Business Insight Merchant Highlight

Whitey White Makassar: Usaha Laundry Sepatu dengan Tenaga Profesional

By Rani Mutiara Hati on September, 30 2019
Rani Mutiara Hati

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.

Whitey White: Usaha Laundry Sepatu dengan Tenaga Profesional - Selama beberapa tahun terakhir, tren menggunakan serta mengoleksi sneaker dan sepatu jenis lain semakin populer di Indonesia.

Hal ini berimbas pada bermunculannya bisnis shoes laundry atau jasa pencucian sepatu. Karena sepatu menjadi benda yang sering digunakan sehari-hari, tentu perawatannya pun harus maksimal dan tidak boleh sembarangan.

Tahukah Anda, ada tempat pencucian dan perawatan sepatu pertama di Makassar, lho! Namanya, Whitey White Professional Shoe Care. Ingin tahu kisah sukses Whitey White? Berikut bocorannya untuk Anda.

Whitey White: Usaha Laundry Sepatu dengan Tenaga Profesional

Whitey White Usaha Laundry Sepatu dengan Tenaga Profesional (3)

Whitey White pertama berdiri pada Mei 2014, dengan awalnya bernama Shoe Shine yang kemudian berubah menjadi Whitey White.

Whitey White sendiri memiliki arti, yaitu putihnya putih. Lebih dari itu, Whitey White mencerminkan kebersihan serta kebaikan.

Bisnis ini sendiri pun bermula dari Alvi Nareza, pemilik Whitey White yang dimintai tolong para kerabatnya untuk mencucikan sepatu mereka.

Salah satunya ialah Vidya Meisyal. Ketika ditemui Tim Moka, ia bercerita bahwa dirinya gemar sekali mengoleksi sepatu. Namun rupanya, ia mengalami kesulitan ketika harus mencuci dan membersihkan koleksi sepatunya itu.

“Hobi saya emang koleksi banyak sepatu, jadi ada beberapa sepatu yang nggak bisa saya bersihin, terus saya minta tolong deh sama Kak Alvi yang dulu itu masih pacar saya,” ungkap Vidya ketika ditemui Tim Moka.

Alvi Nareza juga mengungkapkan bahwa bukan cuman Vidya saja yang meminta tolong kepadanya, melainkan teman-temannya juga banyak yang meminta tolong untuk dicucikan sepatunya.

Baca juga: Cara dan Tips Ampuh Memulai Bisnis Laundry Sepatu bagi Pemula

Dari sinilah kemudian Alvi memutuskan untuk memulai bisnis jasa pencucian sepatu miliknya sendiri. Pada enam bulan pertama, Alvi hanya ditemani Vidya istrinya, dalam menjalankan usaha cuci sepatunya.

“Nggak disangka, sekarang sudah hampir tiga tahun kami jalani bisnis ini. Alhamdulillah bisa menjadi modal nikah untuk kami berdua,” aku Alvi.


Ditangani Langsung oleh Shoe Technician Profesional

Whitey White Usaha Laundry Sepatu dengan Tenaga Profesional (2)

Yang membedakan bisnis ini dengan usaha laundry sepatu serupa lainnya adalah pelayanan untuk pencucian dan perawatan sepatu yang berbeda.

Di Whitey White, pencucian dan perawatan sepatu ditangani langsung oleh shoe technician yang profesional dan terlatih.

Baca juga: Mau Punya Bisnis Laundry yang Sukses? Simak 10 Tips Jitu Ini!

Terlebih lagi Whitey White melayani customer dengan senang hati sehingga menjadikan Whitey White sebagai salah satu tempat pencucian dan perawatan sepatu terbaik di Indonesia.

Selain itu, Whitey White juga memiliki filosofi, yaitu “Do Better Than Before”. Menurut Alv Narezai, filosofi ini menggambarkan bagaimana Whitey White beroperasi dan melakukan pendekatan terhadap kualitas serta inovasi terhadap customer mereka.


Andalkan Moka untuk Ketahui Pola Konsumen

Alvi mengungkapkan, agar Whitey White terus mengembangkan inovasi untuk bisa terus berkembang, ia memilih menggunakan teknologi aplikasi kasir Moka.

“Setelah menggunakan Moka, saya jadi mengetahui pola konsumen seperti apa. Dari situ, di enam bulan pertama ini, kami melakukan promo yang sangat kencang,” jelasnya. 

Baca juga: Strategi Promosi untuk Usaha Kecil Menengah

Hasilnya, Alvi Nareza mengaku bahwa promo yang dilakukannya tersebut cukup efektif, sampai pada akhirnya mulai banyak artis dan selebgram yang mempercayakan pencucian dan perawatan sepatunya kepada Whitey White.

Terlebih lagi, dengan menggunakan aplikasi Moka, Alvi Nareza bisa menentukan dan push promosi dengan melihat peak hour.

“Jadi jika ada jam-jam yang sepi, saya bisa lakukan promosi supaya lebih banyak customer yang menggunakan jasa Whitey White di saat itu,” ungkapnya.

Whitey White Usaha Laundry Sepatu dengan Tenaga Profesional (4)

Selain itu, Alvi juga menyukai laporan keuangan dari Moka yang bisa dicek melalui ponsel atau laptop, di mana saja dan kapan saja. Ditambah tampilan Moka yang simpel di area kasir, tentunya menjadi salah satu cool factor yang membuat Whitey White jadi semakin keren.

Baca juga: Kenapa Laporan Keuangan Penting Bagi Bisnis Anda? Berikut Panduannya

Nah, itu tadi kisah sukses Whitey White Professional Shoe Care dalam menjalankan usaha jasa pencucian sepatunya.

Dari kisah sukses tersebut, dapat diketahui bahwa Whitey White bisa menjadi sukses karena filosofi mereka, “Do Better Than Before” yang mana Whitey White selalu berinovasi dan berusaha meningkatkan kualitas pelayanannya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Ditambah juga faktor kesuksesan lainnya, yaitu dengan menggunakan aplikasi kasir yang memiliki beragam fitur inovatif demi menunjang performa bisnis, yaitu Moka

Apabila Anda juga menyukseskan bisnis yang dijalani bersama Moka, jangan ragu untuk mengunjungi halaman berikut ini untuk info lebih lanjut. Anda juga bisa menikmati layanan dari Moka selama 14 hari tanpa dipungut biaya apapun!

Coba Gratis Sekarang

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia