Business Insight

10 Tips Promosi Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan

By Samina Sharanani on April, 16 2021
Samina Sharanani

A word crafter

10 Tips Promosi Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan - Bulan Ramadan adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi para umat Muslim di seluruh dunia. Terutama di Indonesia, Ramadan menjadi momen yang penuh berkah bagi mereka yang menunaikan ibadah puasa.

Sadarkah Anda, biasanya, di bulan Ramadan orang-orang akan lebih konsumtif. Selain untuk menikmati momen di bulan Ramadan itu sendiri, mereka juga berbondong-bondong untuk mempersiapkan kebutuhan menjelang Lebaran.

Hal tersebut juga didukung dengan adanya Tunjangan Hari Raya (THR) yang biasanya karyawan dapatkan di perusahaannya. Dengan adanya THR yang mereka dapatkan, masyarakat pun akhirnya membelanjakan uang THR tersebut sehingga sifat konsumtif mereka meningkat dari bulan-bulan biasanya. 

Baca juga: 14 Ide Bisnis Menguntungkan Saat Ramadhan Biar Tambah Berkah 

Bukan hanya masyarakat yang menikmati momen Ramadan, namun juga para pelaku bisnis. Ramadan menjadi bulan emas bagi para pelaku bisnis untuk berlomba melakukan promosi. Bahkan tak sedikit yang akhirnya menyusun strategi baru untuk meraup keuntungan berlipat ganda di bulan suci yang penuh berkah ini.

Oleh sebab itu, jika Anda adalah pelaku bisnis, Anda harus menyusun strategi yang berbeda dari biasanya. Berikut ini adalah tips promosi Ramadhan yang mungkin bisa Anda praktikkan. Yuk, simak!

10 Tips Promosi Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan

memanfaatkan aplikasi kasir untuk memudahkan operasional bisnis - Free E-book Strategi Jitu Memenangkan Pasar Fashion di Indonesia - hijab - E-book Bocoran Peluang Bisnis F&B, Retail, dan Servis pada 2020 - 10 Tips Promosi Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan

1. Sesuaikan produk sehingga cocok untuk dijual di bulan Ramadan 

Inilah dia tips promosi Ramadhan yang pertama. Ketika bulan Ramadan tiba, para pelaku bisnis akan berlomba-lomba untuk memberikan promosi besar-besaran. Momen ini harus Anda gunakan untuk berkreasi sekreatif mungkin menentukan produk yang seperti apa yang akan menarik perhatian para konsumen.

Anda bisa membuat produk spesial Ramadan dengan edisi terbatas sehingga pelanggan akan merasa tertarik untuk membeli produk Anda. Atau jika bisnis Anda di bidang jasa, Anda bisa memberikan promo khusus di bulan Ramadan.

Dengan begitu, orang-orang akan berdatangan untuk mendapatkan promo tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memberikan beberapa variasi sehingga konsumen memiliki banyak pilihan.

2. Colong start alias mulai lebih awal 

Google menemukan bahwa rata-rata masyarakat mulai menelusuri hal-hal yang berhubungan dengan Ramadan di satu minggu sebelum bulan Ramadan. Mereka juga mulai mempersiapkan bahan makanan untuk berbuka dan sahur, mencari tips-tips kesehatan terkait masa berpuasa, dan hal-hal lainnya menyangkut bulan Ramadan.

Kebiasaan tersebut yang menjadi kesempatan terbaik untuk Anda untuk menyusun strategi marketing lebih awal. Dengan mendahului promosi dari kompetitor-kompetitor, Anda akan bisa mencuri perhatian konsumen lebih cepat.  Selain itu, Anda juga akan memiliki waktu yang lebih banyak lagi untuk melakukan promosi Ramadhan. 

Baca juga: Strategi Usaha Parcel Lebaran di Momen Bulan Suci Ramadan 2020

3. Content is a king! Buat konten yang menarik selama bulan Ramadan

Pernah mendengar istilah “content is a king”? Jika iya, Anda harus memaksimalkan ide konten Anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen supaya mengenal produk Anda lebih dalam. Dengan membuat konten menarik selama bulan Ramadan, Anda bisa menncuri perhatian para konsumen untuk membeli produk Anda.

Sebagai contoh, bagi Anda yang berbisnis kuliner, Anda bisa membuat konten di media sosial seperti menu spesial di bulan Ramadan. Atau bagi Anda yang memiliki bisnis fashion, Anda bisa membuat tips dan trik berbusana di bulan Ramadan.

Buat konten Anda relevan dengan momen bulan puasa dan juga target market Anda. Pahami kebutuhan konsumen Anda melalui konten yang Anda buat. 

4. Berikan “warna” Ramadan pada produk Anda

Ciptakan suasana Ramadan pada bisnis Anda ketika Anda ingin memaksimalkan peluang bisnis di bulan suci ini. Anda bisa mengemas produk dengan warna bernuansa hijau. Misalnya untuk bidang kuliner, Anda bisa mendesain tempat makanan berwarna hijau atau diberi hiasan nuansa Ramadan.

Begitu juga di media sosial, Anda bisa mendesain gambar-gambar dengan nuansa Ramadan sehingga profil Instagram bisnis Anda terlihat lebih unik dan meriah. 

Dengan menerapkan tips promosi Ramadhan ini, tentu Anda bisa menciptakan interaksi yang lebih menarik dengan para pelanggan!

Baca juga: 8 Manfaat Sedekah di Bulan Ramadan untuk Pebisnis dan Kesuksesan 

5. Sesuaikan waktu orang-orang online 

Ketika bulan Ramadan tiba, beberapa kebiasaan akan berubah. Salah satunya adalah kebiasaan orang-orang dalam menggunakan smartphone mereka. Pola aktif di media sosial atau hanya sekedar berselancar di internet akan sedikt berubah.

Di bulan Ramadan, biasanya waktu yang paling aktif adalah ketika sore hari menjelang jam berbuka puasa atau saat sahur mendekati subuh. Nah, inilah waktu yang sangat tepat bagi Anda untuk membagikan konten-konten atau promosi di media sosial.

Dengan begitu, orang-orang akan terpapar oleh produk Anda dan ada kemungkinan mereka jadi tertarik untuk membeli produk Anda. Tertarik untuk menerapkan tips promosi Ramadhan ini?

6. Memaksimalkan penggunaan media sosial 

Di zaman serba digital ini, media sosial sudah menjadi makanan sehari-hari setiap orang. Itulah sebabnya, memaksimalkan penggunaan media sosial untuk kebutuhan marketing sangatlah penting. Di bulan Ramdan, manfaatkan media sosial supaya Anda tetap terhubung dengan pelanggan Anda atau bahkan calon pelanggan baru Anda.

Informasikan semua hal terkait produk sampai promo yang sedang berjalan melalui media sosial. Bahkan, sekarang sudha banyak sekali pilihan media sosial yang bisa Anda gunakan. Jangan lupa juga untuk tetap sesuaikan dengan target market Anda supaya kegunaan media sosial bisa lebih maksimal.

Selain itu, pastikan Anda selalu fast response dalam menanggapi pelanggan Anda di media sosial, ya! 

Baca juga: 15 Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Bulan Ramadan

7. Berikan promo khusus bulan Ramadan

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, memberikan promo khusus di bulan Ramadan bisa menjadi salah satu senjata Anda untuk menarik perhatian para pelanggan atau calon pembeli. Anda juga bisa memberikan diskon besar-besaran khusus di bulan Ramadan ini.

Anda bisa menetapkan potongan harga khusus untuk setiap pembelian produk dengan nilai tertentu. Atau, Anda juga bisa menggunakan sistem buy 1 get 2 khusus di bulan Ramadan ini. Dijamin, dengan menerapkan tips promosi Ramadhan ini, omzet Anda akan lebih banyak karena mendapatkan pembeli yang haus akan diskon besar-besaran!

8. Layanan pesan-antar 

Selama pandemi, kebanyakan orang akan enggan untuk membeli barang dengan langsung mendatangi toko. Sehingga, layanan pesan-antar menjadi pilihan yang paling dicari masyarakat untuk situasi seperti sekarang ini. Selain menjaga jarak dari banyak orang, layanan pesan antar juga menghemat waktu dan tenaga.

Pembeli tidak perlu menghabiskan waktunya untuk menghadapi macet jalanan dan tidak usah bersusah payah untuk datang ke toko. Bahkan, sekarang ini konsumen juga bisa membeli produk Anda melalu media sosial atau media online lainnya. Mereka hanya tinggal duduk manis di rumah sampai barang mereka datang. 

Baca juga: 7 Tips Mengelola Bahan Baku Selama Ramadan

9. Kerja sama dengan influencer 

Akhir-akhir ini, banyak bisnis atau produk yang bekerja sama dengan para influencer di media sosial karena memberikan keuntungan yang cukup besar. Para influencer memiliki pengikut atau follower yang setia menanti konten-konten dari mereka.

Oleh sebab itu, jika Anda memanfaatkan influencer untuk kebutuhan promosi di bulan Ramadan, Anda akan mendapatkan exposure yang lebih luas lagi. Tidak hanya dari pelanggan Anda, namun juga dari follower influencer tersebut yang bisa menjadi calon pembeli baru Anda. 

10. Kerja sama dengan bisnis lain

Inilah dia tips promosi Ramadhan yang terakhir. Lakukan kerja sama dengan bisnis lain untuk meningkatkan omzet penjualan Anda di bulan Ramadan. Anda bisa bekerja sama dengan bisnis lain yang mendukung penjualan produk Anda.

Misalnya, Anda bisa bekerja sama dengan jasa ekspedisi atau ojeg online untuk memudahkan Anda melakukan pengiriman. Anda juga bisa memberikan promo khusus ke pelanggan untuk biaya jasa antar di setiap pembelian nominal tertentu. 

Baca juga: 9 Cara Dongkrak Penjualan Bisnis Online di Bulan Ramadan

Itulah 10 tips promosi Ramadhan y ang bisa Anda terapkan. Bagaimana, dari 10 tips di atas, mana yang sudah Anda terapkan untuk usaha Anda?

Nah, apa pun usaha yang Anda lakukan, agar dapat berjalan dengan lancar, yuk andalkan solusi bisnis multiplatform dari Moka! Moka memiliki berbagai fitur menarik yang bisa membantu Anda untuk mencatat transaksi penjualan, membuat laporan secara otomatis, juga menganalisis performa yang akan sangat membantu Anda untuk menentukan strategi bisnis selanjutnya.

Mau coba gratis Moka selama 14 hari? Yuk, klik banner di bawah dan buktikan sendiri bagaimana Moka bisa membantu operasional usaha Anda!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia