Tiga Tahun Perjalanan Moka, Lebih Dari Sekadar Penunjang Bisnis Anda

Seratus gelas es kopi telah terjual, 50 orang telah dicukur rambutnya, 75 kendaraan telah dicuci, semua transaksi dapat berjalan lancar tanpa perlu dicatat secara manual setiap harinya. Dengan Moka, kami percaya bahwa transaksi bisnis seharusnya bisa dilakukan dengan mudah. Sistem aplikasi kasir berbasis cloud yang kami miliki memungkinkan Anda untuk fokus pada satu tujuan berbisnis yang paling penting: menciptakan pengalaman untuk para pelanggan Anda sekaligus membuat bisnis Anda berjalan lebih efisien.

 

Sebuah Perjalanan Berliku: Jatuh bangun Moka hingga seperti sekarang

Mulai beroperasi pada bulan Februari 2015, sepanjang tahun itu Moka mulai membangun kepercayaan dengan para merchant. Hingga sampai pada penghujung tahun, tepatnya pada bulan Desember di mana lebih dari 500 outlet mempercayakan bisnisnya pada Moka. Perjalanan tidak sampai di situ. Pada Januari 2016, Moka mulai hadir di Bali dan Bandung.

Rupanya dengan memperluas jangkauan ke kota lain, semakin banyak merchant yang percaya bahwa Moka dapat menjawab kesulitan mereka selama ini. Pada Desember 2016, tercatat bahwa sudah lebih dari 2.000 outlet yang menggunakan aplikasi kasir Moka. Jumlah ini naik sebesar empat kali lipat dari tahun sebelumnya. Melihat keberhasilan dari dua kota tersebut, di awal tahun 2017 Moka berangkat ke delapan kota besar lainnya. Usaha ini membuahkan hasil hingga akhir tahun 2017, Moka sudah berhasil menjalin mitra dengan 9.000 outlet dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Mobile Payment: Revolusi metode pembayaran dari konvensional ke digital

Selama perjalanan Moka dari awal berdiri, selain dari jumlah outlet yang menggunakan Moka terus meningkatkan pelayanannya dari segi fitur yang ditawarkan. Salah satunya dalam hal mobile payment. Saat ini, pola pembayaran masyarakat mulai mengalami pergeseran. Dari penggunaan uang tunai, kartu debit dan kartu kredit, kini beralih ke mobie payment yang semakin mudah.

Menjawab kebutuhan masyarakat akan kemudahan pembayaran, Moka meluncurkan Mobile Payment Integration. Para pelanggan yang menggunakan beragam mobile payment di smartphone-nya kini bisa menggunakannya untuk pembayaran di outlet yang menggunakan Moka. Salah satu mobile payment yang sudah terintegrasi dengan Moka adalah OVO.

 

Pilihan peminjaman modal yang lebih banyak

Selain memudahkan pelanggan lewat opsi pembayaran yang beragam, Moka juga memberikan kesempatan pada merchant yang ingin memperbesar usahanya. Untuk itu pada bulan Juni 2018, Moka meluncurkan Moka Capital yang saat ini sudah bekerjasama dengan Koinworks dan Taralite. Melalui Moka Capital, para pemilik usaha dapat mengajukan pinjaman modal dengan proses yang mudah.

Menyusul dua bulan setelahnya pada Agustus 2018, Moka memilik Moka App Marketplace di mana para pelaku usaha dapat mengintegrasikan aplikasi bisnis yang mereka gunakan dengan Moka. Beberapa mitra yang sudah terintegrasi adalah Jurnal dan Sleekr.

 

Fitur-Fitur yang sesuai dengan preferensi bisnis untuk menunjang performa

Moka telah memiliki enam fitur inti yang dapat memudahkan Anda menjalani bisnis, mulai dari Dashboard & Report, Promo & Discount, Loyalty Program, Transaction Management, Employee Management, serta Daily Report by Email. Kini, Moka telah dipercaya oleh lebih dari 12.000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah transaksi yang terjadi mencapai 8 juta transaksi setiap bulannya. Sebesar 65 persen merchant Moka berasal dari bidang F&B, 25 persen di bidang retail, serta 10 persen sisanya di bidang jasa.

Jumlah ini akan terus bertambah sesuai dengan visi dan misi Moka yakni membuat point of sale dapat diakses oleh siapapun yang ingin berbisnis serta mengajak para pengusaha di Indonesia untuk berkembang bersama dan meningkatkan penjualan.

 

Tidak lagi sekadar mencatat transaksi penjualan bisnis Anda

Tiga tahun sejak berdiri, Moka tidak hanya menyediakan layanan sebuah aplikasi kasir yang lengkap kepada Anda. Moka juga hadir sebagai sebuah ekosistem terintegrasi di mana Anda bisa melakukan hampir segala hal yang Anda butuhkan agar bisnis Anda berkembang. Banyak para pengusaha yang sudah #PercayaMoka karena Moka tidak hanyak menawarkan solusi bisnis, tetapi juga sebagai mitra yang menjawab kebutuhan para pelaku usaha.

Moka menyediakan layanan fitur berupa add-on yang bisa Anda tambahkan secara opsional untuk mendukung bisnis Anda. Jika Anda memiliki loyalty program yang ditawarkan kepada pelanggan, Anda bisa memanfaatkan fitur CRM Pro. Lewat fitur ini, Anda bisa membuat program loyalitas berdasarkan sistem poin di mana mereka nantinya akan mendapatkan reward menarik dari toko Anda. Selain itu, fitur ini juga berguna untuk mengetahui kebiasaan belanja mereka.

Fitur lainnya adalah Ingredient Inventory yang dibuat khusus bagi Anda yang ingin melakukan penghitungan stok bahan baku secara akurat dan mengelola pergerakan stok, sehingga perhitungan keuntungan dapat lebih akurat. Terakhir ada Table Management, yang dibuat khusus bagi Anda yang menjalani bisnis F&B. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat tata letak meja di restoran Anda jadi lebih mudah sehingga pelayanan jadi lebih cepat dan pelanggan pun senang.

Dengan pencapaiannya hingga saat ini, Moka telah berkomitmen untuk menjadi one stop solution sekaligus mitra bagi para pelaku usaha di bidang apapun. Dengan #PercayaMoka, lupakan cara lama yang menghabiskan banyak waktu dan mari bergabung untuk mengembangkan bisnis di Indonesia.

Tonton persembahan dan dedikasi kami kepada para merchant yang telah #PercayaMoka:

linkedin

Tags: percayamoka Percaya Moka