Business Insight

7 Website dan Aplikasi Gratis untuk Membuat Desain Infografis

By Jordhi Farhansyah on June, 22 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

7 Website dan Aplikasi Gratis untuk Membuat Desain Infografis - Pada saat ini infografis banyak digunakan untuk memberikan informasi dengan baik. Tidak hanya digunakan oleh media, infografis sudah mulai digunakan oleh para pebisnis untuk mempromosikan produknya atau meningkatkan brand awareness-nya.

Jadi, mengapa infografis itu penting bagi seorang pengusaha? Berikut ini beberapa alasannya. 

3 Alasan Membuat Desain Infografis Penting untuk Bisnis

menggunakan instagram sebagai platform marketing

1. Pembaca akan semakin mudah untuk mengerti

Manfaat membuat desain infografis yang pertama adalah akan semakin banyak orang yang akan mengerti dan paham dengan apa yang Anda sampaikan. Ketika Anda mempunyai program promosi tentu saja Anda ingin program itu dapat dimengerti oleh banyak orang.

Tentu saja apabila Anda hanya mengandalkan kata-kata dan suara banyak orang yang akan kurang memahami apa yang ingin disampaikan.

Namun, ketika Anda menggunakan infografis yang berbentuk visual tentu akan banyak orang yang lebih memahami apa maksud dari promosi Anda.

Baca juga: 5 Alasan Desain Kemasan Produk Penting Beserta Contohnya

2. Memiliki peluang untuk viral

Ketika Anda membuat desain infografis untuk materi promosi Anda, materi Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi viral. Tentu saja apabila materi promosi Anda menjadi viral maka ada keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Pada saat masyarakat luas sudah mengenal tentang brand Anda sudah pasti akan mempermudah Anda untuk melakukan penjualan. Anda tidak perlu lagi untuk melakukan promosi secara masif karena masyarakat sudah kenal dengan brand dan produk Anda. 

3. Meningkatnya jumlah followers media sosial

Dengan menggunakan infografis untuk bisnis itu juga akan membantu untuk meningkatkan jumlah followers sosial media Anda.

Infografis yang memang dibuat untuk membuat sesuatu yang rumit menjadi simpel dan menarik. Banyak orang yang akan merasa terbantu dengan infografis yang Anda buat, masyarakat tidak akan ragu untuk mengikuti akun sosial media Anda untuk mendapatkan informasi yang berguna namun tetap menarik. 

Setelah mengetahui apa saja pentingnya membuat desain infografis bagi seorang pebisnis, tentunya kini Anda sudah tertarik untuk membuat infografis, bukan?

Baca juga: 10 Cara Membuat Infografis yang Menarik untuk Bisnis

Tak perlu khawatir, saat ini membuat infografis sudah lebih mudah karena banyak website dan aplikasi gratis untuk membuat desian infografis. Berikut ini 7 aplikasi dan website gratis untuk membuat desain infografis yang bisa Anda coba gunakan.


7 Website dan Aplikasi untuk Membuat Desain Infografis Gratis

laptop - menulis - penghasilan pasif

1. Piktochart

Piktochart adalah salah satu pilihan yang menarik untuk membuat berbagai jenis infografis. Anda dapat memilih beberapa format yang berbeda termasuk ukuran infografis yang berbentuk vertikal, ukuran powerpoint, poster, dan laporan.

Untuk membuat desain infografis di Piktochart tergolong mudah. Anda dapat membuat desain infografis Anda sendiri atau menggunakan template yang sudah disediakan. Beberapa template ada yang gratis ada pula yang berbayar. Hal itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari brand Anda.

2. Canva

Canva adalah salah satu online tool yang paling terkenal karena kemudahan dan kelengkapan grafis yang bisa Anda gunakan. Dengan menggunakan Canva Anda dapat membuat brosur, kartu ucapan, proposal, CV, deck presentasi, dan masih banyak lagi.

Canva juga menyediakan berbagai macam template untuk mempermudah Anda dalam proses desain Anda. Dalam template tersebut pun sudah terdapat teks yang bisa Anda gunakan sebagai dasar dalam pembuatan infografis.

Jika infografis yang Anda buat masih bersifat umum, maka Anda hanya perlu menambahkan atau mengganti isi teksnya dengan data-data yang Anda miliki.

Canva juga memiliki infographic maker yang bisa Anda gunakan secara gratis. Membuatnya juga tergolong sangat mudah karena sudah tersedianya template, font, dan elemen desain yang bisa Anda gunakan.

3. Vizualize

Vizualize membantu Anda untuk membuat desain infografis dengan tipe yang berbeda. Mereka membantu para penggunanya membuat infografis resume. Dengan Vizualize Anda bisa menghubungkan dengan akun LinkedIn untuk memasukan beberapa informasi secara otomatis.

Website ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membuat resume atau CV dengan format yang berbeda dan lebih kreatif. Dengan menggunakan website ini Anda dapat terbantu untuk membuat CV yang lebih menonjol dan membuat personal brand Anda semakin efektif. 

4. Easl.ly

Easl.ly merupakan website yang tergolong paling mudah bagi Anda yang ingin membuat infografik. Anda juga diberikan kebebasan apakah ingin membuat sendiri atau menggunakan template yang sudah disediakan. 

Setelah Anda menemukan template yang cocok untuk Anda gunakan Anda akan dibawa ke window baru di mana Anda dapat langsung mendesain infografik sesuai dengan selera Anda. Easl.ly juga memiliki beragam tools, seperti background, shapes, text dan charts.

5. Visme

Visme sebuah servis yang tergolong masih baru. Visme memberikan pilihan untuk membantu Anda untuk membuat presentasi, animasi, mock-up, banner dan tentu saja membantu Anda untuk membuat desain infografis secara online.

Seperti tool lainnya Visme juga memberikan beberapa template untuk Anda gunakan. Beberapa dari template memang ada yang gratis, tapi juga ada beberapa yang berbayar. Template yang tersedia tentu saja akan memudahkan Anda untuk membuat desain infografis yang Anda butuhkan.

Baca juga: Tips Membuat Desain Logo Kafe yang Disukai Konsumen

6. Snappa

Snappa merupakan salah satu tool desain yang terbaik bagi Anda yang tidak mengerti tentang desain. Dengan Snappa Anda dapat membuat gambar visual yang menarik dan layak untuk Anda publikasikan secara online. Tool ini sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan sehingga mereka dapat menawarkan hasil yang menarik.

Untuk menggunakan Snappa Anda hanya perlu untuk mendaftarkan dan memverifikasi akun Anda. Setelah itu Anda langsung dapat menggunakannya untuk membuat bermacam desain, termasuk membuat desain infografis.

Snappa juga menyediakan berbagai macam template yang bisa Anda gunakan secara gratis namun ada juga yang harus berbayar untuk menggunakannya. Apabila Anda cukup kreatif snappa juga menyediakan kanvas kosong yang bisa Anda kreasikan sendiri.

7. Biteable

Membuat desain infografis juga bisa berbentuk video. Biteable adalah satu online tool gratis yang dapat membantu Anda untuk membuat infografis dalam format video. Tentunya hal ini membuat desain infografis Anda tampak lebih unik lagi. 

Infografis berupa video akan membuat desain infografis yang ada berikan berbeda dari pada infografis lainnya. Selain itu manfaat dari video ini adalah pengetahuan dibagikan melalui cara yang menyenangkan. 

Infografis ini cocok sekali sebagai konten media sosial, karena mampu menarik perhatian pengguna, sekaligus membuat mereka tetap memperhatikan kontennya hingga usai. Dalam dunia digital, hal ini sangatlah berharga. 

Anda dapat dengan mudah untuk membuat desain infografis berbentuk video dengan menggunakan Biteable. Tool ini cukup user friendly dan bisa digunakan dengan mudah. Anda tidak perlu keterampilan khusus untuk mengedit video untuk menggunakannya. 

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan

Itu dia 7 website dan aplikasi gratis untuk membuat desain infografis. Mana yang sudah pernah Anda coba? Ya, kebanyakan dari website dan aplikasi di atas menyediakan template gratis yang bisa Anda gunakan.

Bagi yang tidak pandai membuat desain infografis, jangan khawatir karena template-template tersebut akan membantu Anda menghasilkan desain terbaik.

Nah, selain bicara soal konten infografis yang bermanfaat untuk berbagai keperluan bisnis, ada hal lain yang tak kalah penting, yakni operasional. Hal ini tentu harus jadi perhatian utama Anda ketika menjalankan bisnis.

Meski Anda sibuk mengurus banyak hal, ada teknologi yang mampu membantu Anda untuk bisa memantau aktivitas bisnis, juga memonitor performa penjualan secara real-time. Ya, apa lagi kalau bukan aplikasi Moka? Dengan Moka, Anda bisa menjalankan aktivitas usaha online dan offline, dengan praktis dan efisien.

Moka juga dapat membantu Anda untuk mengelola karyawan, pelanggan, bahan baku, dan banyak hal lainnya. Ingin tahu lebih banyak bagaimana Moka dapat memudahkan aktivitas bisnis Anda? Klik banner di bawah ini, ya!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia