Business Insight

Ingin Resign dan Membuka Usaha Sendiri? Simak 5 Tips Berikut...

By Moka on November, 17 2020

5 Tips Membuka Usaha Sendiri - Tahukah Anda? Banyak orang yang memilih untuk resign dari tempat ia bekerja demi membuka usaha sendiri? Namun, tak jarang juga lho, yang memilih untuk membuka usaha sendiri selagi bekerja full time sebagai pegawai kantoran, demi menambah penghasilan bulanan.

Ya, membuka bisnis baru bukanlah perkara yang mudah. Para pemilik usaha harus jeli dalam melihat peluang di setiap kesempatan. 

Baca juga: 29 Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim yang Bisa Anda Rintis

Mari kita ambil contoh di tengah pandemi COVID-19 ini. Ketika ada banyak bisnis kuliner tutup, Anda memilih untuk mengambil kesempatan agar dapat membuka kedai kopi baru karena Anda tahu bahwa harga sewa ruko menjadi lebih murah. Anda juga sadar ketika banyak bisnis tutup, secara otomatis kebutuhan pelanggan tak dapat terpenuhi.

Dengan membuka bisnis di tengah pandemi, Anda pun bisa menarik pelanggan untuk datang ke kedai kopi Anda sehingga kemungkinan untuk meningkatkan transaksi akan semakin mudah.

Baca juga: Ingin Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses? Ini 10 Tipsnya

Namun, perlu diingat, meski peluang itu sudah Anda tangkap, perjalanan usaha bisa saja menemui hambatannya. Misalnya, Anda belum bisa menemukan partner bisnis yang cocok sehingga Anda harus membuka usaha sendiri.

Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips membuka usaha sendiri yang sangat cocok diterapkan bagi siapa pun yang baru pertama kali membuka usaha.

5 Tips Membuka Usaha Sendiri

1. Buatlah Rencana Bisnis

business plan

Source : www.cce.clark.edu

Ini dia tips membuka usaha sendiri yang perlu dilakukan. Anda perlu bertanya kepada diri Anda sendiri atau rekan bisnis Anda nantinya. Bagaimana bisnis ini akan dijalankan? Produk atau jasa apakah yang akan dijual?

Siapa saja kompetitor Anda dalam bisnis tersebut? Bagaimana dengan pangsa pasar bisnis Anda? Cara apa yang akan digunakan untuk memasarkannya?

Ya, penting bagi Anda untuk menjawab semua pertanyaan tersebut sebelum langsung terjun ke dunia bisnis agar Anda semakin fokus dalam menjalankan ide Anda tersebut. Bila perlu, Anda juga bisa membuat business plan dan men-download template-nya di sini.


2. Rencanakan dari Dua Arah

membuat business plan (2)

Biarpun sangat diperlukan untuk berpikir positif dalam membuka usaha sendiri, jangan lupakan bahwa tidak semua usaha yang dijalankan akan berakhir dengan untung.

Kadang hidup tidak berjalan sesuai dengan harapan dan bisnis Anda mungkin diambang kebangkrutan dan juga dirundung kerugian.

Selalu rencanakan keuangan Anda sehingga apabila bisnis yang Anda jalankan tidak berhasil, masih ada sisa cadangan dana untuk bisnis Anda selanjutnya.


3. Perhitungkan soal modal

dana - modal - uang - pendanaan - arus kas bisnis - Pinjaman Modal Usaha Anda Ditolak - anggaran bisnis

Berapa banyak besaran modal yang dibutuhkan pada dasarnya tergantung dari usaha apa yang dijalankan. Ada yang membuka usaha sendiri dengan modal besar karena harus membeli peralatan ini-itu, ada yang dapat membuka bisnsi dengan modal kecil, bahkan ada pula yang tidak membutuhkan modal sama sekali seperti dropship.

Penting bagi pemilik usaha untuk melakukan riset modal terlebih dahulu supaya tidak salah langkah. Modal sendiri bisa diperoleh dari pinjaman keluarga/kerabat, bank, lembaga keuangan, atau mungkin Anda ingin mencoba Moka Capital.


4. Jalani sepenuh hati

seorang pengusaha yang sedang menjalankan bisnis rumahan (2)

Tidak ada hasil yang sempurna apabila dikerjakan dengan setengah hati, termasuk dengan usaha yang sedang Anda jalani. Maka dari itu, ketika Anda selalu jalani dengan sepenuh hati dan optimis, niscaya hasilnya pun akan baik juga.

Kalau pun tidak, Anda pasti bisa bangkit dari masa krisis perlahan-lahan dan tidak membiarkan diri jatuh dalam keterpurukan.

Apabila bertemu dengan masalah, pikirkan apa yang sudah Anda capai hingga sekarang ini. Ketika membuka usaha sendiri, jangan cepat berkecil hati dan terus maju tanpa gentar.


5. Manfaatkan Teknologi Terbaru

aplikasi kasir Moka

Mengatur administrasi bagi kebanyakan orang adalah hal yang membingungkan dan menyita banyak waktu.

Saking banyaknya waktu yang habis hanya karena mengurus hal-hal manual yang sebenarnya dapat dilakukan secara otomatis, membuat para pemilik usaha kehilangan waktu berharga untuk fokus mengembangkan bisnis.

Baca juga: Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik

Saat ini, ada banyak teknologi yang dapat digunakan untuk membantu menjalankan bisnis Anda, seperti Moka, solusi berbasis cloud untuk operasional bisnis multiplatform yang dapat memberikan berbagai kemudahan bagi pemilik usaha.

Mulai dari mencatat laporan penjualan baik di tempat maupun online secara real-time, memberikan analisis laporan transaksi, mengelola karyawan, menjangkau lebih banyak pelanggan lewat integrasi dengan GoFood atau Loyalty Program, dan masih banyak lagi.

Tentu saja, ketika membuka usaha sendiri, apabila hal-hal operasional dalam usaha dapat dijalankan dengan lebih efisien, pemilik usaha pun dapat menghemat modal awal, waktu, serta tenaga. Apabila ingin fokus untuk membuka cabang baru atau bahkan melakukan ekspansi bisnis juga bisa!

Mau tahu apa kelebihan lain dari Moka? Ingin buktikan sendiri bagaimana Moka dapat membantu Anda menjalani usaha dengan lebih maksimal?

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia