Business Insight

Struk Belanja Usaha, Apakah Pebisnis Masih Membutuhkannya?

By Samina Sharanani on September, 2 2020
Samina Sharanani

A word crafter

Struk Belanja Usaha, Apakah Pebisnis Masih Membutuhkannya? - Untuk memaksimalkan strategi bisnis, Anda perlu catatan penjualan yang tepat dan akurat.

Data penjualan ini bisa Anda dapatkan dari struk belanja di meja kasir Anda. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, struk belanja juga penting untuk kelangsungan bisnis Anda, lho. Yuk, simak bahasannya berikut ini!

Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Struk Belanja?

transaksi di kasir, aplikasi kasir, struk belanja

Catatan penjualan yang akurat merupakan senjata untuk bertahan bagi pengusaha. Pencatatan yang tepat ini bisa Anda lakukan jika Anda menyediakan struk belanja untuk setiap transaksi di usaha Anda. Berikut poin-poin yang membuktikan pentingnya struk belanja untuk bisnis Anda:

1. Sebagai data catatan penjualan

Data yang tertera akan membantu Anda dalam mencatat performa penjualan bisnis Anda. Selain mengecek stok produk yang ada, Anda perlu memastikan akurasi stok Anda dengan jumlah penjualan produk yang ada.

Melalui catatan tersebut, Anda akan mengetahui mana produk yang paling banyak diminati dan mana produk yang performa penjualannya kurang. Dengan data ini, Anda juga akan mengetahui keuntungan dan kerugian yang ada dalam kurun waktu tertentu.

2. Bukti tertulis transaksi

Selain pihak penjual, pelanggan juga memerlukan detail transaksi dengan bisnis kita. Dengan memberikan struk belanja, Anda memastikan pelanggan bahwa pembayaran sudah dilakukan tepat sesuai dengan pembeliannya.

Dengan begini, Anda dapat meyakinkan bahwa transaksi dengan usaha Anda tercatat dengan akurat dan memiliki bukti jelas jika terjadi kesalahan penghitungan atau kerusakan barang.

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Kasir Excel untuk Segala Jenis Bisnis

3. Sebagai referensi customer database

Dengan mencatat transaksi melalui struk belanja, Anda juga membuka akses untuk mengetahui perilaku pelanggan Anda dan mencatatnya dalam customer database.

Data pelanggan berupa frekuensi pembelian, perilaku konsumen dalam belanja, ketertarikannya dan lain sebagainya, akan sangat membantu Anda dalam menentukan dan memperbaiki strategi bisnis. Customer database ini akan sangat bermanfaat bagi usaha Anda dalam mengenal dan menjaga kesetiaan pelanggan.

Tidak hanya menguntungkan bagi pelanggan, keberadaan struk belanja juga penting untuk bisnis Anda. Supaya Anda bisa mengontrol informasi apa saja yang dicantumkan, Anda bisa buat struk versi bisnis Anda. Sebelum membuatnya, Anda juga perlu mengetahui informasi apa saja yang harus dicantumkan.

Baca juga: Serba-Serbi tentang Invoice yang Harus Diketahui Para Pebisnis


Informasi yang Harus Ada di Struk Belanja Anda

Active accountant checking receipts in her office-struk belanja

Dalam struk, terdapat beberapa informasi yang harus Anda cantumkan. Informasi mulai dari nama toko hingga rincian harga merupakan detail-detail utama yang harus ada dalam struk toko Anda. Berikut adalah beberapa informasi yang perlu Anda sertakan:

1. Informasi toko

Sertakan dengan jelas informasi bisnis Anda dalam struk belanja. Logo bisnis, serta nama, alamat dan nomor telepon toko merupakan informasi inti yang harus ada dalam struk belanja toko Anda.

Hal ini penting dicantumkan agar pelanggan semakin mengenal bisnis Anda dan bisa menghubungi toko Anda jika ada keluhan tertentu. Anda juga bisa sertakan website atau media sosial bisnis Anda. Menyertakan informasi toko dengan lengkap juga menunjukkan profesionalitas bisnis Anda.

2. Data pelanggan

Jika Anda melayani pemberian struk secara digital, Anda akan memerlukan data diri pelanggan seperti nama, nomor handphone, dan alamat email untuk mengirim struk. Detail data ini juga nantinya akan bermanfaat untuk customer database bisnis Anda.

3.Catatan transaksi

Lengkapi juga struk Anda dengan tanggal dan jam transaksi serta nomor struk agar mudah dicari. Anda juga perlu melampirkan nama pegawai kasir yang bertugas serta nama pihak pembeli supaya jika ada keluhan atau masalah, bisa ditindaklanjuti secara efektif dengan pihak yang berkaitan langsung dengan transaksi.

4. Daftar dan jumlah pembelian

Buatlah kolom daftar nama produk, jumlah barang, harga satuan, serta harga sejumlah barang. Sertakan juga subtotal belanja sebelum dikenakan pajak atau diskon. Catat totalnya dan sertakan juga jumlah tunai serta kembalian yang diberikan.

Baca juga: 7 Manfaat Mesin Kasir Mini yang Bikin Bisnis Makin Efektif

5. Informasi tambahan

Di bawah detail daftar belanja, Anda bisa tambahkan ucapan terima kasih atau informasi tambahan seperti password Wi-Fi outlet Anda.

Anda juga bisa menambahkan informasi bisnis Anda seperti link situs resmi atau username akun media sosial bisnis Anda. Bagian ini bisa Anda isi dengan informasi apapun yang perlu Anda sampaikan kepada pelanggan, misalnya informasi promo, diskon spesial, dan lain sebagainya.

Dengan informasi-informasi tersebut, Anda bisa dengan mudah mencatat penjualan sekaligus mengenal pelanggan Anda. Selanjutnya, susunlah informasi ini dalam bentuk struk. Simak dua alternatif berikut untuk menyusun struk versi Anda dengan mudah.


Bagaimana Cara Membuat Struk Belanja?

Serba-Serbi tentang Invoice yang Harus Diketahui Para Pebisnis-struk belanja

1. Ketik dan cetak template struk belanja

Ketik dan cetak template struk sesuai keinginan Anda. Susun format struk Anda dan cetak sebanyak jumlah yang Anda butuhkan. Anda bisa gunakan berbagai macam aplikasi yang ada di laptop Anda, mulai dari MS Words hingga aplikasi editing gambar profesional. Memiliki susunan dan desain sendiri akan membuat bisnis Anda semakin profesional.

2. Gunakan aplikasi kasir

Kini sudah banyak tersedia aplikasi kasir untuk mempermudah transaksi Anda dengan pelanggan. Fitur aplikasi kasir biasanya meliputi fitur pembuatan desain, manajemen stok bahan baku, manajemen kursi pelanggan, keamanan yang terjamin, hingga membantu Anda mencatat dan menyimpan data penjualan Anda dengan aman dan akurat.

Bahkan sudah banyak aplikasi kasir yang mengirimkannya melalui email dan SMS. Dengan cara ini, Anda bisa dengan mudah mengumpulkan customer database.

Baca juga: 3 Fitur Unggulan Moka yang Menunjang Performa Bisnis Mini Market Anda

Daripada ribet cetak dan catat manual struk belanja, Anda bisa pilih Moka untuk pendataan catatan bisnis yang lebih efektif. Dengan Moka Customer Relationship, Anda tak perlu repot buat template atau sediakan untuk struk belanja Anda!

Cukup manfaatkan SMS dan email untuk melampirkan struk belanja. Selain efektif untuk pengumpulan customer database, pelanggan juga bisa dengan mudah menyampaikan kritik dan sarannya via struk digital tersebut

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia