsumen dan para pelanggan bisa tetap terkoneksi dengan Anda.

Mengembangkan produk yang sudah ada menjadi lebih baik juga masuk dalam sifat inovatif yang diperlukan seorang wirausahawan. Misalnya, katakanlah Anda menjual produk makanan. Karena perkembangan zaman, muncul rasa-rasa unik makanan yang sangat konsumen sukai. Maka, Anda bisa berinovasi dengan produk makanan yang jual. Ciptakan produk baru yang sudah Anda sesuaikan dengan keinginan banyak orang.


Berwirausaha sebagai Distributor, Why Not?

Wirausaha tak hanya sekadar orang yang menjual sebuah produk baru. Mereka juga bisa menjual jasa dan menjadi distributor. Idealnya, distributor dikenal sebagai pihak yang membeli barang dari produsen dan dijual kembali kepada konsumen yang tepat. Namun, ada juga distributor yang memiliki usaha untuk menyalurkan produk ke konsumen.

Jalan mana pun yang ingin Anda tempuh sebagai distributor, Anda tetap bisa dikatakan sebagai wirausaha. Apalagi jika ide bisnis yang Anda lakukan murni datang dari diri sendiri dan Anda juga telah memiliki modal mandiri untuk mengembangkan bisnis Anda.

Menjadi distributor juga bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Anda tak perlu repot-repot memikirkan pengadaan barang karena Anda hanya perlu menyediakan jasa dan menyalurkan produk yang sudah ada. Namun, menjadi distributor mandiri juga memerlukan strategi pemasaran yang tepat. Anda perlu mempelajari pemetaan konsumen dan produsen dengan baik.


Faktor Keberhasilan Wirausaha adalah

wirausaha adalah 3

Agar bisnis mandiri Anda berhasil, Anda harus mencermati dan mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan bisnis Anda. Ada beberapa faktor yang perlu Anda ketahui agar bisnis berjalan lancar dan meraih keuntungan yang Anda harapkan. Faktor-faktor keberhasilan sebagai wirausaha adalah sebagai berikut:

1. Perencanaan yang matang

Dalam berwirausaha, segalanya memerlukan perencanaan yang matang. Perencanaan ini dimulai sejak sebelum Anda membuka usaha baru. Rencana yang sudah Anda siapkan ini bisa menjadi pedoman ketika menjalankan bisnis. Misalnya, Anda sudah merencanakan produk apa yang akan Anda jual, bagaimana pengadaannya, pemasarannya, proses pembayaran, penyaluran produk ke konsumen, dan sebagainya. 

Ketika menjalankan bisnis, Anda perlu memahami bahwa akan ada halangan dan rintangan yang harus Anda selesaikan. Memiliki rencana yang matang berarti Anda sudah siap menghadapi rintangan tersebut. Cobalah ingat kembali tujuan utama Anda memulai bisnis agar tetap semangat berwirausaha.

2. Kekuatan tekad dan kemauan

Faktor lain keberhasilan wirausaha adalah tekad serta kemauan Anda. Jika Anda memiliki tekad yang kuat dan teguh, maka apa pun halangan yang terjadi di depan tidak akan mematahkan semangat Anda. 

Tekad yang kuat tersebut jangan Anda gunakan hanya untuk membangun dan memiliki usaha saja. Anda juga harus punya tekad mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan lebih baik. Itulah mengapa sifat inovatif sangat penting untuk wirausaha miliki.  Pasalnya, penggabungan sifat inovatif dan tekad yang kuat akan membuahkan hasil yang baik.

3. Peluang yang dimanfaatkan dengan baik

Dalam berbisnis, Anda tak hanya akan bertemu dengan rintangan. Anda juga akan menghadapi berbagai peluang yang bisa Anda manfaatkan. Banyak peluang bermunculan yang bisa Anda ambil untuk mengembangkan bisnis. Namun, tentunya Anda harus bisa membaca situasi agar peluang yang Anda ambil tidak menciptakan masalah lain. Pastikan peluang yang Anda ingin ambil sudah sejalan dengan tujuan utama bisnis Anda. 

4. Kreatif dan terus berinovasi

Seperti yang sudah artikel ini tuliskan sebelumnya, kreatif dan inovatif adalah faktor yang akan sangat memengaruhi keberhasilan usaha Anda. Apalagi, setiap bisnis pasti memiliki kompetitornya masing-masing. Hal tersebut sangat wajar, Anda tak perlu khawatir. Agar Anda bisa bersaing dengan kompetitor, maka Anda harus bisa berkreasi dengan bisnis Anda. Inovasi juga sangat Anda butuhkan agar usaha semakin berkembang dan unggul.

5. Pembayaran digital

Faktor lain yang juga memengaruhi keberhasilan usaha Anda adalah adanya pelayanan yang baik. Berwirausaha tidaklah mudah karena segalanya harus Anda kerjakan sendiri. Pada saat yang bersamaan, Anda juga harus bisa memberikan pelayanan yang optimal dan prima. Untuk itulah, Anda bisa mengadaptasi pembayaran digital untuk bisnis Anda.

Pembayaran digital saat ini sangat digandrungi oleh banyak orang. Apalagi sejak pandemi, orang-orang beralih menggunakan pembayaran nontunai yang lebih aman, nyaman, dan praktis. Nah, salah satu pengoptimalan layanan bagi konsumen bisa Anda terapkan dengan menggunakan alat yang tepat untuk pembayaran digital. Aplikasi POS dari Moka dapat menjadi salah satu pilihan terbaik!

Aplikasi kasir Moka mampu melayani berbagai jenis usaha yang Anda bangun. Anda bisa mengelola usaha offline dengan aplikasi pintar ini. Tak hanya itu, Anda juga dapat meraih lebih banyak pelanggan dengan berjualan secara online. Transaksi dengan pelanggan menjadi mudah dengan aplikasi kasir Moka!

Aplikasi kasir

6. Jaringan luas

Saat Anda berwirausaha, Anda harus bisa memiliki jaringan yang luas. Memiliki sifat tertutup tidak akan membawa dampak yang baik bagi usaha Anda. Justru bisnis Anda tak akan berkembang jika Anda tertutup. Bertemulah dengan lebih banyak wirausaha di luar sana, ciptakan relasi yang baik dengan sesama wirausaha yang lebih dulu sukses. Anda pun bisa mendapatkan pelajaran dan meraih manfaat dari relasi yang Anda bangun.

Anda juga bisa mendapatkan bantuan dalam bentuk apa pun dari relasi yang Anda miliki. Sesama wirausahawan pasti akan tahu sulitnya membangun usaha, sehingga sikap tolong menolong akan tercipta di antara komunitas wirausahawan.

7. Wirausaha adalah pandai menerapkan strategi pemasaran yang pas

Memiliki usaha yang berhasil tidak akan jauh dari penerapan strategi pemasaran yang baik dan efektif. Strategi pemasaran ini akan membantu Anda untuk memperkenalkan produk yang Anda tawarkan ke calon konsumen. Anda harus mengetahui cara terbaik agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa meraih perhatian masyarakat.

Misalnya, Anda bisa melakukan berbagai promosi dan membuat iklan yang menarik. Namun, kedua hal ini tentu saja memerlukan modal yang besar. Untuk itulah, perencanaan matang di awal saat membangun bisnis sangat diperlukan. Anda jadi memiliki gambaran modal yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran. 

8. Punya modal yang cukup

Seperti yang tertulis pada poin sebelumnya, Anda akan membutuhkan modal yang besar untuk menerapkan strategi pemasaran yang pas. Karena itulah, Anda harus memastikan modal yang Anda miliki cukup untuk membangun serta mengembangkan bisnis. 

Memiliki akses modal akan sangat membantu bisnis Anda agar lancar. Modal adakan kunci utama agar usaha yang Anda ciptakan bisa tetap bertahan di pasar. Anda bisa mendapatkan modal dari uang pribadi, pinjaman dari bank, atau dari investor.


Itulah kedelapan faktor yang memengaruhi keberhasilan usaha Anda sebagai wirausahawan. Berwirausaha memiliki begitu banyak manfaat. Anda bisa memaksimalkan potensi diri dan menambah relasi bisnis. Secara tidak langsung, Anda juga memiliki kemampuan untuk membaca perilaku konsumen dan memahami perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan zaman.

Jangan takut untuk gagal memulai bisnis Anda karena wirausaha adalah suatu kegiatan yang memang memerlukan kemampuan untuk mengatur rencana. Rencana yang sudah dipikirkan dan dirancang secara matang dengan mempertimbangkan berbagai faktor pasti akan membawa Anda menuju kesuksesan. 

Dengan berwirausaha, Anda juga menyumbang peningkatan perekonomian negara. Apalagi, setelah bertahun-tahun kita terjebak dalam situasi yang tidak menyenangkan, perekonomian masyarakat dan negara terkena dampak dari adanya pandemi. Jika Anda memilih jalan membuka usaha sendiri, Anda juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat. Dengan begitu, taraf hidup banyak orang akan menjadi lebih baik. Mari mulai perjalanan Anda sebagai wirausaha dari sekarang!

https://backoffice.mokapos.com/register?utm_source=blog&utm_medium=web&utm_campaign=ID-MKA-BNRAONMAY22-130422

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia