Business Insight

4 Tips Mengembangkan UMKM Agar Mampu Bersaing

By Moka on May, 28 2020

4 Tips Mengembangkan UMKM Agar Mampu Bersaing - Salah satu pemasukan terbesar ekonomi Indonesia adalah sektor usaha kecil dan menengahnya. Hal inilah yang membuat pemerintah sangat mendukung kehadiran UMKM di Indonesia.

Hingga saat ini, pemerintah pun juga sudah memberikan banyak dukungan bagi pemilik usaha. Bahkan, jika Anda adalah salah satu pengusaha UMKM, ada berbagai komunitas yang bisa diikuti, yang pastinya bisa menawambah wawasan dan ilmu terkait bisnis.

Kendati sudah memiliki banyak dukungan sana-sini, tetap saja ada banyak faktor yang membuat UMKM menjadi sulit berkembang. Untuk itu, pada artikel ini kami akan membahas lebih lanjut menganai langkah apa saja yang bisa diambil oleh pemilik UMKM agar bisnis mereka bisa berkembang dan mampu bersaing dengan yang lainnya.

4 Faktor Penghambat Berkembangnya UMKM

modal bisnis - tips mengembangkan umkm - dana darurat - akuntansi

1. Modal

Pernah mengalami kesulitan modal? Ya, kekurangan modal bisa menjadi salah satu penghambar berkembangnya UMKM. Umumnya, omzet yang masuk dari hasil penjualan langsung diputar di roda produksi sehingga tidak ada modal tambahan untuk mengembangkan usaha.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai seberapa penting modal dan bagaimana cara mendapatkannya, ada beberapa referensi artikel untuk Anda baca:


2. Sumber daya

Sumber daya adalah salah satu hal penting yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha UMKM. Jika  tidak ada sumber daya yang maksimal, hal ini sangat memungkinkan UKM untuk tidak dapat berkembang sesuai yang diharapkan, terutama apabila sumber daya tersebut tidak cakap dari segi ketrampilan maupun dari segi pendidikan formal.

Supaya Anda lebih memahami bagaimana cara mendapatkan dan mempertahankan sumber daya terbaik untuk bisnis Anda, simak beberapa artikel di bawah ini.


3. Strategi

Mengabaikan pentingnya pembuatan strategi juga menjadi salah satu faktor penghambat berkembangnya UMKM. Padahal, pembuatan strategi juga bisa memberikan informasi jika UMKM yang dimiliki meleset dari jalur yang dikehendaki.

Supaya Anda lebih paham bagaimana cara membuat strategi usaha yang maksimal, sempatkanlah untuk membaca artikel-artikel di bawah ini yang sudah kami persiapkan.


4. Target Market

Selain mengabaikan pembuatan strategi, UMKM juga tidak memperhatikan segmentasi pasar, peluang pasar, pesaing, atau bahkan bahan baku. Istilahnya yang penting UKM jadi. Namun jika memperhatikan hal-hal di atas, kemungkinan UKM untuk berkembang menjadi besar sangatlah tidak mustahil.

Jika ingin lebih berkembang, coba cari tahu bagaimana caranya dari penjelasan berikut ini


4 Tips Mengembangkan UMKM agar Mampu Bersaing

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar - Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Menarik - tips mengembangkan umkm

Setelah mengetahui faktor penghambatnya, diharapkan UKM dapat mengantisipasi penghambat supaya UKM dapat berjalan dan berkembang dengan lancar. Untuk menunjang hal itu, di bawah ini ada 4 tips mengembangkan UMKM agar mampu bersaing. 

1. Produk

Ini dia tips mengembangkan UMKM yang pertama. Perlu diketahui, UKM harus menentukan produk yang tepat untuk pasar yang tepat. Produk yang dibuat diharapkan inovatif, kreatif dan menarik sehingga dapat menjadi primadona pasar. Semakin unik produk yang dipasarkan dan berbeda dari yang lain, maka semakin mudah untuk menjual produk tersebut


2. Harga

Penentuan harga produk sangatlah penting, mengingat juga harga pasar, maka jangan asal membuat harga produk, lihat dari harga bahan baku, biaya produksi, beban listrik, maupun beban lainnya. Sehingga harga yang dibuat menjadi harga yang pas berada di pasaran.


3. Tempat

Tips mengembangkan UMKM yang selanjutnya berkaitan dengan tempat. Tempat UKM berjualan atau memproduksi juga adalah hal penting yang patut dibincangkan, semakin strategi tempat UKM tersebut maka akan semakin mudah untuk mengenalkan masyarakat tentang UKM.


4. Promosi

Promosi yang diharapkan adalah promosi yang mengikuti perkembangan zaman,contohnya melewati media sosial, dan dengan cara ini, biaya promosi tidak terlalu memberatkan. Dengan demikian, akan mudah untuk UKM dikenal di masyarakat dan berkembang menjadi lebih baik ke depannya.

Nah, itulah dia faktor penghambat bertumbuhnya UMKM dan tips mengembangkan UMKM agar mampu bersaing dengan usaha lainnya. Kini, Anda tahu bagaimana cara meningkatkan performa usaha Anda, kan? Tetap semangat dan lakukan yang terbaik, ya!

Jangan lupa, ada satu hal penting lainnya yang perlu Anda maksimalkan dalam usaha Anda, yakni penggunaan teknologi aplikasi kasir yang akan memudahkan banyak urusan operasional bisnis Anda. Jika ingin mencatat penjualan hingga menganalisis performa bisnis secara otomatis, serahkan saja semuanya pada aplikasi kasir Moka.

Tidak hanya dapat memberikan Anda kemudahan dari segi pelaporan, dengan Moka, Anda juga bisa mengukur efisiensi pelayanan bisnis Anda. Pastikan Anda selalu memilih fitur yang memenuhi kebutuhan bisnis Anda ya!

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia