Moka Logo
4 Langkah Mudah dan Praktis Tingkatkan Bisnis Lewat Waralaba

Tips Bisnis

4 Langkah Mudah dan Praktis Tingkatkan Bisnis Lewat Waralaba

3 min
HimawanHimawan

4 Langkah Mudah dan Praktis Tingkatkan Bisnis Lewat Waralaba – Bisnis franchise atau waralaba adalah salah satu jenis bisnis yang saat ini sedang menjamur. Jenis bisnis ini sendiri memiliki karakteristik yang cukup unik dibanding jenis bisnis yang lain, di mana sukses atau tidaknya pemilik waralaba (franchisor) dapat mempengaruhi penerima waralaba lainnya (franchisee) sehingga hubungan antara franchisor dan franchisee saling bergantungan.

Untuk itu, penting bagi franchisor untuk saling bekerja sama dengan franchisee dan saling membantu agar bisnisnya dapat sukses.

Baca juga: 11 Bisnis Waralaba Paling Menguntungkan di Indonesia

Berdasarkan data dari Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Indonesia sendiri memiliki 200 merek waralaba terdaftar dengan total pekerja sebanyak 5 juta orang. Bahkan, transaksi usaha waralaba diperkirakan dapat bertumbuh 10% sampai 15% setiap tahunnya.

Dengan adanya peluang ini, tentu banyak hal yang bisa digali oleh para pemilik bisnis waralaba dalam mengembangkan bisnisnya. Berikut merupakan tiga cara yang dapat menumbuhkan bisnis waralaba Anda dengan cepat.

4 Langkah Mudah dan Praktis Tingkatkan Bisnis Waralaba

1. Buat ciri khas bisnis waralaba Anda sendiri

berniat untuk membuka bisnis waralaba kaus kaki?

Inovasi adalah salah satu hal penting dalam menjalani bisnis ini. Buatlah sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh pebisnis lainnya.

Meski barang yang Anda jual sama dengan bisnis yang sudah ada, Anda harus menunjukkan ciri khas dari barang yang Anda jual tersebut dan pastikan ciri khas itu tidak dimiliki oleh pesaing Anda.

2. Selalu jaga transparansi

menganalisis laporan penjualan

Franchisor dan franchisee disatukan dalam sebuah relasi bisnis yang tidak terpisahkan. Franchisor bertugas untuk mengembangkan bisnis waralabanya, sementara franchisee bertugas untuk menjual produknya.

Baca juga: 7 Tips Membuka Bisnis Waralaba Minimarket Modal Kecil untuk Pemula

Untuk itu, menjaga kepercayaan di masing-masing pihak adalah hal yang penting. Keduanya harus menjaga transparansi dari setiap keputusan yang mereka ambil di dalam bisnis.

Jika Anda sebagai franchisor atau pun franchisee dapat menjaga dengan baik, kedua belah pihak dapat bekerja sama dan bertanggung jawab atas pekerjaannya. Artinya, Anda menjalani bisnis demi kesuksesan bersama.

3. Perluas penjualan Anda

meeting dengan rekan kantor

Jika Anda telah menjalani bisnis waralaba cukup lama, Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah bisnis yang Anda jalani tergolong sukses atau gagal. Ketika Anda melihat ada kemajuan yang cukup signifikan, Anda dapat berkembang dan memperluas jangkauan dengan menambah unit baru. Dengan demikian, Anda dapat meraih pelanggan-pelanggan baru.

4. Miliki sebuah sistem yang baik

mencatat keuntungan bisnis waralaba dengan kalkulator

Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang optimal, franchisee sebaiknya menduplikasi sistem yang Anda miliki sebagai franchisor. Hal ini dimulai ketika franchisor menyediakan bantuan berupa sebuah marketing plan kepada franchisee.

Di dalamnya terdapat berbagai macam aspek untuk keperluan operasional franchisee, seperti strategi promosi, cara mengatur keuangan, aturan dan kebijakan untuk para pegawai, hingga pengaturan jam operasional.

Baca juga: Tips Mudah Menjalankan Usaha Waralaba

Hal-hal ini idealnya harus diterapkan di semua cabang waralaba agar memiliki sebuah sistem yang serupa. Namun, sebaiknya Anda harus mempelajari terlebih dahulu secara rinci aspek-aspek yang telah membuat Anda sukses tersebut sehingga franchisee dapat meniru kesuksesan Anda.

Hal termudah untuk membuat bisnis waralaba Anda berkembang dan berjalan lebih efisien adalah penerapan sistem menggunakan aplikasi kasir untuk para franchisee. Banyak para pemilik bisnis waralaba yang memercayakan bisnis mereka kepada Moka sebagai aplikasi kasirnya karena fitur yang ditawarkan.

Misalnya, aplikasi kasir Moka memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk memantau multioutlet kapan pun, di mana pun, hanya lewat device saja. Tentu hal ini sangat menguntungkan karena Anda dapat menghemat waktu dan tenaga untuk memantau semua cabang franchise yang dimiliki.

Kemudian, Moka pun juga dapat membantu Anda untuk mencatat keuangan, mengelola inventaris, serta melakukan analisis penjualan yang komprehensif. Apabila Anda tertarik untuk mencoba Moka, Anda bisa mendapatkan free trial 14 hari untuk membuktikan langsung bagaimana kemudahan yang ditawarkan aplikasi Moka dapat membuat bisnis Anda lebih #MajuDenganPasti.



Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam mengembangkan bisnis waralaba. Penting bagi Anda untuk mengingat bahwa sebagai pemilik waralaba, Anda tidak hanya sekadar menyajikan sebuah produk atau jasa untuk ditawarkan. Anda menawarkan sebuah sistem mencapai kesuksesan bersama.

Selamat meningkatkan bisnis lewat waralaba, ya!

Social Media Share :
Himawan

Himawan

Penulis di Blog Moka