Business Insight

WFH Adalah Waktu yang Tepat untuk Rintis Bisnis Sampingan, Ini Tipsnya!

By Yovita on July, 3 2022

WFH adalah singkatan untuk Work From Home. Istilah ini merujuk pada aktivitas kerja yang jadi tren sejak pandemi menyerang hingga saat ini. Work from home adalah aktivitas bekerja dari rumah untuk karyawan yang pekerjaannya bisa dilakukan dari jarak jauh.

Tren bekerja dari rumah ini didorong oleh pembatasan aktivitas di luar rumah selama pandemi. Oleh sebab itu, bekerja yang dulunya harus di kantor, kini bisa dilakukan di rumah atau di mana pun para pekerja itu berada. Pada kenyataannya, WFH mendorong karyawan untuk punya bisnis sampingan di rumah.


WFH adalah Cara Kerja Tanpa ke Kantor

WFh adalah 2

WFH adalah work from home, bekerja dari rumah dan terhubung dengan tim melalui jaringan internet. Para karyawan yang pekerjaannya sangat mungkin dikerjakan dari jarak jauh selama pandemi kemarin, bisa bekerja dari rumah masing-masing. Mereka tak lagi datang ke kantor untuk bekerja, melainkan menyelesaikan tugasnya dari rumah. Tentu tren WFH ini tidak berlaku untuk semua jenis pekerjaan karena ada beberapa yang harus diselesaikan secara langsung. 

Para karyawan yang work from home biasanya bekerja di bidang maupun industri yang sudah memanfaatkan teknologi internet. Pekerjaan mereka bisa dilakukan secara online, tidak perlu selalu bertemu dengan orang lain, dan melakukan komunikasi secara virtual. Contohnya saja pekerjaan editor website, content creator, jurnalis online, desainer, dan sebagainya.

Baca Juga: 11 Peluang Bisnis Rumahan Pasca COVID-19 yang Bakal Laris Manis


Kelebihan Work From Home 

Bekerja dari rumah membawa beberapa keuntungan bagi karyawan. Keuntungan  WFH adalah Anda bisa menghemat waktu berangkat dan pergi ke kantor. Waktu di pagi hari bisa dipakai untuk berolahraga, memasak, maupun berkumpul bersama anak, alih-alih sudah harus di jalan menuju tempat kerja. Begitu pun sore hari, jika Anda sudah selesai dengan pekerjaan bisa langsung bersantai di rumah tanpa perlu merasakan macet di jalan atau berdesakan di kendaraan umum.

Fleksibilitas mengatur waktu kerja ini pun memunculkan peluang bagi karyawan untuk memulai usaha sampingan di rumah. Ada beragam bisnis untuk pemula yang bisa karyawan coba di rumah. Contohnya saja jualan baju online, makanan kering, frozen food, hingga kosmetik dan skincare. Anda pun bisa menjajal usaha dropshipper yang tidak perlu memproduksi maupun menyetok barang. Bisnis untuk pemula ini tak butuh banyak modal, cukup manfaatkan tabungan yang sudah ada untuk memulainya.

Baca Juga: 25 Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Berlipat


Tips Work From Home Sambil Buka Bisnis

WFh adalah 1

Selama tren WFH berlangsung, sudah ada banyak karyawan memanfaatkan waktunya di rumah untuk membuka bisnis. Pada beberapa bisnis tersebut, ada yang barangnya diproduksi sendiri dan ada juga yang mengambil produk jadi dari produsen maupun supplier. Hitung-hitung, WFH sambil buka bisnis menambah penghasilan bulanan di samping gaji utama. Agar pekerjaan utama dan bisnis sampingan berjalan lancar selama WFH, berikut tips yang bisa Anda jalankan.

1. Atur jadwal bekerja dan berbisnis

Kalau Anda punya bisnis sampingan di luar pekerjaan utama, usahakan agar waktunya tidak bentrok. Jangan sampai usaha sampingan memengaruhi jam kerja Anda di pekerjaan utama, sebab bisnis ini belum sepenuhnya jadi pengganti pekerjaan utama. Maka, pintarlah mengatur waktu agar bekerja dan berbisnis sampingan bisa berjalan beriringan.

2. Manfaatkan teknologi 

WFH adalah tren bekerja yang sangat mengandalkan teknologi dan internet. Begitu pun dengan bisnis rumahan yang akan sangat terbantu dengan adanya teknologi dan internet. Kalau kamu punya bisnis yang proses jual-belinya dilakukan secara langsung, misalnya cafe kecil atau kedai makanan dan jajanan, gunakan aplikasi kasir Moka POS. Moka POS bisa secara otomatis membuat laporan keuangan dari transaksi harian. Sangat praktis, bukan?

3. Sewa admin

Kalau bisnis Anda ternyata berkembang pesat dan menjaring banyak pelanggan, tidak ada salahnya untuk menyewa admin. Admin bertugas membantu bisnis Anda, baik itu yang dijalankan secara online maupun offline. Misalnya, katakanlah bisnis Anda online, maka tugas admin adalah membalas chat pelanggan, mengunggah foto produk ke website jualan, melakukan promosi, hingga membantu packing produk.

4. Jangan lupa istirahat

Menjalankan bisnis sambil WFH terkadang membuat Anda lupa waktu. Saking asyiknya mengurus bisnis, waktu istirahat jadi terabaikan. Namun, demi menjaga kesehatan pribadi, pastikan Anda mendapat istirahat cukup. Kalau sudah saatnya istirahat, maka akhiri semua pekerjaan kantor maupun urusan bisnis. Tetapkan jam tidur maksimal agar Anda tidak overwork.

5. Ciptakan tempat kerja yang kondusif

Tak jarang bisnis sampingan harus dilakukan di rumah sehingga Anda perlu menyiapkan area khusus. Misalnya saja halaman depan untuk jualan, garasi, hingga area dapur untuk produksi makanan jualan. Kalau area kerja Anda saat WFH dan lokasi berbisnis berada di tempat yang sama, maka pastikan menciptakan tempat kerja kondusif. Jangan sampai kegiatan bisnis memengaruhi konsentrasi Anda dalam bekerja dan sebaliknya.

Baca Juga: 23 Ide Bisnis Sampingan Terbaik Sebagai Sumber Pendapatan Pasif


WFH adalah kesempatan bagi Anda yang ingin mulai mencoba bisnis sampingan di rumah. Bisnis rumahan yang bisa dicoba pun ada banyak, contohnya saja dropshipper, online shop skincare, hingga frozen food.

Agar WFH dan berbisnis berjalan lancar dua-duanya, maka pintarlah mengatur waktu dan tenaga. Tetapkan kapan Anda harus WFH dan kapan melakukan bisnis. Manfaatkan teknologi pendukung seperti aplikasi kasir online Moka POS yang akan mencatat transaksi harian secara otomatis.

Point of Sale

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia