Moka Logo
9 Tools untuk Membuat Landing Page, Gratis!

Tips Bisnis

9 Tools untuk Membuat Landing Page, Gratis!

4 min
SaminaSamina

9 Tools untuk Membuat Landing Page, Gratis! – Bagi para pelaku bisnis, kehadiran situs web sejatinya menjadi penunjang sejumlah strategi marketing. Berkaitan dengan ini, salah satu elemen penting dalam situs web adalah landing page. Apa itu landing page?

Landing page adalah halaman website yang akan tampil pertama kali ketika seseorang mengklik suatu link atau tautan. Landing page menampilkan informasi mengenai bisnis Anda. Tampilan yang profesional dan menarik juga membuat pelanggan pun bisa tertarik untuk menggunakan produk atau jasa Anda. Pertanyaannya, repotkah membuatnya?

Oh, tentu tidak. Anda tak perlu khawatir akan kerepotan, karena Anda bisa memanfaatkan banyak tools untuk membuat landing page. Selain mudah, gratis pula. Apa saja?

Baca juga: Landing Page adalah Kunci Keberhasilan Pemasaran Digital Anda 


Landing Page, Syarat Penting Digital Marketing

Gratis! 9 Tools untuk Membuat Landing Page

Landing page untuk website bisnis online Anda menawarkan banyak sekali manfaat. Oleh karena itu, akan sangat disayangkan bila Anda tidak membuatnya dengan baik.

Beberapa contoh manfaat landing page adalah bisa membuat orang mengenal bisnis Anda, mengisi data termasuk email sehingga Anda bisa mengirimkannya promosi, serta melakukan pembelian produk Anda. Ingat, jika Anda ingin melakukan kampanye iklan digital, landing page tentu akan menjadi salah satu syarat utamanya.

Sayangnya, kadang kala para pebisnis online kerap mengalami kendala soal alokasi budget untuk membuat landing page. Pastinya jika Anda menggunakan jasa web designer spesialis, maka Anda perlu menyisihkan anggaran dan membayar jasa tersebut, bukan?

Akan tetapi, di tengah kemudahan saat ini, Anda tak perlu khawatir. Sebab, sudah ada banyak tools untuk membuat landing page yang memungkinkan Anda untuk berkreasi sendiri. Bonusnya? Gratis!

Baca juga: 9 Tips Jika Ingin Resign untuk Membangun Bisnis Online


9 Tools untuk Membuat Landing Page

Gratis! 9 Tools untuk Membuat Landing Page 3

Sekarang ini, ada cukup banyak situs penyedia landing page terbaik yang mampu membantu pebisnis online membuat tampilan situs lebih profesional. Anda akan semakin dimudahkan tanpa harus menggunakan ahli desain ataupun mengeluarkan biaya tambahan pembuatan landing page.

Berikut ini situs-situs terbaik dan paling recommended.

1. WordPress

WordPress lebih dikenal sebagai media blogging. Namun, kecanggihan fitur-fiturnya membuat WordPress dapat diandalkan untuk pembuatan website dan landing page. Apalagi WordPress menyediakan banyak plugin yang mempermudah kita untuk membuat landing page. 

Setelah membuat akun WordPress, Anda bisa memilih desain landing page yang Anda sukai dari template yang ditawarkan. Jika template yang ada di WordPress dirasa kurang cocok, Anda bisa men-download template dari TemplateMonster atau ThemeForest yang lebih sesuai

2. Beaver Builder 

Beaver Builder adalah sebuah plugin. Anda bisa memasangnya di WordPress untuk membuat landing page semudah drag and drop kursor.

Di Beaver Builder, template yang disediakan terbatas. Namun, tampilan template Beaver Builder sangat menarik dan cukup eye-catching untuk audiens.

Selain itu, Anda juga bisa membuat desain sesuai yang Anda inginkan dengan menambahkan elemen-elemen website sesuka Anda. Selain itu, Beaver Builder tidak hanya bisa Anda manfaatkan untuk membuat landing page, melainkan juga bisa untuk membuat halaman website lain dengan tampilan menarik.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Toko Online untuk Pebisnis Pemula

3. OptimizePress

Plugin selanjutnya adalah OptimizePress. OptimizePress menjadi salah satu pembuat landing page WordPress tercepat. OptimizePress dibangun dengan framework khusus sehingga bisa membuat loading lebih cepat. Tidak hanya itu, OptimizePress juga memiliki banyak variasi template siap pakai. Anda pun bisa memilih desain landing page sesuai kebutuhan Anda.

Keunggulan lainnya, plugin ini dapat membantu Anda yang menginginkan angka konversi tinggi. Terdapat lebih dari 40 elemen yang dapat Anda gunakan untuk melengkapi landing page Anda. Elemen-elemen tersebut antara lain adalah Headline, Order Boxes, Testimonial Blocks, Progress Bars, dan masih banyak lagi. OptimizePress juga menyediakan squeeze page, long-form sales pages, lead capture pages, thank you pages, dan course pages.

4. Lander

Dengan Lander,  Anda bisa membuat desain landing page profesional dengan mudah. Apalagi untuk pemula yang belum begitu familiar dengan CSS editor dan HTML. Selain itu, hanya dengan drag dan drop, Anda bisa memodifikasi template yang sudah disediakan.

Ada juga fitur A/B testing yang dapat ditambahkan pada landing page Anda. Layanannya telah terintegrasi dengan email, Facebook, Google Maps, dan PayPal. Untuk Anda yang ingin mencoba terlebih dahulu, Lander menyediakan layanan uji coba gratis atau trial selama 14 hari.

5. Launchrock 

Launchrock menjadi salah satu situs terpopuler dalam pembuatan landing page. Situs satu ini sangat cocok digunakan untuk desain website pemula hingga profesional. Launchrock menyediakan berbagai template unik dan Anda juga dapat memperoleh hasilnya secara langsung.

Selain itu, Launchrock juga dilengkapi dengan modern block-based builder yang dapat melakukan custom HTML block. Dengan fitur sign up form dan juga pre-sale bagi e-commerce, Launchrock bisa dikatakan cukup lengkap.

Keunggulan lainnya milik Launchrock adalah situs ini memiliki desain 100% responsif dan menampilkan referral impact serta analytics tools.

6. Clickfunnel 

Clickfunnel cukup populer di kalangan website builder karena pembuatannya mudah dan menyediakan berbagai template menarik. Anda bisa menggunakan Clickfunnel untuk mendesain landing page dari awal, serta menambahkan elemen yang diminati. Tak hanya itu, Clickfunnel juga bisa melakukan pembagian 2 atau 3 kolom, sehingga membuat tampilan tampak lebih rapi.

Clickfunnel juga menyediakan fitur-fitur lain, seperti video, form, headline, text, dan lainnya. Jika Anda ingin mencoba Clickfunnel sebelum berlangganan, Clickfunnel menyediakan versi trial selama 14 hari.

Baca juga: Bagaimana Memaksimalkan Bisnis Anda Menggunakan Media Online 

7. Unbounce

Situs Unbounce sudah ada sejak 2009. Awal mulanya, Unbounce fokus untuk memberdayakan bisnis agar memiliki pengalaman pemasaran digital lebih baik. Itulah sebabnya, tak heran jika situs ini ikut menyediakan kemudahan dalam pembuatan landing page bagi penggunanya.

Unbounce sendiri dilengkapi berbagai template profesional dan advanced, serta turut dibekali sejumlah fitur menarik, sehingga pengaturan antarmuka pada landing page lebih mudah.

Terdapat berbagai situs yang responsif terintegrasi dengan Unbounce, yakni MailChimp, Zoho, SalesForce, dan Facebook. Tidak hanya itu, ada juga fitur A/B testing yang bisa membantu Anda melihat hasil eksperimen pembuatan landing page dengan mudah.

Anda bisa mengakses Unbounce melalui mobile dan desktop. Sebelum berlangganan, Anda bisa mencoba situs ini karena Unbounce menyediakan layanan uji coba gratis (trial) selama 30 hari.

8. Mailchimp

Tool berikutnya adalah Mailchimp yang telah dikenal luas sebagai situs penyedia berbagai fitur untuk mengoptimasi online marketing. Dengan Mailchimp, Anda akan mendapatkan jasa pembuatan landing page secara gratis untuk seluruh user.

Tidak hanya fiturnya yang gratis, Mailchimp juga tidak membatasi jumlah landing page yang hendak dibuat.

9. Wix

Ada banyak yang bisa Anda lakukan dengan Wix, seperti membuat website, laman online store, hingga landing page. Wix juga diketahui punya banyak fitur berlimpah.

Misalnya saja, Wix hadir dengan lebih dari 500 desain template menarik. Banyak, bukan? Selain itu, terdapat pula pilihan fitur live chat pada landing page yang dibuat di situs ini.

Tidak perlu khawatir jika ingin mencoba terlebih dahulu, karena Wix menawarkan paket free plan yang bisa digunakan secara gratis.

Baca juga: Cuma Modal 1 Juta, Ini 15 Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Muda 


Moka POS, Aplikasi Kasir untuk Membantu Bisnis Anda

Popoluca The Label - bisnis fashion - aplikasi kasir moka pos

Produk apa pun yang Anda jual lewat website Anda, dan tools apa pun yang Anda pakai untuk membuat landing page, sebaiknya Anda juga tetap menggunakan aplikasi kasir Moka POS untuk menunjang pengelolaan bisnis.

Moka POS adalah aplikasi point of sale yang didesain secara khusus untuk membantu Anda menjalankan bisnis. Anda bisa memonitor dan mengakses laporan penjualan bisnis Anda kapan saja dan di mana saja secara real-time! Anda juga bisa membuat program promo yang bisa Anda tentukan periode aktifnya, hanya dari back office.

Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari! Kunjungi halaman ini jika ingin mengetahui lebih detail tentang Moka POS dan tunggu apa lagi? Ayo, coba sekarang!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.