Business Insight

5 Tren Bisnis Setelah Lebaran 2021 yang Berpotensi Datangkan Cuan

By Jordhi Farhansyah on May, 11 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

5 Tren Bisnis Setelah Lebaran 2021 yang Berpotensi Datangkan Cuan - Lebaran tahun 2021 masih tak jauh beda dengan lebaran 2020 lalu. Pandemi masih ada, begitu pula larangan mudik dari pemerintah. Situasi yang seperti ini tentunya menghadirkan tantangan bagi pebisnis. Namun, di sisi lain, kondisi lebaran 2021 juga bisa menjadi peluang bisnis jika Anda tahu bagaimana cara memanfaatkannya. Sudah siapkah Anda untuk raih peluang ini?

Untuk itu, agar Anda bisa mengubah hambatan menjadi sumber pendapatan, berikut ini 5 tren bisnis setelah lebaran 2021 yang perlu Anda ketahui.

5 Tren Bisnis Setelah Lebaran 2021

1. Jasa laundry 

sabun cuci untuk bisnis laundry kiloan - tren bisnis setelah Lebaran

Hal yang seringkali membuat pusing pasca Lebaran adalah menumpuknya jumlah cucian. Kesibukan dalam mempersiapkan Lebaran, ditambah absennya asisten rumah tangga yang pamit mudik jauh hari sebelum Lebaran, membuat tak semua pakaian kotor rutin tercuci setiap hari.

Inilah saat yang tepat untuk Anda masuk dan menawarkan jasa laundry guna membantu para pelanggan mengatasi masalah tersebut.

Anda bisa menentukan bagaimana bisnis laundry Anda bekerja, misalnya apakah dihitung sebagai laundry kiloan atau mungkin bisa juga dihitung per potong pakaian yang akan di-laundry. Anda juga bisa menentukan kapan waktu penyelesaian cucian. Biasanya semakin cepat atau semakin kilat, harganya akan semakin mahal.

Baca juga: Langkah Sukses Membuka Bisnis Laundry untuk Pemula

2. Makanan dan minuman sehat

Peluang Bisnis Rumahan Pasca COVID-19 - jamu - kunyit

Ini dia tren bisnis setelah Lebaran selanjutnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa hari Lebaran yang penuh suka cita sering diiringi dengan meningkatnya kolesterol dalam darah. Terlalu bersemangat dalam menyantap hidangan-hidangan khas Lebaran yang kaya santan dan lemak membuat orang-orang mulai mengalami gangguan kesehatan. 

Untuk itu, Anda bisa membantu mereka menjaga kesehatannya dengan menawarkan makanan dan minuman sehat sebagai cara untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Misalnya, makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah dan sayur.

3. Busana, aksesoris, dan pernak-pernik terkini

memanfaatkan aplikasi kasir untuk memudahkan operasional bisnis - Free E-book Strategi Jitu Memenangkan Pasar Fashion di Indonesia - hijab - E-book Bocoran Peluang Bisnis F&B, Retail, dan Servis pada 2020 - Tren Bisnis Setelah Lebaran

Cairnya THR adalah momen yang tepat untuk mengadakan promo-promo menarik, khususnya untuk item berupa busana, aksesoris, dan pernak-pernik terkini. Misalnya seperti busana muslim, strap masker, parfum mini, sling bag, hingga photocard artis K-Pop. 

Item-item kecil yang dibanderol dengan harga relatif terjangkau ini juga cocok untuk dijadikan bagian dari hamper, mengingat euforia Lebaran yang masih cukup kental membuat masyarakat masih gemar mengirim hamper ke teman dan saudaranya, bahkan setelah Lebaran usai.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan dalam Bisnis Ritel agar Anda Makin Sukses

4. Jual hewan kurban

hewan kurban iduladha - Tren Bisnis Setelah Lebaran

Tak lama setelah Idulfitri, umat Muslim Indonesia juga akan merayakan Iduladha. Pada momen ini, masyarakat Muslim berlomba-lomba mencari hewan kurban terbaik sebagai wujud ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk itu, Anda bisa curi start sejak awal dengan mulai mencari hewan-hewan kurban yang bisa Anda jual kembali.

Anda bisa membeli hewan-hewan kurban dan merawatnya hingga Iduladha tiba, bisa dengan bagi hasil dengan peternak hewan kurban, atau bisa juga dengan membeli bibit hewan kurban dan menitipkannya kepada penjual.

5. Toko kelontong kebutuhan sehari-hari

cara menata toko kelontong (1)

Toko kelontong di lingkungan perumahan akan tetap dibutuhkan, utamanya setelah lebaran. Sebab, permintaan akan barang-barang kebutuhan sehari-hari akan tetap tinggi, sementara ketersediaan toko yang buka akan menurun. Jika Anda sudah memiliki toko kelontong, maka Anda harus bersiap untuk menghadapi lonjakan permintaan sejak awal.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan budget operasional yang meliputi belanja stok bahan baku tambahan, gaji karyawan, THR karyawan, biaya promo, dan lain sebagainya. Dengan demikian, toko Anda akan lebih siap dalam menghadapi peningkatan permintaan pelanggan yang membludak.

Lalu, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan manajemen inventaris. Gunanya adalah untuk memastikan bahwa Anda tidak kekurangan stok produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Jika belum, maka Anda harus melakukan stock opname sekarang juga untuk mengetahui bagaimana kondisi inventory Anda. 

Kemudian, jangan lupa untuk mengadakan promo khusus. Promo ini bukan hanya bisa membuat produk Anda lebih cepat habis, tetapi juga bisa semakin meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jadi, pastikan ketersediaan barang di toko Anda dan adakan promo-promo khusus untuk mengundang lebih banyak pelanggan setia.

Baca juga: Daftar Barang Barang Toko Kelontong yang Bisa Anda Jual

Itu dia 5 tren bisnis setelah lebaran 2021 yang wajib Anda ketahui. Kelima tren bisnis di atas sejatinya adalah bagian dari siklus tahunan yang tak pernah surut. Jadi, bisnis-bisnis di atas masih bisa berjalan hingga tahun-tahun berikutnya. Namun, untuk memastikan kelancarannya, Anda juga butuh alat dukung yang mumpuni, seperti Moka POS.

Moka POS hadir dengan beragam fitur yang bisa memudahkan operasional bisnis Anda, mulai dari manajemen stok, loyalty program, pembuatan promo, pencatatan dan analisis laporan penjualan, hingga akses permodalan. Jadi, Anda bisa mendapatkan segala yang Anda butuhkan untuk memulai dan menjalankan bisnis yang sukses. Yuk, klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia