Business Insight

15 Contoh Usaha yang Menguntungkan di Desa, Ayo Mulai!

By Jordhi Farhansyah on December, 1 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

15 Contoh Usaha yang Menguntungkan di Desa, Ayo Mulai! - Memulai usaha yang menguntungkan di desa bukanlah mimpi. Anda sebaiknya tidak lagi menganggap, bisnis yang didirikan di kota besar saja yang bisa sukses.

 

Di mana pun bisnis Anda mendirikan bisnis, jika memang bisa memberikan solusi bagi konsumen, maka kesuksesan akan datang dengan sendirinya. Tertarik mencobanya? Berikuti ini 15 contoh usaha yang menguntungkan di desa.


Ragam Usaha yang Menguntungkan di Desa

1. Peternakan lele

usaha yang menguntungkan di desa 003

Peternakan lele adalah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Sebab, permintaan akan lele yang berkualitas tetap tinggi meski di tengah pandemi. Dengan lahan yang luas dan kualitas air yang lebih baik, membuka bisnis peternakan lele di desa akan lebih baik ketimbang di kota besar.

 

2. Peternakan ayam

Konsumsi daging ayam di Indonesia sangatlah tinggi. Bahkan di tahun 2021 ini diprediksi konsumsi ayam akan mencapai 2,7 miliar ekor. Angka ini menunjukkan bahwa daging ayam masih menjadi asupan pokok masyarakat.

 

3. Usaha yang menguntungkan di desa, salah satunya peternakan kambing dan sapi

Peternakan kambing dan sapi di desa berpotensi menghasilkan kualitas daging yang lebih baik karena kondisi lingkungan yang lebih baik. Sumber pakan ternak pun lebih alami, sehingga bisa menghasilkan produk daging yang lebih unggul.

 

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol

 

4. Kebun cabai

usaha yang menguntungkan di desa 002

Harga cabai yang selalu melambung tinggi membuktikan bahwa permintaan akan cabai sangat tinggi di pasaran. Jika Anda mampu menggarap lahan dengan baik, maka tak ada salahnya untuk mulai menjadi petani cabai.

 

5. Servis handphone

 

Ini adalah salah satu usaha yang menguntungkan di desa karena masyarakat sekitar tidak perlu pergi ke kota besar hanya untuk memperbaiki handphone-nya yang rusak. Namun, pastikan Anda memiliki kemampuan yang cukup untuk itu.

 

6. Toko kelontong

 

Masyarakat setempat tentu saja membutuhkan warung untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari. Keberadaan toko kelontong di tengah masyarakat desa jadi semakin penting karena mereka bisa belanja dengan lebih nyaman.

 

7. Sewa alat tani

 

Bagi Anda yang tinggal di desa agraris, tak ada salahnya untuk memulai usaha sewa alat tani. Alat tani ini bisa berupa traktor, bajak, pompa pestisida, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menjual pupuk agar para petani dan pemilik kebun bisa lebih mudah merawat lahannya.

 

8. Bensin eceran

usaha yang menguntungkan di desa 001

Saat ini sudah banyak warga desa yang mengandalkan kendaraan bermotor untuk bepergian. Daripada mereka harus pergi ke kota untuk mengisi bensin, mengapa tidak sediakan saja bensin langsung di desa? Inilah yang membuat bisnis eceran jadi usaha yang menguntungkan di desa.

 

9. Jasa antar ke kota

 

Jika Anda memiliki mobil atau motor, Anda bisa membuka jasa antar ke kota. Sepulangnya mengantar, Anda juga bisa menawarkan bisnis jasa titip kepada warga yang sekiranya ingin berbelanja di kota.

 

10. Pengrajin seni

 

Menjual karya pengrajin setempat juga bisa mendatangkan keuntungan. Terlebih lagi jika Anda mampu memasarkan produk pengrajin setempat hingga ke seluruh dunia. Anda bukan hanya mendatangkan keuntungan untuk bisnis Anda, tetapi juga mengangkat kehidupan para pengrajin setempat.

 

Baca juga: 12 Peluang Usaha Menjanjikan Berdasarkan Zodiak 2021

 

11. Minuman ringan kekinian

 

Mungkin belum ada banyak minuman kekinian yang masuk ke desa Anda. Jika seperti itu, Anda bisa segera mencari tahu bahan baku dan metode pembuatan minuman kekinian, lalu membuka booth minuman Anda sendiri.

 

12. Bengkel motor bisa jadi usaha yang menguntungkan di desa

usaha yang menguntungkan di desa

Banyak masyarakat desa menggunakan motor sebagai alat transportasi utamanya. Sehingga, kebutuhan akan adanya bengkel motor akan cukup tinggi di desa-desa. Inilah mengapa bengkel motor menjadi usaha yang menguntungkan di desa.

 

13. Tambak udang dan lobster

Jika di desa Anda terdapat danau atau waduk, maka membuka tambak udang dan lobster bisa menjadi pilihan usaha Anda. Apalagi harga jual lobster dewasa di pasar lokal dan internasional cukup tinggi.

 

14. Warnet merupakan contoh usaha yang menguntungkan di desa

Mungkin belum semua rumah warga terkoneksi internet. Namun, di era digitalisasi ini, internet menjadi salah satu kebutuhan yang cukup krusial. Untuk itu, jika Anda memiliki cukup modal, maka Anda bisa memulai bisnis warnet di desa Anda. Hanya saja pastikan Anda sudah mengambil langkah-langkah khusus agar anak-anak di desa Anda tidak membuka situs yang kurang baik.

 

15. Warung kopi dan makanan ringan

Kopi Kenangan

Banyak warga desa yang senang berkumpul sambil bersilaturahmi, dan tempat yang paling pas untuk itu adalah sebuah warung kopi. Anda tidak perlu membayangkan warung kopi hits seperti di perkotaan. Asalkan tempatnya nyaman dan bersih, serta pelayanan yang ramah, warung kopi Anda pasti akan ramai pembeli.

 

Baca juga: 8 Tips Memulai Usaha Warung Kopi dan Mencari Modal Bisnis

 

Itu dia 15 contoh usaha yang menguntungkan di desa. Meski Anda berbisnis di desa, bukan berarti Anda tidak mengadopsi teknologi digital para operasional bisnisnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi point of sale Moka POS.


Moka POS adalah aplikasi point of sale dengan berbagai fitur yang bisa membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih mudah. Jadi, pastikan Anda menggunakan Moka POS untuk bisnis Anda ya!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia