Moka Logo
Strategi Usaha Parcel Lebaran di Momen Bulan Suci Ramadan 2021

Tips Bisnis

Strategi Usaha Parcel Lebaran di Momen Bulan Suci Ramadan 2021

3 min
MikyMiky

Strategi Usaha Parcel Lebaran di Momen Bulan Suci Ramadan 2021 – Bisnis parcel Lebaran mungkin awalnya dijadikan sebagai bisnis musiman saja yang hanya dilakukan di bulan suci Ramadan.

Akan tetapi, pada kenyataannya usaha parcel ini dapat dijadikan sebagai bisnis berkelanjutan. Tak hanya laku saat musim Lebaran saja, sebab kini ada berbagai macam parcel mulai dari parcel Lebaran, parcel Natal dan Tahun Baru, serta parcel pengantin.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis ini, berikut akan kami bahas bagaimana cara memulai usaha beserta strategi usaha parcel Lebaran sehingga Anda dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Parcel?

ramadan - parsel lebaran - Strategi Usaha Parcel Lebaran di Momen Bulan Suci Ramadan 2020

1. Mencari Supplier yang Sesuai

Apabila Anda ingin menjalankan usaha parcel Lebaran, tentu Anda perlu mencari pemasok yang sesuai dengan kebutuhan parcel Anda. Anda harus bisa mencari barang-barang untuk parcel yang harganya murah, dengan tujuan memperbesar margin penjualan.

Apabila Anda memiliki modal terbatas, sebaiknya cari supplier atau distributor yang bisa dibayar dengan sistem tenggat waktu atau secara bertahap. Dengan demikian, arus keuangan Anda  tidak akan terganggu.

Baca Juga: Ini 5 Peluang Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadan

2. Pelajari Teknis Membungkus dan Merangkai

Untuk memulai bisnis parcel Lebaran, Anda tentu harus meningkatkan kemampuan dalam membungkus, merangkai, serta menghias. Anda bisa belajar lewat buku, internet, atau bila perlu mengikuti kursus tertentu yang ada di kota-kota besar.

Akan tetapi, apabila Anda tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk belajar bagaimana membungkus dan merangkai parcel Lebaran, mengapa tidak menonton video YouTube saja? Banyak sekali tutorial yang bisa Anda tonton dan tentu saja, jangan lupa untuk praktik langsung, ya!

Baca Juga: 5 Jenis Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Bulan Ramadan

Nah, semua teknik yang didapatkan dari hasil belajar inilah yang nantinya bisa dikembangkan, lalu gabungkan dengan kemampuan dan kreativitas sehingga bisa menghasilkan parsel unik dan menarik.

3. Gencarkan Pemasaran

Anda harus memiliki strategi pemasaran dengan tepat jika ingin menjual parcel Lebaran. Mengapa? Sebab bukan Anda sendiri yang terjun di bisnis ini. Ada banyak kompetitor lain yang juga sedang berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan.

Baca Juga: Tips Menggunakan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Produk Anda

Ketahuilah, dengan bentuk parcel yang menarik dan target pemasaran yang tepat dapat menghasilkan profit besar. Misalnya, Anda bisa menentukan terlebih dahulu jenis pasar yang Anda ingin sasar. Apakah pelanggan potensial produk Anda adalah orang-orang berusia produktif? Atau remaja?

Setelah Anda menentukan demografi pelanggan Anda, Anda pun juga bisa menyasar media sosial yang tepat.

4. Perhitungkan Modal

Untuk menjalani bisnis ini, sebenarnya ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu menjadi reseller atau membuatnya langsung sendiri. Jika Anda seorang reseller, tentu modal yang dibutuhkan tidak sebanyak membuat sendiri. Apalagi, banyak penjual atau distributor yang sudah menerapkan sistem dropship.

Jika Anda memutuskan untuk membuat parcel Lebaran sendiri, hitunglah keperluan modal dengan baik dan cermat. Anda bisa menghitung kebutuhan modal, dengan tujuan untuk menetapkan harga pokok dengan tepat agar menghasilkan profit yang besar. Apabila Anda butuh tambahan modal, kenapa tidak coba ajukan di Moka Capital?

5. Lakukan Sekarang

Tunggu apa lagi? Segera laksanakan rencana bisnis Anda, yuk! Setiap bisnis tak akan terwujud, jika Anda tak berani mengabil langkah untuk memulainya. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan momen Ramadan menjelang lebaran.

Nah, setelah mengetahui bagaimana memulai usaha ini, saatnya Anda mengetahui lebih dalam mengenai strategi usaha parcel Lebaran akan bisnis Anda bisa lebih sukses!


Strategi Usaha Parcel Lebaran

resep kue kering lebaran - kue sagu

1. Pilih Lingkungan Terdekat

Strategi usaha parcel Lebaran yang pertama ialah terkait pemasaran. Anda bisa mulai memasarkan bisnis Anda ke tetangga, teman, atau saudara. Jika parcel Lebaran yang ditawarkan memang menarik, unik, dan cantik, tentu saja hasilnya akan menyebar, ke temannya teman, saudaranya teman, atau yang lainnya. Selanjutnya produk parcel Anda pun dikenal oleh banyak orang.

2. Pilih Berbagai Metode Pemasaran

Untuk metode pemasaran sendiri bisa menggunakan kartu nama, brosur, media sosial, dan lain sebagainya. Jangan lupa pula untuk membuat proposal penawaran ke perusahaan dan instansi tertentu jika Anda ingin menyasar target yang lebih luas lagi.

Terkadang, perusahaan dan instansi harus mengirimkan parcel mereka untuk kolega, rekanan, dan pelanggan dan tentu saja bisnis Anda berpeluang untuk mendapatkan pesanan dalam jumlah banyak!

Baca Juga: Melirik Usaha Rental Mobil Saat Bulan Ramadan

3. Dirikan Tepat Waktu

Bisnis parcel bisa dikatakan sebagai usaha yang mengandalkan waktu pengantaran. Sebab bisnis ini memang berkaitan dengan momen atau even tertentu sehingga jika momen ini terlewatkan, maknanya pun akan hilang. Apalagi jika isi parcel berbentuk makanan yang mudah basi.

Untuk itu, Anda bisa membuat pre-order atau pra-pemesanan dan menentukan kapan tanggal pengirimannya. Untuk pengantaran kilat, Anda juga bisa memanfatakan layanan pengantaran seperti GoSend agar bisa cepat sampai.

Nah, itulah dia strategi usaha parcel Lebaran yang bisa Anda lakukan. Perlu diketahui, seiring perkembangan zaman, tren Ramadan bisa saja berubah. Untuk itu, jangan berhenti untuk berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi usaha dan pelanggan. Galilah ide kreatif sebanyak-banyaknya dan pastikan Anda bisa mengenali pelanggan dengan lebih baik.

Apabila usaha parcel Lebaran Anda sudah semakin besar nantinya, jangan sampai pencatatan pesanan membuat Anda kewalahan. Akibatnya, pesanan pelanggan bisa tak terinput.

Maka dari itu, yuk gunakan aplikasi Moka yang dapat membantu Anda mencatat pesanan, menganalisis transaksi penjualan, atau bahkan membuat loyalty program. Dapatkan free  trial 14 hari dan buktikan sendiri bagaimana usaha parcel Anda bisa terbantu dengan kehadiran aplikasi Moka!

Social Media Share :
Miky

Miky

Penulis di Blog Moka