Moka Logo
24 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Tips Bisnis

24 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

8 min
YovitaYovita

Butuh contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing? Membangun sebuah bisnis tidak selalu memerlukan modal yang besar. Berbekal kreativitas dan kecermatan dalam mencari peluang, dengan modal sekecil apa pun Anda bisa membangun bisnis yang sukses.

Namun, memulai usaha memang bukan perkara yang mudah. Ada banyak pebisnis di luar sana yang juga menjalankan bisnis serupa dengan Anda. Hal ini tentunya bisa mengancam keberhasilan usaha Anda. Maka dari itu, sangat penting untuk menemukan ide bisnis yang menjanjikan. Ini dia beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing,


Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Bakmi CWIMS Mudahnya Kembangkan Bisnis Makanan dengan Teknologi Digital (3) - contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Bila Anda hanya memiliki sedikit modal untuk membangun usaha, jangan khawatir. Saat ini, ada banyak pilihan usaha dengan modal kecil yang memiliki peluang untuk sukses karena persaingannya yang masih sedikit.

1. Cloud kitchen 

Cloud kitchen adalah contoh usaha bermodal kecil yang saat ini masih sedikit pesaingnya. Maksud dari cloud kitchen adalah berjualan makanan tanpa harus menyediakan tempat makan. Dengan kata lain, cloud kitchen hanya melayani pesan antar. Ini adalah salah satu bisnis dengan konsep baru yang cukup populer di kalangan pebisnis kuliner.

Karena tidak menyediakan tempat untuk makan, maka biaya yang dikeluarkan untuk sewa tempat pun lebih kecil. Selain itu, proses transaksi dalam cloud kitchen bisa dengan mudah dilacak jika menggunakan aplikasi point of sales, misalnya aplikasi Moka POS. Aplikasi kasir online berbasis cloud ini didesain untuk mengembangkan usaha Anda melalui pembayaran digital, manajemen pemesanan, hingga pembuatan laporan dan perhitungan pajak. 

Baca juga: Pentingnya POS System Berbasis Cloud untuk Keamanan Usaha

2. Produk eco-friendly

Produk eco-friendly atau daur ulang sudah ada sejak dulu. Namun, masih sedikit orang yang menjadikannya sebuah bisnis. Kini, masyarakat mulai memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sehingga produk eco-friendly semakin tinggi peminat. Ini bisa menjadi salah satu ide usaha dengan modal kecil dan sedikit pesaing.

Membuat produk eco-friendly tidak membutuhkan modal yang besar karena Anda bisa memanfaatkan barang bekas. Hal yang perlu Anda miliki untuk menjalani usaha ini adalah kreativitas dalam mengolah bahan daur ulang menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual.

3. Makanan pendamping ASI

Ketika bayi menginjak usia enam bulan, sudah saatnya untuk mereka diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Makanan tersebut tentunya harus bergizi tinggi dan disesuaikan dengan kebutuhan si bayi. Namun, tak jarang banyak ibu rumah tangga yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat mengolah makanan pendamping ASI yang terbaik untuk bayinya. 

Ini adalah peluang bisnis untuk Anda yang ingin menargetkan para ibu. Bisnis makanan pendamping ASI ini bisa dilakukan secara rumahan dan dipromosikan lewat media sosial. Hal terpenting adalah tetap menjaga nutrisi yang terkandung dari makanan yang Anda produksi.

4. Minuman jamu

Jamu menjadi salah satu minuman yang banyak dicari orang, terutama ketika pandemi menyerang dan cuaca sedang memburuk. Khasiat jamu yang bisa meningkatkan imunitas tubuh membuatnya menjadi incaran banyak orang. Tentunya, ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk Anda.

5. Asisten virtual

Ada banyak hal kecil yang sebenarnya mudah untuk dilakukan, tetapi tertunda karena kesibukan lain. Misalnya mengatur jadwal pertemuan, mengecek email, mengumpulkan bahan riset, dan lain sebagainya. Sebagai pebisnis, Anda bisa menargetkan para pekerja kantoran ini dan menawarkan jasa asisten virtual, di mana Anda dapat membantu mereka melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut.

6. Distributor pakan hewan

Ide usaha lainnya yang cukup menarik tetapi masih sedikit pesaing adalah distributor pakan hewan. Ada banyak pencinta hewan yang masih kesulitan mencari makanan untuk hewan peliharaannya. Anda bisa menawarkan solusi atas permasalahan tersebut dengan menjual pakan hewan.

7. Cover ponsel handmade

Sebagian besar orang menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi utamanya. Tentunya, mereka ingin melindungi gadget-nya dengan pelindung yang aman tetapi tetap menarik. Nah, ini bisa menjadi peluang usaha bermodal kecil untuk Anda.

Anda bisa menargetkan banyak kalangan, mulai dari anak muda hingga dewasa. Kemudian, desain cover ponsel secara handmade dengan gaya yang sesuai dengan target market Anda. Tidak hanya menghemat modal usaha, cover ponsel handmade juga memiliki keunikan tersendiri.


Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula

langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha meliputi 1 - contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Setiap pebisnis tentunya mengharapkan keuntungan besar dari usahanya. Sayangnya, tidak semua jenis usaha bisa mendatangkan profit yang tinggi. Apabila usaha yang Anda jalankan memiliki terlalu banyak pesaing atau sedikit peminatnya, maka akan sulit mendapatkan keuntungan yang tinggi. Maka dari itu, pilihlah jenis usaha yang memang berpotensi memberikan keuntungan besar, seperti beberapa contoh di bawah ini:

8. Affiliate marketing

Affiliate marketing mungkin bukan hal yang asing untuk pebisnis yang sudah merambah dunia online. Namun, bagi Anda yang masih awam, affiliate marketing merupakan salah satu teknik pemasaran di mana sebuah perusahaan berafiliasi dengan orang lain untuk memasarkan produk atau jasa. Nantinya, orang yang memasarkan produk atau jasa tersebut akan memperoleh komisi.

Komisi yang bisa didapatkan sebagai seorang affiliate marketing cukup beragam, tergantung dari persentase dan penjualan produk. Bisnis ini umumnya dilakukan di media sosial. Seorang afiliasi akan mempromosikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pengikutnya.

9. Jastip

Usaha jastip atau jasa titip bertumbuh ketika seseorang ingin berbelanja, tetapi tidak memiliki waktu untuk datang ke lokasi atau lokasinya terlalu jauh dari tempat pembeli. Nah, Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk membuka usaha jastip.

Modal yang diperlukan tidak banyak, bahkan bisa tanpa modal sedikit pun. Anda bisa membuat sistem transaksi yang menguntungkan, misalnya pembeli harus membayar di muka. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang yang diinginkan pembeli. Namun, pastikan Anda jujur dan kompeten dalam menjalankan usaha sehingga tumbuh rasa percaya pada pembeli.

Baca juga: Jastip adalah Bisnis Tanpa Modal Berprospek Tinggi, ini Tipsnya

10. Dropshipper

Usaha lain yang membawa banyak keuntungan tanpa modal besar adalah dropshipper. Ini merupakan salah satu jenis usaha yang cukup mudah untuk dilakukan karena Anda tidak perlu menyetok barang atau membuka toko fisik.

Sebagai seorang dropshipper, tugas Anda adalah menjadi penghubung antara konsumen dan supplier. Konsumen akan membuat pesanan pada toko online Anda, kemudian pesanan tersebut diteruskan kepada supplier yang bekerja sama dengan Anda. Seluruh proses pengiriman akan langsung ditangani oleh supplier. 

Karena usaha ini termasuk mudah untuk dijalankan, kompetitornya pun terbilang banyak. Maka dari itu, Anda harus cermat dalam membuat strategi pemasaran agar semakin banyak konsumen yang berbelanja di toko online Anda.

11. Reseller

Menjadi seorang reseller berarti Anda menjual kembali produk dari supplier dengan harga yang lebih tinggi. Anda tetap membutuhkan modal untuk menyetok barang. Namun, biasanya modal tersebut tidak terlalu besar. Mirip dengan dropshipper, Anda perlu pintar dalam melakukan marketing untuk menarik pembeli. Usaha ini termasuk usaha yang memiliki banyak pesaing, apalagi ketika produk yang dijual merupakan produk yang populer.

12. Makanan ringan

Pandemi membuka peluang untuk usaha makanan ringan. Semakin banyak menghabiskan waktu di rumah, maka semakin banyak pula kebutuhan asupan makanan ringan. Beberapa makanan ringan yang banyak peminatnya adalah keripik, basreng, makaroni kering, dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi salah satu bisnis yang patut untuk dicoba.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jenis makanan ringan yang diminati sangat mengikuti trend. Karenanya, pastikan Anda selalu mengikuti trend dan berinovasi pada produk yang Anda jual.

13. Bimbel online adalah contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Berkat pandemi, sebagian besar dari kita sadar bahwa belajar tidak harus dilakukan di sekolah. Ini membuka kesempatan untuk Anda yang memiliki keterampilan atau keahlian tertentu untuk membuka bimbel online.

Hal yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet, ilmu pengetahuan, serta platform untuk mengunggah konten bimbel online. Kemudian, siapkan materi pelajaran yang menarik. Untuk lebih menggugah minat, Anda juga bisa mempromosikannya lewat media sosial.

14. Jasa financial planner

Perkembangan zaman yang semakin maju juga membuat sebagian besar orang mulai sadar akan pentingnya mengelola keuangan. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang keuangan, membuka jasa financial planner bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

Peran Anda adalah sebagai penasihat keuangan yang memberikan arahan untuk klien dalam mengelola keuangan dan investasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Jenis usaha satu ini hanya memerlukan modal yang terbilang sedikit, bahkan bisa tanpa modal sedikit pun.


Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing Bidang Minuman

franchise minuman kekinian - thai tea - contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Tertarik dengan usaha food & beverages? Jenis usaha yang satu ini memang terbilang populer dan memiliki potensi yang besar. Semua orang tentu membutuhkan makanan dan minuman dalam kehidupan sehari-harinya. Namun, hal ini juga membuat usaha F&B memiliki banyak saingan. 

Nah, bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha minuman dengan modal kecil, pastikan Anda sudah melakukan riset mengenai minuman apa saja yang tengah populer di kalangan masyarakat. Dengan menjual minuman kekinian, tentunya peluang bisnis Anda akan sukses pun menjadi lebih besar. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa rekomendasi ide usaha minuman kekinian dengan modal kecil.

15. Aneka minuman sachet

Minuman sachet bisa menjadi alternatif untuk mereka yang tidak ingin terus-terusan membeli minuman di kafe. Selain lebih terjangkau, minuman sachet juga biasanya hadir dengan banyak varian dan sangat mudah untuk dibuat. Inilah yang menjadi daya tarik minuman sachet.

Anda bisa membuka usaha minuman sachet yang unik, misalnya dengan menghadirkan beragam rasa yang tidak biasa. Anda juga bisa mencontoh trend di Korea Selatan, di mana minuman sachet yang dijual sudah jadi dan tinggal dituang ke dalam gelas berisi es. Selain lebih mudah untuk dikonsumsi, konsepnya pun menarik.

16. Cold-pressed juice

Semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, semakin tinggi pula permintaan konsumen akan minuman sehat. Salah satunya adalah cold-pressed juice. Berbeda dari jus biasanya, jus satu ini menggunakan teknologi cold-pressed yang tidak menghasilkan panas dan oksidasi, sehingga nutrisi pada sayuran dan buah tetap terjaga.

Untuk menjalankan usaha ini, Anda membutuhkan modal untuk membeli buah-buahan dan sayuran, mesin cold-pressed, serta bahan untuk kemasan. 

17. Brown sugar milk

Brown sugar milk masih menjadi salah satu minuman kekinian yang diminati masyarakat. Campuran yang unik antara susu dan gula merah memberikan cita rasa yang tidak biasa. Apalagi jika ditambahkan dengan berbagai topping, seperti bobba atau puding, menjadikan minuman ini semakin nikmat.

18. Thai tea

Thai tea adalah jenis teh susu yang dipopulerkan oleh para pedagang di Thailand sejak tahun 1980-an. Resep orisinal dari Thai tea adalah teh hitam yang dicampur dengan rempah-rempah. Namun, sejak populer beberapa tahun belakangan di Indonesia, setiap penjual Thai tea meracik resep dengan keunikan tersendiri.

Jika Anda berminat untuk membuka kedai Thai tea, Anda bisa berinovasi dalam menciptakan resep yang unik dan berbeda dari Thai tea pada umumnya. Ini bisa memberi nilai tambah pada minuman yang Anda jual.

19. Minuman boba

Boba merupakan bola-bola tapioka yang sering kali dimasukkan ke dalam minuman teh susu. Minuman kekinian ini awalnya ditemukan di salah satu kedai teh di Taiwan. Saat itu, kedai milik Liu Han Chieh ini bereksperimen untuk memberikan pengalaman baru bagi pelanggan dalam menikmati teh susu.

Sejak masuk ke pasar Indonesia beberapa tahun lalu, popularitas minuman boba tidak pernah redup. Boba adalah salah satu bahan yang mudah untuk dikombinasikan dengan bahan lain, membuatnya menjadi minuman dengan segudang varian. Pelanggan pun tidak akan pernah bosan karena bisa memilih varian rasa lain setiap kali membeli minuman boba.

Aplikasi kasir-1


Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil

Rasanya kurang lengkap jika tidak merekomendasikan berbagai makanan kekinian lezat yang bisa Anda jadikan peluang bisnis. Berikut ini adalah sederet usaha makanan kekinian yang patut Anda coba.

20. Bombolini

Bombolini adalah camilan khas Italia yang mirip dengan donat. Bedanya adalah Bombolini tidak memiliki bagian yang bolong di tengah, serta topping-nya di masukkan ke dalam adonan. Cara membuatnya hampir sama dengan donat. Anda bisa menawarkan varian rasa yang unik untuk menggugah selera pelanggan. Misalnya rasa Milo, lotus, matcha, dan lain sebagainya.

Ini adalah makanan kekinian yang ramai di media sosial. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk menjual Bombolini yang berbeda dari yang lain. Misalnya dengan menyusunnya menjadi bentuk tertentu, atau membentuknya sedemikian rupa sebagai kue ulang tahun.

21. Cireng rujak

Siapa yang tidak kenal cireng? Jajanan yang berasal dari kota Bandung ini tidak pernah sepi peminat, apalagi dengan tambahan sambal rujak yang membuat jajanan satu ini semakin nikmat. Cireng rujak adalah camilan andalan untuk mengisi waktu luang atau teman ketika nonton. 

Jika tertarik dengan bisnis makanan satu ini, Anda bisa mempertimbangkan menjualnya dalam bentuk frozen. Selain makanan menjadi lebih awet, pembeli pun bisa menikmati cireng yang masih hangat dengan menggoreng sendiri di rumah kapan pun mereka ingin mengonsumsi cireng rujak.

22. Tteokpokki instan

Selain makanan khas Italia dan Bandung, ternyata ada makanan khas Korea Selatan yang juga sedang menjadi trend di masyarakat. Ya, tteokpokki! Makanan yang terbuat dari kue beras dan saus pedas ini biasanya hanya ditemukan di restoran Korea. Namun, tidak semua orang bisa langsung pergi ke restoran untuk menikmati makanan satu ini. Maka, membuat tteokpokki instan di rumah bisa menjadi solusi yang sangat memudahkan mereka. 

23. Baso aci

Jika biasanya bakso terbuat dari daging sapi, kini ada bakso kekinian yang terbuat dari aci. Baso aci menjadi makanan kekinian karena variasi aci yang sangat menggiurkan, isian yang melimpah, serta rasa kuahnya yang lezat.

Selain karena kelezatannya yang mampu menggugah banyak pembeli, membuka usaha baso aci juga terbilang mudah. Bahan-bahan yang digunakan dapat disimpan cukup lama, serta modal yang dikeluarkan terbilang kecil. Dengan peminat yang besar, usaha baso aci berpotensi memberikan keuntungan yang cukup besar.

24. Dimsum mentai

Dimsum juga termasuk contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Jika dimsum saja sudah sangat biasa, maka Anda bisa mengombinasikannya dengan saus mentai yang creamy. Jadilah sebuah perpaduan antara Tiongkok dan Jepang, menjadikan makanan ini memiliki cita rasa yang unik.

Baca juga: 8 Tips Meningkatkan Usaha Kuliner yang Dilakukan Wirausaha


Dari berbagai contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing serta rekomendasi jajanan kekinian di atas, bisnis apa yang paling menarik minat Anda? Jika Anda sudah membuka usaha dan membutuhkan modal lebih untuk mengembangkan bisnis Anda, tenang saja! Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan ke Moka Capital.

Moka Capital bekerja sama dengan Koinworks, Modalku, LandX, dan Bezhare untuk memberikan kemudahan pinjaman tanpa jaminan untuk siapa pun yang ingin mengembangkan usahanya. Dengan tenor hingga 24 bulan, bunga 9-24% per tahun, serta pengajuan pinjaman dana hingga Rp2 miliar, Moka Capital dan partner melayani pinjaman secara mudah dan cepat. 

Segera daftarkan usaha Anda ke Moka Capital! Anda juga bisa menjadwalkan demo terlebih dahulu dengan tim Moka POS untuk mencoba gratis selama 14 hari tanpa komitmen. 

 

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.