Business Insight retail

6 Strategi Cerdas Jalankan Bisnis Minimarket untuk Naikkan Pendapatan

By Himawan Pradipta on December, 11 2018
Himawan Pradipta

Lead Writer di Moka Indonesia

Menjalankan sebuah usaha di Indonesia boleh dibilang memiliki potensi yang cukup besar. Ini terjadi karena besarnya jumlah populasi serta tingkat keberagaman yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Tidak heran jika hampir bisnis jenis apapun akan laku. Salah satunya adalah bisnis minimarket.

tips sukses bisnis minimarket

Pertanyaan pun timbul: mengapa minimarket?

Bisnis yang tergolong sebagai bisnis retail ini memiliki potensi yang besar karena kehadirannya menawarkan alternatif untuk para pelanggan yang tidak terdapat di warung tradisional pada umumnya. Bagaimana tidak? Sebagian besar barang atau produk yang dijual di minimarket merupakan kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa dipisahkan dari rutinitas.

Baca Juga: 3 Alasan Anda Membutuhkan POS untuk Restoran Anda

Untuk itu, agar Anda memiliki ketertarikan untuk mengembangkan bisnis minimarket, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

 

1. Pilih lokasi strategis

tips sukses bisnis minimarket

Sebuah usaha yang sukses tidak terlepas dari pemilihan lokasi yang tepat serta strategis. Pemilihan lokasi yang strategis akan membantu Anda mendekatkan diri dengan target pasar yang ingin Anda tuju. Kemudian, semakin ramai lokasi yang Anda pilih, maka semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan. dengan jauh lebih cepat. Tidak kalah penting adalah akses menuju toko Anda serta adanya lahan parkir yang cukup luas.

Baca Juga: Nash Eyelash Extension, Utamakan Pelayanan dengan Manjakan Pelanggan

 

2. Hitung laba yang ingin diraih secara tepat

tips sukses bisnis minimarket

Tujuan utama berbisnis semata-mata adalah untuk mencari profit, apapun bentuk bisnisnya. Agar bisnis minimarket Anda bisa sukses, penting untuk melakukan penghitungan mengenai laba yang ingin Anda dapatkan. Pastikan untuk menghitung berapa modal yang Anda keluarkan untuk membangun minimarket hingga strategi promosi, serta memiliki gambaran utuh mengenai jumlah keuntungan yang ingin Anda raih.

Sebagai permulaan, adalah hal yang wajar jika Anda memperoleh pendapatan yang minim namun konsisten agar perputaran uang berlangsung cepat. Di sisi lain, jika harga yang Anda tawarkan lebih besar dengan pemilik minimarket yang sudah ada sebelumnya, perputarannya pun bisa jadi melambat.

Baca Juga: Strategi Promosi Terbaik untuk Usaha Kecil Menengah

 

3. Memiliki branding yang baik

tips sukses bisnis minimarket

Branding boleh dibilang merupakan sebuah cara bagaimana brand yang Anda miliki teridentifikasi dan memiliki perbedaan dibanding produk-produk sejenis. Sehingga produk Anda lebih dikenal oleh khalayak luas. Ini merupakan sebuah usaha untuk membuat minimarket Anda berjalan dengan lancar karena semakin banyakk pelanggan akan lebih memilih berbelanja di tempat Anda.

Anda juga bisa bekerja sama dengan berbagai pihak dan melakukan co-branding, misalnya dengan membuat fasilitas lain seperti membeli pulsa, bayar belanja online, pembelian tiket kereta api atau pesawat, dan masih banyak yang lainnya. Dengan demikian, banyak opsi yang dimiliki oleh pelanggan untuk datang dan bertransaksi di minimarket Anda.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Jalankan Bisnis Pulsa dengan Modal Minim di 2018

 

4. Melakukan promosi dengan cara yang kreatif

tips sukses bisnis minimarket

Salah satu cara untuk menarik minat beli pelanggan adalah dengan melakukan promosi. Tentunya dalam melakukan hal tersebut, Anda harus memiliki kreativitas yang membuat promosi di minimarket Anda terbilang unik dan berbeda dari yang lain. Misalnya saja, pemberian diskon untuk waktu-waktu tertentu atau program undian berhadiah menarik. Anda juga bisa menawarkan harga paket untuk dua barang yang berbeda dengan harga yang lebih murah. Cara-cara seperti ini dapat menarik minat pelanggan untuk berbelanja di minimarket Anda.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan dengan 5 Ide Promo Terlaris saat Single's Day

 

5. Memaksimalkan penggunaan teknologi

tips sukses bisnis minimarket

Zaman telah berubah dan teknologi kini semakin memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal, termasuk dalam menjalankan bisnis. Untuk membuat bisnis Anda berkembang dengan cepat serta memiliki pelayanan yang efisien, Anda akan membutuhkan sebuah teknologi pendukung.

Misalnya saja, Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk keperluan perkasiran, laporan keuangan, hingga manajemen inventaris untuk ketersediaan stok barang. Untuk melakukan semua hal ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi aplikasi kasir, misalnya dengan menggunakan Moka. Sehingga tuntutan pelayanan cepat yang diinginkan pelanggan dapat tercapai.

Baca Juga: 4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk UMKM

 

6. Miliki manajemen usaha yang baik

tips sukses bisnis minimarket

Jika Anda sudah mampu memenuhi semuanya namun memiliki manajemen usaha yang buruk, dapat dipastikan usaha minimarket Anda akan berjalan kurang efektif. Pastikan bahwa Anda memiliki manajemen usaha yang baik. Misalnya, dalam persoalan distribusi stok barang dari produsen hingga sampai ke tangan pelanggan. Semuanya harus berjalan dengan baik agar pelanggan pun puas dengan pelayanan Anda.

Baca Juga: Laporan Inventaris Bahan Baku Lebih Akurat dengan Ingredient Inventory

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia