Business Insight Focus BisnisLebihBaik

Strategi Usaha Parcel Lebaran di Momen Bulan Suci Ramadan 2020

By Miky on May, 13 2020

Strategi Usaha Parcel Lebaran di Momen Bulan Suci Ramadan 2020 - Bisnis parcel Lebaran mungkin awalnya dijadikan sebagai bisnis musiman saja yang hanya dilakukan di bulan suci Ramadan.

Akan tetapi, pada kenyataannya usaha parcel ini dapat dijadikan sebagai bisnis berkelanjutan. Tak hanya laku saat musim Lebaran saja, sebab kini ada berbagai macam parcel mulai dari parcel lebaran, parcel natal dan tahun baru, serta parcel pengantin.

Nah, bagi Anda yangtertarik untuk menggeluti bisnis ini, berikut akan kami bahas bagaimana cara memulai usaha parcel Lebaran beserta strategi pemasarannya sehingga Anda dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Parcel?

ramadan - parsel lebaran - Strategi Usaha Parcel Lebaran di Momen Bulan Suci Ramadan 2020

1. Mencari Supplier yang Sesuai

Apabila Anda ingin menjalankan usaha parcel Lebaran, tentu Anda perlu mencari pemasok yang sesuai dengan kebutuhan parcel Anda. Anda harus bisa mencari barang-barang untuk parcel yang harganya murah, dengan tujuan memperbesar margin penjualan.

Apabila Anda memiliki modal terbatas, sebaiknya cari supplier atau distributor yang bisa dibayar dengan sistem tenggat waktu atau secara bertahap. Dengan demikian, arus keuangan Anda  tidak akan terganggu.

Baca Juga: Ini 5 Peluang Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadhan

2. Pelajari Teknis Membungkus dan Merangkai

Untuk memulai bisnis parcel Lebaran, Anda tentu harus meningkatkan kemampuan dalam membungkus, merangkai, serta menghias. Anda bisa belajar lewat buku, internet, atau bila perlu mengikuti kursus tertentu yang ada di kota-kota besar.

Akan tetapi, apabila Anda tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk belajar bagaimana membungkus dan merangkai parcel Lebaran, mengapa tidak menonton video YouTube saja? Banyak sekali tutorial yang bisa Anda tonton dan tentu saja, jangan lupa untuk praktik langsung, ya!

Baca Juga: 5 Jenis Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Bulan Ramadan

Nah, semua teknik yang didapatkan dari hasil belajar inilah yang nantinya bisa dikembangkan, lalu gabungkan dengan kemampuan dan kreativitas sehingga bisa menghasilkan parsel unik dan menarik.

3. Gencarkan Pemasaran

Anda harus memiliki strategi pemasaran dengan tepat jika ingin menjual parcel Lebaran. Mengapa? Sebab bukan Anda sendiri yang terjun di bisnis ini. Ada banyak kompetitor lain yang juga sedang berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan.

Baca Juga: Tips Menggunakan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Produk Anda

Ketahuilah, dengan bentuk parcel yang menarik dan target pemasaran yang tepat dapat menghasilkan profit besar. Misalnya, Anda bisa menentukan terlebih dahulu jenis pasar yang Anda ingin sasar. Apakah pelanggan potensial produk Anda adalah orang-orang berusia produktif? Atau remaja?

Setelah Anda menentukan demografi pelanggan Anda, Anda pun juga bisa menyasar media sosial yang tepat.

4. Perhitungkan Modal

Untuk menjalani bisnis ini, sebenarnya ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu menjadi reseller atau membuatnya langsung sendiri. Jika Anda seorang reseller, tentu modal yang dibutuhkan tidak sebanyak membuat sendiri. Apalagi, banyak penjual atau distributor yang sudah menerapkan sistem dropship.

Jika Anda memutuskan untuk membuat parcel Lebaran sendiri, hitunglah keperluan modal dengan baik dan cermat. Anda bisa menghitung kebutuhan modal, dengan tujuan untuk menetapkan harga pokok dengan tepat agar menghasilkan profit yang besar. Apabila Anda butuh tambahan modal, kenapa tidak coba ajukan di Moka Capital?

5. Lakukan Sekarang

Tunggu apa lagi? Segera laksanakan rencana bisnis Anda, yuk! Setiap bisnis tak akan terwujud, jika Anda tak berani mengabil langkah untuk memulainya. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan momen Ramadhan menjelang lebaran.

Apabila masih bingung bagaimana memasarkan parcel Lebaran Anda, yuk baca pembahasan berikutnya.



Strategi Pemasaran Bisnis Parcel Lebaran

tips bisnis parsel lebaran 

1. Pilih Lingkungan Terdekat

Untuk strategi pemasaran, bisa dimulai dari tetangga, teman, atau saudara. Jika parcel Lebaran yang ditawarkan memang menarik, unik, dan cantik, tentu saja hasilnya akan menyebar, ke temannya teman, saudaranya teman, atau yang lainnya. Selanjutnya produk parcel Anda pun dikenal oleh banyak orang.

2. Pilih Berbagai Metode Pemasaran

Untuk metode pemasaran sendiri bisa menggunakan kartu nama, brosur, sosial media, dan lain sebagainya. Jangan lupa pula untuk membuat proposal penawaran ke perusahaan dan instansi tertentu. Terkadang perusahaan dan instansi harus mengirimkan parcel mereka untuk kolega, rekanan, dan pelanggan.

Baca Juga: Melirik Usaha Rental Mobil Saat Bulan Ramadan

3. Dirikan Tepat Waktu

Bisnis parcel bisa dikatakan sebagai usaha yang mengandalkan wkatu pengantaran. Sebab bisnis ini memang berkaitan dengan momen atau even tertentu, sehingga jika momen ini terlewatkan, maknanya pun akan hilang. Apalagi jika isi parcel berbentuk makanan yang mudah basi.

4. Terus Belajar

Seiring perkembangan zaman, tren pun akan selalu berubah. Untuk itulah, Anda jangan berhenti mempelajari berbagai teknik. Selain itu, jangan pernah bosan menggali ide kreatif.

Nah, dari informasi di atas tentang ide usaha parsel lebaran, apakah Anda sudah mempersiapkan yang harus Anda persiapkan? Jika belum, yuk mulai sekarang!

Selamat mencoba!

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia