Business Insight Product Knowledge #GoStoreMenJAGA

Waspada Penipuan Kurir Merugikan Seller, Ini 3 Modusnya!

By Vanessa Harsen on September, 16 2022
Vanessa Harsen

Waspada Penipuan Kurir Merugikan Seller, Ini 3 Modusnya! - Modus penipuan berkedok kurir bukanlah hal yang baru. Maraknya penipuan kurir tidak hanya dapat menimpa buyer tapi juga seller, lho. 

Sekarang ini layanan penjemputan atau pick up kurir memang mempermudah para seller. Namun, bagaimana jika kemudahan itu ternyata dimanfaatkan oleh sejumlah oknum dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dengan berbagai cara? Mulai dari mengambil uang dari hasil penjualan hingga penipuan kepada pelanggan Anda.

Sebagai seller yang bijak, sudah seharusnya kita mengantisipasi hal tersebut. Kejahatan dalam aktivitas jual beli online bisa datang dari mana saja, termasuk melalui kurir.

Nah, agar tetap waspada penipuan kurir, cermati 3 modus kurir seperti ini, ya.

Waspada Penipuan Kurir, Ini 3 Modusnya

1. Kurir ajak ketemuan 

Ini dia modus kurir yang pertama. Kurir seperti ini hanya akan bikin ribet Anda, karena enggan datang ke tempat untuk jemput paket dan malah tiba-tiba meminta Anda untuk ketemuan di lokasi tertentu. Modus penipuan kurir dengan cara seperti ini pastinya tidak aman dan bisa merugikan seller.

Jika menemui kejadian seperti ini, tidak perlu sungkan untuk menolak tawaran tersebut, karena sudah kewajiban pihak kurir untuk datang ke rumah seller dan pick up orderan Anda. 

Mau yang pasti aman? di GoStore, kurir akan pick up orderan langsung ke tempat Anda selambat-lambatnya 1x24 jam. Sekarang, Anda tak  perlu lagi deh yang namanya keluar rumah untuk kirim paket. 

2. Tanya-tanya soal data pribadi seller

Waspada penipuan kurir yang satu ini, yuk! Modus permintaan data pribadi seller menjadi salah satu kasus yang kerap dijumpai. Di era yang serba digital ini, data pribadi memiliki peran penting sebagai tanda verifikasi untuk mendapatkan akses masuk, baik ke akun media sosial, maupun website toko online Anda.

Untuk menghindari risiko penyelundupan ke akun Anda, jangan pernah berikan informasi data pribadi pada siapa pun, seperti kode OTP, nomor KTP, dan nomor kartu kredit. 

Jika kurir sudah mendapatkan data pribadi Anda, maka ini sama saja dengan memberikan mereka akses bebas untuk masuk ke akun Anda dan mengetahui segala informasi toko.

Tentu saja hal ini dapat sangat merugikan para pemilik usaha seperti Anda. Informasi usaha bisa bocor,uang kas saldo penjualan bisa hilang, dan lebih buruknya lagi, kurir tak bertanggung jawab ini bisa melakukan penipuan terhadap pelanggan dengan mengatasnamakan toko Anda. 

Tak mau hal merugikan ini  terjadi, kan?

Perlu diingat! Jangan pernah mempercayai kurir atau pihak mana pun yang mengatasnamakan GoStore dan meminta data pribadi Anda. Pihak kurir GoStore tidak pernah meminta informasi atau data apa pun dari seller. Jadi, pastikan informasi dan data pribadi Anda hanya diketahui diri Anda sendiri, ya. 

3. Minta bayaran untuk jemput paket

Wajib Anda ketahui, kurir paket tidak berhak untuk menagih biaya apa pun di luar ongkos kirim yang sudah ditetapkan dan tercetak pada invoice transaksi, kepada para seller.

Jadi, jika Anda menjumpai kurir yang meminta bayaran uang ganti untuk jemput paket pesanan pelanggan Anda seperti tarif tol, uang parkir, asuransi kerusakan barang, atau lainnya, segera tolak dan laporkan kurir tersebut pada pihak ekspedisi terkait. 

Saat ini, GoStore sendiri belum menyediakan asuransi untuk proteksi barang. Saat jemput paket Anda, kurir GoStore tidak akan pernah meminta biaya tambahan kepada seller, karena seluruh biaya ongkir sudah dibayarkan oleh pihak GoStore kepada ekspedisi. Jadi, jangan pernah berikan bayaran di luar channel resmi GoStore, ya!

Gimana, pasti Anda juga tak mau ribet urus pengiriman barang, kan? #GoStoreMenjaga paket Anda untuk langsung dikirim ke pelanggan lewat ekspedisi Shipper yang sudah terjamin kualitas dan keamanannya.

Tenang saja, layanan Shipper akan langsung ambil barang orderan dari tempat Anda, jadi tak perlu repot-repot lagi kirim barang sana-sini. Proses jadi makin aman dan mudah!

Tertarik untuk menggunakan layanan GoStore? Tunggu apa lagi? Yuk, segera buat website toko online Anda di GoStore dan nikmati banyak fitur serta berbagai pilihan layanan transaksi, seperti  Dine-In, Delivery, serta Pick-Up untuk jualan offline dan  online.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia