Moka Logo
7 Tanda Anda Sudah Siap Mengembangkan Bisnis

Tips Bisnis

7 Tanda Anda Sudah Siap Mengembangkan Bisnis

4 min
MikyMiky

7 Tanda Anda Siap Mengembangkan Bisnis – Seorang pebisnis tentunya memiliki impian untuk terus mengembangkan usaha menjadi lebih maksimal. Bentuk pengembangan usaha pun beragam, baik pengembangan produk, jasa, tempat dan lainnya.

Saat bisnis yang dijalankan sudah terbilang sukses, maka langkah selanjutnya yang terpikirkan adalah mengembangkan bisnis itu sendiri. Ekspansi bisnis ini akan menjadi langkah untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan.

Hal ini tentu saja cukup membuat Anda bersemangat untuk membawa bisnis Anda ke level selanjutnya. Meski begitu, keadaan bisnis yang sukses bukan hanya hal yang harus dipertimbangkan untuk melakukan ekspansi.

Anda harus memastikan bahwa usaha Anda siap untuk berkembang. Berikut merupakan tanda bahwa Anda siap mengembangkan bisnis.

7 Tanda Anda Siap Mengembangkan Bisnis

1. Pelanggan Kembali Datang

Ini dia tanda pertama bahwa Anda siap mengembangkan bisnis. Tahukah Anda, bisnis yang sukses adalah bisnis yang memiliki pelanggan setia. Pelanggan yang terus kembali ke toko atau outlet Anda merupakan salah satu bukti bahwa pelayanan yang dihadirkan dapat memuaskan mereka.

Pelanggan setia juga biasanya berbelanja 3 kali lebih banyak. Artinya, Anda memiliki pendapatan dan bisnis yang stabil.

Memang, mendapatkan pelanggan setia bukanlah perkara yang mudah. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan.

Untuk mendapatkan pelanggan setiap, Anda bisa melakukan beberapa cara, seperti:

  • buatlah database pelanggan yang pernah datang ke toko atau outlet Anda. Data tersebut nantinya bisa Anda manfaatkan untuk memberitahukan adanya promo,
  • gunakan media sosial untuk menjaring pelanggan baru,
  • manfaatkan Customer Relationship Management untuk tetap terhubung dengan para pelanggan,
  • berkomunikasilah secara aktif. Pelanggan memang raja, tapi mereka juga bisa dijadikan sebagai teman Anda, dan
  • cara lainnya dapat dilihat di artikel ini.

2. Pelanggan Ingin Anda Berkembang

Dari pelanggan, Anda bisa mengetahui apakah Anda siap mengembangkan bisnis atau tidak berdasarkan feedback pelanggan.

Misalnya, ada pelanggan setia Anda yang meminta Anda untuk membuka toko/cabang di daerah tertentu lantaran terdapat permintaan yang besar akan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Jika pelanggan meminta hal tersebut, ini mengindikasikan bahwa Anda memiliki dukungan penuh dari pelanggan. Di sisi lain, pelanggan ingin mendapatkan produk atau jasa yang ditawarkan dengan lebih mudah dan cepat.


3. Membutuhkan Lebih Banyak Ruang

Tanda lain bahwa Anda siap mengembangkan bisnis adalah Anda merasa bahwa toko menjadi lebih sempit dan padat karena banyaknya stok produk.

Banyaknya stok produk dikarenakan permintaan pasar yang tinggi sehingga Anda harus menyediakan barang, serta karyawan yang lebih banyak untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan pelanggan.

Hal ini menunjukkan bahwa sudah waktunya Anda untuk mencari tempat yang lebih besar atau lokasi baru yang menjanjikan. Dengan demikian, operasional bisnis sehari-hari akan lebih efisien.


4. Memiliki Karyawan yang Solid

Untuk diketahui, ekspansi bisnis membutuhkan banyak tenaga dan akan menyita waktu karena Anda harus terjun langsung ke lapangan untuk menangani perluasan bisnis.

Di sinilah peran karyawan Anda dibutuhkan. Apakah Anda siap mempercayakan bisnis kepada mereka? Apakah mereka siap diberikan kepercayaan untuk mengelola bisnis?

Apakah Anda dan mereka memiliki tujuan yang sama dalam hal mengembangkan bisnis. Jika jawabannya tidak, Anda harus menyelesaikan kekurangan tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk Anda sebelum memulai usaha untuk memiliki strategi perekrutan karyawan yang baik agar dapat memiliki karyawan solid yang memiliki motivasi sama seperti Anda dalam mengembangkan bisnis.


5. Memiliki Manajemen Sistem yang Kuat

Jangan berpikir untuk melakukan ekspansi jika manajemen sistem yang ada Anda belum cukup kuat menopang jalannya bisnis Anda.

Misalnya saja, jika penjualan Anda melonjak dua kali lipat esok hari, apakah karyawan Anda siap untuk menangani permintaan pasar yang tinggi? Apakah Anda memiliki rencana inventaris yang efisien?

Apakah perlu melakukan training terlebih dahulu ketika Anda merekrut karyawan baru? Apakah Anda memiliki sistem yang dapat membantu Anda dalam mendukung aktivitas operasional usaha yang tepat?

Dengan manajemen sistem yang kuat, ketika melakukan ekspansi dan harus menangani secara langsung, Anda tidak perlu khawatir lagi menyerahkan pekerjaan pada karyawan karena mereka sudah mengetahui apa yang harus dilakukan melalui manajemen sistem yang telah ada dan ditetapkan.

Jadi, sudahkah Anda siap mengembangkan bisnis?


6. Memiliki Produk yang Inovatif

Salah satu kiat bertahan dalam industri bisnis adalah memiliki produk yang inovatif. Karena dengan begitu, bisa mengurangi tingkat persaingan sekaligus menarik minat pelanggan dengan produk yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Dengan meningkatnya permintaan pada produk, tentunya keuntungan yang didapat menjadi lebih maksimal. Hal ini merupakan salah satu indikasi bahwa bisnis yang dijalankan telah sukses.


7. Memiliki Modal yang Cukup

Selain dari poin-poin di atas, hal yang tidak kalah penting apakah Anda siap mengembangkan bisnis atau tidak adalah modal usaha. Modal tidak hanya dibutuhkan saat memulai usaha saja. Dalam mengembangkan bisnis pun, modal juga memiliki peranan yang cukup penting.

Baca juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Pada dasarnya, pendapatan bisnis yang dimiliki lalu dikurangi dengan berbagai pengeluaran akan memperlihatkan berapa banyak uang yang dimiliki oleh usaha Anda.

Jika Anda memiliki aliran dana yang lancar, pemasukan dan bisnis yang stabil, mungkin ini merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan usaha Anda.

Baca juga: 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil 

Meski begitu, perlu diingat bahwa mengembangkan sama halnya dengan membangun usaha, dibutuhkan banyak modal untuk mewujudkan rencana Anda.

Bisnis yang sukses dan memiliki pemasukan yang stabil bukan berarti uang yang dimiliki cukup. Hal paling mudah dalam melihat perkembangan bisnis Anda adalah dengan menggunakan aplikasi kasir Moka POS.

Aplikasi Moka POS tidak hanya membantu aktivitas operasional, tetapi juga hal administratif seperti mencatat penjualan, mengelola inventaris, dan menyajikan analisis penjualan yang komprehensif dan akurat. Dengan demikian, Anda tahu bagaimana keadaan bisnis Anda.

Bagi Anda yang ingin membuktikan langsung bagaimana aplikasi kasir Moka dapat membantu Anda dalam memudahkan operasional bisnis sehari-hari, klik banner di bawah ini untuk mendapatkan trial gratis 14 hari, ya!

Social Media Share :
Miky

Miky

Penulis di Blog Moka