Business Insight Focus

4 Tips Usaha Rental Mobil Saat Bulan Ramadhan

By Miky on January, 29 2020

4 Tips Usaha Rental Mobil Saat Bulan Ramadhan - Tak bisa dimungkiri, bulan Ramadhan ialah bulan yang penuh berkah, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Berkah tersebut pun bisa Anda dapatkan dari menjalankan bisnis.

Apabila Anda sudah membaca artikel mengenai peluang bisnis di bulan Ramadan, mungkin anda mulai kebingungan memikirkan kira-kira bisnis apa yang cocok untuk dijalani.

Salah satu bisnis di bulan Ramadhan yang tak kalah menguntungkan ialah usaha rental mobil. Rental mobil termasuk jasa layanan menyewakan kendaraan.

Baca Juga: 5 Jenis Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Bulan Ramadan

Biasanya, penyedia usaha ini sudah menyiapkan berbagai macam kendaraan yang dapat dipilih, baik itu city car, mobil keluarga, maupun mobil lainnya, yang mana pilihan mobil bisa disesuaikan dengan jumlah keluarga.

Rental mobil ini pun biasanya dimanfaatkan bagi keluarga yang ingin bepergian ke sanak saudara atau mungkin untuk liburan ke suatu tempat.

Nah, apabila Anda tertarik untuk menjalankan usaha rental mobil saat Ramadhan, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.


3 Alasan Pelanggan Lebih Suka Rental Mobil

1. Praktis dan Mudah

sewa mobil

Menggunakan mobil dalam jangka waktu sebentar, seperti untuk keperluan mudik tentu tak harus membeli mobil yang baru. Alasannya, pelanggan Anda dapat menyewanya menggunakan jasa penyedia rental mobil. Dengan begitu, perjalanan pun menjadi lebih praktis dan mudah dibanding harus mengantre menunggu kendaraan yang lewat atau sekadar membeli tiket pesawat ataupun kereta api.


2. Lebih Menghemat Pengeluaran

modal kerja - uang

Biasanya, baik tiket pesawat maupun kereta api, harganya melambung tinggi menjelang tanggal Lebaran. Biasanya, para agen travel sudah menjual tiket transportasi tersebut jauh-jauh hari.

Pelanggan pun juga didorong untuk membeli beberapa minggu atau bulan sebelumnya supaya tidak kehabisan. Namun, tentu saja transportasi tersebut memiliki kapasitas yang terbatas dan tidak dapat mengangkut semua penumpang.

Baca Juga: Yuk Tingkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan dengan 4 Tips Promosi Berikut

Alhasi, pelanggan pun memilih alternatif lain, yakni rental mobil saja. Tentu, peluang ini pun harus dimanfaatkan oleh Anda. Anda bisa menawarkan berbagai macam promo menarik agar pelanggan bisa tertarik menggunakan jasa Anda.


3. Mendapatkan Layanan Lengkap

sewa mobil modal kecil - 4 Tips Usaha Rental Mobil Saat Bulan Ramadhan

Pelanggan tentu akan merasa senang jika bisa mendapatkan fasilitas dan layanan yang lengkap, tapi dengan harga rental mobil yang pas di kantong mereka. Untuk itu, fasilitas yang bisa Anda tawarkan adalah sopir pribadi alias expert navigator, minuman dan snack, juga kondisi mobil yang prima.

Tiga poin plus ini tentu bisa meningkatkan daya jual usaha rental mobil Anda. Pelanggan puas dengan layanan prima, Anda pun juga senang bisa mendapatkan keuntungan bisnis.

Baca Juga: 6 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Layanan Profesional Anda


4 Tips Usaha Rental Mobil Saat Bulan Ramadhan

1. Mempersiapkan Kendaraan

cara buka rental mobil

Untuk menjalankan usaha rental mobil ini, sebaiknya Anda harus mempersiapkan beberapa kendaraan sewa.

Sebaiknya jenis mobil yang Anda pilih adalah mobil keluarga, sebab mobil jenis ini dapat menampung lebih banyak orang. Seperti mobil Kijang Innova, Xenia, Avanza dan masih banyak yang lainnya. Persiapkan pula dokumen dan surat penting kendaraan sesuai peraturan.


2. Kerja Sama dengan Pemilik Kendaraan

kerja sama bisnis

Jika Anda mempunyai modal yang tak cukup banyak, Anda dapat menggunakan sistem kerjasama dengan pihak pemilik mobil. Misalnya dengan menitipkan kendaraan mereka di tempat Anda, kemudian mereka bisa mendapatkan uang tambahan sebagai gantinya. Biasanya pemilik mobil memperoleh tambahan uang sekitar 2%-2,5%.


3. Membuat Pembukuan Lengkap

menegcek laporan penjualan dengan menganalisis data - Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Ini memiliki peranan yang sangat penting untuk menghindari terjadinya kecurangan. Dengan membuat sistem pembukuan yang lengkap, akan meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan.

Di dalam pembukuan ini, Anda bisa memasukkan jumlah pemasukan, pengeluaran, debit, kredit, uang tak terduga, dan tabungan. Anda juga bisa mengatur apakah angka-angka ini akan direkap harian, mingguan, atau bulanan.


4. Menawarkan Jasa Supir

pengemudi - sopir pribadi - driver

Anda bisa melengkapi usaha rental mobil dengan menyediakan jasa supir. Usahakan supir yang direkrut mempunyai pengetahuan luas tentang rute perjalanan yang sering dilewati.

Anda juga bisa bekerja sama dengan bengkel yang berkualitas untuk perawatan mobil sewaan Anda. Sehingga jika terjadi permasalahan yang mengganggu pada kendaraan Anda, dapat langsung diperbaiki.

Baca juga: Wajib Tahu 7 Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Nah, itulah dia 4 tips usaha rental mobil yang bisa Anda terapkan. Perlu diingat, apabila Anda ingin mengembangkan usaha rental mobil ini dengan lebih serius, manfaatkanlah teknologi yang bisa membantu Anda mengatur pesanan hingga mencatat laporan keuangan bisnis. Dengan apa? Jawabannya, aplikasi kasir Moka 

Dengan aplikasi kasir Moka, Anda bisa mencatat pesanan dengan mudah sehingga Anda pun juga bisa memperoleh laporan keuangan secara otomatis. Tinggal klik, klik, klik! Di sisi lain, aplikasi kasir Moka mengunakan basis cloud computing yang akan menjamin data-data Anda aman.

Kini, Anda pun bisa menjalankan usaha rental mobil dengan lebih fokus sementara Moka siap membantu mempermudah pengoperasian bisnis Anda. Mau coba trial gratis 14 hari? Klik banner di bawah ini, yuk!

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia