Moka Logo
7 Tips Membuka Bisnis Waralaba Minimarket Modal Kecil untuk Pemula

Tips Bisnis

7 Tips Membuka Bisnis Waralaba Minimarket Modal Kecil untuk Pemula

3 min
RaniRani

Minimarket merupakan salah satu bidang bisnis yang sangat menjamur, bisa dilihat dari posisi tiap minimarket yang ada sangat berdekatan satu sama lain. Seperti yang banyak diketahui, banyak label-label minimarket yang berdiri saling berdekatan, walau begitu tetap saja minimarket-minimarket tersebut ramai didatangi. Hal ini menunjukkan bahwa khususnya bisnis ritel masih menjanjikan.

Terdapat beberapa opsi untuk membuka bisnis minimarket. Anda bisa melakukannya dengan konsep minimarket mandiri dengan label sendiri atau dengan konsep waralaba (franchise). Namun, kebanyakan orang akan lebih memilih untuk mengambil konsep waralaba karena mudah dan sudah terkenal.

Seperti layaknya membuka jenis bisnis lain, memulai bisnis waralaba minimarket juga perlu persiapan dan perencanaan yang matang. Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis waralaba minimarket, tips-tips berikut ini bisa Anda terapkan.

 

1. Caritahu Mengenai Waralaba Minimarket

waralaba minimarket modal kecil

Sangat penting untuk mencari tahu segala informasi mengenai waralaba minimarket, terutama mengenai besar modal dan persyaratan yang dibutuhkan. Hal inilah yang harus Anda cari tahu jika ingin memulai bisnis waralaba minimarket dengan modal kecil. Saat ini perusahaan retail yang ada, biasanya menawarkan waralaba minimarket mereka dalam bentuk paket. Anda dapat mencari informasi tersebut langsung melalui situs resmi perusahaan atau dari artikel terkait.

 

2. Buatlah Perencanaan yang Matang

waralaba minimarket modal kecil

Buat perencanaan meskipun jika Anda membeli lisensi waralaba, Anda tidak perlu membuat ide pemasaran dan perencanaan bisnis minimarket Anda. Bagaimanapun juga bisnis adalah bisnis, entah itu waralaba atau bukan. Tidak ada jaminan bahwa bisnis waralaba Anda akan sesukses seperti bisnis waralaba lain yang sudah ada. Karena banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi sukses atau tidaknya sebuah bisnis berjalan. Seperti pemilihan lokasi atau pelayanan toko.

3. Perhitungkan Modal Awal dengan Cermat

waralaba minimarket modal kecil

Anda perlu memperhitungkan modal awal. Karena modal awal tersebut akan bergantung pada harga properti di daerah yang ingin Anda jadikan lokasi minimarket, juga paket waralaba yang Anda ambil. Anda mungkin memerlukan modal awal berkisar mulai dari Rp200.000.000 hingga Rp1.000.000.000, bahkan lebih. Jadi pastikan Anda mempelajari hal-hal terkait pembukaan minimarket dan pertimbangkan biaya untuk memulai usaha di daerah Anda untuk menentukan modal yang diperlukan.

Baca Juga: Bisnis Properti Bukan Hal yang Menakutkan, Simak 8 Tips Suksesnya Berikut Ini

4. Persiapkan Modal yang Anda Butuhkan

waralaba minimarket modal kecil

Ada kemungkinan bahwa Anda tidak memiliki modal yang diperlukan untuk membuka waralaba minimarket Anda. Ini artinya Anda harus mengajukan pinjaman. Anda mungkin dapat mengajukan ke bank nasional untuk jenis pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau opsi lain yang ditawarkan oleh pihak bank. Mungkin Anda juga dapat mengajak teman untuk menanamkan modalnya. Anda bisa membaca tips mudah mengajukan pinjaman modal untuk usaha Anda melalui Moka Capital.

 

5. Siapkan Lokasi Bisnis yang Strategis

waralaba minimarket modal kecil

Pada umumnya, perusahaan waralaba tidak menyediakan lokasi untuk membuka minimarket. Oleh karena itu perlu untuk menyediakan lokasi bisnis waralaba minimarket Anda. Jika Anda sudah memiliki tempat sendiri, maka Anda bisa memperkecil modal bisnis waralaba.

6. Siapkan Dokumen dan Izin Usaha

waralaba minimarket modal kecil

Pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan dokumen yang diperlukan dan memiliki izin usaha. Kebanyakan perusahaan waralaba mensyaratkan untuk menyerahkan dokumen seperti fotokopi KTP, KK atau identitas lain. Biasanya juga diminta untuk disertakan dokumen aslinya. Untuk perizinan usaha pun dibutuhkan dokumen seperti Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Untuk Perusahaan (SIUP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

 

7. Buat Kontrak dengan Perusahaan Waralaba

waralaba minimarket modal kecil

Setelah modal, persyaratan dan persiapan lainnya sudah selesai, langkah terakhir adalah membuat kontrak dengan perusahaan. Pada tahap ini Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Ketika membuat kontrak, Anda dan pihak perusahaan pastinya akan berdiskusi mengenai keuntungan toko perbulan, mekanisme kerjasama, besaran investasi, dan sistem operasional.

Pastikan bahwa semua itu sesuai dengan perencanaan bisnis Anda. Jika kontrak sudah dibuat, maka Anda tinggal mempersiapkan untuk membuka minimarket Anda sendiri. Anda juga bisa membaca tips-tips mudah untuk menjalankan usaha waralaba.

Itulah 7 tips membuka bisnis waralaba minimarket dengan modal kecil. Perlu diingat, bisnis apapun yang ingin Anda mulai semuanya pasti memerlukan modal, persiapan dan perencanaan yang baik. Tak terkecuali untuk bisnis waralaba minimarket sekalipun. Ketahuilah semua informasi yang memiliki hubungan dengan bidang bisnis yang ingin Anda jalankan dan buatlah perencanaan. Dengan begitu, akan membuka peluang yang lebih besar untuk Anda menjadi untung dan sukses.

Semangat membuka minimarket Anda sendiri!

Baca juga artikel lainnya tentang membuka bisnis minimarket:

Social Media Share :
Rani

Rani

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.