Moka Logo
11 Tugas Admin Toko, Ada Apa Saja?

Tips Bisnis

11 Tugas Admin Toko, Ada Apa Saja?

3 min
SaminaSamina

11 Tugas Admin Toko, Ada Apa Saja? – Segala posisi, kecil atau besar, memiliki peran signifikan dalam menjalani bisnis online ataupun offline. Jika Anda sudah akrab dengan istilah-istilah bisnis, pastinya admin merupakan kata yang sering didengar. Namun, apakah sebenarnya tugas admin toko? Sebelum membahas apa saja tugas admin toko, pahami terlebih dahulu, yuk, pengertian admin.

Admin adalah …

membuka toko online - Contoh Nama Toko Online untuk Bisnis Anda - tugas admin toko

Diambil dari kata administrator, admin adalah seseorang yang bekerja untuk mengerjakan urusan administrasi sebuah bisnis. Administrasi sendiri adalah aktivitas yang mengurus kegiatan kerja di sebuah bisnis. Data yang dikumpulkan oleh bisnis akan diolah oleh admin yang akan membuatnya menjadi laporan. 

Nah, apa saja fungsi dan tujuan seorang admin? Dengan adanya admin, pekerjaan di perusahaan akan menjadi lebih efektif karena data-data yang dibutuhkan akan terorganisir secara lebih rapi. Semua data yang dibutuhkan oleh para karyawan bisnis tersebut ada di tangan admin yang ditugaskan. 

Baca juga: Annual Report adalah Laporan Keuangan Tahunan, Ini Penjelasannya 

Tidak hanya itu, data-data perusahaan menjadi lebih mudah untuk ditemukan karena tidak mungkin tercecer selama admin yang bertugas melakukan pekerjaannya dengan baik. Semua data atau arsip yang masuk atau keluar berkaitan dengan bisnis Anda akan langsung tercacat di laporan admin.

Data-data yang ingin ditemukan oleh karyawan juga akan lebih akurat karena diolah oleh para admin yang ditugaskan melalui sistem. 

Maka dari itu, dengan adanya admin, pekerjaan karyawan tersebut akan menjadi lebih teroraganisir. Selain itu, tujuan seorang admin adalah untuk membantu para karyawan melakukan kerjanya dengan lebih mudah. Berikut adalah tugas admin toko yang perlu Anda ketahui.


11 Tugas Admin Toko dalam Usaha

menjalankan bisnis toko bunga bersama teman - tugas admin toko

1. Merekap Data 

Pastinya semua bisnis memiliki data-data penting yang tentu jumlahnya tidak sedikit. Sebagai admin, mereka harus menyimpan semua data tersebut dengan rapi agar nanti apabila akan diolah sebagai laporan kerja, semua data dapat ditemukan dengan mudah. 

2. Mengurus Penjadwalan

Segala sesuatu diperlukan penjadwalan – apalagi kegiatan dalam sebuah bisnis. Membuat jadwal merupakan hal umum yang dilakukan seorang admin. Apabila dikerjakan dengan benar, semua kegiatan perusahaan akan menjadi lebih efektif dan terorganisir. 

3. Menyimpan Arsip 

Dari mulai dalam bentuk tulisan hingga foto, penyimpanan segala sesuatu yang merupakan dokumentasi proses perusahaan adalah tanggung jawab yang harus dilakukan oleh admin. 

Baca juga: Pengertian Branding, Strategi dan Contohnya 

4. Mencatat Daftar Peralatan Kantor 

Salah satu tugas admin toko adalah melakukan pengecekan terhadap peralatan yang dibutuhkan di perusahaan. Dari tinta printer hingga sisa kertas, semua perlu dilakukan pengecekan dan pendokumentasian secara berkala oleh admin untuk mengetahui ketersediaan atau kelengkapan peralatan tersebut. 

Selain semua hal di atas, tugas admin juga ada bermacam-macam jenisnya. Semua tergantung tempat admin tersebut bekerja. 

5. Admin Marketing untuk Meneliti Tren

Sesuai dengan nama tempat mereka bekerja, admin marketing memiliki tugas untuk meneliti tren agar promosi menjadi efektif, mengaplikasikan strategi tersebut, serta melakukan komunikasi dengan tim PR, manajemen, serta vendor agar proses promosi berjalan dengan lancar tanpa terjadinya miscommunication. 

6. Mendokumentasikan Kebutuhan Administratif Pekerjaan

Admin yang bekerja di proyek harus memastikan pelaksaan proyek berjalan dengan lancar. Mereka memiliki tugas untuk menginput data, membuat rekapan biaya operasional, membuat format dan isi surat jalan, membuat data presensi, menyusun absensi tersebut, serta membuat laporan bulanan juga. 

Baca juga: 8 Ide Usaha Online Shop Terlasir, Cocok untuk Pemula!

7. Menjawab Pertanyaan Pelanggan

Apabila Anda memiliki bisnis dan berjualan di berbagai platform, tentu Anda perlu menugaskan pegawai Anda untuk menjalankan tugas admin toko, yakni menjawab pertanyaan dari pelanggan. Biasanya, pelanggan akan bertanya apakah barang yang ingin dipesannya tersedia, berapa lama barang sampai, dan sebagainya.

8. Memberi Solusi atas Keluhan Pelanggan

Keluhan dari pelanggan acapkali jadi sesuatu yang sulit dihindari. Maka dari itu, tugas admin toko ialah harus bisa memberi solusi atas permasalahan atau kesulitan yang dialami oleh pelanggan. Admin toko harus merespon dengan cepat, bersimpati terhadap kesulitan pelanggan, dan berikan solusi paling tepat agar permasalahan mereka bisa segera teratasi.

9. Menerima dan Memproses Pesanan

Biasanya, admin juga bertugas untuk menerima dan memproses pesanan yang masuk, baik di toko online maupun offline. Anda perlu membuat panduan bagi para admin supaya penerimaan pesanan menjadi lebih cepat, efisien, dan praktis.

10. Menginput inventaris

Agar semua barang atau inventaris dalam gudang diketahui jumlahnya serta keberadaannya, admin gudang memiliki tugas seperti menginput data, membuat laporan barang secara rutin, merekap data pemesanan barang, mengatur sortir serta packing barang tersebut, memesan barang, dan juga mengatur pembayaran barang.

11. Mengurus Keperluan Toko Lainnya

Berbeda dengan admin perusahaan, admin toko memiliki tugas yang secara umum lebih ringan. Dari memasukkan data penjualan, membuat laporan persediaan toko, melakukan tagihan serta menerimanya, memeriksa absensi karyawan dan gaji mereka, serta juga mengurus keuangan toko adalah tugas admin toko. 

Bagaimana, sudah lebih paham mengenai apa saja tugas admin toko, kan? Selagi menjalani bisnis, tentu Anda ingin segala pekerjaan administrasi menjadi lebih cepat dan tidak mengganggu hal penting lainnya.

Ada solusi yang bisa membantu Anda, lho! Ya, apa lagi kalau bukan aplikasi kasir Moka POS? Dengan Moka POS, Anda dapat membuat laporan keuangan yang lebih akurat dan aktual. Bahkan, Anda bisa mengaksesnya kapan saja, di mana saja. Segala pekerjaan admin pun bisa jadi lebih cepat dengan teknologi kasir ini.

Tertarik untuk tahu selengkapnya soal Moka POS? Pelajari fiturnya di sini, yuk!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.