Product Knowledge

GoStore, Toko Online Pribadi dari Gojek yang Permudah Transaksi Penjualan di Berbagai Channel

By Sintia Astarina on November, 27 2021
Sintia Astarina

GoStore, Toko Online Pribadi dari Gojek yang Permudah Transaksi Penjualan di Berbagai Channel - Tidak puas dengan penghasilan jualan offline? Mau berjualan online, tapi budget terbatas? Mau punya toko online canggih dan ingin dimudahkan dari segi penggunaan teknologi? 

Ya, ekosistem digital sangat berperan penting bagi keberlangsungan UMKM di Indonesia. Dari 64,2 juta yang berhasil menyumbang 60,3% Produk Domestik Bruto bagi negara, nyatanya hanya 13% yang sudah melek digital.

Padahal, digitalisasi merupakan langkah paling strategis untuk bisa bertahan di era adaptasi kebiasaan baru ini. Dengan digitalisasi, para pemilik usaha dapat mengoperasikan bisnis dengan lebih efisien, mengakses sumber daya dengan lebih tepat, hingga menjangkau pasar seluas mungkin.

Maka dari itu, guna mendukung pemerintah untuk meningkatkan angka pemilik usaha yang go digital, Gojek bersama Moka menghadirkan solusi berjualan online yang lengkap dan mudah bagi UMKM, melalui GoStore.


Apa Itu GoStore?

GoStore merupakan platform terbaru dari Gojek yang dapat diakses melalui Back Office Moka, yang dapat dimanfaatkan seluruh pemilik usaha untuk membuka website toko online dan dapat dihubungkan ke jutaan pengguna media sosial, lewat integrasi dengan Facebook Shops, Instagram Shop, dan Google Shopping. 

GoStore sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis retail dan ingin mengirimkan pesanan dalam waktu cepat sebab GoStore sudah terhubung dengan layanan pengiriman instan GoSend.

Kemudian, dalam hal pembayaran, pelanggan dapat memanfaatkan GoPay, serta kartu debit/kredit untuk menyelesaikan transaksi online mereka.

Pembayaran cashless ini tentu akan menguntungkan kedua belah pihak. Pelanggan dapat membayar dengan lebih cepat dan praktis, sementara pemilik usaha tak perlu menghitung hasil penjualan setiap hari secara manual karena dengan GoStore, Anda akan memperoleh laporan penjualan terpusat di satu dashboard.

Dengan kehadiran GoStore yang dapat membantu Anda untuk berjualan online dengan lebih mudah, tentu akan bisa mengakomodasi pergeseran dan perilaku konsumen yang semenjak pandemi, lebih sering menghabiskan waktu untuk berselancar di internet, menggunakan media sosial, juga berbelanja.

Tentu ini menjadi peluang strategis bagi Anda sebagai pemilik usaha yang ingin menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan secara online

Maka dari itu, yuk cari  tahu lebih lanjut kenapa Anda perlu membuat toko online pribadi dengan GoStore berikut ini.

Baca juga:


Kenapa Membuat Toko Online Pribadi dengan GoStore?

GoStore, Toko Online Pribadi dari Gojek yang Bantu Pemilik Usaha Tingkatkan Penjualan (2)

  1. Anda dapat membuat toko online pribadi yang langsung terhubung dengan sistem pembayaran dan pengantaran.
  2. Toko online pribadi Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pelanggan lewat adanya integrasi dengan Facebook Shops dan Instagram Shopping. Anda pun bisa membagikannya lewat WhatsApp atau media lainnya sehingga Anda bisa menjual lebih banyak produk ke lebih banyak pengguna internet.
  3. Tak perlu membuat katalog secara manual di berbagai platform berbeda, hanya cukup satu dashboard saja. Dengan adanya integrasi ini, pelanggan Anda bisa langsung checkout sehingga Anda bisa mengubah para pengunjung toko online menjadi pembeli!
  4. Memungkinkan Anda untuk mengirim pesanan secara instan sehingga barang akan lebih cepat diterima pelanggan.
  5. Tidak seperti di e-commerce, pelanggan akan fokus pada produk dan toko online pribadi Anda saja sehingga pelanggan tidak akan terdistraksi dengan produk dari kompetitor.
  6. Bagaimana jika saya sudah memiliki toko online di e-commerce? GoStore adalah toko online pribadi alternatif yang wajib Anda miliki jika Anda bukan hanya ingin meningkatkan penjualan, melainkan ingin meningkatkan kualitas layanan Anda kepada pelanggan, dari sisi pengalaman pelanggan, pembayaran, hingga pengiriman barang.

Bisnis yang Cocok Masuk ke GoStore

Nah, jadi, apa saja ya usaha yang cocok masuk ke GoStore? Simak terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya. 

1. Aksesoris 

Jika Anda menjual kalung, gelang, cincin, atau aksesoris lainnya, menggunakan GoStore dapat membantu Anda dalam meraup keuntungan. 

2. Pakaian

Karena GoStore sudah terintegrasi Bersama platform lainnya seperti Facebook, Anda dapat dengan mudah meraih audiens yang lebih banyak. 

3. Furnitur 

Kini, memiliki toko online saat menjual furniture dapat menurunkan cost dibandingkan toko offline. Tidak hanya itu, bisnis ini juga sangat cocok memiliki toko online di GoStore karena kemudahannya. 

4. F&B 

Tentunya, sekarang bisnis F&B sedang sangat populer, untuk bersaing dengan rangkaian toko-toko online lainnya, Anda juga harus menaruh toko Anda dimana-mana. Dengan menggunakan GoStore, toko online Anda akan  mencapai puncak baru dengan semua fitur dan keuntungan yang ditawarkan olehnya.


Kelebihan Memiliki Toko Online Pribadi 

SOB GoStore (Email Banner)-03 (2) - Perhatikan 7 Tips Memproses Pesanan GoStore yang Masuk

Jika Anda masih bimbang untuk memilih antara toko online atau offline, Anda datang ke tempat yang tepat karena disini kita akan membahas sejumlah keuntungan yang dapat Anda rasakan saat memiliki toko online pribadi. 

You’re The Boss 

Dengan memiliki toko online pribadi artinya Anda yang akan mengambil keputusan dan mengarur segalanya. Anda adalah bosnya. Sehingga, akan lebih mudah unbtuk merealisasikan keinginan Anda. 

Baca juga: Ini Cara Menghitung Modal Akhir dalam Bisnis, Sudah Tahu Belum? 

Lebih Aman

Karena tidak ada pihak eksternal, keamanan toko Anda akan semakin terjamin karena pastinya Anda tidak mungkin mencuri keuntungan bisnis Anda sendiri, bukan? Selain itu, karena produk Anda tidak dapat ditemukan secara online, produk-produk Anda juga akan menjadi lebih aman. 

Efektif & Efisien 

Karena Anda sendiri yang mengatur dan membuat keputusan, Anda dapat melakukan pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan cara bekerja Anda sehingga membuatnya lebih efektif dan efesien.


Langkah-langkah Mudah Membuka Toko Online

membuka toko online - Contoh Nama Toko Online untuk Bisnis Anda - tugas admin toko

Apabila Anda akhirnya sudah memutuskan untuk membuat toko online, berikut adalah lima step mudah yang dapat dilakukan untuk memulai. 

Tentukan Produk yang Akan Dijual

Sebelum hal yang lainnya, Anda harus menentukan apa yang harus dijual agar basic-nya sudah clear. Walau nantinya Anda dapat improvisasi, Anda tetap harus memilih apa yang akan dijual. 

Baca juga: 7 Cara Berjualan Online agar Cepat Laku 

Nama Bisnis

Jika poin pertama sudah dilakukan, tentukan nama bisnis online Anda agar calon konsumen dapat menemukan toko online Anda dengan mudah. 

Rekening Bank

Agar semua pengeluaran dan penghasilan dapat diperhatikan secara mudah, ada baiknya Anda membuka rekening bank baru. 

Nama Domain 

Selain nama bisnis yang unik, memiliki nama domain yang stand out juga tentunya sangat menguntungkan. 

Bangun Toko Online 

Step terakhir ini tentunya adalah salah satu stepping stone sebelum mencapai kesuksesan. Setelah step-step sebelumnya, Anda dapat mulai membangun toko online & jangan lupa untuk have fun! 

Berapa Harga Buat Toko Online di GoStore?

GoStore, Toko Online Pribadi dari Gojek yang Bantu Pemilik Usaha Tingkatkan Penjualan (1)

Mendaftarkan toko online Anda di GoStore hanya dibutuhkan biaya nol rupiah dan ada juga golongan di mana Anda dapat terus menggunakan platform tersebut secara gratis. Berikut rinciannya: 

Basic 

Dalam golongan basic ini, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun dan dapat mengakses semua fitur GoStore, tanpa langganan, tidak ada biaya transaksi, tetapi memiliki waktu terbatas. 

Berlangganan

Sesuai dengan namanya, golongan ini membutuhkan Anda untuk mengeluarkan biaya sebanyak Rp299.000/bulan untuk mengakses semua fitur hingga yang premium, mendapat dukungan oleh Moka, serta Call Center yang dapat dihubungi 24 jam. 

Itulah tadi cara jualan online lewat GoStore. Semua manfaat di atas tidak akan dapat dirasakan jika Anda tidak mencobanya secara langsung. Buktikan sendiri bagaimana GoStore dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan digitalisasi dengan lebih maksimal, hingga menghubungkan Anda ke jutaan pengguna internet yang akan membantu mendongkrak penjualan usaha.

Mau buka toko online pribadi Anda sekarang? Klik banner di bawah ini!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia