Business Insight

6 Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Online

By Jordhi Farhansyah on November, 2 2020
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

6 Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Online - Di zaman serba online seperti ini, kebutuhan akan jasa pengiriman kian meroket. Berkat kerja keras para penyedia jasa pengiriman barang, sekat antar dunia online dan offline kini semakin melebur.

Para pemilik usaha kini tak lagi wajib untuk memiliki toko fisik, pembeli pun tak wajib untuk datang toko offline untuk berbelanja. 

Apalagi, pandemi yang belum kunjung usai membuat pergerakan masyarakat semakin terbatas. Keadaan ini memaksa orang-orang untuk mendapatkan kebutuhannya dengan berbelanja di toko-toko online. Oleh karena itu, pengiriman barang selama pandemi tercatat mengalami peningkatan hingga 50%. 

Baca juga: 25 Ide Bisnis Online dan Offline Buat Tambah Cuan 2020

Nah, apabila Anda memiliki toko online dan ingin meningkatkan kualitas layanan yang diberikan, jangan lupakan faktor penting dalam usaha, yakni memastikan jasa pengiriman yang dimiliki mampu memberikan kepuasan bagi Anda dan pelanggan.

Misalnya, dalam hal ketepatan waktu pengiriman barang, keamanan barang yang dikirim, kecepatan pengiriman, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan ketika memilih jasa pengiriman terpercaya supaya pesanan sampai di tangan pelanggan dengan cepat dan tepat.

6 Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang

1. Pastikan mampu mengirim dengan tepat waktu

jasa pengiriman barang untuk bisinis online (2)

Ketepatan waktu pengantaran adalah kriteria utama dalam memilih jasa pengiriman barang. Untuk itu, Anda bisa melihat bagaimana track record dari jasa pengiriman barang, apakah mereka mampu mengantarkan barang sesuai dengan waktu yang dijanjikan.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan

Anda bisa bertanya ke sesama pebisnis ataupun kepada teman-teman yang pernah menggunakan jasa layanan pengiriman barang tertentu. Selain itu, mencari informasi di internet soal keluhan pelanggan pun bisa membantu Anda menentukan pilihan. 

2. Biaya layanan pengiriman barang yang masuk akal

delivery - mengantar bahan makanan kepada pelanggan

Faktor harga harus diperhatikan karena ini mampu mempengaruhi keputusan pelanggan sebelum membeli produk Anda.

Baca juga: 5 Alasan Desain Kemasan Produk Penting Beserta Contohnya

Seringkali pelanggan mengurungkan niatnya untuk membeli produk Anda hanya karena ongkos kirim yang terlalu mahal.

Untuk itu, disarankan Anda memberikan beberapa opsi pengiriman barang dengan harga yang bervariati sehingga customer bisa memilih sesuai dengan yang mereka inginkan. 

3. Terpercaya dapat mengirimkan barang dengan aman

packaging barang

Cepat saja belum cukup. Pastikan jasa pengiriman yang Anda pilih juga mampu mengantarkan barang dengan aman. Sebab, tak ada pelanggan yang mau menerima barang rusak, apa pun alasannya.

Untuk itu, disarankan Anda memilih layanan pengiriman barang dengan track record yang baik dan juga menawarkan asuransi penggantian jika terjadi kerusakan.

4. Pengiriman dapat dilacak secara real-time

seorang pemilik usaha sedang mencatat transaksi pelanggan

Satu hal lucu tentang pelanggan adalah mereka tak sabar menerima barang yang dipesan secara online. Merek pasti ingin mengetahui bagaimana proses pengirimannya, sudah sampai mana, dan kapan perkiraan sampai.

Untuk itu, penting bagi Anda sebagai pemilik usaha untuk memilih jasa pengiriman yang memberikan update soal proses pengiriman barang, agar pelanggan pun juga bisa lacak pesanan mereka.

5. Menyediakan paket pengiriman yang lengkap

jasa pengiriman barang untuk bisinis online (4)

Biasanya jasa pengiriman menyediakan beberapa paket pengiriman dengan durasi dan harga yang berbeda-beda. Pilihan-pilihan ini memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan mereka.

Meskipun pelanggan biasanya memilih yang tercepat, ketersediaan pilihan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik. 

Baca juga: 13 Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan Saat Wabah Corona

6. Hubungan bisnis dan jasa pengiriman barang

pelanggan menggunakan masker ketika mengambil online delivery dari gofood

Toko online dan layanan pengiriman memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Toko online dimudahkan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, jasa pengiriman pun diuntungkan dari pemasukan yang mereka dapatkan. Namun, siapakah yang paling diuntungkan dengan hubungan keduanya? Tentu saja para pembeli.

Berikut ini manfaat yang dirasakan oleh pelanggan dengan kompaknya toko online dan jasa pengiriman.

  • Barang jadi lebih cepat sampai
  • Kualitas barang lebih terjaga
  • Berbelanja jadi lebih nyaman

Nha, itulah dia 6 tips memilih jasa pengiriman barang yang bisa diterapkan untuk usaha Anda. Semoga membantu!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia