Business Insight

Tips Optimasi SEO Website, SEO Facebook, dan SEO Instagram

By Jordhi Farhansyah on November, 2 2020
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Tips Optimasi SEO Website, SEO Facebook, dan SEO Instagram - Optimasi SEO menjadi semakin krusial di era digital. Dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, perdagangan dan transaksi bisnis pun mulai beralih ke ranah online.

Begitupun Indonesia yang beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan luar biasa dalam bidang perdagangan secara online, baik di sektor formal maupun informal. 

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Toko Online untuk Pebisnis Pemula

Pada tahun 2018, McKinsey & Company sebagai salah satu perusahaan konsultan terkemuka pernah melaporkan bahwa perkembangan sektor e-commerce Indonesia bahkan mencapai hingga 5 miliar US dollar di ranah formal dan 3 miliar US dollar di ranah informal. Luar biasa, bukan

Perkembangan Pasar E-commerce di Indonesia Semakin Menjanjikan

online shopping - belanja online - 5 Tren Bisnis Pasca COVID-19 - 7 Tips Agar Usaha Rumahan Makin Sukses Pasca COVID-19 - Strategi Promosi Penjualan Toko Online untuk Pebisnis Pemula

Salah satu alasan dari adanya perkembangan pesat di ranah e-commerce di Indonesia dikarenakan terus meningkatnya angka pengguna smartphone dan penetrasi internet yang telah mencapai berbagai daerah dan kota.

Bahkan, dari catatan We Are Social dari Hootsuite, penetrasi penggunaan internet di tahun 2020 ini sudah mencapai 64%,meningkat sekitar 17% dari internet tahun lalu.

Baca juga: 21 Ide Bisnis Makanan Ringan dari Berbagai Camilan Khas

Hal tersebut membuat akses menuju marketplace maupun online shop yang berjualan di Instagram ataupun WhatsApp menjadi lebih mudah.

Tidak berhenti di situ, perkembangan e-commerce juga didukung oleh peningkatan pengguna media sosial yang tahun ini tercatat mencapai 160 juta jiwa, angka tersebut setara dengan 59% dari total populasi Indonesia saat ini.

Hal tersebut dibuktikan dari laporan We are Social 2020 yang menyatakan bahwa 55% pengguna smartphone mengakses e-commerce setiap bulannya. Tidak heran jika e-commerce dipandang dapat berkembang pesat di Indonesia.

Ditambah lagi dengan meningkatnya jumlah penjual di Indonesia yang bahkan mencapai minimal dua kali lipat setiap tahunnya. 


Media Sosial Punya Peran yang Besar

tren media sosial 2020 - Strategi Promosi Penjualan Toko Online untuk Pebisnis Pemula

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, angka pengguna media sosial di Indonesia yang terus meningkat mengindikasikan jumlah audience yang besar.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Tanggapan Konsumen Penting Bagi Usaha Anda 

Dengan strategi yang tepat, audience ini bisa dikonversi menjadi customer. Maka tak heran jika media sosial juga memegang peran yang besar dalam proses terjadinya transaksi antara pedagang dan pembeli. 

Media sosial yang berbasis audio visual menjadi wadah yang tepat untuk pengaruhi keputusan pembelian konsumen. Lalu bagaimana caranya menarik perhatian para audiens di media sosial? Salah satu caranya adalah dengan melakukan optimasi SEO.


Apa Itu SEO?

tips optimasi seo

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan sebuah teknik yang digunakan dalam mengoptimasi website agar dapat muncul di peringkat teratas di hasil pencarian. Kenapa ini penting?

Tentu saja karena saat ini semua orang mencari apa pun di internet menggunakan mesin pencari Google. Dengan optimasi yang tepat, toko online Anda di Facebook dan Instagram pun bisa langsung muncul di halaman pertama pencarian Google, lho!

Dengan melakukan optimasi SEO, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjaring organic traffic ke toko online Anda. 


Tips Optimasi SEO Website, SEO Facebook, dan SEO Instagram

membuat toko online - laptop

Dalam melakukan optimasi SEO website, setidaknya ada delapan elemen SEO yang harus Anda perhatikan. Di antaranya adalah struktur URL, penggunaan SSL/TLS, topik konten, search intent, struktur konten, meta tags, backlink dan kecepatan load website.

Delapan hal tadi dalam berpengaruh langsung ke website Anda karena traffic didominasi konten di halaman pertama mesin pencari Anda, seperti Google.

Lalu, apakah SEO hanya dapat diterapkan pada website saja? Jawabannya tidak. Anda dapat mengaplikasikan konsep dasar SEO bahkan pada media sosial.

Ibarat “sekali dayung dua pulau terlampaui”, pengaplikasian SEO pada media sosial Facebook misalnya dapat meningkatkan traffic di kedua channel, yaitu Facebook dan search engines. 

Dengan lebih dari 80 juta Business Pages yang ada setiap bulannya di Facebook, konten tentang bisnis Anda sudah bersaing untuk dapat menjangkau audiens yang tepat. Untuk itu Anda perlu mendominasi platform agar dapat menjangkau audiens Anda.

Setidaknya ada 10 tips optimasi SEO yang bisa Anda gunakan.

  1. Pilih nama  yang mengandung kata kunci dari bisnis Anda.
  2. Gunakan kata kunci bisnis Anda secara efektif di berbagai bagian di Facebook Page.
  3. Memanfaatkan backlink.
  4. Klaim URL Anda untuk meningkatkan brand recognition.
  5. Atur sedemikian rupa deskripsi Anda pada bagian “about”.
  6. Update informasi seputar bisnis (alamat, nomor telepon, dan sebagainya).
  7. Gunakan custom tab.
  8. Selalu membuat konten-konten berkualitas dan membagikannya di waktu yang tepat.
  9. Ajak followers Anda “take action”.
  10. Tingkatkan engagement dengan followers dengan berinteraksi langsung lewat messenger bot.

Selain Facebook, media sosial lain yang juga punya audiens yang sangat berpengaruh untuk dunia e-commerce adalah Instagram.

Walau punya fokus fitur yang cukup berbeda dengan Facebook, konsep SEO juga dapat diterapkan di media sosial yang satu ini. Berikut adalah beberapa cara agar Anda dapat melakukan optimasi SEO Instagram untuk usaha Anda.

  1. Mengoptimasi profil Instagram dengan membuat akun publik, memilih username yang mudah diingat, menggunakan foto profil yang cerah dan menarik, mendaftarkan akun Anda sebagai akun bisnis dan menyertakan link di bio Anda.
  2. Menyertakan kata kunci bisnis Anda di username.
  3. Menggunakan keyword sekunder di bio.
  4. Selalu ingat, hashtag adalah keyword Anda.
  5. Manfaatkan kata kunci sekunder Anda di setiap caption yang Anda gunakan.
  6. Manfaatkan alt text sebagai caption, ini juga bisa dimanfaatkan sebagai SEO.
  7. Selalu gunakan analytics untuk menghitung traffic untuk melihat performanya.
  8. Anda hanya perlu menghindari hal-hal dasar yang memang sudah dilarang dalam teknik SEO, seperti jangan mencuri konten, tidak menggunakan bot, jangan mengikuti banyak akun dalam waktu yang singkat dan jangan membeli followers.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk melakukan optimasi SEO website, SEO Facebook, dan SEO Instagram media sosial usaha Anda. Dengan optimasi yang tepat, cepat atau lambat pasti akan memberikan pengaruh signifikan terhadap bisnis Anda.

Apabila SEO sudah teroptimasi dengan baik, jangan lupakan stau hal penting lainnya yang mempermudah operasional usaha Anda. Yuk, andalkan teknologi Moka untuk mencatat penjualan, memghitung transaksi, membuat analisis penjualan secara real-time, mengelola database customer, mengatur meja restoran, mengelola karyawan, membuat loyalty program, dan masih banyak lagi.

Dengan Moka, setiap pemilik usaha dapat mengotomatisasikan kegiatan penjualannya sehingga dapat lebih fokus untuk mengembangkan bisnis lebih jauh lagi.

Ayo, coba gratis Moka selama 14 hari dan nikmati berbagai layanan yang ditawarkan dengan mengklik banner di bawah ini.

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia