Business Insight

8 Ide Usaha Online Shop Terlaris, Cocok untuk Pemula!

By Jordhi Farhansyah on September, 27 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

8 Ide Usaha Online Shop Terlaris, Cocok untuk Pemula! - Usaha online shop saat ini telah menjadi hal yang sangat mudah dilakukan. Namun meski mudah, keuntungan yang diperoleh tetaplah bisa besar, asal dijalankan dengan tepat. Dengan modal minimal bahkan bisa sampai nol rupiah, Anda sudah bisa memulai bisnis Anda sendiri di jagat maya. Mengingat semakin banyak konsumen yang memilih berbelanja dari rumah, tentunya ini adalah peluang besar!

Nah, jika Anda berminat untuk memulai bisnis online shop, berikut 8 ide usaha online shop terlaris yang bisa Anda geluti jelang tahun 2022.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan

8 Ide Usaha Online Shop Terlaris yang Bisa Jadi Inspirasi

1. Makanan

usaha online shop terlaris food

Usaha berjualan makanan tidak akan pernah mati, karena bisnis ini menjual produk yang selalu dibutuhkan semua orang sampai kapan pun. Hal ini terbukti dari banyaknya contoh bisnis makanan yang mampu bertahan, bahkan berkembang sekalipun di tengah pandemi.

Terdapat berbagai pilihan produk untuk bisnis online shop di bidang makanan, misalnya makanan siap santap ataupun frozen food. Selama pandemi, tercatat bisnis frozen food mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Oleh karenanya, jika Anda belum mampu memproduksi makanan siap santap, berjualan frozen food bisa menjadi pilihan potensial.

2. Perlengkapan Bayi

Sepanjang tahun 2020 dan 2021, telah terjadi peningkatan angka kelahiran yang cukup signifikan. Itulah mengapa, usaha perlengkapan bayi pun menjadi usaha online shop terlaris dalam beberapa waktu belakangan.

Hal ini juga tentu saja dapat menjadi peluang yang dapat Anda manfaatkan. Produk yang menjadi primadona mulai dari popok bayi, perlengkapan newborn, baju newborn, susu formula bayi, bahkan set kado untuk bayi baru lahir. Selain itu, Anda juga bisa melakukan bisnis penyewaan alat-alat yang berkaitan dengan ASI dan penyimpanannya.

Baca juga: Startup adalah: Karakteristik serta Perbedaan Startup dan Online Shop


3. Sayur dan Buah-buahan

usaha online shop terlaris buah-buahan

Seiring dengan imbauan untuk tetap di rumah saja selama pandemi, semakin banyak pula orang-orang yang memilih untuk berbelanja bahan pokok dari rumah. Hal itu meliputi daging, sayur-mayur, sampai buah-buahan.

Dengan menawarkan kemudahan bagi konsumen, usaha ini ke depannya masih akan sangat menjanjikan. Bila Anda ingin mencobanya, pastikan Anda mampu mendapatkan supplier bahan-bahan berkualitas, sehingga tidak mengecewakan konsumen Anda nantinya.

4. Alat Kesehatan

Pandemi telah membuat penjualan alat kesehatan meningkat tajam hingga menjadi salah satu bidang usaha online shop terlaris.

Adapun produk yang saat ini banyak dibeli adalah masker dan alat ukur oksigen atau oximeter. Untuk ikut berjualan di kategori produk ini, Anda bisa mulai dengan berjualan masker medis sekali pakai atau masker kain 3 ply dengan beragam bentuk. Pastikan Anda tidak berjualan masker scuba karena masker tersebut telah dinyatakan kurang efektif dan dilarang penggunaannya.


5. Mainan Edukasi Anak

usaha online shop terlaris mainan edukasi anak

Usaha mainan edukasi anak saat ini juga sedang mengalami peningkatan karena banyak ibu muda yang belum yakin untuk mendaftarkan anaknya ke taman bermain, tetapi juga tidak ingin masa emas tumbuh kembang anak berlalu begitu saja.

Karenanya, permintaan produk mainan edukasi anak pun semakin meningkat pesat, baik itu permintaan barang baru maupun barang sewa. Mainan edukasi anak bisa berupa puzzle, buku interaktif, dan berbagai mainan lain yang bisa merangsang perkembangan motorik anak.

6. Aksesori Olahraga

Masih karena pandemi, banyak orang juga saat ini telah mulai sadar akan pentingnya kesehatan, terbukti dengan larisnya penjualan sepeda dan berbagai aksesorinya beberapa saat yang lalu.

Selain bersepeda, olahraga lain yang juga menarik banyak peminat adalah lari, renang, dan yoga. Di setiap kegiatan itu, tentu saja ada berbagai peralatan yang dibutuhkan seperti botol minum, tas ransel, matras, baju olahraga, dan lain sebagainya.

Baca juga: [Free E-book] Fotografi Produk dan Jasa untuk Bisnis Online


7. Herbal

usaha online shop terlaris herbal-1

Selain aksesori olahraga, usaha online shop terlaris lainnya akibat perubahan pola hidup masyarakat adalah produk herbal atau natural remedy.

Satu catatan apabila Anda ingin untuk memulai usaha ini, Anda harus benar-benar memastikan distributor yang Anda pilih memiliki surat edar resmi serta produk yang dijual sudah ada izin dari BPOM. Produk herbal yang banyak diminati antara lain suplemen herbal, aromatherapy, madu, sabun mandi, dan minyak kelapa.

8. Perlengkapan Rumah Tangga

Usaha perlengkapan rumah tangga kini juga tengah menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Maraknya aktivitas work from home atau WFH yang dipilih oleh perusahaan pun membuat semakin banyak orang menghabiskan waktu di rumah saja.

Berkaitan dengan ini, semakin banyak pula yang memutuskan untuk mendekorasi ulang rumahnya untuk menghadirkan kenyamanan baik saat bekerja maupun beraktivitas di rumah. Oleh karena itu, bisnis perlengkapan rumah tangga ataupun dekorasi dapat menjadi peluang yang cukup potensial dan menguntungkan.

Selain itu, banyak pula yang memiliki hobi baru seperti menjahit, membuat kue, memasak, dan mendekorasi rumahnya agar tidak bosan. Adapun produk-produk yang ikut meningkat penjualannya adalah mesin jahit, pemanggang roti, blender, dekorasi interior, dan lain-lain.


Itulah 8 usaha online shop terlaris saat ini yang bisa Anda coba bila ingin menjajal dunia usaha. Kedelapan ide di atas tentu bisa Anda jalankan dengan memiliki toko online sendiri. Perlu Anda ketahui, keberadaan toko online pastinya dapat meningkatkan kredibilitas usaha Anda di mata konsumen. Untuk memudahkan Anda dalam memulai usaha, Anda bisa menggunakan GoStore untuk mulai jualan online.

GoStore sendiri merupakan sebuah platform yang dapat membantu mengembangkan toko online Anda dengan cepat dan mudah. GoStore juga telah terintegrasi dengan Instagram Shop, Facebook Shop, dan Google Shopping, sehingga akan sangat memudahkan Anda memasarkan produk langsung ke target pasar Anda.

Tunggu apa lagi? Segera mulai usaha online Anda bersama GoStore sebelum makin banyak saingan bermunculan!New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia