Moka Logo
Strategi Promosi yang Efektif dan Efisien untuk Usaha Anda

Tips Bisnis

Strategi Promosi yang Efektif dan Efisien untuk Usaha Anda

5 min
JordhiJordhi

Strategi Promosi yang Efektif dan Efisien untuk Usaha Anda – Promosi yang efektif merupakan elemen penting dalam strategi pemasaran bisnis. Dengan demikian, setiap pebisnis harus benar-benar memahami bagaimana strategi promosi yang jitu sehingga mampu menggaet pelanggan.

Apalagi, jika pelanggan Anda bersedia untuk mencoba produk Anda melalui berbagai promosi yang dijalankan, kemungkinan besar mereka cenderung akan belanja lebih banyak lagi dari usaha Anda.

Tahukah Anda, menurut riset dari Big Commerce, setiap industri mengalami peningkatan penjualan akibat menjalankan promosi. Sebagai contoh, riset dari Google menemukan bahwa “79% pelanggan di Australia membeli dari toko yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya saat Natal”. Hal tersebut disebabkan oleh promosi khusus yang diadakan ketika musim Natal tiba.

Tentu, hal ini jadi peluang spesial bagi Anda yang sedang menjalankan usaha bukan? Maka dari itu, yuk ketahui lebih lanjut bagaimana strategi promosi yang efisien dan efektif untuk usaha Anda.

Apakah Semua Bisnis Butuh Strategi Promosi?

beli online - paperbag - Strategi Promosi Penjualan Toko Online untuk Pebisnis Pemula - strategi promosi

Tentu saja setiap bisnis harus melakukan promosi. Faktor ini begitu penting, bahkan dapat menentukan keberhasilan atau kesuksesan bisnis yang Anda. Agar Anda lebih mengerti mengapa bisnis Anda membutuhkan strategi promosi, simak poin-poin penting berikut, yuk!

1. Untuk memperkenalkan produk Anda

Selama berjalannya bisnis, tentu Anda tidak akan berjalan di tempat dengan hanya menyediakan beberapa produk saja. Kedepannya pasti akan ada inovasi produk-produk baru, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar maupun memanfaatkan peluang baru. Di sinilah promosi menjalankan perannya untuk memperkenalkan produk baru Anda kepada para konsumen.

2. Promosi dapat membangun image positif perusahaan Anda

Promosi merupakan kesempatan baik untuk Anda ikut mengkomunikasikan tentang visi dan misi dari bisnis Anda. Dengan demikian, pembeli bisa semakin mengerti kenapa mereka harus membeli produk tersebut dan kenapa harus membelinya dari Anda.

3. Membuat logo bisnis Anda menjadi lebih dikenal

Ini merupakan sebuah tanda bahwa promosi yang Anda jalankan mulai terpatri di benak konsumen maupun khalayak umum. Hal ini dapat membuat bisnis Anda tampil stand out di tengah derasnya persaingan bisnis.

4. Membangun komunikasi dua arah dengan konsumen

Penting untuk menghadirkan bisnis Anda di tengah masyarakat. Promosi dapat membantu Anda mewujudkan hal tersebut. Dengan promosi, Anda bisa menyelesaikan permasalahan yang ada pada konsumen sekaligus melakukan penjualan.

5. Mengembangkan bisnis

Terakhir dan yang paling utama, dengan promosi tentu akan membuat lebih banyak orang yang mengetahui produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, peluang untuk meningkatkan penjualan akan semakin terbuka lebar, sehingga pendapatan akan bertambah dan Anda jadi memiliki cukup modal untuk mengembangkan bisnis Anda.

6. Membangun loyalitas pelanggan

Strategi promosi melalui program loyalitas dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda. Menurut McKinsey yang dikutip dari artikel Salesforce, 75% pelanggan di AS mengalami perubahan perilaku pembelian akibat pandemi. Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk membuat program loyalitas.

Beruntungnya, di Back Office Moka ada fitur Loyalty Program untuk membantu Anda menerapkan program loyalitas yang tepat untuk usaha Anda!

Baca juga: Inilah Kalimat Promosi untuk Buat Promo Bisnis Online Lebih Menarik


4 Persiapan Sebelum Jalani Strategi Promosi

promosi bisnis kuliner di instagram - strategi promosi

Sekarang Anda sudah mengetahui pentingnya promosi untuk kelangsungan sebuah bisnis. Namun, sebelum Anda membuat program promosi, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu beberapa persiapan yang dibutuhkan agar program promosi bisa efektif. Berikut ini persiapan yang Anda lakukan terlebih dahulu.

1. Menentukan target pasar

Ini menjadi salah satu tahap yang sangat penting mengingat target pasar dapat menentukan langkah teknis selanjutnya. Ingat, setiap target pasar memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dibutuhkan pendekatan yang berbeda-beda pula.

Apalagi jika Anda memiliki berbagai jenis produk ataupun jasa yang menyasar kalangan yang berbeda-beda. Penentuan target pasar juga dapat mempengaruhi produk apa yang akan dipromosikan, serta price positioning dari produk tersebut.

2. Menentukan misi yang akan dicapai dengan promosi yang dijalankan

Ada beberapa tujuan promosi yang bisa Anda capai, misalnya seperti meningkatkan awareness di kalangan masyarakat, meningkatkan citra positif terhadap bisnis Anda, hingga meningkatkan penjualan produk maupun jasa yang Anda tawarkan. 

3. Merancang campaign atau kampanye yang akan Anda jalankan

Agar membuat promosi yang Anda buat lebih terarah, akan lebih baik jika Anda mempunyai sebuah campaign atau kampanye yang menyuarakan suatu pesan tertentu. Selain membuat promosi Anda menjadi semakin terarah dan sistematis, hal ini juga penting untuk meninggalkan kesan yang mendalam berkaitan dengan  produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

4. Memilih media promosi yang tepat

Tidak hanya target pasar, setiap platform atau media promosi juga memiliki karakternya masing-masing. Baik itu dalam hal bagaimana setiap media dapat mengemas pesan yang akan disampaikan maupun karakteristik audiens di setiap media yang digunakan. Jadi, sebelum memulai promosi, pastikan Anda tidak salah dalam memilih media promosi ya. 

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Promosi Produk Anda


11 Strategi Promosi yang Wajib Anda Ketahui

Ini 7 Kalimat Promosi untuk Membuat Promo Usaha Anda Lebih Menarik - strategi promosi

Setelah mengetahui apa-apa saja yang harus dipersiapkan, sekarang saatnya Anda mengetahui beberapa jenis promosi yang bisa Anda adaptasikan dalam promosi bisnis Anda. Kira-kira mana yang cocok untuk bisnis Anda? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Memberikan potongan harga
  2. Memberikan gratis ongkir
  3. Memberikan cashback
  4. Mengadakan flash sale
  5. Promo Buy X Get X+1 (buy 1 get 2, buy 4 get 5, dan seterusnya)
  6. Memberikan rewards berupa gift untuk pelanggan
  7. Mengadakan pengumpulan poin rewards
  8. Bagi-bagi kupon promo atau vouchers
  9. Pemberian garansi juga bisa jadi salah satu bentuk promosi efektif
  10. Memberikan promo tematik di hari-hari khusus
  11. Punya produk baru? Jangan ragu untuk memberikan sample gratis

Tahukah Anda? Di Back Office Moka ada fitur “Promo” yang berfungsi untuk mempermudah Anda mengatur promo yang ingin diterapkan sesuai dengan strategi-strategi di atas. Sudah pernah mencobanya?

Pahamilah, efektivitas dari sebuah promosi dinilai berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Jika tujuan Anda adalah awareness, maka Anda lebih baik mengukur keterjangkauan bisnis Anda seperti berapa banyak orang yang mendapatkan informasi, dari daerah mana saja, berapa rentang usianya, dan lain sebagainya.

Berbeda jika Anda bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk, strategi promosi yang Anda lakukan tidak bisa hanya mengandalkan strategi komunikasi saja tetapi juga strategi pemasaran baik secara online maupun offline.

Dari sana Anda bisa mengukur berapa banyak target penjualan yang tercapai bahkan bisa juga menghitung efektivitas dan efisiensi pemasaran secara offline maupun online. 


Kenali Karakter 4 Media Promosi Ini

promosi bisnis di media sosial - Cara Efektif Membuat dan Memantau Konten Media Sosial Bisnis - strategi promosi

Setiap media yang Anda gunakan memiliki karakternya masing-masing, baik dalam menyebarluaskan informasi ataupun karakteristik penggunanya. Berikut ini adalah beberapa karakteristik media promosi di ranah online yang dapat Anda jadikan pertimbangan saat akan memilih sebuah media promosi untuk bisnis Anda.

1. Blog

Blog merupakan kanal utama yang menjadi rujukan para konsumen maupun potential buyer untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang Anda tawarkan. Selain itu, lewat blog Anda juga dapat menunjukan eksistensi bisnis Anda di hadapan khalayak secara jelas dan lengkap.

Terlebih lagi jika Anda sudah menerapkan prinsip-prinsip search engine optimization dari Google pada blog Anda. Pastinya visibilitas bisnis Anda akan semakin tinggi.

2. Media sosial

Media sosial dapat membantu Anda membangun citra positif secara lebih dekat dengan khalayak. Sebab, saat ini kita sudah memasuki era user generated content di mana para pengguna akan membuat konten review produk, contohnya seperti yang terus dilakukan oleh para influencer.

Apalagi kini semua platform media sosial telah menyediakan fitur Targeted Ads yang bisa membantu Anda mempromosikan produk Anda langsung ke target market Anda. Selain itu, lewat media sosial Anda juga dapat membangun komunikasi dua arah dengan para konsumen secara lebih efektif.

3. Youtube

Jika Anda ingin membuat sebuah media promosi yang lebih efektif dan menarik, YouTube bisa jadi platform yang dapat Anda manfaatkan. Dengan YouTube Anda dapat mengunggah video terkait bisnis, produk yang Anda tawarkan, sekaligus mengarahkan para penonton ke blog untuk mempelajari lebih lanjut atau ke toko online Anda untuk berbelanja.

Namun, perlu dicatat, membuat konten YouTube membutuhkan upaya yang lebih besar, sehingga Anda harus memiliki cukup waktu, skill, dan dana untuk melakukannya. 

4. Email

Melalui email subscription, Anda dapat menggaet lebih banyak orang untuk mencari tahu produk Anda. Email sampai saat ini masih dianggap sebagai media promosi paling efektif dalam menyebarluaskan informasi tentang produk. Bahkan sebuah studi mengatakan efektivitasnya mencapai 40x lipat jika dibandingkan dengan media sosial.

Namun, kembali lagi ke hal yang sudah disebutkan sebelumnya, hal ini tentu juga dipengaruhi oleh target pasar yang dimiliki oleh suatu brand. Jadi, pastikan untuk tidak gegabah dalam memilih platform promosi.

Setelah melakukan strategi promosi secara optimal, saatnya Anda menanti berbagai macam tawaran kerja sama hingga membludaknya angka pembeli. Agar tidak kewalahan dalam memenuhi pesanan para konsumen, Anda bisa menggunakan Moka sebagai aplikasi kasir Anda.

Dengan user interface yang sederhana aplikasi kasir Moka ini siap membantu pelaku usaha kecil dan menengah dalam menjalankan bisnis. Bersama Moka, transaksi bisnis jadi lebih efisien!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka