Business Insight Inspiration SekitarLebihBaik

Wajib Tahu, Ini 7 Tips Tingkatkan Produktivitas Karyawan Saat Ramadan

By Jordhi Farhansyah on May, 20 2019
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Selama bulan Ramadan, umat Islam menjalankan ibadah puasa untuk 30 hari. Berjam jam menjalani tugasnya tanpa makan dan minum sudah tentu akan memengaruhi produktivitas para karyawan. Belum lagi adanya perubahan pola tidur dan pola makan yang sedikit banyak memengaruhi konsentrasi berpikir. Kalau Anda tidak merancang strategi yang tepat, maka Anda akan jadi malas-malasan di kantor. Tentunya hal ini tidak baik bagi Anda dan perusahaan.

Ingat, karyawan adalah cerminan dari perusahaan. Apabila Anda terlihat lesu dan malas-malasan, maka image dari perusahaan terpengaruh. Kalau Anda bekerja di bidang retail atau F&B, malas-malasan bisa berujung pada berkurangnya transaksi dan berkurangnya pendapatan. Oleh karena itu, untuk membantu Anda tetap produktif selama bulan Ramadan, simak tips di bawah ini.

 

1. Disiplin waktu

tips agar karyawan produktif saat puasa

Selama bulan Ramadan, mungkin kantor Anda akan melakukan penyesuaian jam kerja. Entah itu jam masuk kantor dimajukan atau jam kerja yang dikurangi. Penyesuaian jam kerja ini tentu harus diiringi dengan kedisiplinan karyawan. Coba bayangkan apabila Anda datang terlalu siang. Akibatnya adalah Anda harus pulang lebih sore untuk mengganti jam kerja. Bisa juga Anda jadi memiliki jam kerja yang lebih pendek karena harus pulang tepat waktu untuk menyiapkan buka puasa.

Baca Juga: Jam Kerja Berkurang saat Ramadan? Ini Tips Pasang Jam Buka-Tutup Toko

 

2. Pilih menu sahur yang tepat

tips agar karyawan produktif saat puasa

Saat berpuasa, satu-satunya sumber energi Anda adalah apa yang Anda makan saat sahur. Sehingga Anda butuh asupan nutrisi yang mampu mendukung kegiatan Anda selama seharian penuh. Oleh karena itu, sebaiknya pilih makanan-makanan yang kaya serat dan protein. Contohnya, buah, sayuran, biji-bijian, telur, dan daging. Sebaliknya, kurangi makanan-makanan yang mengandung garam tinggi karena akan membuat Anda lebih cepat haus. Anda juga perlu untuk memastikan kalau asupan air putih cukup selama sahur dan berbuka puasa.

Baca Juga: Poke Mob, Bisnis Makanan Sehat yang Mengikuti Tren Kekinian

 

3. Tetapkan rencana kerja harian

tips agar karyawan produktif saat puasa

Rencana kerja harian ini bisa dijadikan acuan pekerjaan apa saja yang harus Anda selesaikan dalam satu hari. Cara ini akan memberikan Anda gambaran yang lebih jelas tentang hal apa saja yang harus Anda prioritaskan dalam satu hari. Godaan untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu akan selalu ada. Namun, kebiasaan multitasking seperti ini justru kontra produktif karena otak manusia memang tidak didesain untuk multitasking. Lebih baik Anda kerjakan satu tugas dengan cepat.

 

4. Fokus pada hal yang penting

tips agar karyawan produktif saat puasa

Masih berkaitan dengan poin di atas, memfokuskan diri pada hal yang penting adalah kunci dalam menciptakan kinerja yang produktif. Tentu setiap karyawan wajib menyusun skala prioritas. Namun, belum semua karyawan mengetahui bagaimana cara menyusun skala prioritas yang baik dan applicable. Salah satu caranya adalah dengan mencari task apa yang bila tidak diselesaikan dengan cepat akan mengganggu pekerjaan lain atau bahkan pekerjaan rekan kerja.

Selain itu, fokus pada hal yang penting juga berarti Anda harus kurangi melakukan hal-hal yang kurang produktif seperti ngobrol dan bercanda. Memang dua hal itu penting untuk menyegarkan pikiran, namun kalau terlalu banyak justru akan membuat karyawan jadi lebih malas.

Baca Juga: 7 Tips Buat Karyawan Lebih Semangat dan Bahagia Setiap Hari

 

5. Cari waktu untuk berolahraga

tips agar karyawan produktif saat puasa

Selama bulan Ramadan mungkin Anda akan kesulitan dalam menemukan waktu untuk olahraga. Namun, kalau Anda tidak berusaha menciptakan waktu, maka Anda tidak akan pernah berolahraga. Kebiasaan ini akan berimbas pada penurunan kesehatan, peningkatan berat badan, dan membuat Anda lebih rentan stress. Mengingat berbagai penelitian sudah menyatakan bahwa berolahraga cukup ampuh untuk mengurangi hormon pemicu stres. Kalau Anda memang sulit mencari waktu berolahraga pada hari kerja, maka manfaatkan sebaik-baiknya akhir pekan Anda.

Baca Juga: Arsitek Ini Memilih Membangun Studio Olahraga dan Kedai Kopi

 

6. Istirahat yang cukup

tips agar karyawan produktif saat puasa

Selama bulan Ramadan, pasti Anda akan berusaha untuk lebih banyak beribadah. Misalnya, dengan rajin salat tarawih berjamaah dan membaca Alquran. Tentu hal ini baik, namun jangan lupa untuk beristirahat cukup. Ingat kalau Anda harus bangun pukul 3 atau 4 dini hari untuk mempersiapkan sahur. Kalau Anda kekurangan tidur maka konsentrasi di kantor akan berkurang drastis, produktivitas pun menurun. Jam istirahat ini juga perlu diatur secara disiplin agar Anda bisa tetap sehat dan produktif selama bulan Ramadan.

 

7. Niatkan kerja sebagai ibadah

tips agar karyawan produktif saat puasa

Di bulan Ramadan, segala hal baik yang Anda lakukan akan dinilai lebih oleh Tuhan. Termasuk pula kerja dan mencari rezeki. Semua lelah yang Anda rasakan dalam mencari rezeki yang halal akan diganti dengan yang jauh lebih baik. Jadi, apabila Anda ingin mengejar keberkahan bulan Ramadan sebanyak-banyaknya, bisa dimulai dengan bekerja.

Baca Juga: 7 Inspirasi Menu Takjil Sehat & Kekinian untuk Bulan Ramadan

Itu dia tujuh tips untuk membuat karyawan produktif saat Ramadan. Ketujuh tips di atas sebenarnya sangat sederhana dan bisa diterapkan oleh semua orang, termasuk Anda. Jadi, bila Anda ingin meraih gelar employee of the month di bulan penuh berkah ini, mari coba tujuh tips di atas.

Unduh juga e-book terbaru kami tentang cara memaksimalkan penjualan di bulan Ramadan.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia