Business Insight

9 Cara Ampuh Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

By Samina Sharanani on May, 14 2020
Samina Sharanani

A word crafter

9 Cara Ampuh Tingkatkan Loyalitas Pelanggan - Memiliki pelanggan setia merupakan prestasi tersendiri bagi suatu bidang usaha. Banyak pengusaha yang berpendapat bahwa mempertahankan loyalitas pelanggan memerlukan effort yang lebih dari menarik pelanggan baru.

Supaya Anda dapat menjalankan bisnis Anda dengan efektif, yuk simak 9 cara ampuh tingkatkan loyalitas pelanggan berikut!

Baca juga: 7 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

9 Cara Ampuh Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

1. Beri reward untuk pelanggan setia

melihat baju di toko - 7 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Beri pelanggan setia Anda kejutan sebagai apresiasi loyalitasnya. Tekuni list apa saja yang menjadi pilihan dan kesukaan pelanggan Anda, jadikan data-data tersebut sebagai senjata untuk menyenangkan hati mereka.

Hadiah tidak mesti melulu hal yang mewah, Anda bisa memberikan mereka voucher diskon, poin belanja, konten spesial, akses untuk layanan eksklusif, dan lain sebagainya.

Semakin giat Anda memberikan layanan terbaik dan reward tersebut, citra brand Anda akan semakin baik dan semakin tinggi pula kemungkinan pelanggan untuk spread the good words ke orang-orang sekitar mengenai bisnis Anda.

2. Cepat tanggap dan ramah dalam melayani konsumen

customer service

Tingkat kecepatan dan keakuratan dalam melayani kebutuhan konsumen adalah prioritas dalam memberi pelayanan yang baik.

Hal tersebut juga sering kali menjadi hal yang menentukan seberapa peduli dan empatinya perusahaan Anda terhadap keadaan serta kebutuhan konsumen Anda. Dalam laporan media sosial, hal yang juga jadi kriteria kesuksesan performa pelayanan adalah jumlah response rate yang didapat setiap bulannya.

Baca juga: 13 Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan Saat Wabah Corona

Untuk meningkatkan performa tersebut, usahakan untuk terus menjawab pertanyaan pelanggan sesegera mungkin, terutama di saat-saat prime time konsumen Anda membuka media sosial. Layani juga komplain yang datang dengan cepat dan profesional. Jangan lupa juga untuk beri apresiasi atas semua tanggapan, informasi, dan pertanyaan yang Anda dapat.

3. Transparansi terhadap konsumen

9 Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Anda

Jika ada kendala dalam layanan atau produk dalam bisnis Anda, informasikan masalah-masalah tersebut sedetail mungkin. Kurangi birokrasi yang menyulitkan konsumen Anda dan jelaskan masalah yang dihadapi.

Jika kendala tersebut menghalangi performa Anda, akui kesalahan dan memohon maaf dengan sopan jika memang kesalahan tersebut berasal dari pihak perusahaan Anda. Dengan keterbukaan dan tanggapan yang sopan, konsumen akan merasa dihargai dan dapat menyelesaikan masalahnya dengan efektif.

4. Beri pelatihan kepada pekerja Anda

training karyawan

Untuk memaksimalkan kualitas pelayanan Anda, berilah pelatihan pelayanan konsumen untuk pekerja Anda. Berilah pendidikan bagaimana cara efektif dan profesional dalam melayani konsumen di berbagai skenario situasi.

Baca juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Berikan juga edukasi SOP tata krama perusahaan serta etika untuk mempraktekkannya ke berbagai macam konsumen dan permintaannya. Selain itu, tanamkan juga pengetahuan tentang produk dan layanan yang diberikan bisnis Anda agar pekerja dapat merespon konsumen dengan cepat dan tepat.

5. Konsisten dengan pelayanan terbaik Anda

barista di kedai kopi (1)

Jika bisnis Anda menjanjikan pelayanan 24/7 penuh, lakukan pelayanan tersebut secara konsisten sesuai dengan apa yang Anda pasarkan. Pertahankan semua kualitas yang sudah dibangun sesuai dengan yang sudah dijanjikan.

Konsistensi Anda dalam mempertahankan pelayanan yang baik menjadi nilai tambah yang tinggi bagi profesionalitas usaha Anda. Usahakan untuk terus memberikan layanan yang terbaik agar pelanggan nyaman saat menggunakan produk atau jasa Anda.

6. Jadilah bagian dari percakapan audiens Anda

customer service - customer support - tetap berkomunikasi dengan pelanggan - 9 Cara Ampuh Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Jawab segala komentar dengan baik dan sesuai SOP perusahaan Anda. Jika dalam postingan media sosial Anda ada diskusi antara konsumen, bergabunglah dan jadi bagian dari percakapan sebagai apresiasi.

Baca juga: Praktekan Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini dan Tingkatkan Penjualan

Dengan begini, akun bisnis Anda akan jadi lebih hidup dan tidak hanya dianggap sebagai sebatas bot promosi usaha saja. Membangun citra brand yang berpengetahuan dan dekat dengan konsumen.

7. Beri pengingat atau promosi sesuai selera pelanggan

berikan penawaran diskon atau potongan harga - 9 Cara Ampuh Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Jika usaha Anda menggunakan metode langganan (seperti bayaran perbulan), berikan pesan pengingat setiap beberapa hari sebelum tenggat waktu dengan kata-kata yang ramah dan positif. Hindari penggunaan nada yang mendesak, jaga profesionalitas Anda dengan tetap sopan dan hanya memberi peringatan jika diperlukan saja.

Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan email dengan topik yang sesuai dengan selera pelanggan, baik itu dalam bentuk artikel maupun tawaran promo spesial. Simpanlah dengan baik catatan belanja atau wishlist pelanggan Anda untuk menyesuaikan hal ini.

8. Buat loyalty program

menggunakan kartu kredit atau debit untuk membayar belanjaan - 9 Cara Ampuh Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalty program merupakan program membership yang menawarkan berbagai promosi yang menguntungkan baik untuk pihak pebisnis maupun anggotanya. Program ini biasanya berlangsung dalam jangka panjang dan masing-masing bisnis memiliki sistem loyalty program yang berbeda. Namun, umumnya program ini memiliki sistem pengumpulan poin.

Baca juga: 6 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Layanan Profesional Anda

Program ini biasanya menawarkan macam-macam hadiah menarik yang bisa ditukar dengan sejumlah poin yang terkumpul dari setiap pembelian konsumen. Perhatikan kualitas produk serta demand konsumen Anda agar program dapat meningkatkan penjualan Anda secara efektif .

9. Buat kuesioner kepuasan pelanggan

Email Banner NPS Survey

Susunlah pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kepuasan pelayanan, produk atau jasa yang Anda tawarkan, dan sediakan juga tempat untuk menyampaikan kritik serta saran untuk keseluruhan usaha Anda.

Pembuatan survey juga perlu dilakukan secara matang dan hati-hati karena setiap susunan pertanyaan dan visual yang Anda tampilkan dalam survey Anda adalah citra dari bisnis Anda.

Survei ini bisa Anda lakukan baik secara online maupun secara langsung dalam bentuk cetak. Jika Anda memilih untuk melaksanakan survei online, Anda bisa dengan efektif mengumpulkan data dengan jangkauan yang luas serta pengolahan data dengan cara digital.

Namun, cukup sulit untuk mengontrol konteks dari pertanyaan survei online dan sering kali diisi oleh target yang kurang tepat. Sedangkan survei dalam bentuk cetak, Anda bisa dengan mudah mengontrol siapa yang menerima survei Anda dan menjaga konteks pertanyaan survei Anda dengan berdiskusi langsung bersama pengisi survei.

Namun, Anda perlu mengeluarkan biaya dan waktu ekstra untuk mencetak dan turun ke lapangan yang terbatas untuk melaksanakan metode ini.

Baca juga: 10 Podcast untuk Belajar Bisnis dari Nol

Dari 9 cara tersebut, dapat dilihat bahwa hal yang paling utama dan perlu dijaga dalam meningkatkan loyalitas pelanggan adalah pelayanan terbaik yang disertakan pengetahuan yang tinggi mengenai keinginan dan hal-hal yang disukai pelanggan Anda.

Moka POS hadir untuk membantu Anda fokus terhadap pelayanan bisnis Anda. Dengan Moka, Anda bisa dengan mudah menyusun strategi bisnis dan membuat loyalty program untuk bisnis Anda.

Selain membantu Anda mencatat progres bisnis Anda, Moka juga hadir membantu Anda untuk berkembang sebagai pelaku usaha. Yuk coba download template Kuesioner Kepuasan Pelanggan dari Moka! 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia