Moka Logo
Raih Peluang Baru, Ini 8 Tips Jualan Online di Marketplace

Tips Bisnis

Raih Peluang Baru, Ini 8 Tips Jualan Online di Marketplace

5 min
JordhiJordhi

Raih Peluang Baru, Ini 8 Tips Jualan Online di Marketplace – Dunia bisnis kian berkembang seiring dengan pesatnya kemajuan internet. Kini, Anda bisa belajar, belanja, dan berjualan hanya melalui internet. Terlebih lagi dengan hadirnya smartphone, membuat aktivitas jual-beli bisa langsung diwujudkan dalam genggaman, yaitu lewat situs dan aplikasi marketplace.

Hadirnya marketplace membuat penjual dan pembeli memiliki rasa aman untuk bertransaksi, karena adanya pihak ketiga yang menjadi penjamin dan penghubung antara keduanya.

Selain itu, jumlah barang yang ditawarkan di marketplace pun sangat beragam, mulai dari kebutuhan dasar hingga pernak-pernik hobi pun tersedia di marketplace.

Hal ini membuat banyak pembeli yang lebih memilih untuk berbelanja secara online saja. Apalagi dalam situasi pandemi seperti ini, belanja secara online juga lebih aman. 


Mengapa Harus Jualan Online?

bisnis rumahan - karyawan - Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial - Moka Capital, Solusi Mudah Pinjaman Online - 30 Peluang Usaha Sampingan Karyawan untuk Tambah Cuan

Marketplace mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan selama pandemi. Hal ini menandakan marketplace sudah menjadi pasar di mana pembeli-pembeli berkumpul untuk mencari apa pun yang mereka butuhkan. Tentunya hal ini menjadi peluang baik untuk menjual produk Anda. 

Selain lebih mudah menjangkau pembeli, marketplace juga membebaskan Anda dari besarnya modal membuka toko offline. Tentu saja, dengan menjual produk Anda di marketplace, pasar Anda akan semakin luas karena pembelinya bisa dari berbagai daerah.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan


8 Tips Jualan Online di Marketplace

beli online - keranjang - 8 Strategi Jualan Online untuk Usaha Agar Unggul di Online Commerce - tips jualan online di marketplace

Peluang untung dengan berjualan secara online di marketplace memang besar. Namun, tak jarang pula penjual online yang kesulitan untuk mendapatkan laba sesuai dengan ekspektasinya. Oleh karena itu, untuk membantu Anda, berikut ini 8 tips jualan online di marketplace yang bisa Anda terapkan. 

1. Pilih marketplace terbaik untuk Anda

Marketplace saat ini sudah sangat beragam. Untuk itu Anda perlu memilih marketplace yang terbaik bagi Anda. Sebab, masing-masing marketplace memiliki karakteristik pembelinya masing-masing, begitu pula dengan preferensi produknya.

Agar penjualan toko Anda berjalan dengan baik, tentu saja Anda perlu memilih marketplace yang memiliki reputasi yang baik di mata konsumen. Marketplace yang sering melakukan promosi di media-media akan menarik banyak konsumen untuk berbelanja di sana.

Apabila marketplace itu sudah dikenal oleh banyak orang, para konsumen akan lebih percaya dan akan memutuskan untuk membeli barang di marketplace itu.

Hal itu karena marketplace itu terpercaya dan sudah memiliki banyak konsumen loyal sehingga produk Anda bisa lebih mudah ditemukan oleh para calon pembeli. Hal itu akan ikut mendongkrang dari penjualan produk Anda sendiri. 


2. Buka di beberapa marketplace

Ada banyak marketplace yang memiliki reputasi baik. Hal itu sangat baik untuk Anda gunakan untuk meningkatkan keuntungan Anda. Anda dapat membuka toko di setiap marketplace yang memiliki reputasi baik dan memiliki pengunjung yang tinggi.

Jangan terfokus pada satu marketplace saja, Anda dapat menjaring banyak pembeli dengan membuka toko online di beberapa marketplace.

Misalkan Anda membuka toko online di tiga marketplace, berarti toko Anda berpeluang untuk mendapatkan pembeli yang lebih besar daripada Anda hanya berfokus pada satu marketplace.

Namun Anda harus tetap memantau semua toko online tersebut, agar toko online tetap ter-update dan aktif membalas pertanyaan dari para calon konsumen Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online Hingga Sukses bagi Pemula


3. Lengkapi profil toko

Ini dia tips jualan online di marketplace yang ketiga. Ketika Anda sudah memutuskan akan membuka toko online di marketplace mana saja, langkah selanjutnya adalah dengan membuat profil toko. Pastikan Anda mengisi profil toko dengan lengkap, mulai dari profile picture, deskripsi toko, hingga jam operasional. 

Penting untuk melakukan hal itu agar calon konsumen Anda semakin yakin dengan toko online Anda. Toko profile yang lengkap akan menimbulkan kesan bahwa toko Anda dikelola dengan baik, hal itu akan membuat para calon konsumen tidak ragu untuk membeli produk di toko online Anda.


4. Lengkapi deskripsi dan foto produk

Hal yang mungkin sering dianggap remeh oleh seorang penjual online adalah deskripsi dan foto. Padahal, tips jualan online di marketplace yang satu ini tak boleh diabaikan, lho!

Tahukah Anda, deskripsi dan foto produk adalah cara Anda mengkomunikasikan produk ke calon pembeli. Inilah kesempatan terbesar Anda untuk meyakinkan orang-orang untuk membeli produk Anda saat itu juga.

Untuk itu, lengkapi deskripsi produk Anda dan gunakan foto produk yang menarik, karena hal tersebut penting untuk membuat calon pembeli percaya dengan toko Anda. Anda pun tidak perlu menjelaskan berulang-ulang mengenai deskripsi produk Anda ke para pelanggan yang bertanya karena kurangnya informasi tentang produk.


5. Balas pertanyaan atau ulasan pelanggan dengan cepat dan ramah

Hampir semua marketplace mempunyai fitur chat langsung ke penjual. Hal itu memungkinkan para calon pembeli  untuk bertanya terlebih dahulu tentang ketersediaan barang atau informasi lain yang berkaitan dengan produk. Seusai melakukan pembelian dan barang diterima, konsumen juga bisa memberikan ulasan produk yang Anda jual.

Sebagai toko online yang baik, tentu saja Anda harus terus membalas pertanyaan dan komentar dengan baik dan ramah. Jangan terpancing emosi apabila ada pertanyaan atau komentar yang sedikit mengganggu.

Dengan menerapkan tips jualan online di marketplace pada poin ini, niscaya bisa membuat rating toko Anda akan bagus dan membuat toko Anda semakin terpercaya!


6. Berikan promo yang menarik

Salah satu tips jualan online di marketplace guna menarik perhatian calon pelanggan adalah memberikan promo. Promo itu bisa berupa gratis ongkos kirim, potongan harga atau cashback.

Tentu saja calon pelanggan akan lebih tertarik melihat produk-produk yang memiliki embel-embel promo, bahkan mereka akan membeli walaupun sebenarnya mereka tidak terlalu membutuhkan. 

Menentukan kapan memberikan promo juga harus dipikirkan agar dapat memberikan keuntungan sesuai ekspektasi Anda. Anda bisa memberikan pada saat tanggal gajian, atau ketika pada saat mendekati hari raya. Anda juga bisa ikut berpartisipasi ketika marketplace mengadakan festival promo untuk mengangkat jumlah penjualan.


7. Promosikan toko

Ada beberapa cara untuk meningkatkan penjualan toko online Anda, salah satunya adalah mempromosikan toko Anda lewat fitur ads. Fitur ads ini berguna untuk memastikan produk Anda adalah yang pertama kali dilihat pengguna marketplace saat mereka sedang mencari produk. Hal ini membuat produk Anda jadi lebih cepat memikat calon pembeli. 

Tentu saja harga yang ditawarkan setiap marketplace berbeda-beda, tergantung dari jangka waktu dan target iklan Anda dilihat.

Baca juga: 5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil


8. Segerakan dalam mengirim produk

Ketika produk Anda dibeli oleh konsumen, jangan sampai Anda menunda-nunda untuk melakukan pengiriman. Pelanggan Anda tentu akan lebih senang apabila barang yang mereka pesan lebih cepat sampai.

Sudah sebaiknya ketika produk Anda dipesan, toko Anda langsung memprosesnya agar cepat dikirimkan melalui kurir yang sudah dipilih. Gunakan packaging yang layak agar produk Anda sampai di tangan pelanggan dengan kondisi yang baik dan tidak ada kerusakan.

Itulah 8 tips jualan online di marketplace. Dengan mengikuti 8 tips di atas, toko Anda dapat mendapatkan penjualan yang optimal sesuai dengan target. Untuk bantu mengoptimalkan penjualan toko Anda, mungkin Anda juga bisa menggunakan GoStore

GoStore hadir untuk mempermudah para pemilik usaha dalam membuka toko online. Dengan GoStore, toko Anda langsung terhubung dengan media sosial yang sudah mempunyai jutaan pengguna. Toko dan katalog produk Anda akan ditampilkan di berbagai tempat tetapi Anda hanya perlu mengelola transaksi dari satu katalog yang terpusat. 

Proses transaksi pun juga lebih cepat karena GoStore mendukung transaksi langsung melalui media sosial dengan menggunakan e-wallet, kartu debit, atau kartu kredit. Pengiriman pun bisa langsung dilakukan dengan menggunakan kurir instan.

Hal itu membuat produk Anda mudah untuk ditemukan, pesanan mudah untuk diterima serta proses pengiriman mudah dengan kurir instan. Lalu, untuk proses rekap transaksi, GoStore juga dilengkapi dengan laporan penjualan harian serta kemudahan pencatatan dan laporan stok. 

Dengan GoStore, toko Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, melayani lebih banyak pesanan, sehingga bisa meningkatkan pendapatan! Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai GoStore Anda bisa klik di sini.

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka