Business Insight COVID-19

7 Tips Agar Usaha Rumahan Makin Sukses Pasca COVID-19

By Jordhi Farhansyah on June, 9 2020
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

7 Tips Agar Usaha Rumahan Makin Sukses Pasca COVID-19 - Bisnis rumahan nyatanya semakin menjamur di tengah pandemi COVID-19. Hal ini rupanya dilatarbelakangi beberapa alasan, yang salah satunya adalah banyak masyarakat yang memiliki waktu luang di rumah sehingga untuk mengisi kekosongan tersebut, mereka pun mencoba untuk memulai usaha rumahan mereka sendiri.

Ada banyak jenis produk atau jasa yang ditawarkan usaha rumahan, mulai dari makanan siap saji, tanaman, frozen food, produk kebersihan, masker, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 3 Jenis Skill yang Wajib Dikuasai Pengusaha Jika Ingin Sukses

Apakah Anda salah satu yang juga menjalankan usaha rumahan di tengah pandemi ini? Nah, apabila Anda berniat untuk menseriusi bisnis ini, berikut 7 tips agar usaha rumahan makin sukses pasca COVID-19.

7 Tips Agar Usaha Rumahan Makin Sukses Pasca COVID-19

1. Lakukan persiapan matang

membuat business plan - rencana bisnis - proposal bisnis - 7 Tips Agar Usaha Rumahan Makin Sukses Pasca COVID-19

Ini dia tips agar usaha rumahan makin sukses pasca COVID-19. Untuk diketahui, persiapan merupakan salah satu tahap penting yang tak boleh diabaikan.

Persiapkan segala bahan baku yang Anda butuhkan untuk memulai sebuah usaha. Buatlah list mengenai hal apa saja yang Anda butuhkan untuk memulai usaha. Jika Anda butuh modal, maka berapa anggaran  yang dimiliki saat ini tanpa harus mengorbankan dana untuk kebutuhan pokok.

Baca juga: 4 Tips Mengembangkan UMKM Agar Mampu Bersaing

Jika Anda butuh supplier untuk memasok kebutuhan bahan baku, maka cari tahu siapa supplier yang bisa memberikan harga terbaik dengan kualitas yang sesuai dengan standar Anda.

Jika Anda membutuhkan tenaga untuk bantu menjalankan usaha rumahan, maka pastikan pegawai Anda ini adalah orang-orang terdekat sehingga bisa Anda pantau mobilitasnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk menekan risiko penularan COVID-19 di tempat kerja.


2. Tentukan pola penjualan

cloud kitchen di indonesia - mementingkan packaging makanan (3)

Pola penjualan yang dimaksud ini adalah apakah Anda menjual dengan sistem pre-order atau ready stock. Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, jadi Anda bisa memilih berdasarkan kapasitas produksi Anda untuk saat ini. 

Sistem pre-order dapat menekan pengeluaran karena Anda hanya akan memproduksi sejumlah produk yang sudah pasti akan terjual.

Pola penjualan pre-order juga memungkinkan Anda memberlakukan sistem made to order, sehingga pembeli bisa memiliki fleksibilitas lebih.

Baca juga: 10 Karakter Pengusaha Sukses Saat COVID-19, Sudah Memilikinya?

Namun, sistem pre-order tidak memberikan kecepatan layanan layaknya ready stock. Dengan begitu, Anda perlu memastikan proses produksi dan distribusi bisa berjalan secepat mungkin agar pembeli tidak komplain. 

Di sisi lain, sistem ready stock memberikan kecepatan layanan yang lebih baik ketimbang pre-order karena setiap pesanan bisa langsung diproses, sepanjang barangnya tersedia.

Namun, pola ready stock membutuhkan modal yang lebih besar di awal dan juga marketing yang lebih gencar untuk memastikan segala produk habis terjual. Variasi produk pun cenderung terbatas karena faktor modal dan kapasitas produksi sehingga besar kemungkinan akan ada barang-barang yang tak terjual. Jadi, pola penjualan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?


3. Perhatikan cash flow bisnis

dana - modal - uang - pendanaan - 7 Tips Agar Usaha Rumahan Makin Sukses Pasca COVID-19

Tips selanjutnya agar usaha rumahan makin sukses pasca COVID-19 ialah memerhatikan cash flow bisnis. Saat ini kita sedang menghadapi situasi yang belum pasti sehingga setiap langkah harus diambil dengan hati-hati.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan betul cash flow dari bisnis Anda. Ingat, cash flow adalah ‘napas’ bagi perusahaan, jika cash flow Anda sehat maka bisnis Anda masih fighting chance yang lebih besar di tengah pandemi. 

Baca juga: 13 Cara Menghilangkan Stres Akibat Pandemi COVID-19

Saat ini, banyak perusahaan-perusahaan yang melakukan efisiensi guna menjaga cash flow tetap stabil. Langkah-langkah yang diambil beragam, namun utamanya adalah dengan menekan pengeluaran.

Bagi Anda yang justru baru ingin merintis usaha rumahan, ini adalah sebuah tantangan yang sangat berharga, karena Anda harus memutar otak agar bisa mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mencetak omzet sebesar-besarnya. 


4. Dengarkan apa yang jadi kebutuhan konsumen

customer service - customer support - tetap berkomunikasi dengan pelanggan (2)

Menjadi seorang pengusaha tidak boleh menutup telinga dan memaksakan konsumen untuk membeli produknya. Sebab, pada dasarnya orang-orang tak akan membeli produk yang tidak dibutuhkan atau produk yang tak bisa menambah value untuk hidupnya. Sebaik apa pun produk Anda, kalau konsumen tidak membutuhkannya, maka penjualannya tak akan optimal.


5. Usung nilai sosial dalam usaha rumahan Anda

manfaat sedekah untuk pebisnis dan bisnis di bulan ramadan (4)

Orang Indonesia sudah terkenal memiliki sifat dermawan. Sifat ini terkadang menjadi salah satu faktor yang mendorong mereka membeli sesuatu. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengkomunikasikan nilai sosial dari bisnis Anda.

Misalnya, untuk setiap pembelian produk tertentu itu artinya konsumen telah turut berpartisipasi dalam menjaga kehidupan UMKM yang notabene merupakan tulang punggung ekonomi bangsa. Jika mereka mengetahui akan hal itu, maka ada nilai tersendiri yang dirasakan oleh konsumen ketika membeli produk Anda. 


6. Berikan pelayanan yang ramah pembatasan sosial

online delivery - jasa antar makanan - pizza - Agar Bisnis Tetap Bertahan Saat Wabah Corona - 7 Tips Agar Usaha Rumahan Makin Sukses Pasca COVID-19

Pelayanan yang ramah merupakan tips lain yang bisa diterapkan agar usaha rumahan makin sukses pasca COVID-19. Saat ini banyak orang yang merasa kurang nyaman untuk beraktivitas ke luar rumah, bahkan untuk berbelanja sekalipun. Baik itu karena pilihan pribadi ataupun karena mengikuti imbauan pembatasan sosial.

Baca juga: Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Ditolak? Ini 7 Solusinya...

Maka dari itu, sebaiknya Anda menerapkan sistem jemput bola, yaitu dengan mendatangi pembeli agar mereka tak perlu keluar rumah. Anda bisa mengantarkan langsung produk yang dibeli konsumen ataupun dengan memanfaatkan layanan pesan antar online


7. Tentukan kanal penjualan Anda

online shopping - belanja online - 5 Tren Bisnis Pasca COVID-19 - 7 Tips Agar Usaha Rumahan Makin Sukses Pasca COVID-19

Era digital membuka kesempatan untuk Anda menawarkan produk. Bisa dengan menggunakan media sosial, e-commerce, ataupun toko online Anda sendiri. Namun, karena Anda baru memulai, maka memanfaatkan media sosial dan e-commerce sebagai kanal penjualan merupakan langkah yang lebih efisien karena minimnya modal yang dibutuhkan.

Nah, itulah dia 7 cara agar usaha rumahan makin sukses pasca COVID-19. Untuk Anda yang baru memulainya, berikut bocoran peluang bisnis yang sedang laris manis.

Untuk Anda yang berniat menseriusi usaha rumahan Anda, jangan lupa untuk mengandalkan teknologi aplikasi kasir Moka yang mampu memudahkan operasional bisnis sehari-hari.

Kini, Anda tak perlu lagi mengelola daftar inventaris atau mencatat penjualan secara manual. Dengan aplikasi kasir Moka, semua serba bisa! Usaha rumahan Anda pun bisa berkembang lebih pesat. Tertarik untuk mencoba free trial dari Moka? GRATIS!

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia