Moka Logo
5 Tips Tingkatkan Peluang Usaha di Hari Libur

Tips Bisnis

5 Tips Tingkatkan Peluang Usaha di Hari Libur

3 min
InkaInka

5 Tips Tingkatkan Peluang Usaha di Hari Libur – Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu tidak mau melewatkan tanggal-tanggal spesial di sepanjang tahun.

Setiap musim liburan tiba, Anda mungkin sering melihat banyak pemilik bisnis yang membuat strategi promosi tertentu yang tujuannya adalah meningkatkan penjualan mereka.

Di Amerika Serikat misalnya, Black Friday dijadikan momen untuk para brand memberikan promo serta diskon gila-gilaan bagi para pelanggannya.

Namun dalam praktiknya, banyak pebisnis yang belum memaksimalkan kegiatan promosi di momen-momen spesial tersebut sehingga hasilnya kurang optimal.

Beberapa kesalahan yang kerap terjadi adalah pemilihan tema yang kurang pas dan promosi yang ditawarkan kurang menarik minat pelanggan.

Untuk itu, jangan sampai Anda melewatkan momen-momen berharga yang bisa menjadi peluang meningkatkan penjualan bisnis Anda!

Jangan sampai juga Anda salah memilih strategi promosi yang justru mengakibatkan Anda merugi. Berikut ini adalah 5 tips meningkatkan peluang usaha di hari libur yang dapat Anda terapkan demi mendongkrak omzet penjualan!

5 Tips Tingkatkan Peluang Usaha di Hari Libur

1. Dekor ulang toko Anda sesuai dengan tema liburan saat itu

ide bisnis jelang natal - 5 Tips Tingkatkan Peluang Usaha di Hari Libur Akhir Tahun

Ini dia tips pertama untuk tingkatkan peluang usaha di hari libur. Sebelum Anda terjun lebih jauh dan menentukan program promosi yang hendak Anda lakukan, ada baiknya Anda menyesuaikan toko offline dengan tema hari libur kala itu.

Baca juga: Bisnis Tahan Krisis di Era New Normal? Caranya?

Misalnya saat itu adalah momen Natal, Anda dapat mendekor toko Anda dengan pernak-pernik berbau Natal, seperti menempel slinger dan kapas salju pada kaca toko, menempel pita di beberapa sudut, dan tentu saja menyalakan lampu warna-warna untuk menghadirkan suasana hangat dan gembira.

Jangan lupa untuk mengingatkan karyawan Anda menggunakan aksesoris natal mereka agar tema liburan semakin terasa dekat dengan para pelanggan!

Bagaimana dengan toko online? Anda bisa membubuhkan desain berbau liburan pada logo atau gambar yang Anda publikasikan di media sosial, atau bisa juga pada caption Anda! Menarik, bukan?


2. Lakukan promosi dengan pendekatan emosional

Salah satu cara promosi paling efektif untuk meningkatkan peluang usaha adalah pendekatan emosional. Menurut sebuah hasil riset dari The Institute of Practitioners in Advertising, bentuk promosi iklan dengan pendekatan emosional bisa mendapatkan keuntungan dua kali lebih banyak dibanding pendekatan rasional.

Download Gratis: [E-book] Masa Depan Bisnis di Era Kenormalan Baru

Berdasarkan data, promosi iklan dengan pendekatan emosional yang menyentuh hati mendapatkan kenaikan keuntungan 31%, dibanding dengan pendekatan rasional yang hanya 16%.

Contoh pendekatan emosional sering kita jumpai saat momen Ramadan dan Idul Fitri. Banyak iklan-iklan di televisi yang menampilkan tema-tema iklan keluarga yang bisa membuat penontonnya terenyuh.

Strategi promosi serupa juga bisa Anda terapkan saat momen Ramadan. Misalnya, Anda dapat membuat campaign di mana sebagian keuntungan yang Anda dapat dari hasil penjualan akan Anda donasikan ke orang atau tempat yang membutuhkan. Selain bisa meningkatkan penjualan, Anda juga berkontribusi untuk membantu sesama.


3. Adakan diskon khusus hari libur

5 Tips Memanfaatkan Hari Libur untuk Meningkatkan Penjualan

Mengadakan diskon adalah cara paling umum yang bisa Anda lakukan saat hari libur. Contohnya adalah momen Black Friday di Amerika Serikat, diskon khusus di Hari Raya, atau diskon di Hari Kemerdekaan.

Momen-momen tersebut juga menjadi momen di mana hampir semua orang tahu bahwa banyak brand yang pasti akan melakukan promo diskon.

Pastikan Anda tahu produk apa yang bisa Anda diskon dan seberapa besar diskonnya agar Anda tidak merugi.

Baca juga: Bagaimana Membuat Program Promo Melalui fitur Moka

Beberapa contoh diskon yang bisa Anda berikan pada pelanggan demi meningkatkan peluang usaha adalah

  • diskon persenan: diskon 10%, diskon 20%;
  • diskon ongkos pengiriman: dengan pembelian min. Rp100.000 dapat free ongkir;
  • diskon bundling: beli paket 2 makanan dan 2 minuman harganya lebih murah dibandingkan satuan;
  • dan sebagainya.

4. Lengkapi promosi Anda dengan hadiah

 

Gift Voucher - 5 Tips Memanfaatkan Hari Libur untuk Meningkatkan Penjualan

Selain diskon, pemberian hadiah adalah salah satu cara berpromosi sambil merayakan hari libur. Misalnya saat Hari Raya Imlek, pelanggan yang membeli barang tertentu atau dalam nominal tertentu akan mendapatkan angpao berupa voucher atau barang lainnya.

Strategi promosi ini juga berlaku untuk hari lainnya, tergantung bagaimana Anda mengemasnya. Yang terpenting, buatlah pelanggan merasa bahwa Anda juga merayakan hari libur bersama mereka.


5. Tetap aktif di media sosial

5 Tips Memanfaatkan Hari Libur untuk Meningkatkan Penjualan

Hari libur bukan berarti aktivitas media sosial bisnis Anda juga ikut libur. Bahkan, ini adalah momen untuk menciptakan konten bertema khusus liburan.

Namun, coba cari angle lain di mana Anda tidak melulu berbicara tentang promosi dan diskon liburan. Coba buat campaign yang sedikit berbeda dan bisa mengajak para followers Anda untuk berinteraksi.

Itulah tadi lima tips untuk meningkatkan peluang usaha di hari libur. Membuat strategi pemasaran dengan memanfaatkan momen-momen spesial saat liburan akan membuat bisnis Anda lebih diingat dan lebih dekat dengan pelanggan Anda. Jadi tunggu apa lagi?

Baca juga: Promosi Bisnis agar Viral di TikTok dengan 7 Langkah Efektif Ini

Manfaatkan momen-momen berharga tersebut di sepanjang tahun dan gunakan fitur-fitur Moka untuk meraih keuntungan maksimal. Di saat toko Anda sedang ramai, Anda bisa melakukan pencatatan penjualan secara otomatis dan mendapatkan laporannya secara real-time.

Kemudian, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Customer Relationship Management untuk memastikan pelanggan Anda jadi yang pertama tahu tentang promo-promo yang sedang berlangsung.

Tak lupa, Anda juga bisa mengoptimalkan fitur Loyalty Program untuk meningkatkan kecintaan pelanggan terhadap usaha Anda. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana Moka bisa membantu Anda meningkatkan peluang usaha, nikmati coba gratis selama 14 hari khusus untuk Anda

Social Media Share :
Inka

Inka

Writing is the only way to change the world without leaving the bed.