4 Langkah Mudah dan Praktis Meningkatkan Bisnis Anda Lewat Waralaba

 

rawpixel-792222-unsplash

Bisnis franchise atau waralaba, adalah salah satu jenis bisnis yang saat ini sedang menjamur. Jenis bisnis ini sendiri memiliki karakteristik yang cukup unik dibanding jenis bisnis yang lain, di mana sukses atau tidaknya pemilik waralaba (franchisor) dapat mempengaruhi penerima waralaba lainnya (franchisee). Sehingga hubungan antara franchisor dan franchisee saling bergantungan.

Untuk itu, penting bagi franchisor untuk saling bekerja sama dengan franchisee dan saling membantu agar bisnisnya dapat sukses. Berdasarkan data dari Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Indonesia sendiri memiliki 200 merek waralaba terdaftar dengan total pekerja sebanyak 5 juta orang. Bahkan, transaksi bisnis waralaba diperkirakan dapat bertumbuh 10% sampai 15% setiap tahunnya.

Dengan adanya peluang ini, tentu banyak hal yang bisa digali oleh para pemilik bisnis waralaba dalam mengembangkan bisnisnya. Berikut merupakan tiga cara yang dapat menumbuhkan bisnis waralaba Anda dengan cepat.

1. Buat ciri khas usaha Anda sendiri

DSC5473-2

Inovasi adalah salah satu hal penting dalam menjalani bisnis ini. Buatlah sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh pebisnis lainnya. Meski barang yang Anda jual sama dengan bisnis yang sudah ada, Anda harus menunjukkan ciri khas dari barang yang Anda jual tersebut dan pastikan ciri khas itu tidak dimiliki oleh pesaing Anda.

2. Selalu jaga transparansi

Loansolutions_ph_-2

Franchisor dan franchisee disatukan dalam sebuah relasi bisnis yang tidak terpisahkan. Franchisor bertugas untuk mengembangkan bisnis waralabanya, sementara franchisee bertugas untuk menjual produknya.

Untuk itu, menjaga kepercayaan di masing-masing pihak adalah hal yang penting. Keduanya harus menjaga transparansi dari setiap keputusan yang mereka ambil di dalam bisnis. Jika Anda sebagai franchisor atau pun franchisee dapat menjaga dengan baik, kedua belah pihak dapat bekerja sama dan bertanggung jawab atas pekerjaannya. Artinya, Anda menjalani bisnis demi kesuksesan bersama.

3. Perluas penjualan Anda

Canadian-Business-2

Jika Anda telah menjalani bisnis waralaba cukup lama, Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah bisnis yang Anda jalani tergolong sukses atau gagal. Ketika Anda melihat ada kemajuan yang cukup signifikan, Anda dapat berkembang dan memperluas jangkauan dengan menambah unit baru. Dengan demikian, Anda dapat meraih pelanggan-pelanggan baru.

4. Miliki sebuah sistem yang baik

accounting-bill-black-53621

Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang optimal, franchisee sebaiknya menduplikasi sistem yang Anda miliki sebagai franchisor. Hal ini dimulai ketika franchisor menyediakan bantuan berupa sebuah marketing plan kepada franchisee.

Di dalamnya terdapat berbagai macam aspek untuk keperluan operasional franchisee, seperti strategi promosi, cara mengatur keuangan, aturan dan kebijakan untuk para pegawai, hingga pengaturan jam operasional.

Hal-hal ini idealnya harus diterapkan di semua cabang waralaba agar memiliki sebuah sistem yang serupa. Namun, sebaiknya Anda harus mempelajari terlebih dahulu secara rinci aspek-aspek yang telah membuat Anda sukses tersebut sehingga franchisee dapat meniru kesuksesan Anda.

Hal termudah untuk membuat bisnis waralaba Anda berkembang dan berjalan lebih efisien adalah penerapan sistem menggunakan aplikasi kasir untuk para franchisee. Banyak para pemilik bisnis waralaba yang #PercayaMoka sebagai aplikasi kasirnya karena fitur yang ditawarkan.

Tidak hanya membantu memperlancar operasional bisnis, Moka dapat membantu keperluan lain seperti mencatat keuangan, mengelola inventaris, serta melakukan analisis penjualan yang komprehensif.


Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam mengembangkan bisnis waralaba. Penting bagi Anda untuk mengingat bahwa sebagai pemilik waralaba, Anda tidak hanya sekadar menyajikan sebuah produk atau jasa untuk ditawarkan. Anda menawarkan sebuah sistem mencapai kesuksesan bersama.

linkedin

Tags: Percaya Moka