Business Insight Focus BisnisLebihBaik

Harga Bahan Baku Melonjak Pas Ramadhan? Tenang, Ini Trik Mengelolanya

By Jordhi Farhansyah on May, 6 2019
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

tips mengelola bahan baku saat ramadhan

Bagi umat muslim, bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu di mana mereka mulai menjalankan ibadah puasa wajib. Bagi para pemilik bisnis sendiri, bulan Ramadan adalah bulan yang juga membawa berkah karena di waktu tertentu, penjualan mereka bisa meningkat drastis.

Tapi bagi para pemilik bisnis, khususnya pada bisnis F&B, bulan Ramadan menyebabkan pengeluaran mereka meningkat karena adanya kenaikan harga kebutuhan pokok. Di tahun 2018 sendiri, terjadi peningkatan untuk beberapa harga bahan pokok. Contohnya saja harga ayam potong, di mana kenaikan harga rata-rata bisa mencapai 10 persen atau lebih.

Harga telur dan bawang merah juga jadi bahan pokok yang ikut naik. Telur yang biasanya per kilogram sekitar Rp21 ribu, harganya bisa melonjak naik hingga Rp30ribu sampai menjelang lebaran. Tentu baik para pebisnis dan juga masyarakat ikut teriak mengenai kenaikan hal ini.

Namun bukan berarti Anda sebagai pebisnis kuliner tidak bisa menyiasatinya. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan sekiranya kapan waktu yang tepat untuk membeli bahan baku dan melakukan stock opname.

Baca Juga: Masih Bingung Cara Perkirakan Waktu untuk Beli Stok? Begini Caranya

 

Mengapa perlu melakukan stock opname?

tips mengelola bahan baku saat ramadhan

Pada dasarnya, stock opname dilakukan untuk menghitung kembali jumlah inventori yang dimiliki suatu bisnis. Dengan melakukan ini, Anda bisa mengetahui jumlah stok barang atau bahan baku yang sebenarnya. Karena bisa saja saat Anda beroperasi, Anda tidak memperhatikan dengan benar jumlah asli stok inventori Anda.

Bagi Anda yang memiliki sebuah restoran, melakukan stock opname membuat Anda jadi tahu berapa banyak sisa bahan baku dan bisa menentukan cukup atau tidaknya persediaan tersebut untuk bulan Ramadan. Untuk itu, waktu yang baik untuk melakukan stock opname adalah sekitar satu atau dua bulan sebelum bulan Ramadan tiba.

Kegiatan ini mungkin akan menyita waktu Anda karena Anda akan menghitung semua barang yang tersedia di gudang dan tidak boleh ada yang terlewat. Ada baiknya Anda menyisihkan waktu untuk melakukan stock opname, misalnya dengan menutup toko terlebih dahulu selama satu atau dua hari.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Melakukan Stock Opname untuk Bisnis Kuliner Anda

 

Mempersiapkan stok bahan baku

tips mengelola bahan baku saat ramadhan

Setelah mengetahui jumlah persediaan yang sebenarnya, Anda kemudian baru bisa menentukan persediaan apa yang harus dibeli. Tidak semua bahan baku bisa dibeli jauh-jauh hari. Misalnya, produk-produk seperti susu kental manis kalengan yang memiliki kadaluarsa dapat Anda beli lebih dulu sebelum harganya naik.

Bahan-bahan lain seperti telur, bawang, atau daging ayam bisa Anda beli mendekati bulan Ramadan sebelum harganya naik, mengingat harus disajikan dalam kondisi sesegar mungkin. Anda juga memikirkan jumlah stok yang ingin dibeli.

Pastikan jumlah persediaan dapat bertahan setidaknya sampai seminggu setelah lebaran. Stok bahan baku cenderung akan semakin berkurang menjelang lebaran hingga beberapa saat setelah lebaran. Anda tentu tidak mau kehabisan stok bahan baku saat jumlah konsumen sedang meningkat.

Dengan mempersiapkan bahan baku lebih awal serta melakukan stock opname, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Beberapa di antaranya adalah meminimalisir terjadinya kekurangan atau bahkan kelebihan bahan baku, mengurangi pengeluaran modal operasional karena harga bahan baku yang naik, serta dapat mengetahui secara pasti jumlah stok bahan baku yang sebenarnya.

Baca Juga: 5 Alasan Aplikasi Kasir adalah Kunci Kesuksesan Bisnis Restoran Anda

Jadi, sekarang, Anda tidak perlu lagi bingung mengelola bahan baku toko Anda saat bulan Ramadhan. Dengan perkiraan harga bahan baku yang kebanyakan melonjak, Anda tentu bisa menghitung kira-kira berapa total pengeluaran Anda selama sebulan.

Jika restoran Anda menggunakan bahan baku yang harganya naik, maka salah satu strateginya adalah Anda bisa juga menaikkan sedikit harga menu yang Anda tawarkan kepada pelanggan. Pelanggan Anda pasti juga maklum bahwa semua harga bahan baku naik, maka mereka pun juga harus merogoh kocek lebih banyak untuk mendapatkan hidangan yang mereka mau.

Unduh juga E-book kami seputar strategi meningkatkan penjualan di bulan Ramadan sekarang juga.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia