Business Insight

11 Tips Jualan Online Tanpa Modal untuk Pemula

By Samina Sharanani on November, 20 2021
Samina Sharanani

A word crafter

Tips jualan online yang akan dibahas di artikel ini mungkin belum banyak diketahui oleh para pelaku usaha, terutama yang baru memulainya. Padahal, tips-tips ini sebenarnya sederhana. Namun, penting sekali untuk pemula yang ingin usahanya laris di saat-saat awal bisnis dibuka. 

Di masa sekarang ini, jualan online bukanlah hal baru. Ada banyak sekali orang yang jualan online memanfaatkan media sosial dan e-commerce. Ketika Anda baru memulainya sekarang, Anda perlu menyadari bahwa Anda memiliki banyak pesaing. Karena itu, Anda butuh strategi khusus agar bisnis Anda bisa berjalan dan berkembang. 

Ini Dia 11 Tips Jualan Online 

Tips jualan online 3

Tips jualan online berikut ini bisa Anda terapkan dari masa Anda mempersiapkan bisnis Anda sebelum dibuka, hingga bisnis sudah mulai berjalan. Tips juga mencakup cara-cara mengatur stok barang, hingga menjalin relasi dengan supplier. 

Tips jualan online ini  sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai usaha dengan sistem dropship yang tak membutuhkan modal dan stok barang. 

Simak baik-baik dan terapkanlah langsung pada usaha Anda. 

Baca juga: 30 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Karyawan 

1. Tentukan barang atau produk yang ingin Anda jual

Tips jualan online yang pertama harus Anda lakukan adalah menentukan barang apa yang akan Anda jual. Banyak jenis barang yang bisa dijual dengan sistem dropship mulai dari pakaian, aksesoris, sepatu, dan masih banyak lagi. Pilih produk atau barang yang memang menjadi minat Anda supaya Anda bisa lebih senang melakukan bisnis ini. Selain itu, pilih jenis produk yang memiliki peminat banyak sehingga Anda tidak kesulitan dalam menjualnya. 

2. Perhatikan target pasar 

Target pasar adalah salah satu hal yang krusial ketika Anda memulai sebuah bisnis. Anda harus mengetahui target pasar Anda mulai dari kesukaan mereka sampai dengan apa saja yang mereka butuhkan sehingga Anda bisa mudah memasarkan produk Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin menjual baju kantoran, berarti target pasar Anda adalah orang-orang di usia dewasa yang memang membutuhkan pakaian untuk mereka bekerja di kantor. 

3. Jangan lupa untuk research tentang kompetitor Anda 

Dalam sebuah bisnis, pasti ada persaingan. Mengetahui siapa saja kompetitor Anda adalah hal yang sangat penting. Anda bisa menganalisa apa saja yang mereka sudah lakukan, terutama dalam hal pemasaran. 

Baca juga: Kompetitor Meniru Produk Anda? Ini 10 Hal yang Bisa Anda Lakukan 

4. Cari pemasok barang atau supplier terpercaya 

Dalam sistem dropship, supplier memegang peranan yang sangat penting karena mereka yang menyediakan produk yang Anda butuhkan untuk dijual ke calon pembeli. Cari supplier yang bisa dipercaya sekaligus bisa diandalkan. Jangan lupa perhatikan kualitas barang yang supplier Anda jual. 

Anda bisa mencari supplier di e-commerce. Carilah toko online yang sesuai dengan barang yang Anda ingin jual, kontak mereka melalui direct message (DM), lalu tanya kesediaan mereka untuk transaksi sistem dropship. 

5. Berhubungan baik dengan supplier

 Tips jualan online 6-1

Hal yang sangat jika Anda bisa menjalin hubungan baik dengan supplier Anda karena antara Anda dan supplier Anda menganut simbiosis mutualisme. Anda dan supplier saling menguntungkan satu sama lain. Jadi, jaga hubungan baik dengan supplier

Anda bisa mengunjungi supplier dan ngobrol langsung dengan mereka agar komunikasi bisa lebih cair. 

6. Lakukan promosi dan pemasaran dengan kreatif 

Dengan melakukan bisnis secara online, strategi pemasaran sangatlah dibutuhkan. Lakukan promosi dan pemasaran di media sosial dan beberapa platform digital lain secara kreatif. 

7. Pahami secara detail produk yang dijual dari supplier

Sebelum Anda melakukan promosi pemasaran Anda, ketahui terlebih dahulu detail produk yang dijual dari supplier. Jangan sampai Anda salah memberikan informasi kepada calon pembeli. 

8. Pastikan data dan informasi produk harus sama dengan supplier 

Tips jualan online 4

Tips jualan online satu ini sangat penting diperhatikan. Anda dan supplier harus melakukan komunikasi yang baik sehingga Anda bisa tahu informasi produk dari supplier seperti ketersediaan barang dan berapa jumlah stok barang tersebut. 

Baca juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok Untuk Milenial 

9. Jual di e-commerce 

Akhir-akhir ini banyak sekali e-commerce yang bisa menjadi tempat Anda berjualan atau melakukan bisnis online. Meskipun Anda adalah dropshipper, tapi Anda juga bisa membuat akun di e-commerce sebagai salah satu strategi marketing Anda. 

10. Komunikasikan dengan baik antara permintaan pembeli ke supplier 

Sekali lagi, komunikasi adalah hal yang penting. Komunikasikan dengan baik dan detail tentang permintaan dari pembeli ke supplier untuk menghindari salah kirim barang atau salah harga. 

11. Cari supplier lebih dari satu

Jika permintaan dirasa semakin banyak, jangan hanya mengandalkan satu pemasok saja. Cari supplier lain sebagai tambahan sehingga Anda bisa memiliki lebih dari satu supplier

Baca juga: 3 Tips Memilih Supplier yang Baik untuk Membangun Bisnis Kuliner Anda

 

Itulah tadi tips jualan online tanpa harus mengeluarkan modal banyak dan juga tanpa harus memiliki stok barang. Jika diterapkan dengan baik, bisa mudahkan cara memulai bisnis online

Supaya bisnis online Anda semakin lancar, Anda juga bisa mengandalkan Moka POS. Moka POS juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang memudahkan Anda untuk mengatur transaksi pada bisnis Anda. Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari! 

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia