Business Insight Focus

Ini 7 Tips Membuka Bisnis Cloud Kitchen di Indonesia

By Samina Sharanani on December, 6 2019
Samina Sharanani

A word crafter

Ini 7 Tips Membuka Bisnis Cloud Kitchen di Indonesia - Di dunia yang sudah serba modern dan instan ini, semua aktivitas manusia sudah dimudahkan oleh banyak inovasi yang telah ada saat ini. Salah satu dari inovasi ini adalah “Cloud Kitchen” atau dapur online.

Anda pasti pernah melakukan transaksi pembelian makanan melalui aplikasi pesan makanan di gadget Anda.

Baca juga: Apa Itu Cloud Kitchen dan Bagaimana Trennya Pada 2020 Nanti?

Sistem inilah yang dinamakan dengan cloud kitchen model, di mana proses pemesanan makanan konsumen bisa diakses melalui telepon atau internet tanpa perlu pergi ke lokasi penjual.

Sekarang, sudah sangat banyak perusahaan yang menyediakan servis seperti ini karena permintaan dari masyarakat yang semakin tinggi. 

Tidak sedikit pengusaha rumah makan yang ingin mencoba sistem bisnis ini supaya mereka dapat memberikan proses pemesanan yang mudah dan praktis bagi para pembeli.

Baca juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Menurut suatu penelitian, sekitar 67% dari para pebisnis makanan dan minuman ingin menambahkan fitur ini dalam usaha FnB mereka.

Apakah Anda adalah salah satu dari mereka? Atau apakah Anda tertarik untuk membuka bisnis makanan/minuman yang menggunakan sistem cloud kitchen? Mari simak 7 tips dibawah ini!

7 Tips Membuka Bisnis Cloud Kitchen di Indonesia

1. Pilih Lokasi yang Strategis

7 Tips Membuka Bisnis Cloud Kitchen di Indonesia (4)

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan untuk membuka bisnis dapur online adalah lokasi dari usaha Anda. Sama halnya dengan memilih bisnis restoran pada umumnya, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih area bisnis Anda.

Baca juga: 11 Bisnis Waralaba Paling Menguntungkan di Indonesia

Anda perlu memikirkan aksesibilitas, harga, dan target pembeli Anda. Ada beberapa hal kecil juga yang perlu dipertimbangkani, seperti kemudahan bagi para staff pengirim bisa mengakses lokasi usaha Anda dengan gampang.

Anda juga perlu memilih lokasi yang sesuai dengan target market Anda untuk meningkatkan keuntungan Anda.


2. Perhatikan Perlengkapan Pendukung

Perlengkapan juga adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk Anda siapkan dalam menjalani bisnis dapur online.

Karena bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis cloud-based, Anda perlu menyediakan barang-barang yang mendukung proses pemesanan via online ini seperti koneksi internet yang memadai, gadget, beserta beberapa hal lain yang bisa melancarkan proses transaksi online.

Baca juga: 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Anda juga perlu menyediakan perlengkapan dapur layaknya restoran atau rumah makan pada umumnya seperti alat masak, alat pembersih, dan hal lainnya yang memudahkan proses pembuatan makanannya.

Terakhir, perlengkapan untuk pengiriman produk kepada para pembeli bisa disiapkan seperti kendaraan beserta container kecil untuk dijadikan wadah yang dapat menampung produk selama proses pengiriman.


3. Siapkan Sistem Order Online dan Pengiriman Produk

menjalani bisnis food truck (8)

Dua hal ini sangat penting untuk Anda siapkan dalam menjalani bisnis ini, karena hal-hal inilah yang mendatangkan keuntungan bagi usaha yang Anda jalani.

Usaha dapur online Anda harus memiliki sistem order yang dapat dimengerti oleh para pembeli dan juga dapat menampung informasi yang cukup supaya Anda bisa mengetahui pesanan dan lokasi pengiriman pelanggan Anda.

Baca juga: Ide Bisnis Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil Yang Bisa Dicoba

Ini bisa dimulai dengan membuat media pemesanan online yang memudahkan proses pemesanan para pelanggan yang tertarik untuk membeli produk Anda.

Juga, Anda harus membuat sistem pengiriman yang efisien dan cepat untuk meningkatkan kepuasan para pembeli.

Yang perlu Anda ingat adalah para pelanggan ingin mendapatkan pesanan mereka dengan cepat dan dalam kondisi yang bagus.

Hal ini bisa Anda berikan dengan menyediakan alat transportasi yang handal untuk digunakan para staf kurir Anda serta menyediakan tempat penyimpanan yang dapat menjaga kualitas dari makanan/minuman yang diantar.


4. Rekrut Staf yang Handal

bisnis-kuliner-thomas-marban-336946-unsplash-min

Kunci dari bisnis yang sukses adalah para pekerja yang handal dan ahli dalam melakukan pekerjaannya, karena merekalah yang mengekseksusi setiap aktifitas dalam usaha cloud kitchen Anda.

Mulai dari para koki yang memasak pesanan para pembeli, delivery men yang mengantar pesanan ke tujuannya, dan pekerja yang lain mempunyai peran penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda.

Baca juga: 10 Pengusaha Sukses Luar Negeri yang Bikin Makin Semangat Berbisnis

Maka, merekrut staff yang kompeten untuk bekerja dalam bisnis Anda sangatlah penting. Pertama, Anda harus menyusun struktur pekerja dalam bisnis Anda sesuai dengan jenis dapur online yang dijalani.

Contohnya, jika Anda berencana untuk membuka cloud kitchen yang menyediakan kopi beserta makanan penutup seperti cake atau donat, maka Anda harus memastikan bahwa Anda mempekerjakan staf yang handal dalam membuat kopi dan makanan tersebut.

Untuk memaksimalkan kinerja para staf Anda, bangunlah hubungan yang bagus dengan staf Anda dan memberikan lingkungan kerja yang memadai dan nyaman bagi mereka untuk beraktivitas.

Yang bisa Anda lakukan adalah melakukan rekreasi ringan bersama dengan staf atau memberikan insentif yang menarik bagi mereka yang memiliki kinerja terbaik.


5. Siapkan Packaging yang Multifungsi

cloud kitchen di indonesia - mementingkan packaging makanan (1)

Mungkin orang lain berpikir bahwa packaging atau wadah produk hanyalah sebuah pemanis bagi konsumen atau sekedar perhiasan yang mempercantik.

Namun, packaging adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menjalani bisnis makanan/minuman dengan model cloud kitchen.

Dikarenakan bisnis seperti ini tidak memerlukan layanan pelanggan secara langsung, bisa dibilang bahwa impresi pertama yang diterima oleh pelanggan terhadap perusahaan Anda adalah melalui wadah pemanis ini.

Baca juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Dua hal penting yang perlu Anda ingat dalam membuat packaging adalah visual dan fungsinya. Dari visual, pastikan bahwa wadah tersebut memiliki daya tarik tersendiri untuk dilihat oleh pembeli.

Terakhir, pastikan packaging dari produk Anda memiliki fungsi yang berguna, sesuai dengan jenis makanan yang disajikan.

Contohnya, jika Anda menjual makanan yang memiliki beberapa jenis yang berbeda, maka pastikan bahwa wadah produknya memiliki sekat yang memisahkan setiap jenis tersebut. Ini untuk menghindari makanan-makanan tersebut tercampur dan kehilangan cita rasanya.


6. Atur Strategi Marketing yang Menarik

memfoto makanan dan minuman - endorsement - food blogger (2)

Untuk menarik perhatian para calon konsumen ke dalam suatu bisnis, tentunya membutuhkan suatu promosi yang menarik perhatian para masyarakat. Anda perlu membuat strategi marketing yang dapat menarik calon pelanggan.

Di era modern seperti sekarang, strategi marketing yang hanya sekedar menunjukkan sebuah bisnis sudah tidak efektif lagi.

Sekarang, masyarakat membutuhkan sebuah faktor X yang dapat memunculkan rasa ketertarikan mereka untuk melakukan transaksi.

Baca juga: Ini Dia Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Bahkan, sekedar promosi melalui media sosial pun tidak cukup. Untuk mengetahui faktor X yang dapat menarik para masyarakat, Anda dapat mulai dari hal yang paling sederhana, yaitu mendengarkan saran dan pendapat mereka.

Setelah mendapatkan insight dari mereka, Anda bisa menyusun rencana untuk mempromosikan bisnis Anda.

Contoh strategi marketing yang sering dilakukan oleh bisnis cloud-based adalah menyediakan loyalty program, di mana pelanggan setia Anda bisa mendapatkan promosi yang menarik. Orang-orang akan tertarik untuk menjadi pelanggan setia bisnis Anda.

7. Gunakan Teknologi Point of Sales (POS)

aplikasi kasir moka - transaksi pembelian

Hal terakhir yang Anda perlukan untuk membangun bisnis cloud kitchen ini bisa mempermudah perjalanan usaha Anda. Point of Sales (POS) sendiri adalah sebuah teknologi di mana transaksi bisa dilaksanakan. Biasanya teknologi point of sales ini bisa diakses secara online di mana saja, kapan saja.

Dalam menjalani bisnis yang mengandalkan kehadiran internet, Anda tentu perlu menggunakan teknologi yang satu ini karena bisnis Anda dijalankan secara online.

Baca juga: 7 Manfaat Mesin Kasir Mini yang Bikin Bisnis Makin Efektif

Teknologi transaksi yang satu ini juga bisa diakses dengan internet, sangat disarankan bagi Anda untuk menginvestasikan dana Anda pada teknologi Point of Sales yang handal.

Selain berguna untuk memudahkan proses transaksi, teknologi ini juga dapat mempermudah Anda dalam melacak aktifitas transaksi, baik pemasukan maupun pengeluaran. 

Semua hal yang disampaikan di atas telah disediakan oleh Moka POS!  Moka menyediakan fitur “Moka Payments” yang adalah sistem pembayaran dengan beragam jenis agar para pebisnis bisa memberikan alternatif pembayaran, mulai dari cash, e-wallet, hingga electronic data capture (EDC).

Karena Moka POS adalah teknologi transaksi yang mendasarkan aktivitasnya secara online, proses transaksi bisa dilakukan secara online. Ini tentu akan mempermudah proses transaksi bisnis Cloud Kitchen Anda. 

Inilah 7 tips membuka bisnis Cloud Kitchen di Indonesia. Apakah Anda sudah siap untuk memulai bisnis ini? Ada banyak peluang yang bisa ditangkap dan jangan sampai Anda melewatkannya!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia