Moka Logo
10 Strategi Promosi Penjualan untuk Bisnis Kuliner Online

Tips Bisnis

10 Strategi Promosi Penjualan untuk Bisnis Kuliner Online

3 min
JordhiJordhi

10 Strategi Promosi Penjualan untuk Bisnis Kuliner Online – Saat ini, kita sudah memasuki fase normal yang baru di mana terjadi perubahan dalam pola belanja konsumen. Mulanya, banyak konsumen yang memilih untuk berbelanja secara offline, kini opsi berbelanja secara online pun kini jadi pilihan utama.

Beruntungnya, berapa jenis bisnis bisa pindah haluan menjadi sepenuhnya online, berkat dukungan berbagai platform yang sudah ada. Contohnya seperti bisnis kuliner yang kini juga ditopang oleh adanya layanan pesan antar online.

Baca juga: Free E-book: Fotografi Produk dan Jasa untuk Bisnis Online

Meskipun demikian, bisnis kuliner pun tetap harus mengambil beberapa langkah strategis agar dapat memanfaatkan momen ini. Salah satu langkah tersebut adalah dengan mengadakan promo-promo khusus untuk pembelian online.

Oleh karena itu, untuk membantu bisnis kuliner Anda agar mampu tetap bertahan, berikut ini 10 strategi promosi penjualan untuk bisnis kuliner online yang bisa diterapkan.

10 Strategi Promisi Penjualan untuk Bisnis Kuliner Online

1. Promo traktir ojeg online

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 커피 주세요 | Kopi Chuseyo® (@kopichuseyo.id) on

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bisnis kuliner online saat ini terbantu oleh adanya layanan antar yang disediakan oleh platform ojeg online. Tak sedikit bisnis kuliner yang meraup omzet berkali lipat berkat inovasi ini.

Baca juga: 6 Strategi Bisnis di Era New Normal demi Penjualan Maksimal

Namun, di tengah masa pandemi saat ini, para pengemudi ojeg online pun terkena imbasnya. Padahal, keberadaan mereka sangat membantu para pebisnis dan juga konsumen. Oleh karena itu, sebagai wujud apresiasi atas jerih payah mereka, Anda bisa mengadakan promo traktir ojeg online dengan harga yang terjangkau.

Salah satu merchant yang menerapkan strategi promosi penjualan ini adalah Kopi Chuseyo yang menyediakan menu untuk traktir ojeg online mulai dari Rp10.000 saja. Kopi Chuseyo pun menyediakan menu ini di seluruh outlet-nya sehingga konsumen dari berbagai daerah bisa sama-sama membantu para ojeg online. 


2. Pre-order menu DIY (do-it-yourself)

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KOKUMI コクミ (@kokumi_id) on

Strategi promosi penjualan untuk bisnis kuliner online yang satu ini mengajak konsumen untuk membuat sendiri hidangan yang mereka inginkan, asalkan jika dipesan dalam jumlah yang besar. Strategi ini bisa memberikan konsumen kebebasan dalam berkreasi, sekaligus memungkinkan mereka untuk bisa menikmati hidangan tersebut kapan pun mereka mau.

Baca juga: 7 Tren Bisnis Kuliner di Era New Normal, Wajib Dipelajari!

Anda sebagai pebisnis pun tak lagi dipusingkan dengan adanya pembatasan sosial, karena para konsumen bisa membuatnya sendiri di rumah. Salah satu merchant yang menerapkan strategi promosi penjualan untuk bisnis kuliner online ini adalah Kokumi.

Kokumi menyediakan paket-paket DIY untuk beragam jenis menu yang bisa dipesan di sebuah marketplace. Di dalam paketnya terdapat bahan-bahan mentah, dua sampai empat resep minuman Kokumi, brosur berisi cara pembuatannya, dan merchandise spesial untuk beberapa menu. Dengan demikian, para konsumen Kokumi bisa menikmati aneka menu favoritnya kapan pun mereka mau.


3. Menu DIY yang dikombinasikan dengan aneka sajian lain

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 幸福堂Xing Fu Tang Indonesia (@xingfutang_indonesia) on

Inspirasi strategi promosi penjualan untuk bisnis kuliner online yang tak kalah menarik datangnya dari Xing Fu Tang. Kedai minuman asal Taiwan ini menyediakan paket penjualan berisi boba brown sugar-nya saja, milk tea-nya saja, atau pun paket penjualan lengkap.

Baca juga: 15 Rekomendasi Akun TikTok tentang Bisnis dan Keuangan

Dengan tersedianya ragam pilihan, konsumen jadi memiliki kebebasan lebih untuk menentukan pilihannya. Selain itu, Xing Fu Tang juga mengajak konsumennya untuk mengolah brown sugar boba-nya menjadi beragam hidangan lainnya. Misalnya, seperti kolak brown sugar, brownies brown sugar, mochi boba, hingga boba in jar


4. Es kopi yang dijual per liter

 

 

View this post on Instagram
Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka