Business Insight

10 Tugas Kasir untuk Bisnis Anda, Apa Saja?

By Samina Sharanani on March, 4 2021
Samina Sharanani

A word crafter

10 Tugas Kasir untuk Bisnis Anda, Apa Saja? - Menjadi seorang kasir dalam sebuah toko bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Posisi kasir sangat penting. Kasir menjadi salah satu ujung tombak bagi operasional perusahaan sehari-hari. Kalau tidak ada kasir, tak ada yang mengurus transaksi pembelian. 

Tak hanya itu, kasir juga adalah orang yang langsung berhadapan dengan konsumen atau pelanggan. Untuk hal ini, seorang kasir dituntut untuk memiliki tingkat kecekatan tinggi serta kepribadian dan kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, ketelitian pun tentu saja harus menjadi skill utama.

Bagi Anda yang ingin merekrut kasir untuk toko Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dulu soal kasir, dimulai dari mengapa kasir itu penting hingga apa saja tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang kasir. Anda bisa mempelajarinya di artikel ini. Baca sampai habis, ya!

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Penjualan untuk Operasional Bisnis Anda 

Mengapa Peran Kasir Penting

tugas kasir - aplikasi kasir Moka (1)

Kasir dalam sebuah toko bertanggung jawab pada banyak hal. Kasir bertanggung jawab dalam hal memberikan laporan kepada atasan untuk meminimalisir kesalahan dalam perhitungan keuangan. 

Selain itu, seperti yang telah dibahas di atas, kasir juga berperan penting dalam hal berkomunikasi dengan customer. Selain dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi, seorang kasir juga harus memiliki product knowledge yang baik.

Kepribadian yang menyenangkan juga bisa menjadi poin plus untuk seorang kasir karena dengan pribadi yang ramah dan hangat, ia mewakili image dari toko tersebut. Terkadang, ada beberapa pelanggan yang enggan untuk kembali mengunjungi toko karena pelayanan dari karyawan toko yang kurang membuat mereka merasa nyaman. Maka dari itu, kasir berada di posisi paling penting karena kasir langsung berhadapan dengan para pelanggan. 

Baca juga: 5 Alasan Aplikasi Kasir Restoran adalah Kunci Sukses Bisnis Anda 


10 Tugas Kasir untuk Toko Anda, Apa Saja?

Moka, aplikasi kasir andalan para pebisnis sukses Indonesia

Setelah mengetahui betapa pentingnya seorang kasir, Anda juga perlu tahu tugas-tugas kasir secara lebih spesifik. Kami akan paparkan sepuluh tugas kasir berikut ini.

1. Melakukan proses transaksi penjualan

Kasir bertanggung jawab dalam proses transaksi penjualan. Di meja kasir, biasanya seorang kasir akan memasukkan kode barang yang dibeli oleh pelanggan ke dalam sistem. Setelah itu, kasir akan menghitung biaya total belanjaan yang harus dibayarkan oleh pelanggan.

Kasir juga wajib memberikan uang kembalian jika customer tidak membayar dengan uang pas. Tidak lupa, kasir juga bisa ditugaskan untuk memastikan keaslian uang dengan menggunakan sinar ultraviolet

2. Melakukan packing barang belanjaan customer

Setelah transaksi dilakukan, barang-barang akan dibawa pulang oleh pelanggan. Dalam hal ini, kasir bertugas untuk memasukkan barang-barang belanjaan tersebut ke dalam kantong plastik. Kasir juga perlu cermat dalam melakukan hal ini, seperti harus memisahkan kantong plastik berisi deterjen dengan makanan, misalnya.

Selain itu, kasir juga perlu berhati-hati dengan barang-barang yang mudah pecah seperti piring, gelas, hingga telur.

3. Melakukan pengecekan barang sebelum diserahkan kepada pelanggan

Barang-barang yang telah dikemas kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik. Namun, sebelum itu, kasir harus melakukan pengecekan yang teliti soal jumlah barang yang dibeli hingga harga produk. Uang kembalian pun harus diperhatikan baik-baik. Kemudian kasir juga tak boleh lupa melakukan input data penjualan.

4. Mencatat data penjualan

Kasir bertugas untuk mencatat setiap barang yang dijual. Pencatatan harus teliti dan terperinci. Pencatatan ini nantinya juga akan berguna sebagai laporan.  Dengan begitu, ketelitian adalah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh kasir. Angka, nama, hingga jumlah barang harus dicatat secermat mungkin.

5. Memberi informasi mengenai produk kepada customer

Untuk hal ini, skill yang dituntut harus dimiliki tentu saja adalah product knowledge. Memang, tugas kasir yang utama ialah memproses transaksi penjualan.

Karena kasir adalah salah satu ujung tombak toko yang berada di depan untuk melayani pelanggan, tak heran jika terkadang ada beberapa pelanggan yang bertanya mengenai suatu produk kepada kasir. Biasanya customer bertanya tentang ketersediaan barang, jenis, varian, hingga tanggal kadaluarsa suatu produk.

Apalagi kalau toko Anda sedang mengadakan program promo dan diskon. Kasir wajib tahu detail promo produk apa saja yang sedang berlangsung. Dalam penyampaiannya pun kasir harus menggunakan bahasa yang menarik tapi tetap ramah dan sopan sehingga pelanggan pun merasa nyaman.

6. Input data sales

Kasir juga bertugas untuk memasukkan data sales dalam rentang waktu per hari, per bulan, atau bahkan per tahun. Kasir memasukkan informasi tersebut ke dalam sistem yang kemudian akan menjadi data penting untuk keuangan perusahaan.

7. Membuat laporan rutin

Membuat laporan rutin yang berisi laporan omzet juga merupakan tugas kasir. Data ini tentu saja akan sangat berguna bagi perusahaan sehingga pengerjaannya harus teliti dan benar. Laporan ini diberikan kepada atasan atau senior kasir dengan tujuan agar petugas kasir tidak mengalami kerugian atau kesalahan fatal.

8. Merekap laporan transaksi penjualan

Tugas kasir yang lain adalah merekap seluruh transaksi penjualan dan menyetorkan uang tunai kepada bagian senior kasir. Hal ini dikerjakan setelah kasir selesai melakukan kerja shift. Seluruh penjualan dan penerimaan direkap menjadi satu kesatuan.

9. Menyebutkan uang diterima dan uang kembali kepada pelanggan

Walau terlihat sepele, hal ini justru sangatlah penting. Seorang kasir harus selalu menyebutkan nominal uang yang diterima dari pembeli dan juga uang kembalian yang diterima oleh pembeli. Ini untuk memastikan kalau jumlah transaksi dan jumlah uang sudah tepat.

Dalam hal ini, kasir juga perlu berhati-hati terhadap uang kertas yang diberikan oleh pembeli. Jangan sampai terlewat untuk mengecek apakah uang tersebut asli atau palsu.

10. Menjaga kebersihan area kasir

Yang terakhir, seorang kasir juga harus membersihkan area kasirnya. Dengan begitu, pelanggan pun akan merasa nyaman dan merasa terlayani dengan baik. Pada akhirnya, ini akan menimbulkan kesan profesional di mata pelanggan. Sediakan lap dan cairan pembersih di dekat area kasir jika diperlukan.

Nah, setelah memahami tugas kasir dalam bisnis Anda, kini saatnya Anda untuk memikirkan hal yang menunjang kinerja kasir. Apakah itu? Ya, apa lagi kalau bukan aplikasi kasir Moka yang dapat mendukung pengelolaan bisnis Anda. 

Moka adalah solusi berbasis cloud untuk bisnis multiplatform yang memungkinkan siapa pun untuk berjualan offline, online, kapan pun, dan di mana pun.

Anda bisa memonitor dan mengakses laporan penjualan bisnis Anda kapan saja dan di mana saja secara real-time. Anda juga bisa membuat program promo yang bisa Anda tentukan periode aktifnya melalui back office

Kemudian Anda juga bisa membuat kategori barang, stok, harga, dan barang tambahan dengan menggunakan fitur manajemen inventaris. Anda juga bisa melihat kembali history pesanan ke supplier dan menentukan kapan harus restock bahan.

Moka juga bisa membantu Anda mengelola pemesanan dengan baik karena Anda dapat menyimpan dan membuka billing ketika ada transaksi baru. Dengan aplikasi ini, transaksi pembayaran dari konsumen bisa dilakukan menggunakan kartu debit dan/atau kredit. 

Membuat program membership untuk pelanggan setia pun bisa dilakukan secara mudah dengan memanfaatkan fitur manajemen pelanggan. Pelanggan yang loyal bisa meningkatkan penjualan bisnis hingga 30 persen, lho!

Selain itu, dengan aplikasi Moka, Anda juga bisa melakukan manajemen karyawan. Anda bisa melacak siapa karyawan yang sedang melayani ketika ada transaksi. Laporan karyawan kepada back office akan memudahkan Anda dalam hal perhitungan komisi.

Aplikasi Moka juga memiliki banyak fitur tambahan menarik seperti manajemen meja yang memungkinkan Anda untuk mengatur tata letak meja restoran Anda, memeriksa meja yang kosong, hingga menentukan pengantaran pesanan ke meja yang tepat ketika pelanggan mengunjungi restoran Anda untuk dine in.

Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari! Kunjungi halaman ini jika ingin mengetahui lebih detail tentang Moka POS. Yuk, coba sekarang!

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia