Moka Logo
Mau Uang Tambahan? Ini 7 Tips Bisnis Online untuk Anak Muda

Tips Bisnis

Mau Uang Tambahan? Ini 7 Tips Bisnis Online untuk Anak Muda

5 min
SaminaSamina

Mau Uang Tambahan? Ini 7 Tips Bisnis Online untuk Anak Muda – Siapa bilang anak muda tidak bisa membuka bisnis? Buktinya, banyak sekali para pengusaha sukses yang memulai bisnis mereka sejak mereka masih muda.

Mark Zuckerberg adalah salah satu contoh sosok yang memulai bisnisnya di umur yang tergolong masih belia. Memulai bisnis hanya dari kamar asrama kampusnya, sekarang pria berumur 35 tahun ini berhasil membawa kesuksesan dalam bisnis media sosialnya.

Baca juga: 11 Bisnis Waralaba Paling Menguntungkan di Indonesia

Dengan modal nekat dan ide bisnis yang cemerlang, sudah anak muda zaman sekarang yang berkreasi dan memulai bisnis mereka sendiri.

Alasan mereka pun bervariasi. Beberapa dari mereka ingin membuka bisnis di usia muda karena tidak mau memiliki pekerjaan kantoran biasa, ingin menyalurkan inovasi mereka menjadi sebuah bisnis, atau memang sudah menjadi cita-cita mereka sejak kecil.

Namun, tidak sedikit dari mereka yang gagal dalam menjalani bisnis. Kegagalan tersebut pun mungkin disebabkan oleh kesalahan dalam mengatur siklus usahanya, kehilangan motivasi, cepat menyerah, dan masih banyak lagi.

Jangan khawatir, karena hal seperti ini bisa dihindari dengan 7 tips bisnis online untuk anak muda yang ingin dapat uang tambahan. Penasaran dengan tips-tips tersebut? Simak terus artikel ini!

Mau Uang Tambahan? Ini 7 Tips Bisnis Online untuk Anak Muda

1. Bangun Usaha Sesuai dengan Passion Anda

menjadi seorang pebisnis wanita - tips bisnis online untuk anak muda

Ini dia tips bisnis online untuk anak muda yang pertama. Ini adalah hal utama yang perlu Anda konsiderasikan jika Anda ingin membuka bisnis. Menjalani usaha yang diminati tentunya bisa menumbuhkan rasa ketertarikan dalam mengurus usaha Anda.

Baca juga: 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Mungkin ada beberapa orang terdekat yang menyarankan bahkan memaksakan kehendak mereka kepada Anda untuk membuka bisnis di ladang yang tidak Anda sukai.

Mendirikan sebuah usaha bukanlah perjalanan yang pendek dan mudah. Ini membutuhkan waktu yang lama dan tentunya proses yang berliku-liku.

Kalau Anda membangun sebuah usaha yang kurang Anda minati, bisa dipastikan bahwa inspirasi dalam membangun bisnis tersebut akan sulit Anda dapatkan.

Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online Hingga Sukses bagi Pemula

Buktinya, banyak pengusaha muda yang mendirikan bisnis yang kandas di tengah jalan karena mereka merasa penat dengan jenis bisnis yang dijalani.

Jika Anda mendirikan usaha yang sesuai dengan passion Anda, maka kebosanan dan kehilangan inspirasi dalam berbisnis pun bisa dihindari.


2. Buat Rencana Bisnis yang Terstruktur

ide bisnis untuk mahasiswa

Setelah memikirkan jenis bisnis yang akan dijalankan, sangat penting bagi Anda untuk menyusun rencana bisnis yang solid.

Hal yang bisa Anda lakukan dalam proses perencanaan bisnis ini adalah analisis pasar bisnis yang ingin dijalani, susun rencana keuangan, sampai membangun visi bisnis yang jelas.

Melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis Anda adalah faktor terpenting yang harus Anda jalani jika ingin menjalani bisnis online. Ini bisa dilakukan dengan mengeksekusi riset lapangan untuk mengetahui permintaan dari masyarakat.

Baca juga: Memulai Bisnis dengan Modal Rp 5.000, Apa Bisa?

Selain itu, Anda juga bisa melakukan analisis calon kompetitor Anda untuk mengetahui elemen bisnis yang dimiliki oleh mereka, juga supaya Anda dapat memikirkan hal-hal yang dapat membuat bisnis Anda menjadi spesial dan berbeda dari yang lainnya.

Perencanaan finansial juga adalah hal yang penting agar Anda bisa mengetahui jumlah uang yang Anda perlukan untuk membuka usaha yang Anda inginkan.

Perencanaannya bisa dimulai dari membuat budget untuk persiapan logistik, pengadaan gaji bagi staf, pembelian lahan bisnis Anda, dan sebagainya.

Nah, dengan menjalankan tips bisnis online untuk anak muda ini, maka usaha Anda dijamin berjalan dengan lancar!


3. Siapkan Modal Awal yang Sesuai dengan Kebutuhan

Tips bisnis online untuk anak muda selanjutnya berkaitan dengan keuangan. Dalam memulai bisnis Anda, modal awal untuk mengawali usaha otomatis diperlukan.

Walaupun banyak orang yang bilang bahwa anak muda akan sulit mendapatkan modal awal untuk bisnis, itu tidak menutup kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan uang untuk memulai usaha.

Salah satu langkah yang bisa Anda ambil adalah mencari orang-orang yang mau berinvestasi dalam ide bisnis Anda.

Yang perlu Anda lakukan pertama adalah menghubungi pihak yang memiliki potensi berinvestasi dalam ide bisnis Anda.

Baca juga: 10 Pengusaha Sukses Luar Negeri yang Bikin Makin Semangat Berbisnis

Jika mereka tertarik untuk mendengarkan lebih lanjut, yang perlu Anda lakukan adalah persiapkan diri Anda untuk mempresentasikan ide usaha Anda.

Hal-hal yang penting untuk disampaikan kepada calon investor adalah visi dan misi dari bisnis Anda, jenis bisnis yang dijalani, dan tujuan Anda dalam menjalani usaha tersebut. Anda juga dapat mempersiapkan uang untuk modal awal bisnis Anda dengan menabung sejak awal.

Mungkin ini terdengar sangat rumit dan lama. Namun tidak sedikit para pebisnis sukses yang menabung uang yang mereka dapatkan untuk memulai bisnis.


4. Jalankan dengan Perlahan tapi Pasti

menjadi pebisnis di usia muda (1) - tips finansial untuk pebisnis - tips bisnis online untuk anak muda

Menjalani sebuah bisnis online bukanlah hal yang mudah, dan kesuksesan bisnis tidak akan datang dengan gampang.

Banyak lika-liku yang Anda akan hadapi dalam proses membangun usaha. Dalam situasi seperti ini, banyak pengusaha terlebih mereka yang masih muda, memutuskan untuk berhenti menjalankan bisnis karena mereka tidak melihat hasil yang mereka inginkan.

Baca juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Salah satu kunci untuk menghindari rasa penat ini adalah fokus. Mungkin ini terdengar sangat klise, tapi banyak orang yang mundur dari bisnis yang mereka jalani karena mereka tidak fokus dan selalu melihat para pebisnis lain yang sukses menjalani usaha di bidang yang berbeda.

Dengan memfokuskan diri Anda dalam menjalani satu bisnis, Anda bisa dengan sabar melalui prosesnya dengan perlahan tapi pasti.


5. Belajar dari Pengusaha Lain yang Sudah Sukses

menggunakan pembayaran digital dan mendukung cashless society - karyawan bisnis

Masih belum puas dengan tips bisnis online untuk anak muda di atas? Tenang, ada tips lainnya yang bisa Anda coba.

Kesuksesan para pebisnis yang telah mencapai kesuksesan bisa Anda jadika sebagai referensi dalam membangun usaha.

Anda bisa mempelajari beberapa tips dan trik yang dilakukan oleh mereka sehingga bisnis yang dijalani bisa menjadi besar.

Biasanya, para pebisnis besar yang telah sukses mengadakan seminar di beberapa tempat untuk membicarakan rahasia mereka dalam berbisnis.

Baca juga: 7 Kutipan Bisnis Steve Jobs Paling Inspiratif

Jika punya waktu dan kesempatan, ada baiknya jika Anda menghadiri seminar-seminar tersebut supaya Anda bisa mendapatkan beberapa inspirasi yang dapat diaplikasikan dalam usaha Anda.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk menghadiri seminar, alternatif yang bisa diambil adalah membaca buku dari pebisnis yang sukses.

Banyak buku yang diterbitkan membicarakan tentang kisah seorang pebisnis dan bagaimana cara dia menjalani bisnis yang tentunya memiliki banyak tantangan dan rintangan.

Selain mendapatkan tips yang bisa diaplikasikan dalam bisnis, Anda juga akan terinspirasi dengan kegigihan mereka dalam berbisnis.


6. Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik

mengecek laporan penjualan bisnis (1)

Tips bisnis online untuk anak muda yang satu ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Setelah mendapatkan keuntungan dalam bisnis, Anda tidak boleh tergoda untuk menghamburkan uang tersebut untuk kepuasan pribadi.

Banyak pebisnis muda yang gagal karena mereka lebih memilih untuk menghamburkan uang dari usaha mereka untuk bersenang-senang daripada untuk mengalokasikannya pada bisnis mereka.

Baca juga: 7 Hal Wajib Yang Wajib Anda Siapkan untuk Membuka Toko Kelontong Sendiri

Juga, Anda harus memikirkan beberapa hal yang Anda harus bayar seperti lokasi berbisnis dan pajak. Intinya, pengelolaan uang yang baik adalah salah satu hal terpenting dalam menjalani usaha.

Yang bisa dilakukan untuk mengatur dana yang masuk dan keluar adalah dengan melakukan pembukuan. Jika Anda tidak ahli dalam mencatat data keuangan, Anda bisa mempekerjakan seorang akuntan yang ahli dalam pembukuan.


7. Selalu Belajar dari Kesalahan

pebisnis gagal - penyebab bisnis pailit - tips bisnis online untuk anak muda

Hal terakhir yang perlu Anda ingat adalah tidak ada pebisnis yang tidak pernah melakukan kesalahan dalam menjalani usaha mereka.

Cerita kegagalan dalam menjalani bisnis sudah banyak diceritakan oleh mereka yang telah sukses.

Dari kesalahan tersebut kita bisa mengambil beberapa pelajaran yang bisa kita aplikasikan di masa depan untuk menghindar dari lubang yang sama. Ingat, pebisnis yang sukses selalu belajar dari kesalahannya.

Baca juga: Ini Dia Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Itulah 7 tips bisnis online untuk anak muda. Tips mana yang sudah Anda jalani? Ya, perjalanan bisnis mungkin tidak akan mulus, namun dengan kegigihan serta keinginan untuk berkembang dan belajar, Anda pasti bisa menjadi pebisnis yang handal.

Jika Anda butuh bantuan dalam mengatur aktivitas bisnis, maka Anda harus menggunakan Moka POS! Moka memiliki fitur-fitur yang dapat membantu Anda dalam membangun usaha.

Salah satu fiturnya adalah dashboard & report dimana Anda bisa memantau keuntungan serta pengeluaran dari usaha Anda.

Moka POS telah dilengkapi oleh fitur cloud-based, jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda sedang diluar area bisnis dan Anda perlu melihat beberapa data yang penting.

Hanya dengan satu sentuhan di gadget, Anda dapat mengakses semua informasi bisnis Anda di mana saja, kapan saja! Mau coba Moka gratis?

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.