Moka Logo
Apa itu Toko Kelontong dan Bagaimana Cara Menjalankannya?

Tips Bisnis

Apa itu Toko Kelontong dan Bagaimana Cara Menjalankannya?

3 min
SaminaSamina

Tahukah Anda, apa itu toko kelontong? Jenis toko seperti ini sudah sangat populer sejak dulu dan keberadaannya pun tak lekang oleh waktu. Bahkan, sampai sekarang masih memiliki peminat dan pangsa pasar sendiri.

Toko kelontong pun termasuk dalam UMKM dan pernah menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia, terutama saat negara ini mengalami krisis ekonomi di tahun 1998. Jadi memang perannya sangat vital di perekonomoian Tanah Air, bahkan sampai sekarang.


 Apa Itu Toko Kelontong?

apa itu toko kelontong 003

Lalu apa itu toko kelontong? Ini merupakan jenis toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Bahkan menurut KBBI, kelontong sendiri memiliki dua arti. Arti pertama yaitu kelentungan yang biasanya dibunyikan oleh penjual untuk menjajakan barang dagangannya dan menarik perhatian si pembeli. Sedangkan arti kedua yaitu barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Barang-barang yang dijual di toko kelontong pun beragam. Kebanyakan seperti sembako, peralatan mandi, bumbu dapur, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, toko ini terus diminati masyarakat Indonesia, karena memang yang dijual adalah yang dibutuhkan oleh masyarakat setiap hari.

Toko kelontong di Indonesia juga masih bersifat konvensional. Berbeda dengan swalayan atau minimarket di mana pembeli bisa mengambil sendiri barang yang mereka inginkan, pembeli di toko kelontong harus dilayani oleh si penjual.

Toko kelontong biasanya ada di dekat dengan lingkungan dan rumah warga sehingga mempermudah warga sekitar untuk berbelanja. Tidak heran jika antara penjual dan pembeli memiliki hubungan yang begitu dekat. Toko kelontong menciptakan hubungan emosional yang cukup erat antara pembeli dan penjual.

 Baca juga: 10 Daftar Barang Toko Kelontong yang Bisa Anda Jual 

Perbedaan toko kelontong dan toko kelontong SRC

Semakin berkembangnya zaman, toko kelontong pun mulai tergeser dengan pesaingnya yang cukup modern. Muncullah toko kelontong SRC yang bertujuan membantu toko kelontong biasa untuk menjadi lebih maju. Apa itu toko kelontong SRC? Jika toko kelontong biasa berbentuk konvensional, toko kelontong SRC mengubah toko kelontong biasa menjadi toko kelontong masa kini.

SRC sendiri adalah singkatan dari Sampoerna Retail Community. Melalui SRC ini, para pemilik pedagang kelontong bergabung dan diberi pengarahan untuk menjalankan toko kelontong yang sukses. Toko kelontong SRC mungkin sekilas tampak seperti minimarket atau swalayan karena memiliki nama sebuah brand, namun yang membedakan adalah nama tersebut diakhiri dengan nama pemilik toko misalnya SRC Wahyu.

Toko kelontong SRC pun memiliki tagline yaitu dekat, hemat, dan bersahabat. Dengan bergabungnya toko kelontong ke dalam SRC, diharapkan toko kelontong tersebut menjadi lebih tertata dan membina ekosistem yang lebih baik lagi.

Baca juga: Coba 4 Tips Ampuh Berikut Agar Omzet Toko Kelontong Meningkat


 

Setelah Tahu Apa Itu Toko Kelontong, Kini Membahas Cara Menjalankan Toko Kelontong dengan Benar?

apa itu toko kelontong 001

Usai mengetahui apa itu toko kelontong? Kini saatnya membahas soal cara menjalankan toko kelontong. Jika Anda ingin membuka dan menjalankan usaha toko kelontong, Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Cari lokasi yang strategis

Tempat atau lokasi sangat menentukan kesuksesan dari toko kelontong Anda. Cari yang dekat dengan pemukiman warga dan sering dilalui oleh banyak orang. Jika Anda memilih tempat yang ramai, besar kemungkinan orang-orang akan sering melihat toko kelontong Anda dan mempertimbangkan untuk membeli sesuatu.

2. Modal usaha yang sesuai

Dalam membuka toko kelontong, sesuaikan modal usaha dengan apa yang sudah Anda milik. Akan lebih baik jika Anda menggunakan dana tabungan daripada harus kredit karena kondisi di zaman sekarang yang tidak menentu. Namun, jika terpaksa untuk melakukan pinjaman modal usaha, sesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan sampai Anda harus mengalami kerugian karena terlilit dana pinjaman usaha.

3. Research target pasar dan kebutuhannya

Melakukan riset sangatlah penting terutama dalam mengenali target market dan juga kebutuhannya. Anda harus tahu siapa saja yang akan Anda sasar untuk menjadi calon konsumen atau pelanggan Anda. Selain itu, Anda juga harus memahami apa saja kebutuhan mereka. Dengan menyediakan barang yang sesuai dengan kebutuhan mereka akan memperlancar kesuksesan toko kelontong Anda karena artinya Anda tepat sasaran.

4. Mencari tempat supplier yang tepat

Tempat supplier atau tempat kulakan juga sangat penting untuk menentukan kesuksesan dalam menjalankan toko kelontong. Anda harus pintar dalam mencari tempat kulakan yang lebih murah dari segi harga dan lebih lengkap dari segi ketersediaan barang.

5. Tata toko kelontong Anda dengan menarik

Terkadang pembeli akan tertarik jika melihat sebuah tempat atau toko yang bagus dari segi penataan dan dekorasi. Penting bagi Anda untuk memperhatikan poin ini juga. Dengan begitu, pembeli akan betah dan nyaman berbelanja di toko kelontong Anda.

Baca juga: 7 Hal Yang Wajib Anda Siapkan untuk Membuka Toko Kelontong Sendiri

Sekarang sudah tahu kan, apa itu toko kelontong serta cara menjalankannya? Ada satu lagi yang perlu Anda tahu, yaitu aplikasi kasir yang bisa membantu tugas admin toko lebih mudah mengelola barang-barang. Moka POS adalah aplikasi kasir online yang dapat Anda andalkan untuk kelancaran bisnis dan usaha Anda.

Moka POS juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang memudahkan Anda untuk mengatur transaksi pada bisnis Anda. Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.