Business Insight

6 Tanda Tubuh Anda Perlu Istirahat dari Bekerja

By Moka on December, 22 2020

6 Tanda Tubuh Anda Perlu Istirahat dari Bekerja - Kapan Anda terakhir mengambil waktu untuk liburan? Kalau Anda tidak dapat menjawabnya dengan pasti, mungkin inilah saat yang tepat untuk mengambil waktu untuk istirahat.

Dapat dimengerti, sulit bagi Anda untuk meninggalkan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari terlebih apabila Anda memiliki usaha milik Anda sendiri. Namun, liburan sangat penting dalam kehidupan siapa pun, baik bagi jasmani maupun rohani. Berikut ini adalah 6 tanda tubuh Anda perlu istirahat dari bekerja.

6 Tanda Tubuh Anda Perlu Istirahat dari Bekerja

stres bekerja terus - butuh cuti - tanda tubuh anda perlu istirahat dari kerja

1. Anda sering mengalami suasana hati yang tidak baik

Ini dia tanda pertama tubuh Anda perlu istirahat dari bekerja. Apabila Anda selalu merasa stres dan dirundung masalah, itu bisa menjadi suatu pertanda bahwa otak Anda kelelahan dan perlu sedikit ruang untuk bernapas.

Semua hal seperti ini akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh dan mental Anda. Tidak hanya itu, orang-orang di sekitar Anda juga akan mulai merasakan energi yang tidak baik di tempat kerja.

Baca juga: Isi Libur dengan 5 Buku Bisnis Terbaik untuk Pengusaha

Ada beberapa metode untuk meredakan tingkat stres Anda, misalnya dengan berolahraga. Namun, tentu saja hal ini membutuhkan kedisiplinan dan Anda juga butuh untuk menyediakan waktu khusus untuk melakukan aktivitas ini.

Namun percayalah, setelah mengistirahatkan tubuh Anda sejenak alias berlibur, Anda akan kembali lebih segar, senang, dan juga lebih cekatan dalam menangani situasi yang sulit.

2. Orang-orang di sekitar Anda khawatir dengan Anda

"Apakah Anda baik-baik saja?" Apakah pertanyaan ini sering Anda dapatkan akhir-akhir ini? Jika jawabannya ya, apakah Anda tahu alasannya?

Sebagi pemilik usaha, tentu Anda perlu mengenal diri Anda dengan lebih bijak. Bisa jadi, pertanyaan di atas Anda dapatkan lantaran orang-orang di sekitar merasa khawatir karena Anda terus-terusan bekerja tanpa memikirkan kesehatan? Bisa jadi mereka khawatir karena Anda memiliki beban kerja berlebih sehingga Anda tak lagi dapat maksimal ketika menyelesaikan tanggung jawab?

Baca juga: 6 Tips Kelola Waktu Cuti Libur Lebaran Para Karyawan Anda

Bisa juga, mereka khawatir karena Anda mulai menjadi orang yang "berbeda". Misalnya, kini Anda menjadi lebih gampang marah dan tidak mau menerima feedback.

Ya, banyaknya pekerjaan ketika tengah mengurus usaha tentu bisa menjadi salah satu faktor pemicu yang membuat diri Anda tidak maksimal. Untuk mengatasinya, mengapa tidak mengambil hari libur untuk istirahat dari bekerja?

Berilah ruang pada diri sendiri untuk terlepas dari pekerjaan, segarkan otak Anda, dan kembalilah bekerja dengan semangat baru!

3. Pekerjaan Anda semakin tidak beraturan

Apakah Anda sering melakukan kesalahan dalam melakukan suatu pekerjaan? Lupa untuk datang ke sebuah meeting dan terlewat dengan janji? Hmm ... sudahkah Anda menyempatkan waktu untuk istirahat dari bekerja?

Ya, pekerjaan yang tak beraturan bisa menjadi sebuah tanda bahwa otak Anda sudah terlalu lelah dan ingin beristirahat sejenak.

Ketika Anda menyadari bahwa ada kejadian seperti ini, sangatlah penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tubuh Anda pribadi dan lupakan sejenak masalah pekerjaan.

Lakukanlah hal-hal yang Anda suka, misalnya tidur, membaca buku, bermain tenis, makan, atau apa pun itu yang bisa membuat Anda bisa fokus kembali.

4. Membesarkan masalah sepele 

Apakah Anda sering marah terhadap hal sepele dan cenderung menjadi membesar-besarkan masalah? Apabila jawabannya ya, itu bukanlah hal yang baik. Bertindak berlebihan pada suatu hal yang sepele adalah salah satu cara tubuh dan pikiran Anda untuk menjalankan work life balance.

5. Anda merasa ada yang salah dengan tubuh Anda

Sakit kepala terus menerus, sakit pinggang, mata yang lelah dan berair, masalah pada pencernaan adalah cara badan Anda untuk menunjukan bahwa Anda dalam situasi stres.

Apabila Anda tidak memberi perhatian pada tanda-tanda tersebut, tubuh Anda hanya akan semakin sakit.

Baca juga: Bagaimana Tips Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda?

Alangkah lebih baik apabila Anda mengambil langkah preventif sebelum penyakit datang menghinggap di tubuh Anda dengan beristirahat yang cukup, makan yang sehat dan olahraga yang teratur. Selain baik untuk tubuh Anda, hal tersebut juga sangat baik untuk jiwa Anda.

Yuk, mulai rencanakan kapan waktu untuk istirahat dari bekerja!

6. Anda tidak bisa terlelap pada malam hari

Selanjutnya, tanda tubuh Anda butuh istirahat dari bekerja adaalh Anda tidak bisa tidur pada malam hari, meski Anda merasa sangat kelelahan

Stres dapat memaksa tubuh Anda kedalam keadaan sangat waspada, yang dapat mengganggu jumlah waktu yang Anda habiskan di bagian restoratif dari siklus tidur Anda.

Tidur merupakan suatu hal yang penting bagi makhluk hidup untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani, jika hal yang sangat vital seperti tidur menjadi terganggu, sudah saatnya Anda memutuskan untuk menemui psikolog ataupun mengambil cuti sejenak dari pekerjaan.

Kami mengerti bahwa meninggalkan pekerjaan terlebih lagi usaha Anda sendiri bisa menjadi keputusan yang sangat berat bagi sebagian orang. Oleh karena itu Moka hadir untuk membantu Anda dalam tetap berada dalam lingkaran pekerjaan Anda tanpa perlu turun tangan langsung.

Anda dapat memeriksa semua hasil penjualan hanya di dashboard yang sudah dirancang khusus agar memudahkan bagi para awam yang ingin melihat laporan secara real-time. Dengan begitu, Anda dapat menikmati liburan Anda dan kembali bekerja dengan lebih segar.

Butuh informasi lebih lanjut mengenai Moka? Ingin coba gratis selama 14 hari? Pastikan Anda langsung mengklik banner di bawah ini, ya!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia