Moka Logo
7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Barbershop atau Salon

Tips Bisnis

7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Barbershop atau Salon

4 min
MikyMiky

7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Barbershop atau Salon – Industri bisnis seperti perawatan dan kecantikan tubuh di Indonesia merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek yang cukup bagus. Barbershop atau salon merupakan contoh dari bisnis yang meramaikan industri ini.

Meski terlihat sederhana, ternyata bisnis ini pun cukup mendatangkan keuntungan yang lumayan. Hal ini dikarenakan banyak wanita dan pria yang ingin berpenampilan lebih menarik lewat perawatan diri, termasuk rambut dan tubuh.

Melihat prospek bisnis yang cukup menjanjikan ini, pada akhirnya banyak masyarakat yang melirik bisnis barbershop atau salon ini sehingga persaingan yang kompetitif pun terjadi. Apakah Anda salah satunya?

Baca juga: Bisnis Franchise Barbershop: Tantangan, Peluang, Tips Sukses

Di tengah persaingan yang cukup ketat ini, mungkin Anda sudah memiliki apa yang dapat Anda tawarkan kepada pelanggan. Mulai dari karyawan yang berpengalaman, harga yang terjangkau, hingga pelayanan dan hasil kerja yang berkualitas.

Akan tetapi, bagaimana Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan untuk datang ke bisnsi barbershop atau salon Anda? Yuk, simak tips sukses berikut ini agar bisnis Anda berjalan lebih baik sehingga dapat memberikan penghasilan seperti yang Anda harapkan!

7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Barbershop atau Salon

1. Pikirkan Apa yang Pelanggan Inginkan dan Butuhkan

Strategi Marco’s Chop Shop Tingkatkan Mutu Layanan Bisnis Barbershop (2)

Kita tahu bahwa pelanggan yang datang ke salon barbershop atau salon adalah orang yang ingin mendapatkan pelayanan nomor satu, serta hasil yang memuaskan. Akan tetapi, Anda juga harus bisa mengetahui hal lainnya yang pelanggan inginkan dan butuhkan, termasuk hal-hal terkecil.

Misalnya saja dengan menyajikan hiburan kecil seperti majalah ataupun TV di ruang tunggu sehingga mereka tidak akan bosan. Tanyakan kepada mereka majalah atau stasiun TV apa yang mereka ingin lihat.

Pelayanan yang ramah adalah kunci sukses dalam berbisnis, misalnya saja dengan mengajak pelanggan berbicara. Meski begitu, tidak semua pelanggan sama.

Beberapa mungkin datang dengan harapan untuk melepas penat dari aktivitas sehingga hal terakhir yang mereka butuhkan adalah ketenangan. Oleh karena itu, ada baiknya jika karyawan Anda bertanya terlebih dahulu kepada pelanggan.


2. Kenali dan Jalin Hubungan dengan Komunitas yang Ada

salon kecantikan - memilih aplikasi salon terbaik - perawatan - 12 Peluang Bisnis yang Menjanjikan Berdasarkan Shio pada 2020 - E-book Bocoran Peluang Bisnis F&B, Retail, dan Servis pada 2020 - Bisnis Barbershop atau Salon

Dalam berbisnis, peran komunitas cukup berpengaruh terhadap jalannya usaha, termasuk bisnis barbershop atau salon. Oleh karena itu, kenali komunitas-komunitas lokal yang ada dan coba jalin hubungan dengan mereka untuk kerja sama yang menguntungkan.

Misalnya saja, dengan menghadirkan kelas khusus/workshop di dalam komunitas tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan komunitas untuk mengiklankan bisnis dengan meninggalkan kartu nama atau brosur.


3. Tingkatkan kepercayaan pelanggan dengan mendaftar Google Business

bisnis salon kecantikan - Ini 4 Franchise Klinik Kecantikan yang Patut Anda Lirik - Bisnis Barbershop atau Salon

Google Business merupakan platform online yang tidak kalah penting dan tentu harus mendapt perhatian dari Anda sebagai pemilik bisnis barbershop atau salon.

Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda di Google agar pelanggan dapat menemukan usaha lebih mudah. Bayangkan saja ketika pelanggan mencari barbeshop atau salon terdekat dan bisnis Anda tidak masuk dalam daftar pencarian, tentunya hal ini akan merugikan dan kehilangan banyak pelanggan potensial.

Selain itu, terdaftarnya usaha Anda di Google Business juga akan semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha Anda.


4. Bangun Eksistensi Anda di Media Online

tiktok - video - media sosial

Tidak dimungkiri lagi, media online, terutama media sosial merupakan salah satu faktor penunjang kelangsungan bisnis. Guna membangun eksistensi di media digital, Anda bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, atau media komunikasi seperti WhatsApp.

Buatlah konten menarik dan informatif di media sosial, seperti pelayanan yang pernah diberikan di barbershop atau salon, contoh rambut yang pernah ditata, kompetisi atau giveaway, atau informasi penting seperti waktu operasional usaha. Pastikan bahwa konten tersebut adalah yang memang dicari dan dibutuhkan oleh pelanggan Anda.

Kemudian, jika ada pelanggan yang melontarkan pertanyaan di media sosial, pastikan untuk segera membalasnya dan berikan pelayanan yang sama layaknya Anda melayani mereka ketika pelanggan sedang berada di barbershop atau salon.

Baca Juga: Bagaimana Memaksimalkan Bisnis Anda Menggunakan Media Online


5. Buat Promo yang Menarik dan Spesial

Inspirasi Usaha Ibu Rumah Tangga Make up ArtistSalah satu cara terbaik untuk menarik banyak pelanggan adalah dengan menawarkan berbagai promo menarik yang tidak dapat mereka tolak, misalnya saja potongan setengah harga ketika memotong rambut atau paket perawatan rambut. Agar semakin spesial, buat program referral atau kupon diskon terbatas untuk pelanggan.

Pelanggan bukan cuma bisa dibuat senang oleh inisiatif Anda, melainkan juga lebih setia terhadap usaha barbershop dan salon Anda. Beragam promo menarik tersebut pun bisa membuat para pelanggan ingin kembali dan kembali lagi.

Baca Juga: 4 Ide Marketing Usaha Salon


6. Iklankan Bisnis Anda Melalui Channel yang Ada

Sukses Menjalankan Bisnis SalonSetelah Anda memiliki berbagai program promo yang menarik, langkah selanjutnya adalah dengan mengiklankan hal tersebut agar pelanggan bisa melihat.

Jika Anda belum pernah melakukan hal ini sebelumnya, coba untuk membuat anggaran tambahan khusus untuk keperluan iklan bisnis barbershop atau salon Anda.

Ada banyak cara untuk mengiklankan bisnis. TV dan iklan offline lainnya mungkin kurang cocok untuk bisnis UKM karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun jangan khawatir, Anda masih bisa menggunakan iklan berbasis online seperti Facebook, Google, atau bahkan Instagram Ads.

Cara lain dalam mengiklankan bisnis adalah dengan memanfaatkan situs penyedia kupon agar lebih banyak pelanggan tertarik untuk datang.

Dengan mengiklankan dan mempromosikan bisnis terus menerus, usaha menjadi lebih dikenal sehingga ketika pelanggan ingin membutuhkan jasa potong rambut atau perawatan lainnya, mereka akan memikirkan datang ke toko Anda.

Promosi juga merupakan sebagai bentuk kesepakatan antara pelanggan untuk datang. Karena orang-orang cenderung tertarik untuk mencoba tempat baru ketika mereka mendapatkan penawaran yang cukup menguntungkan.


7. Gunakan Perangkat Modern untuk Bisnis Barbershop atau Salon

Cara Sukses Menjalankan Bisnis Barbershop dan SalonCara-cara tradisional biasanya dianggap lebih baik. Meski begitu, menghadirkan sesuatu yang modern juga tidak merugikan bisnis ini.

Mengadopsi teknologi modern untuk bisnis barbeshop atau salon dapat memberikan kesan kepada pelanggan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan mengikuti perkembangan zaman dan tidak kalah dengan kompetitor di luar.

Perangkat modern tidak hanya berupa alat-alat yang digunakan untuk melayani pelanggan saja, aplikasi kasir seperti Moka POS sebagai contohnya.

Aplikasi kasir ini tidak hanya membantu Anda memaksimalkan aktivitas transaksi atau operasional bisnis. Anda juga dapat dengan mudah melakukan kegiatan administratif, seperti mencatat laporan penjualan hingga mengatur inventaris.

Tidak hanya itu, analisis bisnis yang dihadirkan pada Moka POS dapat membantu Anda dalam menentukan strategi dan keputusan bisnis selanjutnya.

Nah, apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Moka dan bagaimana perangkat modern ini dapat membantu Anda mengembangkan bisnis, dapatkan masa percobaan selama 14 hari GRATIS! Klik banner di bawah ini untuk mendaftarkan diri Anda dan menjadwalkan demo produk, tanpa dipungut biaya apa pun. Selamat mencoba!

Social Media Share :
Miky

Miky

Penulis di Blog Moka