Business Insight Focus

Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia

By Jordhi Farhansyah on November, 29 2019
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia - Salah satu sektor bisnis dengan perkembangan yang cukup pesat adalah bisnis kuliner.

Perkembangan bisnis kuliner bahkan seakan tidak mengenal tempat karena mampu menjangkau pasar mancanegara. Hal ini terjadi juga di Indonesia yang beberapa waktu terakhir ikut “demam” Boba Milk. 

Boba Milk sendiri pertama kali populer di Taiwan. Saat ini sudah ada banyak merchant yang menjajakan Boba Milk. Namun, yang paling populer adalah Xing Fu Tang, berkat cita rasanya yang khas. Kini, minuman lezat ini bukan hanya menjadi "raja" di Taiwan, melainkan juga di Indonesia.

Terbukti dari bagaimana gerai-gerainya di Jakarta selalu ramai pembeli. Penasaran bagaimana perjalanan Xing Fu Tang dari Taiwan ke Indonesia? Simak ulasannya berikuti ini!

Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia

Berawal dari jalan-jalan, hingga mendapat ide bisnis

Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia

Vancelia Wiradjaja, salah satu owner dari Xing Fu Tang Indonesia, kala itu sedang bepergian ke Melbourne. Di sana ia menemukan banyak merchant F&B yang menjajakan makanan dan minuman khas Taiwan.

Rupanya, Vancelia mendapatkan inspirasi bahwa kuliner Taiwan begitu kaya dan mudah diterima oleh masyarakat global. Dari sanalah ia merencanakan untuk pergi ke Taiwan dan mencari sesuatu yang bisa dikembangkan untuk pasar Indonesia. 

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol

Walau sempat tertunda karena kesibukan, Vancelia akhirnya memutuskan untuk tetap berangkat ke Taiwan. Apalagi negara ini cukup direkomendasikan karena Taiwan dikenal cukup kondusif untuk traveler dengan anak.

Selama berada di Taiwan, Vancelia merasakan lezatnya brown sugar milk dan mendapati minuman ini punya cita rasa yang paling khas.

Selain terbuai dengan cita rasa yang lezat, Vancelia juga melihat bagaimana reaksi orang-orang saat menikmati minuman tersebut.

Baca juga: Strategi Word of Mouth (WoM) Mampu Meningkatkan Penjualan, Caranya?

Ternyata, ia mendapati setiap orang yang meminum Xing Fu Tang akan tersenyum. Hal ini sejalan dengan nama Xing Fu Tang sendiri yang berarti “happy place”. Inilah yang membuat Vancelia semakin yakin untuk membawa atau franchise Xing Fu Tang Indonesia. 

Setelah yakin dengan keputusannya, Vancelia mencoba peruntungannya dengan menghubungi owner Taiwan, Edison Chen, untuk menjadi overseas agent.

Permintaan ini direspon positif oleh Edison Chen dan kini Xing Fu Tang Indonesia telah memiliki tiga gerai di Jakarta. Bahkan, bisnis minuman kekinian ini akan membuka beberapa gerai baru di kota-kota lain seperti Surabaya, Medan, Bandung, Solo, Tangerang Selatan, dan juga Bekasi. 


Cara Xing Fu Tang menarik pelanggan baru

Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia

Banyak bisnis yang menarik minat konsumen dengan mengenalkan bagaimana sejarah usaha yang mereka dirikan. 

Pendekatan konvensional ini tidak ditempuh oleh Xing Fu Tang Indonesia yang lebih memilih berbagi merchandise kepada para pelanggan. Usaha ini dilakukan bukan hanya untuk menarik pelanggan tetapi juga sebagai salah satu strategi untuk mempertahankan pelanggan dalam jangka waktu yang panjang. 

Baca juga: Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik

Untuk memastikan strategi pemasaran ini berhasil, jenis merchandise yang dipilih juga tidak asal-asalan. Sejauh ini Xing Fu Tang selalu totalitas dalam memproduksi merchandise-nya, baik dari pemilihan jenis, desain, hingga manfaat untuk pelanggan.

Sejauh ini ada dua jenis merchandise yang sudah dibagikan kepada para pelanggannya, yaitu gantungan kunci dan pop-socket.


Kualitas produk mampu membuat konsumen tetap setia dengan Xing Fu Tang

Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia

Vancelia selalu mengedepankan kualitas yang prima untuk disajikan kepada pelanggannya. Maka dari itu, Vancelia tidak ingin ada satu hal pun yang berubah.

Bukan hanya dari segi rasa, tapi ambiance dari gerai di Indonesia pun dijaga supaya sesuai dengan yang ada di Taiwan.

Dengan begitu, tidak heran kalau hal-hal kecil seperti interior yang digunakan pada gerai Xing Fu Tang, semuanya berasal dari Taiwan.

Baca juga: 5 Tips Mengelola Bisnis Franchise ala Holdak Crispy Chicken Indonesia

Namun, memang ada beberapa hal yang tidak bisa dikirim langsung dari Taiwan mengingat ia juga harus tetap mengedepankan kesegaran dan kembali lagi ke masalah kualitas yang ditawarkan minuman ini. 

Untuk mencapai kekhasan rasa, Xing Fu Tang menggunakan susu kualitas terbaik yang ada di Indonesia. Boba yang ditawarkan pun dibuat sendiri sehingga konsumen bisa merasakan boba yang benar-benar masih fresh.

Dari bagaimana Vancelia selalu menjaga kualitas, maka tidak heran jika minuman ini diserbu konsumen dari awal berdiri hingga kini.


Xing Fu Tang andalkan aplikasi kasir Moka

Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia

Xing Fu Tang memercayakan Moka sebagai aplikasi kasir di gerai-gerainya. Hal ini tidak lepas dari fitur-fitur Moka yang mampu memudahkan day-to-day operation bisnis ini.

Vancelia mengaku kalau semua fitur Moka sangat membantunya. Adapun fitur Moka yang dimanfaatkan adalah payment, inventaris, dan juga laporan penjualan. Teknologi cloud yang menjadi basis dari Moka pun membuat Vancelia semakin mudah menjalankan bisnisnya. 

Sebelumnya, bisnis ini telah menggunakan layanan aplikasi Point of Sale (POS) lain. Hanya saja aplikasi ini belum memenuhi ekspektasi karena transaksi untuk satu pelanggan memakan waktu 3-5 menit. Tentunya hal ini bisa berdampak buruk pada kepuasan pelanggan. 

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Penjualan untuk Operasional Bisnis Anda

Sebelumnya, Vancelia sendiri sudah beberapa kali mendengar tentang Moka, tapi belum benar-benar menggunakannya.

Atas rekomendasi dari asistennya, akhirnya ia memutuskan untuk menggunakan Moka. Setelah menggunakan Moka, ia mengatakan bahwa transaksi untuk satu pelanggan menjadi lebih singkat yaitu 1 menit saja.

Dari apa yang dijelaskan oleh Vancelia ini semakin terlihat bahwa Moka dapat membuat bisnis Anda berjalan dengan lebih efisien.


3 Tips penting membawa franchise luar ke Indonesia­­

Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia

Membawa Boba Drink nomer satu di Taiwan ke Indonesia bukanlah perkara mudah. Meskipun demikian, Vancelia berhasil menyakinkan owner di Taiwan untuk mau bekerja sama dengannya.

Apa yang dilakukan oleh Vancelia merupakan pelajaran berharga bagi Anda yang juga ingin membawa franchise internasional ke pasar Indonesia. Jadi, harap ingat baik-baik tips berikut ini ya!

1. Anda harus melakukan riset yang komprehensif terlebih dahulu

Untuk meyakinkan owner Xing Fu Tang Taiwan, Vancelia mengumpulkan data-data penting yang untuk membuktikan bahwa pasar Indonesia memang potensial, sehingga bisnis ini bisa memiliki perkembangan yang sustain.

Baca juga: 11 Bisnis Waralaba Paling Menguntungkan di Indonesia

Untuk itu, Vancelia mengadakan focus group discussion untuk memastikan minuman ini bisa diterima oleh selera masyarakat Indonesia.

Vancelia juga menyiapkan apa saja yang dibutuhkan supaya Xing Fu Tang dapat mengantongi izin dari BPOM.


2. Ukur kemampuan diri

Franchisor sangat melihat kesiapan dari franchisee sebelum menandatangani kontrak. Jadi, sebelum Anda ingin memulai kerja sama franchise, pastikan kalau memang diri Anda mampu untuk menjalaninya.

Menurut Vancelia, bisnis F&B bukanlah bisnis yang semudah orang kira. Dibutuhkan dedikasi dan passion untuk memastikan seluruh detail bisa terpenuhi.

Jadi, sebelum Anda membawa franchise dari luar negeri, sebaiknya uji kemampuan diri dengan mengambil franchise dalam negeri terlebih dahulu. 


3. Anda harus memiliki determinasi yang kuat

Vancelia menunjukkan determinasi yang bukan main saat ia ingin meyakinkan owner dari Xing Fu Tang Taiwan.

Ia membuktikan kalau dirinya sudah sukses menjalankan franchise lokal terlebih dahulu dan sudah memiliki infrastruktur yang diperlukan jika ia berhasil mendapatkan franchise minuman ini.

Baca juga: 6 Pilihan Franchise bagi Anda yang Ingin Membuka Bisnis Cake and Bakery

Determinasi Vancelia Wiradjaja juga terlihat dari bagaimana ia telah merencanakan budgeting begitu bisnis ini buka di Indonesia lho. Dari sini, terlihat jelas kalau Vancelia akan memperlakukan brand minuman ini selayaknya brand yang ia bangun sendiri dari nol. 

Itulah Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Jadi, bagi Anda yang ingin memulai bisnis franchise, ada baiknya untuk mengambil inspirasi dari bisnis minuman kekinian ini, ya!

Jangan lupa, andalkanlah selalu Moka yang membantu menjalankan bisnis Anda dengan lebih mudah. Mulai dari mencatat laporan penjualan, mengetahui jam-jam ramai bisnis,mengecek inventaris, dan masih bantak lagi!

Mau merasakan langsung bagaimana Moka dapat memudahkan operasional bisnis Anda?

Coba Gratis 14 Hari

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia